Author Topic: BENGKEL  (Read 1006772 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline padjok

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1079
  • Age: 2015
  • Location: kota bara, sumatera selatan
  • Date Registered: April 22, 2008, 11:15:28 am
  • Reputasi : 76
  • My Jr
    • Email
Re: BENGKEL
« Reply #180 on: August 10, 2008, 03:00:46 pm »
kalo bro arie ada dasar elektronikanya, saya rasa bisa.
merk tv nya apa bro?

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #181 on: August 10, 2008, 04:01:44 pm »
Tv jadul sih bro.. Toshiba Quattro ;D

Offline padjok

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1079
  • Age: 2015
  • Location: kota bara, sumatera selatan
  • Date Registered: April 22, 2008, 11:15:28 am
  • Reputasi : 76
  • My Jr
    • Email
Re: BENGKEL
« Reply #182 on: August 10, 2008, 04:17:19 pm »
oo thoshiba ya. coba cek dulu api 33v yang keluar dari power suply, kalo nggak ada berarti "resistan" yang nyuplai nya putus bro. kalo ada berarti ic besar nya yang rusak bro.
semoga bisa membantu

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #183 on: August 10, 2008, 05:11:31 pm »
Tengkiyu mang cek padjok.. Ai nak cuba dulu ape die masalah kat televesyen tu.. ai kirimkan otak otak kijang maknyuss..
tapi ada satu lagi, tv sony jadul die punye gambar cekung sampinglah.. tu apa pulak masalahnya?
ditunggu pencerahannya mang cek pakar tv ;D

Offline Pakdi

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1523
  • Location: - 00.47' ~ 100.38'
  • Date Registered: April 28, 2008, 11:29:46 am
  • Reputasi : 124
  • IBM Service - iLham Net
Re: BENGKEL
« Reply #184 on: August 10, 2008, 08:20:01 pm »
@all bros.. need help ni..!!
tv saya kenapa kok ada suara tapi gak ada gambar? pas dimatiin, ada garis putih horizontal di tengahnya? duh.. kira" rusaknya apa ya? ???
Merk TV nya apa ya pak arie?biasanya yang rusak adalah blok Vertikal nya.
Dari merknya barangkali bisa dibantu langkah2 buat reparasinya.
Bisa jadi ada komponen seperti IC yang sudah soak,atau tegangan catu daya untuk IC tersebut terputus akibat dioda silikon yang putus atau Fuse resistornya yang terbakar.
dalam beberapa kasus bisa juga diakibatkan oleh solderan yang longgar akibat terlalu lama pemakaian.

Salam..
Pakdi
The Lone Ranger...

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #185 on: August 10, 2008, 08:54:50 pm »
@pak adi
tv jadul toshiba bomba quattro.. jadi langkah awal ngecek darimana pak? bantuin ya..biar bisa benerin tv jadul ;D
nih saya kirim teh tarik dari damansara K.L hehe..

Offline Pakdi

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1523
  • Location: - 00.47' ~ 100.38'
  • Date Registered: April 28, 2008, 11:29:46 am
  • Reputasi : 124
  • IBM Service - iLham Net
Re: BENGKEL
« Reply #186 on: August 10, 2008, 09:23:05 pm »
@pak adi
tv jadul toshiba bomba quattro.. jadi langkah awal ngecek darimana pak? bantuin ya..biar bisa benerin tv jadul ;D
nih saya kirim teh tarik dari damansara K.L hehe..
TV Toshiba biasanya menggunakan IC dengan kode huruf awal TA,untuk IC vertikal buat Toshiba Bomba saya lupa kode pastinya,ciri2 kakinya berjumlah 7 sampai 9 pin.IC tersebut diberi heatsink/pendingin dari alumunium / plat besi.letaknya dibagian tengah mainboard / pcb TV tsb.
Tegangan kerja untuk IC tersebut sebesar 26V - 29V maximum,tegangan ini dibangkitkan dari trafo Flyback,dengan perantaraan 1 buah dioda silikon,1 buah Elco 1000mF/35V dan sebuah resistor dengan nilai 1 - 3,3 ohm.
ciri2 rangkaian IC vertikal ini adalah terdapatnya 1 buah dioda silikon yang terhubung seri dengan catu daya ke kaki IC tersebut,sesudah dioda tersebut terdapat 1 buah elco 100mF/35v.
Coba di cek tegangan ke IC tsb,kalau ada berarti IC tsb harus diganti.kalau tegangan tidak ada silahkan di urut jalur pcb nya disana akan ditemukan komponen seperti diatas.Kemungkinan salah satunya ada yang putus,juga perhatikan kalau2 ada solderan disekitar kaki IC tsb yang longgar,kalau ada sebaiknya di solder ulang kembali.

Mohon maaf kalau mengulang nanya merk,soalnya tadi pas buka ketemu pertanyaan langsung jawab aja... ;D

silahkan dicoba pak arie...semoga ketemu trouble makernya...

Thanks atas kiriman teh tariknya hmmm enakkk.... ';/

Salam.. 
The Lone Ranger...

Offline padjok

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1079
  • Age: 2015
  • Location: kota bara, sumatera selatan
  • Date Registered: April 22, 2008, 11:15:28 am
  • Reputasi : 76
  • My Jr
    • Email
Re: BENGKEL
« Reply #187 on: August 11, 2008, 09:01:04 am »
thanks atas kiriman otak2nya bro,  >>/ >>/

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #188 on: August 11, 2008, 10:31:22 am »
sepp pak adi ;D tutorial yang mudah dimengerti.. den cuba cek dulu...nanti aku kasih report...thanks mang padjok n uda pakdi >>/

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #189 on: August 11, 2008, 10:37:02 am »
pak adi n bro padjok..nanya lagi..sebelum mulai, kira" ada komponen yang masih nyimpan setrum gak? soalnya aku trauma sama listrik ;D

Offline padjok

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1079
  • Age: 2015
  • Location: kota bara, sumatera selatan
  • Date Registered: April 22, 2008, 11:15:28 am
  • Reputasi : 76
  • My Jr
    • Email
Re: BENGKEL
« Reply #190 on: August 11, 2008, 10:47:22 am »
pak adi n bro padjok..nanya lagi..sebelum mulai, kira" ada komponen yang masih nyimpan setrum gak? soalnya aku trauma sama listrik ;D
masih bro, ati2 sama alat yang menghubung kan tabung (crt) ke kepingan mesin tv yang d tempat saya disebut plebek.

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #191 on: August 11, 2008, 10:55:21 am »
bro padjok, saya udah buka ni tv nya..yang dari crt ke trafo ya? itu namanya flyback ya?masih ada setrum kan? oke bro..aku gak sentuh itu..
aku lagi nyari yang namanya blok vertikal, itu pcb yang disusun tegak ya bro?

Offline padjok

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1079
  • Age: 2015
  • Location: kota bara, sumatera selatan
  • Date Registered: April 22, 2008, 11:15:28 am
  • Reputasi : 76
  • My Jr
    • Email
Re: BENGKEL
« Reply #192 on: August 11, 2008, 11:29:57 am »
bro, coba telusuri api 33v dulu bro.
Biasanya di salah satu kaki trafo ada arus 33v nya, kalo nggak ada coba cek di dekat plebek,
dari trafo ada arus 115v yang menuju plebek, sebelum sampai d plebek arus itu dibagi oleh r menjadi 33v menuju tuner dan ic croma, 115 tetap menuju plebeck. langkah pertama cari dulu arus 33v nya bro

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #193 on: August 11, 2008, 11:41:19 am »
@pak adi n bro padjok
ditengah mainboard ada 3 ic. 2 ic ditutup plat yang disolder (masing" 56 pin), 1 ic bebas dengan kode TA 1219N (36 pin)
ada 2 pcb tegak dipinggir mainboard, 1 pcb pake ic TA 1217AN (36 pin), 1 pcb pake ic philips SAA5264PS/M3/0104 (52 pin)
terus ada lagi 1 pcb tegak dipinggir belakang mainboard pake ic toshiba TC90A45P (16 pin)
nah kira" kalo ada suara gak ada gambar pas dimatikan tv keluar garis putih kayak blitz nembak gitu, yang rusak blok vertikal mana ya? ???

Offline padjok

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1079
  • Age: 2015
  • Location: kota bara, sumatera selatan
  • Date Registered: April 22, 2008, 11:15:28 am
  • Reputasi : 76
  • My Jr
    • Email
Re: BENGKEL
« Reply #194 on: August 11, 2008, 11:49:03 am »
@pak adi n bro padjok
ditengah mainboard ada 3 ic. 2 ic ditutup plat yang disolder (masing" 56 pin), 1 ic bebas dengan kode TA 1219N (36 pin)
ada 2 pcb tegak dipinggir mainboard, 1 pcb pake ic TA 1217AN (36 pin), 1 pcb pake ic philips SAA5264PS/M3/0104 (52 pin)
terus ada lagi 1 pcb tegak dipinggir belakang mainboard pake ic toshiba TC90A45P (16 pin)
nah kira" kalo ada suara gak ada gambar pas dimatikan tv keluar garis putih kayak blitz nembak gitu, yang rusak blok vertikal mana ya? ???
bener yang rusak blok vertikal bro, tapi sebelum ngecek blok vertikal lebih dahulu cek suplai arus dari blok power suplai dan plebek. jadi ngeceknya harus dalam keaadaan hidup. >>/

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #195 on: August 11, 2008, 11:50:25 am »
api 33v itu dicari mulai darimana bro?

Offline padjok

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1079
  • Age: 2015
  • Location: kota bara, sumatera selatan
  • Date Registered: April 22, 2008, 11:15:28 am
  • Reputasi : 76
  • My Jr
    • Email
Re: BENGKEL
« Reply #196 on: August 11, 2008, 11:58:29 am »
pertama cek di kaki trafo besar warna kuning, di kaki nya itu ada api 115, 12, 33v,

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #197 on: August 11, 2008, 12:20:00 pm »
bentar bro..agak bingung nih.. trafo tu yang kumparan kan? ato trafo plebek yang konek ke crt?
kalo plebek, kayaknya kakinya tertanam di pcb (disolder) ???

Offline padjok

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1079
  • Age: 2015
  • Location: kota bara, sumatera selatan
  • Date Registered: April 22, 2008, 11:15:28 am
  • Reputasi : 76
  • My Jr
    • Email
Re: BENGKEL
« Reply #198 on: August 11, 2008, 12:24:41 pm »
bentar bro..agak bingung nih.. trafo tu yang kumparan kan? ato trafo plebek yang konek ke crt?
kalo plebek, kayaknya kakinya tertanam di pcb (disolder) ???
kalo trafo yang kumparan bro, untuk ngecek api mesin tv di tegakan, cari posisi yang aman biar gak konslet, kabel degaussnya lepas dulu. kalo udah tegak kan bisa lihat bagian belakang tv dan kaki2 yang di solder.

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #199 on: August 11, 2008, 12:35:06 pm »
hiiii...iya bro musti ditegakin..tapi agak serem juga sih...trauma aku...
jadi trafo yang kumparan pake kode TPW3452AE Z9EC itu ya? dibatasi tulisan 'CAUTION LIVE AREA' di mainboardnya