Author Topic: BENGKEL  (Read 993183 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #200 on: August 11, 2008, 12:36:59 pm »
nanya lagi bro, kabel degaus tu apa ya?

Offline padjok

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1079
  • Age: 2015
  • Location: kota bara, sumatera selatan
  • Date Registered: April 22, 2008, 11:15:28 am
  • Reputasi : 76
  • My Jr
    • Email
Re: BENGKEL
« Reply #201 on: August 11, 2008, 12:52:14 pm »
hiiii...iya bro musti ditegakin..tapi agak serem juga sih...trauma aku...
jadi trafo yang kumparan pake kode TPW3452AE Z9EC itu ya? dibatasi tulisan 'CAUTION LIVE AREA' di mainboardnya
yup
nanya lagi bro, kabel degaus tu apa ya?
ada kabel dari mesin menuju tabung, tapi mengelilingi tabung. maksudnya d buka biar gak ngganggu waktu negakin mesin bro.

sekarang udah liat posisi belakangnya, jangan tepegang blok power suplai, plebek, dan buntut crt. tegangan tinggi.

Offline dieto33

  • Just a Forsat addict, not a real
  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4997
  • Age: 40
  • Location: Bojonegoro, Jatim, Indonesia
  • Date Registered: January 05, 2008, 07:30:19 pm
  • Reputasi : 225
  • dieto33droid penggemar "kates" tulen
    • My Office
    • Email
Re: BENGKEL
« Reply #202 on: August 11, 2008, 01:32:26 pm »
Ar...
Hati-hati Bro....
Ntar lo kesetrum gak bisa posting lagi lho...:(
Sekali lagi hati-hati Bro...
Waspadalah,
waspadalah...!
>>Venus Millenium II, Openbox S9, [email protected] Ferrari (alm), Matrix Turbo III<<
dieto33droid is

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #203 on: August 11, 2008, 03:41:46 pm »
thanks warningnya mas bagus >>/ sekarang ai nak rehat kejap, sakit kepala ai tengok tipi ni.. ai nak gelak" aja dulu kat forum ni... biar tak stres '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/;

Offline padjok

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1079
  • Age: 2015
  • Location: kota bara, sumatera selatan
  • Date Registered: April 22, 2008, 11:15:28 am
  • Reputasi : 76
  • My Jr
    • Email
Re: BENGKEL
« Reply #204 on: August 11, 2008, 03:50:58 pm »
thanks warningnya mas bagus >>/ sekarang ai nak rehat kejap, sakit kepala ai tengok tipi ni.. ai nak gelak" aja dulu kat forum ni... biar tak stres '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/;
jangan di bawa serius bro, santai tapi jadi  >>/ >>/

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #205 on: August 11, 2008, 05:38:43 pm »
iya bro padjok, agak stres sih..masalahnya, ada satu lagi tv sony jadul juga..
kasusnya warna..kadang jadi hitam putih, terus gambarnya berbayang gitu.. ;D

Offline Pakdi

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1523
  • Location: - 00.47' ~ 100.38'
  • Date Registered: April 28, 2008, 11:29:46 am
  • Reputasi : 124
  • IBM Service - iLham Net
Re: BENGKEL
« Reply #206 on: August 11, 2008, 06:36:29 pm »
pak adi n bro padjok..nanya lagi..sebelum mulai, kira" ada komponen yang masih nyimpan setrum gak? soalnya aku trauma sama listrik ;D
hiiii...iya bro musti ditegakin..tapi agak serem juga sih...trauma aku...
jadi trafo yang kumparan pake kode TPW3452AE Z9EC itu ya? dibatasi tulisan 'CAUTION LIVE AREA' di mainboardnya
Setelah TV dimatikan,ada beberapa komponen yang bisa menyimpan arus untuk beberapa lama disitu,yang paling berbahaya yaitu di ujung trafo Flyback yang terpasang di CRT.Ujung kabelnya ada berbentuk karet seperti kompeng bayi,selain itu di sekitar Trafo Flyback ada Elco dengan nilai 10-22mF / 250V.Selebihnya boleh dikatakan aman,kecuali blok yang di tandai  'CAUTION LIVE AREA' itu memang tidak boleh disentuh kalau TV dalam keadaan terhubung dengan jalur PLN,mbahhayya...

Dari gejala yang pak arie katakan,kemungkinan tegangan kerja untuk blok Vertikal tidak ada alias terputus.Coba lihat2 Resistor disekitar Trafo Flyback apakah ada yang bekas overheat/terbakar,salah satu penyebabnya R tsb putus.
Kalau IC untuk bagian Vertikal itu posisinya tegak dan menempel ke pendingin/heatsink,jumlah kakinya tidak lebih dari 16 pin.Kalau ada kuas,sebaiknya debu2 yang menempel di bersihkan dulu,biar lebih bisa memeriksa secara visual,kalau tidak ditemukan terpaksa harus mengujinya dalam keadaan hidup,guna mencari dimana hilangnya tegangan tersebut.

Kalau pak arie berani cabut saja socket2 yang terpasang di mainboard nya,agar bisa bebas memeriksa,sebelumnya tandai dulu supaya mudah mengenalinya dalam memasang kembali.

Semoga membantu....
The Lone Ranger...

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #207 on: August 11, 2008, 07:32:04 pm »
bener pak adi...disekitar flyback emang ada bekas terbakar..
kalo yang 16 pin, gak ada heatsinknya pak adi..udah saya cabut dari soketnya, ada 3 pcb, cuma 1 pcb belum dicabut (ditutup seng kotak yang disolder) apakah yang itu blok vertikalnya? bukan yang saya udah sebutkan tadi ya pak?

Offline Pakdi

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1523
  • Location: - 00.47' ~ 100.38'
  • Date Registered: April 28, 2008, 11:29:46 am
  • Reputasi : 124
  • IBM Service - iLham Net
Re: BENGKEL
« Reply #208 on: August 11, 2008, 07:43:17 pm »
bener pak adi...disekitar flyback emang ada bekas terbakar..
kalo yang 16 pin, gak ada heatsinknya pak adi..udah saya cabut dari soketnya, ada 3 pcb, cuma 1 pcb belum dicabut (ditutup seng kotak yang disolder) apakah yang itu blok vertikalnya? bukan yang saya udah sebutkan tadi ya pak?
Yang ditutup seng sama blok pcb yang berdiri gak usah diganggu pak arie,kalau memang ada bekas terbakar..
masih bisa dikenali gak komponen apa yang terbakar itu?resistor kah? atau dioda?
Cari saja IC yang di beri keping pendingin,biasanya gak banyak yang pakai heatsink besar disana.Kalau heatsinknya terpisah,yang pakai cuma Transistor/IC power(switching regulator),Tr.Horizontal output(dekat flyback trafo),IC penguat audio,dan yang terakhir ya IC vertikal itu.
Kecuali terdapat heatsink besar disana,bisa jadi semuanya digabung menempel disana.

Asumsi saya,bisa jadi komponen yg terbakar tsb trouble makernya,coba di urut jalurnya (jalur PCB) kemana arah nya?
Biasanya yang rusak/penyebab kerusakan tidak jauh2 dari jalur tsb...

The Lone Ranger...

Offline padjok

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1079
  • Age: 2015
  • Location: kota bara, sumatera selatan
  • Date Registered: April 22, 2008, 11:15:28 am
  • Reputasi : 76
  • My Jr
    • Email
Re: BENGKEL
« Reply #209 on: August 12, 2008, 09:17:20 am »
bener pak adi...disekitar flyback emang ada bekas terbakar..
kalo yang 16 pin, gak ada heatsinknya pak adi..udah saya cabut dari soketnya, ada 3 pcb, cuma 1 pcb belum dicabut (ditutup seng kotak yang disolder) apakah yang itu blok vertikalnya? bukan yang saya udah sebutkan tadi ya pak?
gimana bro arie? udah ketemu penyakitnya?
penjelasan dari sanak pakdi lebih mengarah tuh bro.

@pakdi
teh telor ala tanjung enim segera meluncur ke solok  ::Beer::

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #210 on: August 12, 2008, 07:47:10 pm »
bener uda pakdi, yang pake heatsink cuma transistor aja, kalo ic gak pake heatsink, yang gosong disolderan sekitar flyback, sepertinya elco..
@belum nih bro padjok, tu tipi masih telanjang..

Offline Pakdi

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1523
  • Location: - 00.47' ~ 100.38'
  • Date Registered: April 28, 2008, 11:29:46 am
  • Reputasi : 124
  • IBM Service - iLham Net
Re: BENGKEL
« Reply #211 on: August 13, 2008, 05:37:07 am »
bener uda pakdi, yang pake heatsink cuma transistor aja, kalo ic gak pake heatsink, yang gosong disolderan sekitar flyback, sepertinya elco..
@belum nih bro padjok, tu tipi masih telanjang..
Wah..TV nya keluaran tahun berapa ya pak arie?kalau di bawah 90an,Vertikal out nya memang masih memakai Transistor sebagai penguat akhirnya.Kalau gak salah kode nya A 940 & C 2073,keduanya menempel ke keping pendingin yang terpisah.
Tapi kalau diatas th 90 rata2 sudah memakai IC sebagai output Vertikalnya,itupun diberi pendingin.

Kalau betul masih menggunakan transistor,ada baiknya diperiksa Elco2 yang ada disekitar tr tsb,juga Elco di daerah yang gosong tadi.Biasanya elco tsb sudah soak / berubah nilai kapasitasnya karena panas.Dari pengamatan visual bisa terlihat body elco tsb mulai menggembung,bungkus body nya mengkerut keatas/kebawah atau terlihat bekas cairan di dekat kaki2 elco tadi.

Seandainya ragu untuk mengujinya ada baiknya ganti saja Elco2 yang dicurigai dengan elco baru yang bernilai sama,kecuali anda memiliki Kapasitansi meter.Saya pernah memakai multitester digital merk Fluke 12 yang bisa menguji Capasitor.

Silahkan dicoba dulu pak arie...
The Lone Ranger...

Offline Qyai

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 5712
  • Location: Bandar Lampung
  • Date Registered: September 25, 2007, 10:10:26 am
  • Reputasi : 336
  • Andrew Dish
Re: BENGKEL
« Reply #212 on: August 13, 2008, 07:44:00 am »
Mantap...ilmu bro pakdi dan bro padjok memang top.... >>/. Masing2 saya kirim segelas kopi lampung ke solok dan tanjung enim.
Manhattan 1920 LX+, Airbox S505, Powers 900s

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #213 on: August 13, 2008, 06:24:58 pm »
Wah..TV nya keluaran tahun berapa ya pak arie?kalau di bawah 90an,Vertikal out nya memang masih memakai Transistor sebagai penguat akhirnya.Kalau gak salah kode nya A 940 & C 2073,keduanya menempel ke keping pendingin yang terpisah.
Tapi kalau diatas th 90 rata2 sudah memakai IC sebagai output Vertikalnya,itupun diberi pendingin.

Kalau betul masih menggunakan transistor,ada baiknya diperiksa Elco2 yang ada disekitar tr tsb,juga Elco di daerah yang gosong tadi.Biasanya elco tsb sudah soak / berubah nilai kapasitasnya karena panas.Dari pengamatan visual bisa terlihat body elco tsb mulai menggembung,bungkus body nya mengkerut keatas/kebawah atau terlihat bekas cairan di dekat kaki2 elco tadi.

Seandainya ragu untuk mengujinya ada baiknya ganti saja Elco2 yang dicurigai dengan elco baru yang bernilai sama,kecuali anda memiliki Kapasitansi meter.Saya pernah memakai multitester digital merk Fluke 12 yang bisa menguji Capasitor.

Silahkan dicoba dulu pak arie...

keluaran 2005 pak adi ;D
ada 1 tr C3852 yang pake heatsink solderannya hangus, ini transistor penguat akhir bukan pak? ato gara" ini dengan elco 560mf/400wv yang hangus makanya tv blank hitam ada garis putih horizontal di tengah ya pak? di trafo gak ada tulisan 33v...ato memang blok vertikal yang rusak?

kalo diurut dari belakang pinggir, dari tuner ke depan ada 2 blok vertikal berdampingan (yang 1 blok pake ic MICRONAS, blok yang ditutup seng) terus didepannya 1 blok yang pake ic philips, depan lagi tr pake heatsink (3 elco, 4 ceramic, 1 diode), depan terakhir 2 elco 1000mf/35v
nah yang jadi target blok mana pak adi? yang ic micronas ya? ??? pusing..

Offline rio13

  • Profesor pun pernah jadi
  • Siswa
  • ***
  • Posts: 381
  • Age: 42
  • Location: 7.06.41'19 S 108.30.11'98 T
  • Date Registered: June 05, 2008, 08:33:42 pm
  • Reputasi : 25
Re: BENGKEL
« Reply #214 on: August 13, 2008, 08:52:45 pm »
Bro... minta photo pcb tv nya. barangkali ada yang sama dengan punya ku.

Offline Pakdi

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1523
  • Location: - 00.47' ~ 100.38'
  • Date Registered: April 28, 2008, 11:29:46 am
  • Reputasi : 124
  • IBM Service - iLham Net
Re: BENGKEL
« Reply #215 on: August 14, 2008, 12:40:33 am »
Ada baiknya transistor C 3852 tsb diperiksa terlebih dahulu,bisa jadi tr tsb rusak sekaligus diulang kembali solderan timahnya.Bisa jadi tr tsb adalah switch untuk tegangan ke blok Vertikal.

Mohon maaf..mungkin pak arie sudah tahu maksud saya...
Yang dimaksud blok Vertikal disini adalah bagian rangkaian TV yang berfungsi untuk membuka layar TV (crt) arah atas-bawah.Bila blok ini tidak bekerja maka di layar tv akan nampak satu garis datar Horizontal (mendatar)
Jadi bukan rangkaian yang tersusun tegak lurus...

Dalam suatu rangkaian di PCB,solderan di titik solderan pada PCB adalah berfungsi sebagai penghubung antara suatu komponen dengan komponen lainnya,hingga terbentuklah suatu rangkaian.Jika salah satu dari titik2 tersebut tidak terhubung sempurna maka terjadilah rangkaian yang tidak sempurna.Inilah yang sering kita sebut 'RUSAK'

Kita tahu antar komponen tadi dihubungkan dengan timah yang dicairkan dengan panas solder,yang kita namakan penyolderan.Sedangkan timah memiliki titik leleh yang rendah bila dibandingkan dengan logam lainnya.Jadi jangan heran kalau timah yang disolderkan tadi akan ikut meleleh kalau komponen diatasnya menghasilkan panas.Apakah itu karena beban yang berlebihan,atau kelebihan jam operasi,akibatnya hubungan antar komponen tadi tidak sempurna,hingga menyebabkan kerja rangkaian tadi menjadi tidak normal.

Sedikit saran pada saat reparasi :
1.Selalu bersihkan debu/kotoran yang menempel pada PCB,secara visual kerusakan bisa dideteksi dari keadaan 
  komponen.
2.Perhatikan titik2 solderan di PCB apakah ada yang longgar,karena biasanya gejala kerusakan bisa berawal dari   
  sana.Kalau ada,solder ulang titik2 tersebut,seringkali kerusakan hanya disebabkan hal2 seperti ini.
3.Bila ditemui komponen yang dicurigai rusak,gantilah dengan komponen baru dengan nilai/kualitas yang sama.

Semoga membantu...mohon koreksi kalau kekurangan.. </<

Salam...
Pakdi...
The Lone Ranger...

Offline fajar

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1046
  • Age: 13
  • Location: KOTA KUPANG - NTT
  • Date Registered: June 05, 2008, 12:01:15 pm
  • Reputasi : 33
Re: BENGKEL
« Reply #216 on: August 14, 2008, 02:07:16 pm »
Saya ada nih dish 9 feet bekas udah gak ada jaring lagi saya berencana untuk mengganti jaring tersebut dengan memakai plat. saya ingin memakai seng rata / datar bisa gak ya kira2 mohon bantuannya. Thanx B4  :LV:
Aku Cinta Indonesia 100%

Offline arie

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2344
  • Date Registered: November 27, 2007, 01:21:46 am
  • Reputasi : 109
Re: BENGKEL
« Reply #217 on: August 14, 2008, 03:21:48 pm »
@bro pakdi n bro padjok
thanks bantuannya >>/
akhirnya tv jadul saya dah oke..dengan mengganti tr c3852, fuse 800mA/250v, dan elco 33mf/160v.. >>/ 100% its work well.. thanks bros...nih kopi ku kirimkan >>/

Offline padjok

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1079
  • Age: 2015
  • Location: kota bara, sumatera selatan
  • Date Registered: April 22, 2008, 11:15:28 am
  • Reputasi : 76
  • My Jr
    • Email
Re: BENGKEL
« Reply #218 on: August 14, 2008, 03:31:37 pm »
good job bro,  >>/
thanks buat kopinya, penghilang kantuk disiang hari, langsung disrupuut (gak pake gula khan?)

Offline Maximal Prime

  • Off The Line
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 11858
  • Date Registered: September 21, 2007, 06:19:37 pm
  • Reputasi : 625
  • When U Know d'Truth
    • I can hardly speak up, so I write it down
Re: BENGKEL
« Reply #219 on: August 14, 2008, 08:28:26 pm »
@bro pakdi n bro padjok
thanks bantuannya >>/
akhirnya tv jadul saya dah oke..dengan mengganti tr c3852, fuse 800mA/250v, dan elco 33mf/160v.. >>/ 100% its work well.. thanks bros...nih kopi ku kirimkan >>/
selamat bro arie... bro pakdi and bro padjok, mohon ijin save langkah2nya... mau nyoba buat tv bpk di kampung yg kebetulan mengalami hal yg serupa... mudah2an gak serumit tv nya bro arie, soalnya merknya juga jadul "Nasional" tahun awal tahun 90...
I can hardly speak up, so I write it down
I'm Here - My blog > MyDVBS