Author Topic: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri  (Read 40653 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2225
  • Age: 39
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 63
  • 081543144987
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 6.0.2 Firefox 6.0.2
Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« on: September 17, 2011, 06:43:19 am »
NGIMPI YUUK:Membuat dish sendiri
membuat jamur parabola sendiri
tutorial ini belum di praktekkan, sekali lagi cuma impian, barangkali ada teman2 yg ingin mewujudkannya monggooo.
berawal dari keinginan mendapatkan siaran satelit yg jauh dari jangkauan saya berkeinginan membuat dish sendiri, setelah membaca beberapa referensi saya mencoba membuat tutorial ini, walaupun saya belum membuatnya namun barangkali ada teman teman yang memiliki kesempatan dan kemampuan mungkin bisa mewujudkannya. dan dengan terbuka kita mendiskusikannya dan barangkali ada teman2 yang mau menambah di persilahkan.

beberapa pengetahuan yang mungkin harus dimiliki (terus terang saya juga tidak memiliki pengetahuan ini):
1. pengetahuan membuat fiberglass
2. pengetahuan Matematika, terutama mengenai lingkaran
3. pengetahuan tehnis bangunan (gak mesti kayaknya)

langkah langkahnya;
I. menentukan desain dish, termasuk rangka dan  bandul
   desain ini menentukan ukuran dish berapa feet/meter yg kita buat
   sebagai acuan:
6 feet : 1.8288000000000002 meter
7 feet : 2.1336 meter
selanjutnya liat unit converter
dari sini kita akan menentukan jari2 parabola yg akan kita gunakan,(mungkin ada rekan rekan adi sini ada yg bisa membantu rumusnya)
(gambar 1)

selanjutnya dengan jari2 tersebut kita akan menentukan bentuk dari lengkungan parabola. kita bisa menggunakan bantuan tali paku dan tiang untuk membuat lengkungan caranya sebagai berikut
1. carilah tempat yang cukup luas dan rata tidak perlu seluas parabola yang kita inginkan namun sebaiknya tidak lebih kecil dari 2/3nya dan sebaiknya di ukur kemiringannya jagna terlalu miring dan kalo bisa cukup keras (cukup untuk membuat kepala benjol jika jatuh , he he he) lantai jemur padi boleh juga.
tancapkan paku di bagian pinggir pinggir tengah arrea usahakan paku tertancap dengan keras dan sisakan bagian yg tidak tertancap untuk mengatikan dengan tali.
ikatkan paku yag menonjol tadi dengan tali yg kita miliki, usahakan tali yang digunakan tidak memanjang ketika ditarik(bisa juga menggunakan kawat. ikatan pada paku tadi diusahakan longgar sehingga tali dapat bergerak bebas ketika di putar nanti.
pada ujung jang lain di ikatkat pada penanda, boleh bolpoin pensil atau pake, terlebih dahulu ukur panjang tali sesuai jari2 parabola. usahakan ikatan tali dengan penanda jgan terlalu jauh karena akan mempengaruhi bentuk dari parabola kita. jika tali penanda sudah siap kita lanjut ke penandaan.
pertamaa adalan penandaan lapangan yg akan menjadi landasan untuk menentukan panjang mall untuk plat besi/kayu kita.
1. tarik tali penanda setegang mungkin ukur sesuai dengan
lihat gambar untuk membayangkan. untuk lengkungan tidak perlu seluruhnya hanya 1/8 saja (kenapa?) pada umumnya lengkungan parabola adalah seperempat dari lengkungan parabola dan untuk membuat cetakan hanya perlu setengahnya. setelah lengkungan digambar ke plat besi(mungkin dari rekan2 forsat ada yang punya ide bahan yang lain silahkan, mari kita diskusikan, yg lebih mudah memotongnya, lebih mudah menjadi cetakan nantinya). untuk memperkuat lembar plat sebaiknya diberikan penguat seperti tiang besi kotak yg kita las ke plat sehingga tidak bergeser plat besinya ketika diputar nanati.kemudian ujungnya di las dengan tabung besi yag akan jadi poros(liat gambar)
II. membuat mold (cetakan)
III.Pembuatan dish
IV. Pem

reff:http://www.nairaland.com/nigeria/topic-657626.192.html

gambar2 acuan

(click to show/hide)
« Last Edit: September 19, 2011, 03:21:27 pm by anshori »

komunitas forumsatelit indonesia

Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« on: September 17, 2011, 06:43:19 am »

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2225
  • Age: 39
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 63
  • 081543144987
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 6.0.2 Firefox 6.0.2
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #1 on: September 17, 2011, 06:43:47 am »
reversed for langkah II, membuat mold
setelah plat besi untuk membuat mol sudah jadi selanjutnya adalah membuat moldnya
sebaiknya untuk membuat mold dicari tempat yang luas sebaiknya tertutup dari matahari langsung untuk menghindari pengerinagn terlalu cepat selain mengurangi resiko kehujanan, selain itu ketika bekerja membuat dish tidak kepanasan.

sekali lagi dibutuhkan tempat yang luas datar sehingga ketika memutar plat besi lancar tidak terkendala suatu apapun. gali lubang yg cukup dalam ditengah area kerja. semakin dalam semakin bagus. tentunya sesuai tiang acuan plat
« Last Edit: September 19, 2011, 03:16:55 pm by anshori »

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2225
  • Age: 39
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 63
  • 081543144987
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 6.0.2 Firefox 6.0.2
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #2 on: September 17, 2011, 06:44:19 am »
reserved for langkah III
untuk langkah ini butuh petunjuk yang mengerti masalah pembuatan resin komposit aka fiber
intinya fiberglas tidak dapat memantulkan sinyal oleh karena itu dibutuhkan bahan pemantul, pada dish2 komersil biasanya yg digunakan adalah serbuk logam bisa alumunium, besi maupun seng. mungkin tergantung kesediaan bisa mana yg digunakan, untuk mimpi kita bisa digunakan alumunium foil, bisa menggunakan lembaran panjang, dengan berbagai lebar dari yg hanya beberapa mili sampai beberapa puluh senti meter. biasanya banyak dijumpai di pasar swalayan.
langkah pertama. mold yg sudah jadi dilapisi dengan wax/lilin, biasanya yg mengerti mengenai pembuatan fiber tau bahannya. kemudian setelah rata di ratakan cairan resin lapis pertama, sambil berjalan meratakan sekeliling mold dilakukan dengan pemberian alumuniom foilsupaya tidak cepat mengeras esin dan bisa lengket dengan alumunium foil, setelah rapih sekelilingnya dapat dilapisi dengan rangka yang sudah dibuat untk memperkuat dish. rangka ini bisa dari tripleks atau lembarran plastik, kok kayu apa nggak rapuh kena air, tidak karena nanti akan terlapisii resin.
setelah rangha kemudian lapisi dengan matt(lembaran palsatik rambut) mentutupi semua bagian dish sambil diberi resin setelah kelar tunggu kering kelar lapisan pertama. untuk berapa lapis yg paling bagus mungkin ada yg bisa menambahkan(bagaimana perbandingan antara harga dan kekuatan)


istirahat dulua ah capek
« Last Edit: September 19, 2011, 03:37:47 pm by anshori »

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2225
  • Age: 39
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 63
  • 081543144987
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 6.0.2 Firefox 6.0.2
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #3 on: September 17, 2011, 06:44:59 am »
reserved for langkah IV

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2225
  • Age: 39
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 63
  • 081543144987
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 6.0.2 Firefox 6.0.2
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #4 on: September 19, 2011, 03:38:28 pm »
update langkah yang baru, belum ada yg komen gak papa, mungkin karena ini masih mimpi
 (peace) (peace)

Offline eka757

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 867
  • Age: 37
  • Location: Solo Utara, Kalioso ,Jawa Tengah
  • Date Registered: February 09, 2011, 09:43:10 pm
  • Reputasi : 10
  • Wagu yo Benz
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 Windows 7/Server 2008
  • Browser:
  • Firefox 6.0.2 Firefox 6.0.2
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #5 on: September 19, 2011, 05:47:10 pm »
Jangan pesimis saya juga ngesimak kok....

Offline offspring

  • not a
  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 931
  • Age: 2010
  • Date Registered: June 18, 2010, 11:35:43 am
  • Reputasi : 26
  • if only i could
  • OS:
  • Linux Linux
  • Browser:
  • Mozilla compatible Mozilla compatible
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #6 on: September 19, 2011, 10:56:07 pm »
saya juga baca setiap updatenya. Teruskan pak mewujudkan ide kreatif.

Offline maxx

  • Off The Line
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 11620
  • Date Registered: September 21, 2007, 06:19:37 pm
  • Reputasi : 594
  • When U Know d'Truth
  • OS:
  • Linux Linux
  • Browser:
  • Firefox 6.0 Firefox 6.0
    • I can hardly speak up, so I write it down
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #7 on: October 04, 2011, 09:54:59 pm »
@pak dok,
yg di gambar itu orangnya lagi bikin apa? apa sebuah dish juga?
U can find me somewhere else.
Bukan Pelanggan BigTV
OBS4 Plugins > Fortis Plugins

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2225
  • Age: 39
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 63
  • 081543144987
  • OS:
  • Windows NT 9 Windows NT 9
  • Browser:
  • Firefox 3.5.16 Firefox 3.5.16
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #8 on: October 04, 2011, 09:57:00 pm »
iya dia lagi bikin dish, yg di poto lagi bikin moldnya, lihat aja di webnya. mohon maaf belum ada idebuat nulis lanjutannya

Offline Yasin L

  • Forum Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 8114
  • Age: 47
  • Location: TOLITOLI SULAWESI TENGAH
  • Date Registered: July 29, 2010, 12:14:26 pm
  • Reputasi : 386
  • Toliz Band
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 Windows 7/Server 2008
  • Browser:
  • Chrome 14.0.835.187 Chrome 14.0.835.187
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #9 on: October 06, 2011, 01:36:44 am »
Sy suka menantang...  ;) :yes:

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2225
  • Age: 39
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 63
  • 081543144987
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.5.16 Firefox 3.5.16
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #10 on: October 06, 2011, 03:40:53 am »
om yasin kan tanah kosong masih luas disana silahkan di wujudkan, saya gak punya tanah kosong untuk mewujudkannya
 (peace) (peace)

Offline Yasin L

  • Forum Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 8114
  • Age: 47
  • Location: TOLITOLI SULAWESI TENGAH
  • Date Registered: July 29, 2010, 12:14:26 pm
  • Reputasi : 386
  • Toliz Band
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 Windows 7/Server 2008
  • Browser:
  • Chrome 14.0.835.187 Chrome 14.0.835.187
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #11 on: October 06, 2011, 04:52:59 am »
om yasin kan tanah kosong masih luas disana silahkan di wujudkan, saya gak punya tanah kosong untuk mewujudkannya
 (peace) (peace)
:HA: kebetulan marga sy Luwas....  :v :v :v  cm susah bahan2x klo pake fiber... Tolitoli gk ada yg jual... :capek: tinggal di Tolitoli.

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2225
  • Age: 39
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 63
  • 081543144987
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.5.16 Firefox 3.5.16
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #12 on: October 07, 2011, 04:29:35 am »
om yasin kan tanah kosong masih luas disana silahkan di wujudkan, saya gak punya tanah kosong untuk mewujudkannya
 (peace) (peace)
:HA: kebetulan marga sy Luwas....  :v :v :v  cm susah bahan2x klo pake fiber... Tolitoli gk ada yg jual... :capek: tinggal di Tolitoli.
coba tanya2 om siapa tau ada yg ngerti dimana kalo beli fiber disana, kadang gak disangka2 ada yg jual, kalo dulu saya di banggai operator speed boat tau dimana belinya, dia orang buton biasa bikin speed boat
 >>/

Offline Yasin L

  • Forum Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 8114
  • Age: 47
  • Location: TOLITOLI SULAWESI TENGAH
  • Date Registered: July 29, 2010, 12:14:26 pm
  • Reputasi : 386
  • Toliz Band
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 Windows 7/Server 2008
  • Browser:
  • Chrome 14.0.835.202 Chrome 14.0.835.202
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #13 on: October 09, 2011, 02:33:24 am »
om yasin kan tanah kosong masih luas disana silahkan di wujudkan, saya gak punya tanah kosong untuk mewujudkannya
 (peace) (peace)
:HA: kebetulan marga sy Luwas....  :v :v :v  cm susah bahan2x klo pake fiber... Tolitoli gk ada yg jual... :capek: tinggal di Tolitoli.
coba tanya2 om siapa tau ada yg ngerti dimana kalo beli fiber disana, kadang gak disangka2 ada yg jual, kalo dulu saya di banggai operator speed boat tau dimana belinya, dia orang buton biasa bikin speed boat
 >>/
Sdh pernah cari utk bikin salon fiber, gk dapat.

Offline maxx

  • Off The Line
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 11620
  • Date Registered: September 21, 2007, 06:19:37 pm
  • Reputasi : 594
  • When U Know d'Truth
  • OS:
  • Linux Linux
  • Browser:
  • Firefox 6.0 Firefox 6.0
    • I can hardly speak up, so I write it down
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #14 on: October 09, 2011, 05:00:38 pm »
bahan-bahannya ini memang yg sulit dicari...
bagaimanan kalau kita berkreasi dengan membikin dish yg kecil kecil aja dulu, misalnya yg buat ke Indovision...
U can find me somewhere else.
Bukan Pelanggan BigTV
OBS4 Plugins > Fortis Plugins

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2225
  • Age: 39
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 63
  • 081543144987
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 7.0.1 Firefox 7.0.1
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #15 on: October 09, 2011, 05:17:53 pm »
bahan-bahannya ini memang yg sulit dicari...
bagaimanan kalau kita berkreasi dengan membikin dish yg kecil kecil aja dulu, misalnya yg buat ke Indovision...
kalo disini sih bahan2 gak sulit, banyak di jual di toko2 kimia, kalo saya masalahnya di lahan buat eksperimen dan tentunya dana. :v :v :v :v

Offline Yasin L

  • Forum Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 8114
  • Age: 47
  • Location: TOLITOLI SULAWESI TENGAH
  • Date Registered: July 29, 2010, 12:14:26 pm
  • Reputasi : 386
  • Toliz Band
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 Windows 7/Server 2008
  • Browser:
  • Chrome 14.0.835.202 Chrome 14.0.835.202
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #16 on: October 09, 2011, 06:34:00 pm »
bahan-bahannya ini memang yg sulit dicari...
bagaimanan kalau kita berkreasi dengan membikin dish yg kecil kecil aja dulu, misalnya yg buat ke Indovision...
kalo disini sih bahan2 gak sulit, banyak di jual di toko2 kimia, kalo saya masalahnya di lahan buat eksperimen dan tentunya dana. :v :v :v :v
:v :v :v sebenarnya mudah sj buat buktiin ngimpinya, cm 1 yg jd alasan, gk ada dana.  '/; '/; '/;

Offline phyto

  • Pengembara
  • Posts: 49
  • Location: NTT
  • Date Registered: January 06, 2011, 11:08:32 pm
  • Reputasi : 0
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.10 Firefox 3.6.10
    • Email
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #17 on: December 14, 2011, 01:10:09 pm »
Lanjutkan..... (top)

Offline Wahid

  • belum pantas dikatakan
  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 780
  • Age: 35
  • Location: West Borneo
  • Date Registered: September 14, 2008, 06:24:46 pm
  • Reputasi : 117
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Opera 10.00 Opera 10.00
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #18 on: December 14, 2011, 03:51:11 pm »
bahan-bahannya ini memang yg sulit dicari...
bagaimanan kalau kita berkreasi dengan membikin dish yg kecil kecil aja dulu, misalnya yg buat ke Indovision...
jadi teringat sewaktu mau coba lnb sband tidak punya dish ngangur akhirnya dicoba menggunakan wajan ^_^ ^_^ ^_^


Offline starmoon

  • Up Level
  • Master
  • ********
  • Posts: 4661
  • Age: 42
  • Date Registered: July 29, 2009, 01:38:10 pm
  • Reputasi : 171
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 Windows 7/Server 2008
  • Browser:
  • Firefox 8.0 Firefox 8.0
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #19 on: December 17, 2011, 05:18:17 pm »
Semoga mimpinya bisa terwujud..
btw.. butuh waktu, tenaga, dan juga mungkin dana yang dikeluarkan lebih besar drpd beli jadi.. namun jk berhasil ada kepuasan sendiri..
krn MADE IN ME...  :D

Dilanjut.. Dream is come true..  :good:
     

komunitas forumsatelit indonesia

Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #19 on: December 17, 2011, 05:18:17 pm »