Author Topic: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri  (Read 81378 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Yasin L

  • Forum Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 8170
  • Age: 51
  • Location: TOLITOLI SULAWESI TENGAH
  • Date Registered: July 29, 2010, 12:14:26 pm
  • Reputasi : 393
  • Toliz Band
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 Windows 7/Server 2008
  • Browser:
  • Chrome 16.0.912.63 Chrome 16.0.912.63
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #20 on: December 17, 2011, 09:44:02 pm »
Gk berharap mimpi di sini... :(XX

Offline Maximal Prime

  • Off The Line
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 11858
  • Date Registered: September 21, 2007, 06:19:37 pm
  • Reputasi : 625
  • When U Know d'Truth
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 Windows 7/Server 2008
  • Browser:
  • Firefox 3.6.4 Firefox 3.6.4
    • I can hardly speak up, so I write it down
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #21 on: December 25, 2011, 06:33:02 am »
bahan-bahannya ini memang yg sulit dicari...
bagaimanan kalau kita berkreasi dengan membikin dish yg kecil kecil aja dulu, misalnya yg buat ke Indovision...
jadi teringat sewaktu mau coba lnb sband tidak punya dish ngangur akhirnya dicoba menggunakan wajan ^_^ ^_^ ^_^
dapat berapa persen sinyalnya bang? ^_^
I can hardly speak up, so I write it down
I'm Here - My blog > MyDVBS

Offline beny_pongo

  • Forum Moderator
  • Ksatria
  • *****
  • Posts: 1167
  • Age: 35
  • Location: Ponorogo Jawa Timur Indonesia Asia Tenggara
  • Date Registered: January 04, 2009, 07:36:55 am
  • Reputasi : 48
  • Gamer Sejati
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Chrome 2.0.169.1 Chrome 2.0.169.1
    • Kumpulan Berita Viral
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #22 on: December 25, 2011, 07:28:26 pm »
Nyimak,nunggu kabar berikutnya (top) (top) (top) (top)  (peace) (peace) (peace)

Offline phyto

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 50
  • Location: NTT
  • Date Registered: January 06, 2011, 11:08:32 pm
  • Reputasi : 0
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.10 Firefox 3.6.10
    • Email
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #23 on: January 23, 2012, 07:15:49 am »
Gimana nih proyeknya pak......?

Offline phyto

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 50
  • Location: NTT
  • Date Registered: January 06, 2011, 11:08:32 pm
  • Reputasi : 0
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.10 Firefox 3.6.10
    • Email
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #24 on: January 23, 2012, 07:17:21 am »
Gimana nih kelanjutan proyeknya pak?

Offline VIANDRA

  • apa arti dunia persilatan tanpa seorang
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1348
  • Age: 40
  • Location: Maumere of Florez (MOF)
  • Date Registered: February 09, 2010, 07:16:03 pm
  • Reputasi : 68
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 8.0.1 Firefox 8.0.1
    • Email
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #25 on: January 23, 2012, 04:57:00 pm »
kira kira bikin solid dish 8feet abis dana berapa ya??

KASIHILAH SESAMAMU SEPERTI KAMU MENGASIHI DIRIMU

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2235
  • Age: 44
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 64
  • 081543144987
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 8.0.1 Firefox 8.0.1
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #26 on: January 23, 2012, 05:14:24 pm »
kira kira bikin solid dish 8feet abis dana berapa ya??
kalo itu mending beli jadi
ini mungkin buat yg 9 feet keatas
kecuali dah ada yg buat moldnya mungkin bisa murah

Offline Yasin L

  • Forum Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 8170
  • Age: 51
  • Location: TOLITOLI SULAWESI TENGAH
  • Date Registered: July 29, 2010, 12:14:26 pm
  • Reputasi : 393
  • Toliz Band
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 Windows 7/Server 2008
  • Browser:
  • Chrome 16.0.912.75 Chrome 16.0.912.75
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #27 on: January 23, 2012, 11:22:13 pm »
Tetap cm mimpi....wkwkwkw

Offline nawa

  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 602
  • Date Registered: April 18, 2011, 12:41:04 pm
  • Reputasi : 7
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 9.0.1 Firefox 9.0.1
    • Email
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #28 on: February 18, 2012, 06:43:08 pm »
reserved for langkah III
untuk langkah ini butuh petunjuk yang mengerti masalah pembuatan resin komposit aka fiber
intinya fiberglas tidak dapat memantulkan sinyal oleh karena itu dibutuhkan bahan pemantul, pada dish2 komersil biasanya yg digunakan adalah serbuk logam bisa alumunium, besi maupun seng. mungkin tergantung kesediaan bisa mana yg digunakan, untuk mimpi kita bisa digunakan alumunium foil, bisa menggunakan lembaran panjang, dengan berbagai lebar dari yg hanya beberapa mili sampai beberapa puluh senti meter. biasanya banyak dijumpai di pasar swalayan.
langkah pertama. mold yg sudah jadi dilapisi dengan wax/lilin, biasanya yg mengerti mengenai pembuatan fiber tau bahannya. kemudian setelah rata di ratakan cairan resin lapis pertama, sambil berjalan meratakan sekeliling mold dilakukan dengan pemberian alumuniom foilsupaya tidak cepat mengeras esin dan bisa lengket dengan alumunium foil, setelah rapih sekelilingnya dapat dilapisi dengan rangka yang sudah dibuat untk memperkuat dish. rangka ini bisa dari tripleks atau lembarran plastik, kok kayu apa nggak rapuh kena air, tidak karena nanti akan terlapisii resin.
setelah rangha kemudian lapisi dengan matt(lembaran palsatik rambut) mentutupi semua bagian dish sambil diberi resin setelah kelar tunggu kering kelar lapisan pertama. untuk berapa lapis yg paling bagus mungkin ada yg bisa menambahkan(bagaimana perbandingan antara harga dan kekuatan)


istirahat dulua ah capek
sekelumit mencetak dari bahan fiber glass

 bahan yg perlu di siapkan
1.resin
2.gel coat
3.mirror glaze (pelicin anti lengket)
4.katalis (pengering resin)
5.aseton (pengencer resin)
6.talk (bedak) bisa juga di ganti kalsium
7.matt (serat kaca)
8.verep /pewarna ,yg lebih murah pake blawu

 bahan pendukung
1.kuas ukuran 2 dim
2.gunting
3.gelas ukur besar
4.gelas ukur kecil
5.wadah untuk mencampur bahan
6.sabun colek (wi**g biru)
7.dll

pengerjaan proyek mimpi

- setelah moulding sdh siap kuaskan mirror glaze diatas permukaan cetakan hingga merata, tunggu sampai kering dan ulangi 2 hingga3 kali pelapisan

-siapkan gel coat 250 cc (buat pemula) campur dengan pewarna sesuai keinginan dan aduk hingga rata, bila campuran ini terasa terlalu kental anda bisa
menambahkan aseton tuang sedikit demi sedikit sampai sekiranya kuas enak berjalan di atas moulding biarkan dulu hingga beberapa menit tujuannya supaya di dlm campuran ini tdk ada gelembung udara yg terjebak di dalam cairan,kemudian tuangkan katalis 3 cc lalu aduk rata kemudian kuaskan sampai rata ke permukaan moulding tunggu sampai kering lalu ulangi 2 hingga 3 kali pelapisan/lebih .cairan gel coat ini biasa di pakai org buat mencetak sesuatu pada lapisan atas dan bawah (pembungkus) kalau boleh kita istilahkan ibarat kue lapis beberapa lapisan atas itu gell coat beberapa lapisan tengah itu resin dan beberapa lapisan bawah gel coat lagi

- setelah beberapa lapisan gel coat kering saatnya kita menyiapkan resin 250 cc ,katalis 3 cc,dan talk/kalsium ,idealnya menurut pengalaman sy 1 kg(- + 1000 cc) resin campuran talk/kalsium nya 2,5 ons (1/4 kg) .setelah siap campurkan resin dan kalsium aduk hingga rata tambahi aseton bila terlalu kental lalu diamkan supaya gelembung udara naik ke permukaan ,sembari menunggu siapka matt (serat fiber) potong potong seukuran buku tulis bisa melebar /memanjang tergantung kondisi cetakan setelah di potong kupas satu persatu lembaran matt tsb menjadi 2 lembar seperti anda mengupas stiker setelah dikupas 1 lembar jadi 2 lembar kumpulkan beberapa lembar matt masukkan ke dlm tas kresek lalu peras seperti memeras pakaian yg basah tujuannya supaya lembaran matt gampang diatur mengikuti lekak lekuk moulding  



- setelah serat fiber sudah  siap kemudian baru tuangkan 3 cc katalis aduk hingga rata
  kemudian kuaskan resin diatas moulding yg sdh terlapisi beberapa lapisan gel coat lalu letakkan 1 lembar serat fiber di atas permukaan resin yg masih basah dan tumpangi lagi dengan resin hingga serat fiber kelihatan basah merata lakukan spt   cara ini sampai semua permukaan tertutup resin + serat fiber. perlu di perhatikan    bahwa cara melumuri matt ini bukan seperti kita mengecat tembok tetapi caranya  adalah dengan menusuk nusuk dgn agak cepat menggunakan ujung kuas dan jangan lupa setelah pengerjaan selesai cuci bekas kuas tadi menggunakan sabun colek lalu   keringkan setelah beberapa jam kering ulangi pengerjaan spt tadi hingga menghasil  kan 5 hingga 7 lapis atau lebih menurut kegunaan dan selera anda semakin tebal  otomatis semakin kuat dan biayanya juga ikutan kuat

- setelah pengerjaan beberapa lapisan selesai barulah kita lapisi lapisan penutup dgn  menggunakan gel coat seperti cara diatas anda bisa melapisi dgn gel coat saja /dgn
  mengombinasikan dgn serat fiber

- setelah selesai semua pelapisan (atas,tengah dan bawah) biarkan beberapa minggu jangan sekali2 membuka cetakan dari mouldingnya tujuannya adalah supaya reaksi ki
  mia benar2 benar usai(mati) sehingga tdk memberi kesempatan hasil cetakan ini melintir\mulet dan bila ini benar terjadi maka sia2lah usaha kita buat memimpikan
  sebuah anten parabola yg center dan fokus
 
  tambahan
 - gunakan masker penutup hidung untuk bau yg menyengat dari cairan resin juga bahaya  debu dari serat fiber
 - gunakan sarung tangan karet agar tangan tdk gatal akibat serpihan serat fiber yg me
   nempel kulit
 - campurkan katalis (pengering) terahir kali bila segala sesuatunya sdh siap semua  bila terlambat cairan resin akan membatu di wadah dan kuas,semakin banyak katalis akan menjadi cepat kering tapi hasil cetakan tdk terlalu kuat (rapuh/metel/getas)
  
 demikian sekelumit mencetak fiber glass semoga bermanfaat silahkan bila ada yg menambahi atau meluruskan bila ada yg salah /melenceng semoga mimpi ingin memiliki antena parabola solid semakin dekat dgn kenyataan    
    
 
« Last Edit: February 22, 2012, 06:30:08 am by nawa »
mendahulukan bukti ga perlu reputasi

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2235
  • Age: 44
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 64
  • 081543144987
  • OS:
  • Linux Linux
  • Browser:
  • Safari 4.0 Safari 4.0
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #29 on: February 27, 2012, 09:39:14 pm »
dikarenakan fiber/plaztik tidak memantulkan zignal maka haru ditambahkan bahanyg mampu memantulkan zinyal, zemacam logam begitu, zaya menguzulkan menggunakan lembaran alumunium foil, kira2 biza gakya nempel zama fiberglazznya

Offline nawa

  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 602
  • Date Registered: April 18, 2011, 12:41:04 pm
  • Reputasi : 7
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 10.0.2 Firefox 10.0.2
    • Email
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #30 on: February 27, 2012, 10:43:49 pm »
dikarenakan fiber/plaztik tidak memantulkan zignal maka haru ditambahkan bahanyg mampu memantulkan zinyal, zemacam logam begitu, zaya menguzulkan menggunakan lembaran alumunium foil, kira2 biza gakya nempel zama fiberglazznya
kalau memakai aluminium foil bentuk lembaran seperti di supermarket sepertinya agak sulit buat menempelkannya uzul sy memakai aluminium foil yg biasa buat menambal panci yg bocor rambut bentuknya persis seperti lakban praktis sdh ada perekatnya
mendahulukan bukti ga perlu reputasi

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2235
  • Age: 44
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 64
  • 081543144987
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 8.0.1 Firefox 8.0.1
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #31 on: February 28, 2012, 05:55:22 am »
dikarenakan fiber/plaztik tidak memantulkan zignal maka haru ditambahkan bahanyg mampu memantulkan zinyal, zemacam logam begitu, zaya menguzulkan menggunakan lembaran alumunium foil, kira2 biza gakya nempel zama fiberglazznya
kalau memakai aluminium foil bentuk lembaran seperti di supermarket sepertinya agak sulit buat menempelkannya uzul sy memakai aluminium foil yg biasa buat menambal panci yg bocor rambut bentuknya persis seperti lakban praktis sdh ada perekatnya
maksud saya pada saat pembuatan lapisan pertama resin terus alumuniom foil,lalu mat baru resin lagi, btw kalo triplek dijadikan tulang kira2 kuat gak ya(uda dilapiz mat)kalo zaya liat di pembuatan kapal pake kayu buat ribnya,mungkin baaguz lagi kalo alumunium batangan, cape juga ngetik pake kibord ruzak

Offline nawa

  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 602
  • Date Registered: April 18, 2011, 12:41:04 pm
  • Reputasi : 7
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 10.0.2 Firefox 10.0.2
    • Email
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #32 on: March 01, 2012, 08:02:51 am »
dikarenakan fiber/plaztik tidak memantulkan zignal maka haru ditambahkan bahanyg mampu memantulkan zinyal, zemacam logam begitu, zaya menguzulkan menggunakan lembaran alumunium foil, kira2 biza gakya nempel zama fiberglazznya
kalau memakai aluminium foil bentuk lembaran seperti di supermarket sepertinya agak sulit buat menempelkannya uzul sy memakai aluminium foil yg biasa buat menambal panci yg bocor rambut bentuknya persis seperti lakban praktis sdh ada perekatnya
maksud saya pada saat pembuatan lapisan pertama resin terus alumuniom foil,lalu mat baru resin lagi, btw kalo triplek dijadikan tulang kira2 kuat gak ya(uda dilapiz mat)kalo zaya liat di pembuatan kapal pake kayu buat ribnya,mungkin baaguz lagi kalo alumunium batangan, cape juga ngetik pake kibord ruzak
sy blm bisa membayangkan bagaimana mengatur aluminium foil yg sangat tipis  untuk di tata rapi diatas moulding yg sdh dilapisi resin sedangkan resin dalam keadaan basah dan cepat kering ,tapi intinya bisa asal mau telaten dan sabar ,yg menjadi gambaran sy saat ini adalah bukan memakai aluminium foil tapi memakai powder aluminium teknisnya adalah pada lapisan pertama kali memakai gelcoat yg masih basah kemudian kita taburi merata dgn powder kl sdh kering diulang sampai 3 kali pelapisan (tanpa matt) setelah kering baru memakai matt dan nanti kl sdh di copot hasilnya dari cetakannya baru kita amplas nah nanti akan kelihatan butiran2 powdernya
 mengenai rib menggunakan aluminium kelihatannya lebih bagus ketimbang pakai kayu bila bisa ngerol (membengkongkan) mengikuti lengkungan dish
mendahulukan bukti ga perlu reputasi

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2235
  • Age: 44
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 64
  • 081543144987
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 8.0.1 Firefox 8.0.1
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #33 on: March 01, 2012, 02:10:43 pm »
dikarenakan fiber/plaztik tidak memantulkan zignal maka haru ditambahkan bahanyg mampu memantulkan zinyal, zemacam logam begitu, zaya menguzulkan menggunakan lembaran alumunium foil, kira2 biza gakya nempel zama fiberglazznya
kalau memakai aluminium foil bentuk lembaran seperti di supermarket sepertinya agak sulit buat menempelkannya uzul sy memakai aluminium foil yg biasa buat menambal panci yg bocor rambut bentuknya persis seperti lakban praktis sdh ada perekatnya
maksud saya pada saat pembuatan lapisan pertama resin terus alumuniom foil,lalu mat baru resin lagi, btw kalo triplek dijadikan tulang kira2 kuat gak ya(uda dilapiz mat)kalo zaya liat di pembuatan kapal pake kayu buat ribnya,mungkin baaguz lagi kalo alumunium batangan, cape juga ngetik pake kibord ruzak
sy blm bisa membayangkan bagaimana mengatur aluminium foil yg sangat tipis  untuk di tata rapi diatas moulding yg sdh dilapisi resin sedangkan resin dalam keadaan basah dan cepat kering ,tapi intinya bisa asal mau telaten dan sabar ,yg menjadi gambaran sy saat ini adalah bukan memakai aluminium foil tapi memakai powder aluminium teknisnya adalah pada lapisan pertama kali memakai gelcoat yg masih basah kemudian kita taburi merata dgn powder kl sdh kering diulang sampai 3 kali pelapisan (tanpa matt) setelah kering baru memakai matt dan nanti kl sdh di copot hasilnya dari cetakannya baru kita amplas nah nanti akan kelihatan butiran2 powdernya
 mengenai rib menggunakan aluminium kelihatannya lebih bagus ketimbang pakai kayu bila bisa ngerol (membengkongkan) mengikuti lengkungan dish
apa biza diatur kekentalan rezinnya zupaya tidak cepat kering zupaya biza nempel dengan alumunium foil, kalo pake powder caya takut kurang haluz butirannya dan kalo menurut zaya tidak perlu diamplaz lagi karena pdernya cukup memantulkan cignalnya
« Last Edit: March 01, 2012, 02:12:36 pm by anshori »

Offline anshori

  • Cita-citanya Bukan Cuma jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2235
  • Age: 44
  • Location: Karawang, 6°21'17"S 107°22'31"E
  • Date Registered: April 14, 2008, 02:01:53 pm
  • Reputasi : 64
  • 081543144987
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 8.0.1 Firefox 8.0.1
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #34 on: March 01, 2012, 02:31:28 pm »
wah gak enak juga ama momod di pindah kemari, wong macih ngimpi kok, belum bikin dan macih di angan angan btw makacih buat momod udah memperhatikan

Offline adef

  • Inspired by
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 13153
  • Location: -1.63°,103.57°
  • Date Registered: October 15, 2008, 11:30:43 am
  • Reputasi : 683
  • BE MOVED
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Opera 12.00 Opera 12.00
    • Email
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #35 on: March 01, 2012, 02:37:06 pm »
wah gak enak juga ama momod di pindah kemari, wong macih ngimpi kok, belum bikin dan macih di angan angan btw makacih buat momod udah memperhatikan
silahkan di lengkapi referensi, gambarē dan tutorialnya di page 1..
semoga kedepan akan bermanfaat buat sobat-sobat yang mau mencoba membuat parabola sendiri.. :yes:
- Jawablah apa yg bisa kamu jawab, karena jawabanmu adalah setitik cahaya bagi yg gelap..

Offline EliteSat

  • suka belajar dari para
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 571
  • Age: 35
  • Location: jadi pindah ke Pulpis Kal-Teng
  • Date Registered: August 03, 2008, 07:46:32 pm
  • Reputasi : 8
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Opera 9.80 Opera 9.80
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #36 on: March 01, 2012, 09:29:19 pm »
apakah ada rekan-rekan yang pernah mencoba membuat parabola dari payung? sepertinya ada kemungkinan untuk dicoba,: pakai payung yang jari-jarinya banyak serta kelengkungannya lebih smoth, kemudian kainnya dilapisi dengan aluminium foil. dan mountingnya pake tripod kamera. gimana? well,... ini masih sebatas ide dari saya saja dan belum sempat untuk saya coba. mudah mudahan  bisa jadi inspirasi,... :)
« Last Edit: March 01, 2012, 09:52:22 pm by EliteSat »

Offline nawa

  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 602
  • Date Registered: April 18, 2011, 12:41:04 pm
  • Reputasi : 7
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 10.0.2 Firefox 10.0.2
    • Email
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #37 on: March 02, 2012, 11:03:45 pm »
 resin bisa diatur proses pengeringannya menurut keinginan pengguna bila ingin cepat kering ya ditambah dari ukuran standar bila ingin lambat ya dikurangi setengah \lebih sedikit dari ukuran standar.setiap hasil cetakan yg kita copot dari mouldingnya pasti harus melalui proses penyempurnaan seperti memotong sisa2 matt,mengamplas bahkan juga melalui proses pemolesan menggunakan alat poles sehingga hasil cetakan kelihatan halus dan mulus
 walaupun ini hanya sekedar mimpi belum jadi kenyataan tapi paling tdk kita tau seluk beluk suatu pekerjaan walau blm pernah mengerjakannya  (peace)
mendahulukan bukti ga perlu reputasi

Offline mur_baud

  • Murid
  • **
  • Posts: 241
  • Location: karanganyar solo jawa tengah
  • Date Registered: July 26, 2010, 09:59:54 pm
  • Reputasi : 16
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 Windows 7/Server 2008
  • Browser:
  • Firefox 10.0 Firefox 10.0
    • Email
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #38 on: March 13, 2012, 12:24:11 am »
        Mohon maaf
        Saya tidak bermaksud  pesimis namun perlu dipikirkan dish ini untuk ukuran berapa feed. Kalau untuk 6 feed kebawah sudah banyak dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Kalau untuk 8 feed keatas perlu diperhatikan mounting dari dish ini karena dish solid akan menerima terpaan angin yang cukup kuat. Selain itu juga beaya yang tentunya tidak sedikit, walaupun sebagai hobi namun kalau mimpinya terlalu jauh mundurnya ya akan membuang waktu, tenaga dan beaya.
         
        Mungkin akan lebih bijak kalau yang dibuat adalah alat pres untuk membuat rib ( rangka ) parabola, karena dengan menyusun rib ini secara rapat yang mana rib dibuat dari aluminium persegi ukuran 1x2 inc akan didapat dish solid dengan ukuran sesuai yang diinginkan.
        Mohon maaf bila kurang berkenan.
                  matur nuwun
                     mur baud   

Offline nawa

  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 602
  • Date Registered: April 18, 2011, 12:41:04 pm
  • Reputasi : 7
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 10.0.2 Firefox 10.0.2
    • Email
Re: Make your own Satellite Dish - Membuat Antena Parabola Sendiri
« Reply #39 on: March 13, 2012, 09:58:42 pm »
        Mohon maaf
        Saya tidak bermaksud  pesimis namun perlu dipikirkan dish ini untuk ukuran berapa feed. Kalau untuk 6 feed kebawah sudah banyak dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Kalau untuk 8 feed keatas perlu diperhatikan mounting dari dish ini karena dish solid akan menerima terpaan angin yang cukup kuat. Selain itu juga beaya yang tentunya tidak sedikit, walaupun sebagai hobi namun kalau mimpinya terlalu jauh mundurnya ya akan membuang waktu, tenaga dan beaya.
         
        Mungkin akan lebih bijak kalau yang dibuat adalah alat pres untuk membuat rib ( rangka ) parabola, karena dengan menyusun rib ini secara rapat yang mana rib dibuat dari aluminium persegi ukuran 1x2 inc akan didapat dish solid dengan ukuran sesuai yang diinginkan.
        Mohon maaf bila kurang berkenan.
                  matur nuwun
                     mur baud   
masuk akal juga ,kl dish dibuat dari fiber disamping berat, mahal,lama dan memerlukan moulding yg biayanya lebih mahal dari pada alat press\rol , pertanyaan sy apakah dgn merapatkan rib sampai membentuk lingkaran rib yg pertama dan terahir apa masih bisa ketemu rapat ? ....maaf kl keliru pemahaman sy 
mendahulukan bukti ga perlu reputasi