Author Topic: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV  (Read 593462 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline Ki Demang Saba Lintang

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4507
  • Age: 50
  • Location: Tulungagung, 8,0802 LS / 111,926 BT.
  • Date Registered: April 12, 2011, 02:37:19 pm
  • Reputasi : 245
  • OJO KAGETAN, OJO GUMUNAN, OJO DUMEH..
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Chrome 24.0.1312.57 Chrome 24.0.1312.57
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #500 on: February 18, 2013, 05:44:10 am »
newbie mau tanya dunk,ini yg salah apanya ya om?aku berusaha tracking nss6 tapi ga bisa2 :s

Dengan melihat gambar yang di upload, kalau benar lokasinya di Probolinggo, jelas itu sudut elevasinya nggak benar, sedangkan untuk sudut azimuthnya tidak begitu terlihat di gambar, apakah sudah benar apa belum.
Coba buka halaman-halaman sebelum ini, sudah sering di bahas. Kalau nanti masih menemui kendala silahkan bertanya lagi.  
Juga dengan LNBnya, jika yang dipakai itu LNB Ku yang jenis Offset, nggak perlu dipasang CSR kepunyaan C-band lagi.
Salam  (peace)
« Last Edit: February 18, 2013, 05:46:07 am by Ki Demang »
Piye kabare le? ... ojo lali marang dhawuhe Kanjeng Pangeran Samber Nyawa "rumongso handarbeni,.. meluo hangrungkepi,.. mulat sariro hangrasa wani..."

Offline Ki Demang Saba Lintang

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4507
  • Age: 50
  • Location: Tulungagung, 8,0802 LS / 111,926 BT.
  • Date Registered: April 12, 2011, 02:37:19 pm
  • Reputasi : 245
  • OJO KAGETAN, OJO GUMUNAN, OJO DUMEH..
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Chrome 24.0.1312.57 Chrome 24.0.1312.57
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #501 on: February 18, 2013, 07:32:59 am »
@ bro Joeone7 :
LNB Tilt ( LNB Skew ) berhubungan dengan azimuth. Disitu sudut azimuthnya selisih sekitar 20o, maka sudah benar jika LNB Skewnya juga selisih sekitar 20o.
Salam  (peace)
Saya baru melakukan geser memutar dish ke arah barat sedikit dari posisi lock telvis, asumsi saya untuk menyesuikan azimuth nya. Kemudian menaikan dish nya sedikit untuk mengatur elevasi nya. Dan belum berhasil... Benarkah begitu ki? Dan untuk mengatur TILT LNB apa yang harus dilaukukan? Bagaimana cara mengatur LNB SKEW selisih 20 itu?
Kalau dari Telkom 1 menuju ke Asiasat-3S, sudah benar dish diputar ke arah barat sekitar 20o (pada arah azimuth 339,5), untuk elevasi diturunkan sedikit sekitar 0.5o (pada kondisi  selisih yang cuma 0,5o mungkin bisa diabaikan dulu) kemudian putar skewnya sebesar -20o (untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini)
Mengenai Skew dan lain-lain, lebih jelas dapat dibaca disini : http://www.forumsatelit.com/index.php?topic=33.msg557653#msg557653
Catatan : maaf saya kurang mengikuti perkembangan dari satelitte Asiasat-3S, yang menjadi pertanyaan saya adakah sinyal dari Asiasat-3S yang masuk kategori DTH, sehingga bisa ditangkap menggunakan dish mini seukuran dishnya Telvis?
Silahkan mencoba,
Salam  (peace)
Piye kabare le? ... ojo lali marang dhawuhe Kanjeng Pangeran Samber Nyawa "rumongso handarbeni,.. meluo hangrungkepi,.. mulat sariro hangrasa wani..."

Offline Deblong

  • Pengembara
  • Posts: 35
  • Date Registered: January 11, 2013, 12:12:47 pm
  • Reputasi : 0
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #502 on: February 18, 2013, 04:34:41 pm »
(click to show/hide)
Sudut elevasi nya kan 80.4' untuk jogja , bener nggak pak?
Nah ini yg saya bingung pak , kan untuk pengaturan elevasi dimounting bawaan nya ada 2 lobang, yg lobang atas ama lobang bawah . Nah saya pakai lobang yg bawah . Trus di set di 80 ditulisan E 20-80 . Yang salah dimana pak?

Sent from HP pacar pake Tappatalk
He..he..he.. pakailah lobang atas, lobang bawah cuma sampai 70o
Ohh yaa pak , jadi pake lobang atas trus cari sudut elevasi nya 80' gitu yaa pak? apa tulisan dimounting yg 80 itu nggak jadi patokan nya pak?
Kalau mas deblong pakai lobang atas maka skala yang dibaca adalah yang berada di sisi "B" (bertuliskan 20 - 80), sedangkan kalau pakai lobang bawah yang dibaca adalah yang berada pada sisi sebaliknya, (bertuliskan 10 - 70).

Apa masih salah yaa pak kok SQ nya masih kosong ?







Mohon pencerahan nya , saya cuma belajar dari forum tercinta ini .

Sent from HP pacar pake Tappatalk

Offline Ki Demang Saba Lintang

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4507
  • Age: 50
  • Location: Tulungagung, 8,0802 LS / 111,926 BT.
  • Date Registered: April 12, 2011, 02:37:19 pm
  • Reputasi : 245
  • OJO KAGETAN, OJO GUMUNAN, OJO DUMEH..
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Chrome 24.0.1312.57 Chrome 24.0.1312.57
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #503 on: February 18, 2013, 06:45:24 pm »
Seperti yang terlihat pada gambar ada beberapa hal yang perlu dicoba dibetulkan :
1. Sudut elevasi sepertinya masih berada pada kisaran 70o, (untuk jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini)
2. Tiang harus tegak lurus (saya kurang tahu apakah pada gambar ini sebenarnya tiangnya yang kurang tegak atau fotonya yang miring)
3. LNB Skew terbalik, disitu terletak pada skew +15o, seharusnya -15o (lihat gambar dibawah ini)
Sedangkan yang saya nggak bisa memberi pandangan  masalah azimuth apakah sudah benar atau belum, sebab nggak ada pict+acuannya.

Silahkan di coba.   (peace)
Piye kabare le? ... ojo lali marang dhawuhe Kanjeng Pangeran Samber Nyawa "rumongso handarbeni,.. meluo hangrungkepi,.. mulat sariro hangrasa wani..."

Offline Deblong

  • Pengembara
  • Posts: 35
  • Date Registered: January 11, 2013, 12:12:47 pm
  • Reputasi : 0
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #504 on: February 18, 2013, 09:28:40 pm »
Seperti yang terlihat pada gambar ada beberapa hal yang perlu dicoba dibetulkan :
1. Sudut elevasi sepertinya masih berada pada kisaran 70o, (untuk jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini)
2. Tiang harus tegak lurus (saya kurang tahu apakah pada gambar ini sebenarnya tiangnya yang kurang tegak atau fotonya yang miring)
3. LNB Skew terbalik, disitu terletak pada skew +15o, seharusnya -15o (lihat gambar dibawah ini)
Sedangkan yang saya nggak bisa memberi pandangan  masalah azimuth apakah sudah benar atau belum, sebab nggak ada pict+acuannya.

Silahkan di coba.   (peace)
Ohh ... yaa ki , klo masalah tiang mmang foto nya aja yg miring , susah foto nya pas diatas genteng , hehe .
Besok saya coba lagi perbaikin elevasi ama lnb nya , makasih yaa ki , besok saya kasih laporan nya (peace)

Sent from HP pacar pake Tappatalk

Offline hendigentra

  • Just Fun
  • Pengembara
  • Posts: 39
  • Location: Pasar Kemis - Tangerang
  • Date Registered: October 26, 2010, 10:20:27 am
  • Reputasi : 0
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Browser:
  • Chrome 24.0.1312.57 Chrome 24.0.1312.57
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #505 on: February 19, 2013, 12:17:50 am »
Seperti yang terlihat pada gambar ada beberapa hal yang perlu dicoba dibetulkan :
1. Sudut elevasi sepertinya masih berada pada kisaran 70o, (untuk jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini)
2. Tiang harus tegak lurus (saya kurang tahu apakah pada gambar ini sebenarnya tiangnya yang kurang tegak atau fotonya yang miring)
3. LNB Skew terbalik, disitu terletak pada skew +15o, seharusnya -15o (lihat gambar dibawah ini)
Sedangkan yang saya nggak bisa memberi pandangan  masalah azimuth apakah sudah benar atau belum, sebab nggak ada pict+acuannya.

Silahkan di coba.   (peace)

salam hormat Ki Demang, sebelum dan sesudahnya Terima kasih, bila berkenan menjawabnya,
saya newbie dgn dish offset telvis opal & bingung pointing utk elevasi & azimutnya,(utk pointing Sat telkomvision). Lokasi Tangerang. mohon bantuan berapa utk derajat elevasi dan azimut nya. serta dimana meletakan clinometer utk mengukur sudut elevasi yg tepat buat patokan awal. di stang lnb? atau di blkang dish?. kalo berkenan mon kalo ada coretan gambarnya.
*sdh pernah pointing dgn patokan software Sat Ant alignment+GPS: elev 82,470--azimut 14.831.lnb 0 ke utara. (tapi sdh dicoba blum berhasil)
pas arah utara ada genting atap rumah, mohon bantuannya Ki Demang, (top)

salam,

« Last Edit: February 19, 2013, 12:24:18 am by hendigentra »

Offline probolinggo

  • Pengembara
  • Posts: 11
  • Location: paiton - probolinggo
  • Date Registered: February 11, 2013, 03:11:19 am
  • Reputasi : 0
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Browser:
  • Chrome 24.0.1312.57 Chrome 24.0.1312.57
    • Email
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #506 on: February 19, 2013, 03:43:40 am »
newbie mau tanya dunk,ini yg salah apanya ya om?aku berusaha tracking nss6 tapi ga bisa2 :s

Dengan melihat gambar yang di upload, kalau benar lokasinya di Probolinggo, jelas itu sudut elevasinya nggak benar, sedangkan untuk sudut azimuthnya tidak begitu terlihat di gambar, apakah sudah benar apa belum.
Coba buka halaman-halaman sebelum ini, sudah sering di bahas. Kalau nanti masih menemui kendala silahkan bertanya lagi.  
Juga dengan LNBnya, jika yang dipakai itu LNB Ku yang jenis Offset, nggak perlu dipasang CSR kepunyaan C-band lagi.
Salam  (peace)
makasih ki demang atas pencerahannya,akhirnya aku bisa juga lock nss6 pake dish telvis diprobolinggo :salaman:

Offline Ki Demang Saba Lintang

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4507
  • Age: 50
  • Location: Tulungagung, 8,0802 LS / 111,926 BT.
  • Date Registered: April 12, 2011, 02:37:19 pm
  • Reputasi : 245
  • OJO KAGETAN, OJO GUMUNAN, OJO DUMEH..
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Chrome 24.0.1312.57 Chrome 24.0.1312.57
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #507 on: February 19, 2013, 05:37:04 am »
Seperti yang terlihat pada gambar ada beberapa hal yang perlu dicoba dibetulkan :
1. Sudut elevasi sepertinya masih berada pada kisaran 70o, (untuk jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini)
2. Tiang harus tegak lurus (saya kurang tahu apakah pada gambar ini sebenarnya tiangnya yang kurang tegak atau fotonya yang miring)
3. LNB Skew terbalik, disitu terletak pada skew +15o, seharusnya -15o (lihat gambar dibawah ini)
Sedangkan yang saya nggak bisa memberi pandangan  masalah azimuth apakah sudah benar atau belum, sebab nggak ada pict+acuannya.

Silahkan di coba.   (peace)

salam hormat Ki Demang, sebelum dan sesudahnya Terima kasih, bila berkenan menjawabnya,
saya newbie dgn dish offset telvis opal & bingung pointing utk elevasi & azimutnya,(utk pointing Sat telkomvision). Lokasi Tangerang. mohon bantuan berapa utk derajat elevasi dan azimut nya. serta dimana meletakan clinometer utk mengukur sudut elevasi yg tepat buat patokan awal. di stang lnb? atau di blkang dish?. kalo berkenan mon kalo ada coretan gambarnya.
*sdh pernah pointing dgn patokan software Sat Ant alignment+GPS: elev 82,470--azimut 14.831.lnb 0 ke utara. (tapi sdh dicoba blum berhasil)
pas arah utara ada genting atap rumah, mohon bantuannya Ki Demang, (top)

salam,


Saya berikan garis besarnya saja dulu :
Arahkan dish pada azimuth 12o, jika melihat kompas maka dari arah titik "0" compass dish diputar ketimur sebesar 12o.
Atur sudut elevasinya sebesar 82,5o. Untuk sudut elevasinya bro cukup melihat garis-garis bantu untuk scala elevasi yang sudah tersedia pada mounting dish. Tidak perlu clinometer, sebab yang dipasang ini adalah dish jenis offset, dan dish jenis offset adalah merupakan penggalan dari dish jenis prime. untuk itu dish jenis offset sudut elevasinya adalah semu. Jadi lebih gampang memanfaatkan garis bantu yang tersedia, kalau bro pakai clinometer, maka nilainya harus diolah dulu menggunakan rumus tertentu agar didapatkan hasil yang tepat dengan dish tsb. Untuk lebih jelas bisa dilihat gambar yang saya upload pada postingan saya diatas (Pict-1) : http://www.forumsatelit.com/index.php?topic=4196.msg675370#msg675370
Lalu atur skew LNB sebesar +12.5o, kalau dipandang dari arah depan dish (sisi belakang LNB) maka LNB diputar ke arah kiri sebesar 12.5o  lihat gambar dibawah ini :
Piye kabare le? ... ojo lali marang dhawuhe Kanjeng Pangeran Samber Nyawa "rumongso handarbeni,.. meluo hangrungkepi,.. mulat sariro hangrasa wani..."

Offline Ki Demang Saba Lintang

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4507
  • Age: 50
  • Location: Tulungagung, 8,0802 LS / 111,926 BT.
  • Date Registered: April 12, 2011, 02:37:19 pm
  • Reputasi : 245
  • OJO KAGETAN, OJO GUMUNAN, OJO DUMEH..
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Chrome 24.0.1312.57 Chrome 24.0.1312.57
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #508 on: February 19, 2013, 05:39:51 am »
newbie mau tanya dunk,ini yg salah apanya ya om?aku berusaha tracking nss6 tapi ga bisa2 :s

Dengan melihat gambar yang di upload, kalau benar lokasinya di Probolinggo, jelas itu sudut elevasinya nggak benar, sedangkan untuk sudut azimuthnya tidak begitu terlihat di gambar, apakah sudah benar apa belum.
Coba buka halaman-halaman sebelum ini, sudah sering di bahas. Kalau nanti masih menemui kendala silahkan bertanya lagi.  
Juga dengan LNBnya, jika yang dipakai itu LNB Ku yang jenis Offset, nggak perlu dipasang CSR kepunyaan C-band lagi.
Salam  (peace)
makasih ki demang atas pencerahannya,akhirnya aku bisa juga lock nss6 pake dish telvis diprobolinggo :salaman:
Selamat atas keberhasilannya   :salaman:  tetap semangat untuk tracking satelitte lainnya  :yes:
« Last Edit: February 19, 2013, 05:48:18 am by Ki Demang »
Piye kabare le? ... ojo lali marang dhawuhe Kanjeng Pangeran Samber Nyawa "rumongso handarbeni,.. meluo hangrungkepi,.. mulat sariro hangrasa wani..."

Offline djoens

  • Pengembara
  • Posts: 30
  • Location: Tangerang Selatan
  • Date Registered: September 07, 2008, 10:08:03 pm
  • Reputasi : 1
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Browser:
  • Firefox 18.0 Firefox 18.0
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #509 on: February 19, 2013, 09:02:39 am »
Salam buat senior forsat  :salaman:


Ceritanya, lagi nganter istri jalan2, eh ketemu tukang rongsok yang bawa2 antena telvis bekas yang pegangan lnb-nya 3 kaki, dicek sebentar merk Tanaka ternyata.

Singkat cerita, diangkutlah tuh barang ke rumah dengan asumsi semoga LNB C-nya masih sehat.

Weekend kemarin test signal, pegel juga pegang2 antena, soalnya lebih besar daripada punya indov, dan masih OK ternyata, nyangkut 3 TP telvis, satu TP belum nyangkut.

Tapi dikarenakan kaki-kakinya harus dibaut ke tembok, terpaksa ditunda karena ribet, dan takut terguling, terpaksa masuk gudang dulu.


Rencananya Telvis mau ditendem dengan Astro ...lihat di halaman satu ada contohnya, cuman belum jelas, dishnya menghadap kemana ya? Ke Baratkah? baru test telvis saja arah utara dish-nya ...

Mohon saran2 dari senior2 ....biar bisa sepiring berdua astro dan telvis ...

Kalau buat kaki2-nya biar kuat ditaruh di dak rumah ada saran modif seperti apa ya ? (tanpa baut ke lantai, cukup diberi pemberat)

Posisi : Serpong, Tangerang Selatan


Terima kasih sebelumnya


Offline joeone7

  • SLOW BUT SURE
  • Pengembara
  • Posts: 34
  • Date Registered: August 24, 2012, 09:06:17 pm
  • Reputasi : 0
  • so simple
  • OS:
  • Android Android
  • Browser:
  • Firefox 16.0 Firefox 16.0
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #510 on: February 19, 2013, 07:09:14 pm »
@ bro Joeone7 :
LNB Tilt ( LNB Skew ) berhubungan dengan azimuth. Disitu sudut azimuthnya selisih sekitar 20o, maka sudah benar jika LNB Skewnya juga selisih sekitar 20o.
Salam  (peace)
Saya baru melakukan geser memutar dish ke arah barat sedikit dari posisi lock telvis, asumsi saya untuk menyesuikan azimuth nya. Kemudian menaikan dish nya sedikit untuk mengatur elevasi nya. Dan belum berhasil... Benarkah begitu ki? Dan untuk mengatur TILT LNB apa yang harus dilaukukan? Bagaimana cara mengatur LNB SKEW selisih 20 itu?
Kalau dari Telkom 1 menuju ke Asiasat-3S, sudah benar dish diputar ke arah barat sekitar 20o (pada arah azimuth 339,5), untuk elevasi diturunkan sedikit sekitar 0.5o (pada kondisi  selisih yang cuma 0,5o mungkin bisa diabaikan dulu) kemudian putar skewnya sebesar -20o (untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini)
Mengenai Skew dan lain-lain, lebih jelas dapat dibaca disini : http://www.forumsatelit.com/index.php?topic=33.msg557653#msg557653
Catatan : maaf saya kurang mengikuti perkembangan dari satelitte Asiasat-3S, yang menjadi pertanyaan saya adakah sinyal dari Asiasat-3S yang masuk kategori DTH, sehingga bisa ditangkap menggunakan dish mini seukuran dishnya Telvis?
Silahkan mencoba,
Salam  (peace)

Tinggal nyoba lnb tilt nya, blm sempat hujan melulu ki. Ma kasih penjelasannya. sangat jelas dan membantu. Emang coba2 az tracing ke asiasat 3s ntu. Iseng2 sambil nunggu pairing  :[  :[  selesai. Liat posting page belakang ada yang berhasil. Makanya saya pengen nyoba. Patokan garis merah horizontal tilt 0 derajat gimana ki? pake penggaris posisi horizontal bisakah?
« Last Edit: February 19, 2013, 07:19:58 pm by joeone7 »

Offline Ki Demang Saba Lintang

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4507
  • Age: 50
  • Location: Tulungagung, 8,0802 LS / 111,926 BT.
  • Date Registered: April 12, 2011, 02:37:19 pm
  • Reputasi : 245
  • OJO KAGETAN, OJO GUMUNAN, OJO DUMEH..
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Chrome 24.0.1312.57 Chrome 24.0.1312.57
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #511 on: February 19, 2013, 08:11:30 pm »
@ bro Joeone7 :
LNB Tilt ( LNB Skew ) berhubungan dengan azimuth. Disitu sudut azimuthnya selisih sekitar 20o, maka sudah benar jika LNB Skewnya juga selisih sekitar 20o.
Salam  (peace)
Saya baru melakukan geser memutar dish ke arah barat sedikit dari posisi lock telvis, asumsi saya untuk menyesuikan azimuth nya. Kemudian menaikan dish nya sedikit untuk mengatur elevasi nya. Dan belum berhasil... Benarkah begitu ki? Dan untuk mengatur TILT LNB apa yang harus dilaukukan? Bagaimana cara mengatur LNB SKEW selisih 20 itu?
Kalau dari Telkom 1 menuju ke Asiasat-3S, sudah benar dish diputar ke arah barat sekitar 20o (pada arah azimuth 339,5), untuk elevasi diturunkan sedikit sekitar 0.5o (pada kondisi  selisih yang cuma 0,5o mungkin bisa diabaikan dulu) kemudian putar skewnya sebesar -20o (untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini)
Mengenai Skew dan lain-lain, lebih jelas dapat dibaca disini : http://www.forumsatelit.com/index.php?topic=33.msg557653#msg557653
Catatan : maaf saya kurang mengikuti perkembangan dari satelitte Asiasat-3S, yang menjadi pertanyaan saya adakah sinyal dari Asiasat-3S yang masuk kategori DTH, sehingga bisa ditangkap menggunakan dish mini seukuran dishnya Telvis?
Silahkan mencoba,
Salam  (peace)

Tinggal nyoba lnb tilt nya, blm sempat hujan melulu ki. Ma kasih penjelasannya. sangat jelas dan membantu. Emang coba2 az tracing ke asiasat 3s ntu. Iseng2 sambil nunggu pairing  :[  :[  selesai. Liat posting page belakang ada yang berhasil. Makanya saya pengen nyoba. Patokan garis merah horizontal tilt 0 derajat gimana ki? pake penggaris posisi horizontal bisakah?
Boleh saja, cara paling mudah adalah dengan melihat keseimbangan pada sambungan holder (japit hitam yang memegang LNBF)
salam  (peace)
Piye kabare le? ... ojo lali marang dhawuhe Kanjeng Pangeran Samber Nyawa "rumongso handarbeni,.. meluo hangrungkepi,.. mulat sariro hangrasa wani..."

Offline probolinggo

  • Pengembara
  • Posts: 11
  • Location: paiton - probolinggo
  • Date Registered: February 11, 2013, 03:11:19 am
  • Reputasi : 0
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Browser:
  • Chrome 24.0.1312.57 Chrome 24.0.1312.57
    • Email
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #512 on: February 20, 2013, 02:02:46 am »
maaf numpang tanya lagi buat sesepuh disini khususnya ki demang :D kemarin aku iseng2 masukin freq aora sq nya banyak,tapi waktu masukin freq astro sq nya tetep nol dgn memakai lnb murmer..pertanyaannya semisal aku pakai lnb yg bagus seperti fuji stargold dengan memakai dish telvis apakah astro bisa ketangkep dilokasi probolinggo?

Offline Ki Demang Saba Lintang

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4507
  • Age: 50
  • Location: Tulungagung, 8,0802 LS / 111,926 BT.
  • Date Registered: April 12, 2011, 02:37:19 pm
  • Reputasi : 245
  • OJO KAGETAN, OJO GUMUNAN, OJO DUMEH..
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Chrome 24.0.1312.57 Chrome 24.0.1312.57
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #513 on: February 20, 2013, 06:13:46 am »
maaf numpang tanya lagi buat sesepuh disini khususnya ki demang :D kemarin aku iseng2 masukin freq aora sq nya banyak,tapi waktu masukin freq astro sq nya tetep nol dgn memakai lnb murmer..pertanyaannya semisal aku pakai lnb yg bagus seperti fuji stargold dengan memakai dish telvis apakah astro bisa ketangkep dilokasi probolinggo?
Kalau untuk memastikan pasti bisanya sih nggak berani, sebab Probolinggo kan diluar beamnya astro malaysia. Jadi kalau pakai dish mini seperti kepunyaan telvis belum bisa jamin dapat diterima dengan baik, lain kalau pakai solid 6 feet, pasti lebih  (top)
Piye kabare le? ... ojo lali marang dhawuhe Kanjeng Pangeran Samber Nyawa "rumongso handarbeni,.. meluo hangrungkepi,.. mulat sariro hangrasa wani..."

Offline semutireng

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 990
  • Date Registered: January 31, 2012, 11:06:42 am
  • Reputasi : 95
  • Lumpia City...TT
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 16.0 Firefox 16.0
    • Email
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #514 on: February 20, 2013, 11:09:46 am »
maaf numpang tanya lagi buat sesepuh disini khususnya ki demang :D kemarin aku iseng2 masukin freq aora sq nya banyak,tapi waktu masukin freq astro sq nya tetep nol dgn memakai lnb murmer..pertanyaannya semisal aku pakai lnb yg bagus seperti fuji stargold dengan memakai dish telvis apakah astro bisa ketangkep dilokasi probolinggo?
Kalau untuk memastikan pasti bisanya sih nggak berani, sebab Probolinggo kan diluar beamnya astro malaysia. Jadi kalau pakai dish mini seperti kepunyaan telvis belum bisa jamin dapat diterima dengan baik, lain kalau pakai solid 6 feet, pasti lebih  (top)
iya khi...chemut juga pernah pake LNB ku offset Stargold ditandemkan dengan piring Telvis hasilnya hanya dapet 3 TP...itupun SQ-nya juga ngos-ngosan kok KI Demang hanya dapet 40%....posisi konektor LNB pake polaritas terbalik habis kalo pake posisi normal SQ malah No. Signal... :piss: :piss:

Offline hendigentra

  • Just Fun
  • Pengembara
  • Posts: 39
  • Location: Pasar Kemis - Tangerang
  • Date Registered: October 26, 2010, 10:20:27 am
  • Reputasi : 0
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Browser:
  • Chrome 24.0.1312.57 Chrome 24.0.1312.57
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #515 on: February 20, 2013, 08:08:12 pm »
Seperti yang terlihat pada gambar ada beberapa hal yang perlu dicoba dibetulkan :
1. Sudut elevasi sepertinya masih berada pada kisaran 70o, (untuk jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini)
2. Tiang harus tegak lurus (saya kurang tahu apakah pada gambar ini sebenarnya tiangnya yang kurang tegak atau fotonya yang miring)
3. LNB Skew terbalik, disitu terletak pada skew +15o, seharusnya -15o (lihat gambar dibawah ini)
Sedangkan yang saya nggak bisa memberi pandangan  masalah azimuth apakah sudah benar atau belum, sebab nggak ada pict+acuannya.

Silahkan di coba.   (peace)

salam hormat Ki Demang, sebelum dan sesudahnya Terima kasih, bila berkenan menjawabnya,
saya newbie dgn dish offset telvis opal & bingung pointing utk elevasi & azimutnya,(utk pointing Sat telkomvision). Lokasi Tangerang. mohon bantuan berapa utk derajat elevasi dan azimut nya. serta dimana meletakan clinometer utk mengukur sudut elevasi yg tepat buat patokan awal. di stang lnb? atau di blkang dish?. kalo berkenan mon kalo ada coretan gambarnya.
*sdh pernah pointing dgn patokan software Sat Ant alignment+GPS: elev 82,470--azimut 14.831.lnb 0 ke utara. (tapi sdh dicoba blum berhasil)
pas arah utara ada genting atap rumah, mohon bantuannya Ki Demang, (top)

salam,


Saya berikan garis besarnya saja dulu :
Arahkan dish pada azimuth 12o, jika melihat kompas maka dari arah titik "0" compass dish diputar ketimur sebesar 12o.
Atur sudut elevasinya sebesar 82,5o. Untuk sudut elevasinya bro cukup melihat garis-garis bantu untuk scala elevasi yang sudah tersedia pada mounting dish. Tidak perlu clinometer, sebab yang dipasang ini adalah dish jenis offset, dan dish jenis offset adalah merupakan penggalan dari dish jenis prime. untuk itu dish jenis offset sudut elevasinya adalah semu. Jadi lebih gampang memanfaatkan garis bantu yang tersedia, kalau bro pakai clinometer, maka nilainya harus diolah dulu menggunakan rumus tertentu agar didapatkan hasil yang tepat dengan dish tsb. Untuk lebih jelas bisa dilihat gambar yang saya upload pada postingan saya diatas (Pict-1) : http://www.forumsatelit.com/index.php?topic=4196.msg675370#msg675370
Lalu atur skew LNB sebesar +12.5o, kalau dipandang dari arah depan dish (sisi belakang LNB) maka LNB diputar ke arah kiri sebesar 12.5o  lihat gambar dibawah ini :

Trima ksh Ki Demang atas jawabannya, mantap sekali penjelasannya Ki Demang nih,,,(beda yah baca dri panduan instlsi telvis, malah sy bingung).  Nanti saya coba pointing lagi, sabtu/minggu.

Ki Demang (top) (top) (top)

salam,

Offline kemend

  • Pengembara
  • Posts: 19
  • Date Registered: February 20, 2013, 11:21:05 pm
  • Reputasi : 3
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Chrome 24.0.1312.57 Chrome 24.0.1312.57
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #516 on: February 20, 2013, 11:32:59 pm »
Kemarin coba-coba tracking Sband pake dis telvis kok cuma dapat sinyal 75% ya?lihat di kamar sebelah katanya sinyalnya gede-gede...bahkan ada yang sampai 100%.
Sudah tak putar-putar LNB dan dis dari selatan sampai utara dan timur sampai barat..

Apakah posisi ofset LNB tidak pas?

Offline Schatje

  • Anggota CSAT v.1
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2186
  • Location: Denpasar, Bali - 837'35"S 11510'7"E
  • Date Registered: March 11, 2011, 01:03:06 pm
  • Reputasi : 110
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #517 on: February 21, 2013, 02:46:12 am »
Kemarin coba-coba tracking Sband pake dis telvis kok cuma dapat sinyal 75% ya?lihat di kamar sebelah katanya sinyalnya gede-gede...bahkan ada yang sampai 100%.
Sudah tak putar-putar LNB dan dis dari selatan sampai utara dan timur sampai barat..

Apakah posisi ofset LNB tidak pas?
Apakah harus 100% bro??
Saya kira itu tergantung merk rx juga, yg penting gmbr cling dan gak putus"

..:: Nyoman ::..
on GT-I5510 using Tapatalk 2

Offline Djie

  • Forum Moderator
  • Ksatria
  • *****
  • Posts: 1564
  • Age: 29
  • Location: New City Nourth Pulau Laut
  • Date Registered: December 31, 2009, 12:55:41 pm
  • Reputasi : 62
  • di atas langit ada sinyal
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Browser:
  • Firefox 14.0.1 Firefox 14.0.1
    • Email
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #518 on: February 21, 2013, 10:43:38 am »
Kemarin coba-coba tracking Sband pake dis telvis kok cuma dapat sinyal 75% ya?lihat di kamar sebelah katanya sinyalnya gede-gede...bahkan ada yang sampai 100%.
Sudah tak putar-putar LNB dan dis dari selatan sampai utara dan timur sampai barat..

Apakah posisi ofset LNB tidak pas?
beda rx beda penerimaan kwalitas signal,yg penting bisa lock dan gambar tdak cekot2

Offline Ndang

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2207
  • Age: 48
  • Location: Pangkalpinang, BANGKABELITUNG
  • Date Registered: July 08, 2009, 10:44:15 pm
  • Reputasi : 112
  • OS:
  • Windows 8 Windows 8
  • Browser:
  • Firefox 18.0 Firefox 18.0
    • Email
Re: MODIFIKASI DISH TELKOMVISION / YES TV
« Reply #519 on: February 21, 2013, 06:14:25 pm »
maaf numpang tanya lagi buat sesepuh disini khususnya ki demang :D kemarin aku iseng2 masukin freq aora sq nya banyak,tapi waktu masukin freq astro sq nya tetep nol dgn memakai lnb murmer..pertanyaannya semisal aku pakai lnb yg bagus seperti fuji stargold dengan memakai dish telvis apakah astro bisa ketangkep dilokasi probolinggo?
Kalau untuk memastikan pasti bisanya sih nggak berani, sebab Probolinggo kan diluar beamnya astro malaysia. Jadi kalau pakai dish mini seperti kepunyaan telvis belum bisa jamin dapat diterima dengan baik, lain kalau pakai solid 6 feet, pasti lebih  (top)
iya khi...chemut juga pernah pake LNB ku offset Stargold ditandemkan dengan piring Telvis hasilnya hanya dapet 3 TP...itupun SQ-nya juga ngos-ngosan kok KI Demang hanya dapet 40%....posisi konektor LNB pake polaritas terbalik habis kalo pake posisi normal SQ malah No. Signal... :piss: :piss:
Saya aja posisi di Bangka, dengan alat tempur lnb Ku Band Yuri offset+dish telvis+F3/getme hd/mht hd cuma saat panas terik aja dpt 11 TP, kl udah mendung pasti pada drop sinyalnya apalagi kl hujan jgn ditanya lagi dech Sqnya...... :)
                    "Nothing Special About Me"