Author Topic: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation  (Read 33771 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline angga039

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 991
  • Location: Surabaya
  • Date Registered: December 31, 2007, 05:04:51 pm
  • Reputasi : 41
  • ehmmm........
    • Email
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #20 on: January 21, 2008, 09:59:53 pm »
lha, yg freq UHF itu di pasaran sekitar 50-75rb bang?!
kenapa UHF? krn TV end user kebanyakan sdh siap utk terima freq UHF (400-600 Mhz) - tanpa modal tambahan.
Beli atau rakit 1 UHF video sender dan semua siap 'nebeng'  </<

Tapi itu cuma ide saja...
Tapi klo kita brodcast lokal dengan video sender buatan sendiri takutnya malahan menggangu UHF dr TV lokal gimana ya bung didi untuk mengatur frekuensi yamg bisa di pake/ kaplingan frekuensi UHFyang bisa di gunain dan juga membatasi jangkauan nya cuman beberapa rumah dari tempat kita.......maaf masih niubi,tanya macam macam ...hehehe
ThePirateBay : "Sharing is Caring"

Offline dieto33

  • Just a Forsat addict, not a real
  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4999
  • Age: 41
  • Location: Bojonegoro, Jatim, Indonesia
  • Date Registered: January 05, 2008, 07:30:19 pm
  • Reputasi : 225
  • dieto33droid penggemar "kates" tulen
    • My Office
    • Email
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #21 on: January 22, 2008, 10:53:33 pm »
lha, yg freq UHF itu di pasaran sekitar 50-75rb bang?!
kenapa UHF? krn TV end user kebanyakan sdh siap utk terima freq UHF (400-600 Mhz) - tanpa modal tambahan.

@ Bang Angga sori mo ngrepotin dikit nih... klo Bang Angga kbetulan pas jalan2 ke Genteng tolong dong diliatin harga Vsender yg UHF soalnya di tempatku jarang yg jual. takutnya klo keblondrok/kemahalan... thanks sebelumnya...
>>Venus Millenium II, Openbox S9, [email protected] Ferrari (alm), Matrix Turbo III<<
dieto33droid is

Offline anatoly

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 598
  • Date Registered: September 22, 2007, 10:56:59 am
  • Reputasi : 25
  • The Secret Agent
    • Email
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #22 on: January 23, 2008, 08:14:59 am »
lha, yg freq UHF itu di pasaran sekitar 50-75rb bang?!
kenapa UHF? krn TV end user kebanyakan sdh siap utk terima freq UHF (400-600 Mhz) - tanpa modal tambahan.
Beli atau rakit 1 UHF video sender dan semua siap 'nebeng'  </<

Tapi itu cuma ide saja...
Tapi klo kita brodcast lokal dengan video sender buatan sendiri takutnya malahan menggangu UHF dr TV lokal gimana ya bung didi untuk mengatur frekuensi yamg bisa di pake/ kaplingan frekuensi UHFyang bisa di gunain dan juga membatasi jangkauan nya cuman beberapa rumah dari tempat kita.......maaf masih niubi,tanya macam macam ...hehehe
Setahu saya Video sender yg dijual di pasaran sudah diset dengan frekuensi yg jauh (tdk mengganggu) dari frekuensi komersial.
« Last Edit: January 23, 2008, 11:17:10 am by anatoly »

Offline darktemplar

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Posts: 5031
  • Location: depok - Jakarta PP
  • Date Registered: September 20, 2007, 01:23:26 pm
  • Reputasi : 384
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #23 on: January 23, 2008, 03:54:45 pm »
Di sini harga video sender sekitar Rp 600-900ribu. Menurut saya legal, krn sebenarnya jangkauannya kan hanya utk memancarkan signal di dalam rumah.
Saya jadi tertarik nih bikin pemancar TV utk relay siaran dr parabola. Ada yg tahu nggak berapa biayanya utk kelas komunitas (yg tdk perlu memakai ijin komisi penyiaran)?

http://just-tv.indonetwork.net/382156/transmitter-televisi.htm
everything for better

Offline tark

  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 6242
  • Age: 47
  • Location: Kudus
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:47 pm
  • Reputasi : 301
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #24 on: January 24, 2008, 06:30:31 am »
Thanks infonya bro dark... ';/

Offline Daengsat

  • Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, Lets be gone be by gone
  • Global Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 10484
  • Age: 64
  • Location: Sydney NSW, Australia
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:03 pm
  • Reputasi : 757
  • Daengsat Pty Ltd Australia
    • http://www.daengsat.com.au
    • Email
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #25 on: January 24, 2008, 11:43:22 am »
lha, yg freq UHF itu di pasaran sekitar 50-75rb bang?!
kenapa UHF? krn TV end user kebanyakan sdh siap utk terima freq UHF (400-600 Mhz) - tanpa modal tambahan.
Beli atau rakit 1 UHF video sender dan semua siap 'nebeng'  Cheers Yang seperti ini bukan Video sender nama nya
Kami bilang RF sender kalau Video sender atau AV sender mempergunakan 2.4 ghz atau 5.8 ghz.

Video sender atau AV sender mempergunakan 2.4 ghz atau 5.8 ghz. hanya bisa di pakai di dalam rumah saja yang paling bagus 5.8 ghz kalau 2.4 ghz di Aust keganggu dengan cordless phone, karena cordless phone mmempergunakan frequency yg sama.

D.Effendi
« Last Edit: January 28, 2008, 12:59:56 pm by daengsat »
Proud to be part of http://www.crowngroup.com.au/

Offline didi

  • Pengembara
  • Posts: 49
  • Location: Palembang
  • Date Registered: September 28, 2007, 09:37:56 pm
  • Reputasi : 3

Offline Daengsat

  • Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, Lets be gone be by gone
  • Global Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 10484
  • Age: 64
  • Location: Sydney NSW, Australia
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:03 pm
  • Reputasi : 757
  • Daengsat Pty Ltd Australia
    • http://www.daengsat.com.au
    • Email
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #27 on: January 27, 2008, 01:37:59 am »
Ini AV SENDER  hanya diliat kan satu sebenar nya ada sepasang saya sudah tidak pergunakan lagi kalu ada yg kebetulan kesini silah kan ambil free.

AVSHARE 2.4 GHZ WIRELESS yang asli made Korea kalau yg sekarang di pasaran made in China, disni keganggu sama cordless phone (wireless phone)



D.Effendi
« Last Edit: January 27, 2008, 01:40:39 am by daengsat »
Proud to be part of http://www.crowngroup.com.au/

Offline sk8erdroid

  • masih muridnya
  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4493
  • Age: 2016
  • Location: Macet City
  • Date Registered: September 25, 2007, 07:49:49 am
  • Reputasi : 257
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #28 on: January 28, 2008, 07:30:47 am »

lha, yg freq UHF itu di pasaran sekitar 50-75rb bang?!
kenapa UHF? krn TV end user kebanyakan sdh siap utk terima freq UHF (400-600 Mhz) - tanpa modal tambahan.
Beli atau rakit 1 UHF video sender dan semua siap 'nebeng'  Cheers Yang seperti ini bukan Video sender nama nya
Kami bilang RF sender kalau Video sender atau AV sender mempergunakan 2.4 ghz atau 5.8ghz.

Video sender atau AV sender mempergunakan 2.4 ghz atau 5.8 ghz. hanya bisa di pakai di dalam rumah saja yang paling bagus 5.8 ghz kalau 2.4 ghz di Aust keganggu dengan cordless phone, karena cordless phone mmempergunakan frequency yg sama.

D.Effendi

tuk UHF video sender, bs ga setiap yg mo akses ke station diperlukan hak otoritas si penerima (password)?
« Last Edit: January 28, 2008, 01:05:54 pm by daengsat »

Offline Daengsat

  • Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, Lets be gone be by gone
  • Global Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 10484
  • Age: 64
  • Location: Sydney NSW, Australia
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:03 pm
  • Reputasi : 757
  • Daengsat Pty Ltd Australia
    • http://www.daengsat.com.au
    • Email
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #29 on: January 28, 2008, 12:53:31 pm »

lha, yg freq UHF itu di pasaran sekitar 50-75rb bang?!
kenapa UHF? krn TV end user kebanyakan sdh siap utk terima freq UHF (400-600 Mhz) - tanpa modal tambahan.
Beli atau rakit 1 UHF video sender dan semua siap 'nebeng'  Cheers Yang seperti ini bukan Video sender nama nya
Kami bilang RF sender kalau Video sender atau AV sender mempergunakan 2.4 ghz atau 5.8ghz.

Video sender atau AV sender mempergunakan 2.4 ghz atau 5.8ghz. hanya bisa di pakai di dalam rumah saja yang paling bagus 5.8ghz kalau 2.4 ghz di Aust keganggu dengan cordless phone, karena cordless phone mmempergunakan frequency yg sama.

D.Effendi

tuk UHF video sender, bs ga setiap yg mo akses ke station diperlukan hak otoritas si penerima (password)?
UHF tuh yg paling simple BRo gambar nya tidak sebagus AV or Video sender yg 2.4 or 5.8ghz, semua orang yg terdekat radius 100 meter bisa mengaccess nya hanya tune TV frequency seperti cari channel di TV (tergantung dari UHF sender nya juga) maksud saya jangkauan nya.


Salam,


D.Effendi
« Last Edit: January 28, 2008, 01:04:32 pm by daengsat »
Proud to be part of http://www.crowngroup.com.au/

Offline sk8erdroid

  • masih muridnya
  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4493
  • Age: 2016
  • Location: Macet City
  • Date Registered: September 25, 2007, 07:49:49 am
  • Reputasi : 257
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #30 on: January 28, 2008, 01:05:18 pm »
itu brarti ngeloss freq UHF ya bro? klo tuk orang tertentu saja yg bs melihat beam UHF bs ga?
misal rumah ke 1 s/d 5 ga ke lock , kemudian rumah ke 6 sengaja di  lock dan ga bs searching UHF walopun dpn freq-nya dan blank screen krn ga dpt otoritas dr si empunya station, apa bs dlm kasus sprti ini bro?

Offline Daengsat

  • Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, Lets be gone be by gone
  • Global Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 10484
  • Age: 64
  • Location: Sydney NSW, Australia
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:03 pm
  • Reputasi : 757
  • Daengsat Pty Ltd Australia
    • http://www.daengsat.com.au
    • Email
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #31 on: January 28, 2008, 01:12:15 pm »
itu brarti ngeloss freq UHF ya bro? klo tuk orang tertentu saja yg bs melihat beam UHF bs ga?
misal rumah ke 1 s/d 5 ga ke lock , kemudian rumah ke 6 sengaja di  lock dan ga bs searching UHF walopun dpn freq-nya dan blank screen krn ga dpt otoritas dr si empunya station, apa bs dlm kasus sprti ini bro?
Frequency UHF bebas bro 16 tahun yg lalu kami juga di sini tidak ada Video sender atau AV sendr yg ada hanya UHF video sender
Jadi unit itu di colokan di Video/audio output di Receiver terus setiap TV di kamar di tune channel nya kadang kadang sampai kerumah tetangga yg ke tiga atau ke empat kalau sudah jauh gambar nya kaburrrrrrrr, maklum rumah kami disni juga agak dempet2 anda bisa liat di gallery itu lah jarak dari rumah kerumah disini.
Apa yg saya tulis disni semua nya yg pernah saya alami.

Salam,

D.Effendi
« Last Edit: January 28, 2008, 01:16:36 pm by daengsat »
Proud to be part of http://www.crowngroup.com.au/

forsat

  • Guest
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #32 on: February 06, 2008, 04:50:51 am »
sori interupsi, bung Daeng. gini saya punya inspirasi mo bocorin siaran parabola saya pake UHF transmiter lewat antena Telex (antena orari vertical 2 meteran, maklum dulu jg pernah ngebrik pake ICOM) biar tetangga kanan kiri bisa ikut nikmatin siaran TV luar, maklum wong ndeso. menurut bang Daeng gimana ? ato klo mungkin Bung Daeng masih ingat cara ngemed (tuning) antena Telex ke frekuensi UHF tolong dibantu dong. thanks....

Dear Dietto.
Apapun yang berupa penghantar/konduktor akan bisa bekerja sebagai antenna pada berbagai frekwensi :
Meskipun itu hanya sebatang paku. yang kita lakukan hanyalah membuat penyesuaian (matching) paku terebut terhadap pemancar dan paku itu akan memancarkan daya yang diumpankan. Antena yang wah dan hebat hanyalah usaha untuk merubah pola atau patern saja
Tidak usah pakai antenna telex, antena bukan dari merk tapi dari panjangnya, cara matching sederhana adalah membuat antena yang resonan 1/2 lamda denganmembagi 300 (velocity)  dengan gelombang frekwensi yang hendak dipancarkan (dalam satuan MHz) umpamanya 600 Mhz ) berarti lamda adalah 0,5 meter. anda cukup membuat setengahnya saja atau seperempat kiri dan kanan atau 12,5 senti kiri dan 12,5 senti kanan ini impedansinya sekitar 50 ohm. salurkan dengan coax dng imp sekitar itu beres..... perlu sedikit ajustment untuk conductive faktornya

Untuk jaman sekarang mungkin yang paling mudah adalah Wifi pada band kisaran 3,5 Ghz

Regards

forsat

  • Guest
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #33 on: February 06, 2008, 04:58:46 am »
berarti AMSAT ini adalah komunikasi semacam orari tapi via satelit, asyik tuh bisa ngomong2 se-mancanegara, tapi pasti biaya tinggi

Biayanya tidak tinggi bahkan gratis,
hanya saja sattelite ini tidak geostasioner seperti Sattelite untu TV tapi Geosinkron. Selalu bergerak keliling dunia. Antenna kita mesti harus ngikut Tidak juga ngomong tapi juga SSTV

Salam
Pink Pink

Offline dieto33

  • Just a Forsat addict, not a real
  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4999
  • Age: 41
  • Location: Bojonegoro, Jatim, Indonesia
  • Date Registered: January 05, 2008, 07:30:19 pm
  • Reputasi : 225
  • dieto33droid penggemar "kates" tulen
    • My Office
    • Email
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #34 on: February 06, 2008, 10:07:36 am »
  Dear Dietto. Apapun yang berupa penghantar/konduktor akan bisa bekerja sebagai antenna pada berbagai frekwensi : Meskipun itu hanya sebatang paku. yang kita lakukan hanyalah membuat penyesuaian (matching) paku terebut terhadap pemancar dan paku itu akan memancarkan daya yang diumpankan. Antena yang wah dan hebat hanyalah usaha untuk merubah pola atau patern saja Tidak usah pakai antenna telex, antena bukan dari merk tapi dari panjangnya, cara matching sederhana adalah membuat antena yang resonan 1/2 lamda denganmembagi 300 (velocity)  dengan gelombang frekwensi yang hendak dipancarkan (dalam satuan MHz) umpamanya 600 Mhz ) berarti lamda adalah 0,5 meter. anda cukup membuat setengahnya saja atau seperempat kiri dan kanan atau 12,5 senti kiri dan 12,5 senti kanan ini impedansinya sekitar 50 ohm. salurkan dengan coax dng imp sekitar itu beres..... perlu sedikit ajustment untuk conductive faktornya Untuk jaman sekarang mungkin yang paling mudah adalah Wifi pada band kisaran 3,5 Ghz Regards
thanks atas masukannya bung pinkpink. klo gini antena saya ga' jd pensiun deh....
>>Venus Millenium II, Openbox S9, [email protected] Ferrari (alm), Matrix Turbo III<<
dieto33droid is

Offline darktemplar

  • Administrator
  • Master
  • *****
  • Posts: 5031
  • Location: depok - Jakarta PP
  • Date Registered: September 20, 2007, 01:23:26 pm
  • Reputasi : 384
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #35 on: February 06, 2008, 10:28:13 am »
berarti AMSAT ini adalah komunikasi semacam orari tapi via satelit, asyik tuh bisa ngomong2 se-mancanegara, tapi pasti biaya tinggi

Biayanya tidak tinggi bahkan gratis,
hanya saja sattelite ini tidak geostasioner seperti Sattelite untu TV tapi Geosinkron. Selalu bergerak keliling dunia. Antenna kita mesti harus ngikut Tidak juga ngomong tapi juga SSTV

Salam
Pink Pink

wah boleh juga nih, bisa dikasih info bro
everything for better

forsat

  • Guest
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #36 on: February 06, 2008, 10:47:28 am »


wah boleh juga nih, bisa dikasih info bro

Syarat pertama :
punya lisensi Amatir/ham di Indonesia ORARI dan mendapatkan Callsign
Mempunyai sertifikasi teknisi senior/novice atau di Indonesia YB*** atau YC***
lain-lain menyusul......... :D :D :D

Salam
Pink Pink

Offline risal.maros

  • Grand
  • Up Level
  • Master
  • ********
  • Posts: 5474
  • Age: 51
  • Location: Maros_sulsel
  • Date Registered: March 15, 2008, 11:39:52 pm
  • Reputasi : 208
    • Email
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #37 on: May 18, 2008, 06:19:28 pm »
kalau mau berbagi jangan tanggung tanggung. di kampung saya ada yang relay rcti (maklum dikampung tdk ada station relay). dia menggunakan sender vhf lalu ditambah bosster ICOM 2 meter band 60 watt. output menggunakan antena vertikan 3 kumis. mampu menjangkau jarak 30 km, tapi harus menggunakan antena vhf yang dipasang vertikal (sisirnya tegak) lalu pake bosster. jadinya rame antena dengan model aneh, banyak yang buat dari tutup panci. tapi tetap clear dlm jarak 23 km, selebihnya.. bintik dikit.
mau coba?? tapi biayanya mahal sekarang. TR frekuensi amat mahal.
Atau pake kabel aja dibentang ke seluruh kampung. Yang ini lagi tren dipelosok.Gunakan banyak reciever. 1 chanel 1 rexciever.  Pake bayar bulanan jugA padahal yang direlay FTA semu, kecuali HBO dan yang dari pay tv.

Offline tibol09

  • Up Level
  • Siswa
  • ***
  • Posts: 271
  • Age: 48
  • Location: makassar
  • Date Registered: May 22, 2008, 06:31:25 pm
  • Reputasi : 7
    • Email
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #38 on: August 12, 2008, 08:49:59 am »
klau saya pernah iseng jailin tetangga yang perawan tua saya beli sender vhf seperti pak rizal dan rakit bossternya sambung ke vcd atur freq sender berdekatan dengan tvri jadinya tv tetangga muncul bayangan adegan film  >/? mungkin karena penasaran dia geser freq tvnya ketemu nonton dia filmnya. saya membuatkan daftar acara dan logo tv via windows mm jangkauan sampai 100 meter dan jernih, antena saya pakai antena radio. enak loh liat cewe nonton film >/? dia cuma nonton rata-rata 10 menit terus lampu dan tvnya dimatikan selanjutnya, kira-kira apa yang dia bikin? :HA:

Offline Daengsat

  • Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, Lets be gone be by gone
  • Global Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 10484
  • Age: 64
  • Location: Sydney NSW, Australia
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:03 pm
  • Reputasi : 757
  • Daengsat Pty Ltd Australia
    • http://www.daengsat.com.au
    • Email
Re: AMSAT - The Radio Amateur Satellite Corporation
« Reply #39 on: August 12, 2008, 08:53:49 am »
klau saya pernah iseng jailin tetangga yang perawan tua saya beli sender vhf seperti pak rizal dan rakit bossternya sambung ke vcd atur freq sender berdekatan dengan tvri jadinya tv tetangga muncul bayangan adegan film  >/? mungkin karena penasaran dia geser freq tvnya ketemu nonton dia filmnya. saya membuatkan daftar acara dan logo tv via windows mm jangkauan sampai 100 meter dan jernih, antena saya pakai antena radio. enak loh liat cewe nonton film >/? dia cuma nonton rata-rata 10 menit terus lampu dan tvnya dimatikan selanjutnya, kira-kira apa yang dia bikin? :HA:

Iseng juga  :) masuk akal juga musti nya ketetangga yg janda kembang cantik dan movie nya yg XXXX
Proud to be part of http://www.crowngroup.com.au/