Author Topic: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.  (Read 400069 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline raja_waliku

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2381
  • Location: Jawa Timur
  • Date Registered: March 10, 2009, 06:09:31 pm
  • Reputasi : 268
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #80 on: August 04, 2009, 09:47:33 pm »
Permasalahan Power mati pada TV SAMSUNG

Posting kali ini akan menjelaskan tentang pengalaman perbaikan pada Televisi Samsung  model 14 inch untuk semua tipe chasis KS1A, untuk tipe chasis sendiri anda bisa lihat di bagian bawah PCB chasis biasanya di dekat Trafo FBT. Kebetulan untuk TV yang kemarin saya perbaiki adalah model 21 inch.

Gejala pada TV Samsung ini sendiri adalah power off, komponen yang sudah dicoba diganti adalah Tr Power 6810A yang setelah diganti baru ternyata short lagi, kemudian Deflection yoke juga diganti dengan yang baru namun ternyata masih menunjukkan kerusakan yang sama.

Anehnya pada saat TV dinyalakan tetapi dengan kondisi deflection yoke dicabut transistor power tidak putus / short lagi, setelah dicek ternyata kerusakan bukan pada bagian TR power atau deflection yoke melainkan pada capasitor horizontal 680pF 1K2V yang hambatannya sudah berubah walaupun tidak short.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar, bagian yang ditandai menunjukkan komponen yang saya maksud.

tentu saja penyebab lain untuk kerusakan sejenis masih banyak,
Samsung Service Menu Codes


    * Turn TV off
    * Press: MUTE 1 8 2 POWER
    * TV will power up in service mode and GAMMA GAIN1 will be displayed onthe screenUse VOL+ and VOL – to select an item

      Use MUTE and the MENU to adjust

      Use ADD to save the settings

    * CHASSIS: SCT51ATurn TV offPress SLEEP P.STD MUTE

    * CHASSIS: SCT11A, SCT11B, SCV11A, SCV11BPress P.STD MENU SLEEP POWER ONPerform adjustments with VOL + and VOL -Select between adjustments with CH + and CH -

    * Turn on the TV on and select the input that you want to adjust.Turn the display off.In quick sequence on the remote press:{MUTE} {1} {8} {2} {POWER} buttons.

      The TV will turn On with the Service Menu displayed.

      ADJUSTMENT – TEST PATTERN – SET OPTION BYTE – FACTORY RESET

      Select the function and use the {VOL+} button to enter.

      Save settings and exit by pushing {MUTE} twice then {POWER}.

    * With the TV in standby, press the {INFO} {MENU} {MUTE} {POWER} buttons on the remote.-  The TV will turn On with the Service Menu displayed.-  Press the {POWER} button to exit the Service Menu.

    * With the TV in standby, press the{DISPLAY} {P.STD} {MUTE} {POWER} on the remote.* The TV will turn On with the Service Menu displayed.* Use the {CH+} {CH -} buttons to select items.

      * Use the {VOL+} {VOL -} buttons to adjust.

      * Press the {POWER} button to exit the Service Menu.
Ok sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.
Belajar hingga akhir hayat..! Semakin banyak kita tahu, semakin sadar bahwa kita belum tahu banyak dan kita masih harus terus belajar agar semakin tahu dan mengerti… Dan Jadilah seperti padi, semakin tua semakin berisi tapi dia semakin merunduk… (Hanyz Wijaya)

Offline Prass

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 967
  • Date Registered: January 19, 2009, 10:51:54 pm
  • Reputasi : 17
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #81 on: August 05, 2009, 10:10:14 am »
bro rajawali mungkin sekiranya klu ada skema penguat signal satelit, boleh sampeyan upload kan

Offline raja_waliku

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2381
  • Location: Jawa Timur
  • Date Registered: March 10, 2009, 06:09:31 pm
  • Reputasi : 268
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #82 on: August 05, 2009, 06:34:05 pm »
bro rajawali mungkin sekiranya klu ada skema penguat signal satelit, boleh sampeyan upload kan

ya bro  kalau ada saya upload..mungkin ada rekan yang mau bantu nih? ';/
Belajar hingga akhir hayat..! Semakin banyak kita tahu, semakin sadar bahwa kita belum tahu banyak dan kita masih harus terus belajar agar semakin tahu dan mengerti… Dan Jadilah seperti padi, semakin tua semakin berisi tapi dia semakin merunduk… (Hanyz Wijaya)

Offline rianprima

  • Tetap setia jadi
  • Murid
  • **
  • Posts: 249
  • Age: 45
  • Location: Kaltara
  • Date Registered: February 01, 2009, 05:31:09 am
  • Reputasi : 5
  • belajar mandiri
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #83 on: August 31, 2009, 11:13:41 pm »
Untuk bro raja_wali,kalo boleh mw tanya nih,di t4ku sering padam lampu nah kebetulan ada aki nganggur.adakah alat yg bisa merubah dari dc ke ac ,kalo ada mohon penjelasan bgmn skema dan komponen yg di butuhkan? Ditunggu untuk petunjuk dr bro raja_wali. trims 
ngangsuh kaweruh ning forsat

Offline adef

  • Inspired by
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 13153
  • Location: -1.63°,103.57°
  • Date Registered: October 15, 2008, 11:30:43 am
  • Reputasi : 683
  • BE MOVED
    • Email
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #84 on: September 01, 2009, 11:35:17 am »
Untuk bro raja_wali,kalo boleh mw tanya nih,di t4ku sering padam lampu nah kebetulan ada aki nganggur.adakah alat yg bisa merubah dari dc ke ac ,kalo ada mohon penjelasan bgmn skema dan komponen yg di butuhkan? Ditunggu untuk petunjuk dr bro raja_wali. trims 
sori sy yang jawab, kebetulan punya skemanya..
ini yang paling simple bro.. cuman saya masih kesulitan cari IC nya..
- Jawablah apa yg bisa kamu jawab, karena jawabanmu adalah setitik cahaya bagi yg gelap..

Offline beny_pongo

  • Forum Moderator
  • Ksatria
  • *****
  • Posts: 1169
  • Age: 36
  • Location: Ponorogo Jawa Timur Indonesia Asia Tenggara
  • Date Registered: January 04, 2009, 07:36:55 am
  • Reputasi : 48
  • Gamer Sejati
    • Kumpulan Berita Viral
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #85 on: September 01, 2009, 04:45:28 pm »
bro rajawali mungkin sekiranya klu ada skema penguat signal satelit, boleh sampeyan upload kan
Cocok Pak Prass..........Bung Rajawali kalo punya kan bisa tambah mudah buat pointing satelit,apalagi buat parabola dan receiver yang o'ot kayak punyaku...... (y) (y) (y) (y) :D :D

Offline raja_waliku

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2381
  • Location: Jawa Timur
  • Date Registered: March 10, 2009, 06:09:31 pm
  • Reputasi : 268
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #86 on: September 02, 2009, 06:46:56 am »
Untuk bro raja_wali,kalo boleh mw tanya nih,di t4ku sering padam lampu nah kebetulan ada aki nganggur.adakah alat yg bisa merubah dari dc ke ac ,kalo ada mohon penjelasan bgmn skema dan komponen yg di butuhkan? Ditunggu untuk petunjuk dr bro raja_wali. trims 


untuk merubah DC (directing current) menjadi AC (alternatting current) diperlukan sebuah alat yang bisa menaikan tegangan 12 volt DC menjadi 110- 220 AC  yakni inverter . untuk hasil maksimal maka kita bisa memakai travo yang ampernya besar misal 5 A atau 10 Ampere. dan Transistornya kita bisa menggunakan TIP 41A & TIP 42A .Biasanya jenis TR ini banyak yang dipakai pada amplifier sekarang ini dan biasanya dipakai pada drivernya amplifier,namun TR 41A & TR 42A  ini bisa diganti dg 2N 3055  & MJ 2955 apabila TR 41A & TR 42A  terlalu panas dan untuk IC trigernya saya Pilihkan menggunakan IC 555 karena jenis IC ini sangat mudah dicari ditoko elektronika dan harganya IC ini cukup murah nggak sampai Rp.10.000 dan saya lampirkan juga spesifikasi IC 555 nya  .trims semoga bisa membantu (y)
« Last Edit: September 02, 2009, 06:54:51 am by raja_waliku »
Belajar hingga akhir hayat..! Semakin banyak kita tahu, semakin sadar bahwa kita belum tahu banyak dan kita masih harus terus belajar agar semakin tahu dan mengerti… Dan Jadilah seperti padi, semakin tua semakin berisi tapi dia semakin merunduk… (Hanyz Wijaya)

Offline luky

  • Kapan ya naik jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2688
  • Location: kota super macet >> jakarta
  • Date Registered: February 11, 2008, 04:33:38 am
  • Reputasi : 242
  • ojo lali marang asalmu...>coook..
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #87 on: September 02, 2009, 07:04:40 am »
Untuk bro raja_wali,kalo boleh mw tanya nih,di t4ku sering padam lampu nah kebetulan ada aki nganggur.adakah alat yg bisa merubah dari dc ke ac ,kalo ada mohon penjelasan bgmn skema dan komponen yg di butuhkan? Ditunggu untuk petunjuk dr bro raja_wali. trims 


untuk merubah DC (directing current) menjadi AC (alternatting current) diperlukan sebuah alat yang bisa menaikan tegangan 12 volt DC menjadi 110- 220 AC  yakni inverter . untuk hasil maksimal maka kita bisa memakai travo yang ampernya besar misal 5 A atau 10 Ampere. dan Transistornya kita bisa menggunakan TIP 41A & TIP 42A .Biasanya jenis TR ini banyak yang dipakai pada amplifier sekarang ini dan biasanya dipakai pada drivernya amplifier,namun TR 41A & TR 42A  ini bisa diganti dg 2N 3055  & MJ 2955 apabila TR 41A & TR 42A  terlalu panas dan untuk IC trigernya saya Pilihkan menggunakan IC 555 karena jenis IC ini sangat mudah dicari ditoko elektronika dan harganya IC ini cukup murah nggak sampai Rp.10.000 dan saya lampirkan juga spesifikasi IC 555 nya  .trims semoga bisa membantu (y)

Maaf broboleh bertanya dikitnih...

Aku masih bingung bentuk komponenya ato yang di masud L1 dan T1 itu apa  yang intinyha buat naikan teganganya.

Kaloadaptor ato tteropo biasa bisa gak di pake ato yang bagaimna specnya??
Terus belajar.............dan amalkan...............menjadikan hidup lebih berguna dan bahagia.......

Offline raja_waliku

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2381
  • Location: Jawa Timur
  • Date Registered: March 10, 2009, 06:09:31 pm
  • Reputasi : 268
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #88 on: September 02, 2009, 07:28:24 am »
Untuk bro raja_wali,kalo boleh mw tanya nih,di t4ku sering padam lampu nah kebetulan ada aki nganggur.adakah alat yg bisa merubah dari dc ke ac ,kalo ada mohon penjelasan bgmn skema dan komponen yg di butuhkan? Ditunggu untuk petunjuk dr bro raja_wali. trims 


untuk merubah DC (directing current) menjadi AC (alternatting current) diperlukan sebuah alat yang bisa menaikan tegangan 12 volt DC menjadi 110- 220 AC  yakni inverter . untuk hasil maksimal maka kita bisa memakai travo yang ampernya besar misal 5 A atau 10 Ampere. dan Transistornya kita bisa menggunakan TIP 41A & TIP 42A .Biasanya jenis TR ini banyak yang dipakai pada amplifier sekarang ini dan biasanya dipakai pada drivernya amplifier,namun TR 41A & TR 42A  ini bisa diganti dg 2N 3055  & MJ 2955 apabila TR 41A & TR 42A  terlalu panas dan untuk IC trigernya saya Pilihkan menggunakan IC 555 karena jenis IC ini sangat mudah dicari ditoko elektronika dan harganya IC ini cukup murah nggak sampai Rp.10.000 dan saya lampirkan juga spesifikasi IC 555 nya  .trims semoga bisa membantu (y)

Maaf broboleh bertanya dikitnih...

Aku masih bingung bentuk komponenya ato yang di masud L1 dan T1 itu apa  yang intinyha buat naikan teganganya.

Kaloadaptor ato tteropo biasa bisa gak di pake ato yang bagaimna specnya??

kalau yang L1 =  induktor kawat 1 milimeter dililit pada feritbeat sebanyak 10 lilit.  T1 = Trafo non CT  ( center Tap) jadi secara garis besar travo ada dua jenis yang CT dan Non CT biasanya kalau non CT dari tepi travo ada tulisan 0 , 12, 18 dst kalau CT 12 ,0,12 dst .
secara teori kalau adaptor biasanya digunakan untuk menurunkan tegangan dari 220 votl menjadi DC 3v,6v.9v dst kalu travonya sama ,yang beda antara adaptor sama inverter cuma jenis rangkaiannya dan sistem kerjanya.
« Last Edit: September 02, 2009, 07:37:05 am by raja_waliku »
Belajar hingga akhir hayat..! Semakin banyak kita tahu, semakin sadar bahwa kita belum tahu banyak dan kita masih harus terus belajar agar semakin tahu dan mengerti… Dan Jadilah seperti padi, semakin tua semakin berisi tapi dia semakin merunduk… (Hanyz Wijaya)

Offline luky

  • Kapan ya naik jadi
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2688
  • Location: kota super macet >> jakarta
  • Date Registered: February 11, 2008, 04:33:38 am
  • Reputasi : 242
  • ojo lali marang asalmu...>coook..
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #89 on: September 02, 2009, 07:03:18 pm »
Untuk bro raja_wali,kalo boleh mw tanya nih,di t4ku sering padam lampu nah kebetulan ada aki nganggur.adakah alat yg bisa merubah dari dc ke ac ,kalo ada mohon penjelasan bgmn skema dan komponen yg di butuhkan? Ditunggu untuk petunjuk dr bro raja_wali. trims 


untuk merubah DC (directing current) menjadi AC (alternatting current) diperlukan sebuah alat yang bisa menaikan tegangan 12 volt DC menjadi 110- 220 AC  yakni inverter . untuk hasil maksimal maka kita bisa memakai travo yang ampernya besar misal 5 A atau 10 Ampere. dan Transistornya kita bisa menggunakan TIP 41A & TIP 42A .Biasanya jenis TR ini banyak yang dipakai pada amplifier sekarang ini dan biasanya dipakai pada drivernya amplifier,namun TR 41A & TR 42A  ini bisa diganti dg 2N 3055  & MJ 2955 apabila TR 41A & TR 42A  terlalu panas dan untuk IC trigernya saya Pilihkan menggunakan IC 555 karena jenis IC ini sangat mudah dicari ditoko elektronika dan harganya IC ini cukup murah nggak sampai Rp.10.000 dan saya lampirkan juga spesifikasi IC 555 nya  .trims semoga bisa membantu (y)

Maaf broboleh bertanya dikitnih...

Aku masih bingung bentuk komponenya ato yang di masud L1 dan T1 itu apa  yang intinyha buat naikan teganganya.

Kaloadaptor ato tteropo biasa bisa gak di pake ato yang bagaimna specnya??

kalau yang L1 =  induktor kawat 1 milimeter dililit pada feritbeat sebanyak 10 lilit.  T1 = Trafo non CT  ( center Tap) jadi secara garis besar travo ada dua jenis yang CT dan Non CT biasanya kalau non CT dari tepi travo ada tulisan 0 , 12, 18 dst kalau CT 12 ,0,12 dst .
secara teori kalau adaptor biasanya digunakan untuk menurunkan tegangan dari 220 votl menjadi DC 3v,6v.9v dst kalu travonya sama ,yang beda antara adaptor sama inverter cuma jenis rangkaiannya dan sistem kerjanya.

jadi terapo biasa di gunakan ya..tinggal alik aja?

dalam bayangan say gnini:

ada terapo 5 amper non ct yaitu 0.....110........220 sisi lainya 0...6.....9....12.......dst

apakah yang 0......6.......9..........16 ini di hubungkan ke rangkain dan yang 0......110...........220 ke pc ato elektronik lain.........


Apakah macam itu??????
Terus belajar.............dan amalkan...............menjadikan hidup lebih berguna dan bahagia.......

Offline rianprima

  • Tetap setia jadi
  • Murid
  • **
  • Posts: 249
  • Age: 45
  • Location: Kaltara
  • Date Registered: February 01, 2009, 05:31:09 am
  • Reputasi : 5
  • belajar mandiri
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #90 on: September 03, 2009, 10:37:17 am »
Untuk bro raja_wali,kalo boleh mw tanya nih,di t4ku sering padam lampu nah kebetulan ada aki nganggur.adakah alat yg bisa merubah dari dc ke ac ,kalo ada mohon penjelasan bgmn skema dan komponen yg di butuhkan? Ditunggu untuk petunjuk dr bro raja_wali. trims 


untuk merubah DC (directing current) menjadi AC (alternatting current) diperlukan sebuah alat yang bisa menaikan tegangan 12 volt DC menjadi 110- 220 AC  yakni inverter . untuk hasil maksimal maka kita bisa memakai travo yang ampernya besar misal 5 A atau 10 Ampere. dan Transistornya kita bisa menggunakan TIP 41A & TIP 42A .Biasanya jenis TR ini banyak yang dipakai pada amplifier sekarang ini dan biasanya dipakai pada drivernya amplifier,namun TR 41A & TR 42A  ini bisa diganti dg 2N 3055  & MJ 2955 apabila TR 41A & TR 42A  terlalu panas dan untuk IC trigernya saya Pilihkan menggunakan IC 555 karena jenis IC ini sangat mudah dicari ditoko elektronika dan harganya IC ini cukup murah nggak sampai Rp.10.000 dan saya lampirkan juga spesifikasi IC 555 nya  .trims semoga bisa membantu (y)

Maaf broboleh bertanya dikitnih...

Aku masih bingung bentuk komponenya ato yang di masud L1 dan T1 itu apa  yang intinyha buat naikan teganganya.

Kaloadaptor ato tteropo biasa bisa gak di pake ato yang bagaimna specnya??

kalau yang L1 =  induktor kawat 1 milimeter dililit pada feritbeat sebanyak 10 lilit.  T1 = Trafo non CT  ( center Tap) jadi secara garis besar travo ada dua jenis yang CT dan Non CT biasanya kalau non CT dari tepi travo ada tulisan 0 , 12, 18 dst kalau CT 12 ,0,12 dst .
secara teori kalau adaptor biasanya digunakan untuk menurunkan tegangan dari 220 votl menjadi DC 3v,6v.9v dst kalu travonya sama ,yang beda antara adaptor sama inverter cuma jenis rangkaiannya dan sistem kerjanya.

jadi terapo biasa di gunakan ya..tinggal alik aja?

dalam bayangan say gnini:

ada terapo 5 amper non ct yaitu 0.....110........220 sisi lainya 0...6.....9....12.......dst

apakah yang 0......6.......9..........16 ini di hubungkan ke rangkain dan yang 0......110...........220 ke pc ato elektronik lain.........


Apakah macam itu??????
                                                                                                                    trimakasih bro rajawali,skarang lg kumpul2 bahan nanti kalo dah berhasil langsuung melapor
ngangsuh kaweruh ning forsat

Offline raja_waliku

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2381
  • Location: Jawa Timur
  • Date Registered: March 10, 2009, 06:09:31 pm
  • Reputasi : 268
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #91 on: September 03, 2009, 12:33:30 pm »
Untuk bro raja_wali,kalo boleh mw tanya nih,di t4ku sering padam lampu nah kebetulan ada aki nganggur.adakah alat yg bisa merubah dari dc ke ac ,kalo ada mohon penjelasan bgmn skema dan komponen yg di butuhkan? Ditunggu untuk petunjuk dr bro raja_wali. trims 


untuk merubah DC (directing current) menjadi AC (alternatting current) diperlukan sebuah alat yang bisa menaikan tegangan 12 volt DC menjadi 110- 220 AC  yakni inverter . untuk hasil maksimal maka kita bisa memakai travo yang ampernya besar misal 5 A atau 10 Ampere. dan Transistornya kita bisa menggunakan TIP 41A & TIP 42A .Biasanya jenis TR ini banyak yang dipakai pada amplifier sekarang ini dan biasanya dipakai pada drivernya amplifier,namun TR 41A & TR 42A  ini bisa diganti dg 2N 3055  & MJ 2955 apabila TR 41A & TR 42A  terlalu panas dan untuk IC trigernya saya Pilihkan menggunakan IC 555 karena jenis IC ini sangat mudah dicari ditoko elektronika dan harganya IC ini cukup murah nggak sampai Rp.10.000 dan saya lampirkan juga spesifikasi IC 555 nya  .trims semoga bisa membantu (y)

Maaf broboleh bertanya dikitnih...

Aku masih bingung bentuk komponenya ato yang di masud L1 dan T1 itu apa  yang intinyha buat naikan teganganya.

Kaloadaptor ato tteropo biasa bisa gak di pake ato yang bagaimna specnya??

kalau yang L1 =  induktor kawat 1 milimeter dililit pada feritbeat sebanyak 10 lilit.  T1 = Trafo non CT  ( center Tap) jadi secara garis besar travo ada dua jenis yang CT dan Non CT biasanya kalau non CT dari tepi travo ada tulisan 0 , 12, 18 dst kalau CT 12 ,0,12 dst .
secara teori kalau adaptor biasanya digunakan untuk menurunkan tegangan dari 220 votl menjadi DC 3v,6v.9v dst kalu travonya sama ,yang beda antara adaptor sama inverter cuma jenis rangkaiannya dan sistem kerjanya.

jadi terapo biasa di gunakan ya..tinggal alik aja?

dalam bayangan say gnini:

ada terapo 5 amper non ct yaitu 0.....110........220 sisi lainya 0...6.....9....12.......dst

apakah yang 0......6.......9..........16 ini di hubungkan ke rangkain dan yang 0......110...........220 ke pc ato elektronik lain.........


Apakah macam itu??????
betul sekali bro. seperti itulah kerjanya. tinggal kita mau ambil yang 110 volt atau 220 votl dari trafo nya kan sudah ada tulisannya (y)
« Last Edit: September 03, 2009, 12:59:39 pm by raja_waliku »
Belajar hingga akhir hayat..! Semakin banyak kita tahu, semakin sadar bahwa kita belum tahu banyak dan kita masih harus terus belajar agar semakin tahu dan mengerti… Dan Jadilah seperti padi, semakin tua semakin berisi tapi dia semakin merunduk… (Hanyz Wijaya)

Offline risvhal

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 637
  • Age: 2015
  • Location: East Java
  • Date Registered: January 14, 2008, 08:44:42 pm
  • Reputasi : 26
    • Email
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #92 on: September 03, 2009, 01:53:00 pm »
bukankah travonya pakai yg step up bro?? emang pakai travo step down biasa bisa?

Offline rianprima

  • Tetap setia jadi
  • Murid
  • **
  • Posts: 249
  • Age: 45
  • Location: Kaltara
  • Date Registered: February 01, 2009, 05:31:09 am
  • Reputasi : 5
  • belajar mandiri
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #93 on: September 04, 2009, 10:22:16 pm »
Apa fungsi untuk R4 50k bro raja_waliku,bikin ngatur teg masuk kah?untuk smua komponen sdh trkumpul untuk C4 sy gnti 2200 mikro krn sy tny ga ada yg 2700 apa ga ada pengaruh.
maaf bro sy minta petunjuknya dr jauh
ngangsuh kaweruh ning forsat

Offline raja_waliku

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2381
  • Location: Jawa Timur
  • Date Registered: March 10, 2009, 06:09:31 pm
  • Reputasi : 268
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #94 on: September 04, 2009, 11:11:04 pm »
Apa fungsi untuk R4 50k bro raja_waliku,bikin ngatur teg masuk kah?untuk smua komponen sdh trkumpul untuk C4 sy gnti 2200 mikro krn sy tny ga ada yg 2700 apa ga ada pengaruh.
maaf bro sy minta petunjuknya dr jauh
fungsi R4 50k adalah untuk mengatur frequency getaran ke 50 Hertz atau 60 Hertz . apabila pengaturan adjust nya kurang pas biasanya di lampu nyalanya agak berkedip-kedip.seperti contoh lampu diesel kurang gas. jadi apabila pengaturan tepat pada getaran 50 Herz  maka hasil nyalanya stabil. untuk R 50 K ====> adalah pakai TRimpot VR 50 k.jangan potensio nanti bisa keputer2 terus utk C4 bisa pakai 2200 Uf tapi bisa pakai 2700 Uf lebih bagus.Trims ber experiment (y)
Belajar hingga akhir hayat..! Semakin banyak kita tahu, semakin sadar bahwa kita belum tahu banyak dan kita masih harus terus belajar agar semakin tahu dan mengerti… Dan Jadilah seperti padi, semakin tua semakin berisi tapi dia semakin merunduk… (Hanyz Wijaya)

Offline Rudihartono

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 912
  • Age: 43
  • Location: di hatimu
  • Date Registered: November 25, 2008, 11:42:38 am
  • Reputasi : 21
  • sering baca biar pinter
    • www.rudi-parabola.com
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #95 on: September 18, 2009, 02:09:02 pm »
Apa fungsi untuk R4 50k bro raja_waliku,bikin ngatur teg masuk kah?untuk smua komponen sdh trkumpul untuk C4 sy gnti 2200 mikro krn sy tny ga ada yg 2700 apa ga ada pengaruh.
maaf bro sy minta petunjuknya dr jauh
fungsi R4 50k adalah untuk mengatur frequency getaran ke 50 Hertz atau 60 Hertz . apabila pengaturan adjust nya kurang pas biasanya di lampu nyalanya agak berkedip-kedip.seperti contoh lampu diesel kurang gas. jadi apabila pengaturan tepat pada getaran 50 Herz  maka hasil nyalanya stabil. untuk R 50 K ====> adalah pakai TRimpot VR 50 k.jangan potensio nanti bisa keputer2 terus utk C4 bisa pakai 2200 Uf tapi bisa pakai 2700 Uf lebih bagus.Trims ber experiment (y)
manteb ni topik.....

Offline rianprima

  • Tetap setia jadi
  • Murid
  • **
  • Posts: 249
  • Age: 45
  • Location: Kaltara
  • Date Registered: February 01, 2009, 05:31:09 am
  • Reputasi : 5
  • belajar mandiri
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #96 on: September 24, 2009, 11:48:07 pm »
Akhirnya proyeku berhasil jg,3 mggu lbh  2 x gagal karena salah pasang ic,skrg sdh tdk bingung2 lg pas mati lmpu. Sy ucapin bnyk trima kasih buat bro rajawali atas skema dan pencerahannya.   Untuk bro rajawali smoga tdk bosan2 kasih info ttg elektronika.


   " Trim's Forsat "   
ngangsuh kaweruh ning forsat

Offline sifa shafira

  • hormati
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2442
  • Age: 41
  • Location: Balikpapan
  • Date Registered: September 28, 2007, 11:56:07 am
  • Reputasi : 133
  • 081520316195
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #97 on: September 25, 2009, 12:02:33 am »
Wah....salut deh buat bro rianprima....mau bikin sendiri alat inverternya.....sebab jarang2 orang mau susah payah bikin...biasanya langsung beli jadi.......biar tambah rajin eksperimennya......tak kirimin "kopi tubruk bikinan istri"....monggo disruput......

Offline raja_waliku

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2381
  • Location: Jawa Timur
  • Date Registered: March 10, 2009, 06:09:31 pm
  • Reputasi : 268
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #98 on: September 25, 2009, 07:49:24 am »
Akhirnya proyeku berhasil jg,3 mggu lbh  2 x gagal karena salah pasang ic,skrg sdh tdk bingung2 lg pas mati lmpu. Sy ucapin bnyk trima kasih buat bro rajawali atas skema dan pencerahannya.   Untuk bro rajawali smoga tdk bosan2 kasih info ttg elektronika.


   " Trim's Forsat "   
sama 2 bro rian.kami ucapkan sukses atas keberhasilan anda  kami disini hanya ingin berbagi pengalaman sedikit yang saya punyai bukan untuk tujuan lain,melainkan menambah persaudaraan antar sesama forsat untuk berbagi pengalaman bersama.ini saya kirimi roti bakar  dan esjuzz </<</<
Belajar hingga akhir hayat..! Semakin banyak kita tahu, semakin sadar bahwa kita belum tahu banyak dan kita masih harus terus belajar agar semakin tahu dan mengerti… Dan Jadilah seperti padi, semakin tua semakin berisi tapi dia semakin merunduk… (Hanyz Wijaya)

Offline raja_waliku

  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2381
  • Location: Jawa Timur
  • Date Registered: March 10, 2009, 06:09:31 pm
  • Reputasi : 268
Re: ELEKTRONIKA ZONE |MODIFIKASI|REPAIR|SOFTWARE|MICROKONTROL DLL.
« Reply #99 on: September 28, 2009, 08:28:35 am »
gimana yh mencuri listrik gratis :'(

yang namanya nyuri itu pasti sudah gratis bro asalkan gak ketahuan PLN
  :HA:
« Last Edit: September 28, 2009, 08:43:31 am by raja_waliku »
Belajar hingga akhir hayat..! Semakin banyak kita tahu, semakin sadar bahwa kita belum tahu banyak dan kita masih harus terus belajar agar semakin tahu dan mengerti… Dan Jadilah seperti padi, semakin tua semakin berisi tapi dia semakin merunduk… (Hanyz Wijaya)