Author Topic: Argiculture and Farming  (Read 102995 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Daengsat

  • Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, Lets be gone be by gone
  • Global Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 10467
  • Age: 63
  • Location: Sydney NSW, Australia
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:03 pm
  • Reputasi : 757
  • Daengsat Pty Ltd Australia
    • http://www.daengsat.com.au
    • Email
Re: Argiculture andFarming
« Reply #60 on: February 07, 2009, 05:42:10 pm »
Aust sangat ketat dng karantina nya
Proud to be part of http://www.crowngroup.com.au/

Offline tark

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 6161
  • Age: 45
  • Location: Kudus
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:47 pm
  • Reputasi : 297
Re: Argiculture andFarming
« Reply #61 on: February 07, 2009, 09:09:02 pm »
Pernah beli mangga kok rasanya agak berasa belerang..Akhirnya 1 biji udah gak nikmat,,Serasa gak gitu dulu jangankan beli ,,makan mangga yang tumbuh atas pemakaman gak rasanya gitu.. :D

Kalo mangganya tumbuh di atas makam nya mak erot gimana bentuknya ya? :D apa seperti cabe itu juga :D

Offline Ibani_neo

  • fanatisme fta
  • Forum Moderator
  • Guru
  • *****
  • Posts: 3446
  • Age: 5
  • Location: Latitude: -2.4191° Longitude: 115.2473°/Amsterdam city~ ASj
  • Date Registered: May 29, 2008, 11:26:25 am
  • Reputasi : 90
  • the legend of sa'ilanmaulah
    • Www.Ibnet.Forumsmotion.Com
Re: Argiculture andFarming
« Reply #62 on: February 08, 2009, 06:10:39 pm »
Pernah beli mangga kok rasanya agak berasa belerang..Akhirnya 1 biji udah gak nikmat,,Serasa gak gitu dulu jangankan beli ,,makan mangga yang tumbuh atas pemakaman gak rasanya gitu.. :D

Kalo mangganya tumbuh di atas makam nya mak erot gimana bentuknya ya? :D apa seperti cabe itu juga :D
mana tahan... Gak tega..' :D
5F206429

Offline amoedy

  • Belum saatnya menjadi
  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 742
  • Age: 52
  • Location: west of jakarta
  • Date Registered: November 06, 2008, 04:44:28 pm
  • Reputasi : 15
  • aku gak bisa liat jeung irent lagi..........
    • Email
Re: Argiculture andFarming
« Reply #63 on: February 09, 2009, 10:15:59 am »
Pernah beli mangga kok rasanya agak berasa belerang..Akhirnya 1 biji udah gak nikmat,,Serasa gak gitu dulu jangankan beli ,,makan mangga yang tumbuh atas pemakaman gak rasanya gitu.. :D

itu namannya mangga karbitan bro,cuman biasannya orang menggunakan karbit waktu membekapnya lhahhhhhhyang ini mungkin pakai belerang  '/; '/; '/; '/; '/; >>/

Offline Adi-jember

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 905
  • Age: 41
  • Location: Ambulu, Jember
  • Date Registered: November 25, 2008, 09:09:00 am
  • Reputasi : 32
  • Ambulu, Jember
Re: Argiculture andFarming
« Reply #64 on: February 09, 2009, 05:45:21 pm »
Mangga gak enak mungkin masih muda udah dikarbit atau di-ethrel. Bisa aja masak tapi ya jelas gak akan enak. Kalau mangga udah tua dikarbit ya tetap manis meski tidak seenak yang masak pohon. Kalau di pedagang kayaknya gak ada yang masak pohon. Biasanya petani jual mangga kan pakai sistem tebas jadi 1 pohon langsung dipetik semua gak peduli udah tua atau masih muda. Jadinya mutunya beragam. Yah beginilah nasib buah lokal kita. Masih belum dikelola secara profesional. Masih banyak mengandalkan pohon-pohon yang tumbuh ala kadarnya. Coba deh beli jeruk impor, saya yakin sebagian besar rasanya akan seragam. Misal jeruk merek A di swalayan X rasanya tidak akan jauh berbeda dengan swalayan Y. Akan tetapi coba beli jeruk Indo. Meski di swalayan bukan jaminan mutunya selalu bagus. Saya pernah beli mangga arumanis belum masak di swalayan gede rasanya juga kecut setelah saya peram. Apalagi di pinggir jalan. Menakutkan! Saya sering beli jeruk akhirnya tidak bisa dimakan karena kecut semuanya. Yah mau bagaimana lagi? Protes sama yang jual juga percuma.

Offline hidroponos

  • Siswa
  • ***
  • Posts: 437
  • Date Registered: June 17, 2008, 07:17:00 pm
  • Reputasi : 31
Re: Argiculture andFarming
« Reply #65 on: February 09, 2009, 07:17:49 pm »
Protes sama yang jual percuma.....
kalau kita beli satu dua buah durian di pinggir jalan... pas dibuka dirumah ternyata busuk... jangan diprotes ke penjualnya.... kalo kita protes... penjual pasti omongnya ga enak didenger seperti ini : "bapak masih mending beli dua busuk... bagaimana saya... satu truk durian yang saya beli busuk semua"  :D :D canda on
« Last Edit: February 09, 2009, 07:24:46 pm by hidroponos »

Offline amoedy

  • Belum saatnya menjadi
  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 742
  • Age: 52
  • Location: west of jakarta
  • Date Registered: November 06, 2008, 04:44:28 pm
  • Reputasi : 15
  • aku gak bisa liat jeung irent lagi..........
    • Email
Re: Argiculture andFarming
« Reply #66 on: February 09, 2009, 08:13:05 pm »
Protes sama yang jual percuma.....
kalau kita beli satu dua buah durian di pinggir jalan... pas dibuka dirumah ternyata busuk... jangan diprotes ke penjualnya.... kalo kita protes... penjual pasti omongnya ga enak didenger seperti ini : "bapak masih mending beli dua busuk... bagaimana saya... satu truk durian yang saya beli busuk semua"  :D :D canda on

 '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; >>/ </< >/? >/? >/? >/? kawan ini gak pernah muncul sekali muncul bikin mulas perut  '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/; '/;
« Last Edit: February 10, 2009, 08:18:49 am by sk8ergeek »

Offline Adi-jember

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 905
  • Age: 41
  • Location: Ambulu, Jember
  • Date Registered: November 25, 2008, 09:09:00 am
  • Reputasi : 32
  • Ambulu, Jember
Re: Argiculture andFarming
« Reply #67 on: February 10, 2009, 06:18:17 am »
Ya itulah gak enaknya di sini, kalau gak puas gak bisa protes :D. Paling cuma ngedumel di belakang  :) . Saya punya kenalan ex pedagang durian di kota. Yah mungkin sudah nasibnya kali. Kejadiannya kira-kira 2 tahun lalu. Dia nebas durian beberapa pohon di Glenmore, Banyuwangi sekitar bulan Nopember pas berbunga. Apa daya Desember-Januari angin kencang banget sehingga banyak buahnya yang rontok. Bahkan beberapa pohon tumbang. Durian yang tersisa kemudian dijual di depan rumah. Ternyata mutu durian itu sangat beragam. Banyak konsumen yang protes minta tukar karena gak manis. Ya udah ketimbang menghabiskan hari-hari bertengkar dengan konsumen maka ya bikin bangkrut aja. Sekarang dia kapok jualan durian. Yang jelas beli durian di pinggir jalan mirip beli kucing dalam karung. Kalau nasib lagi bagus ya syukur tapi kalau pas gak mujur, durian masam dibawa pulang. Bandingkan dengan durian monthong yang kalau kita beli pasti rasanya dijamin enak.
Mengutip apa yang dikatakan p Bernard Sadhani (pekebun durian di Jabar) kalau Indo ini benernya punya ratusan varietas durian unggul nasional kayak durian sukun, petruk, sunan, matahari, hepe, dll, tapi tidak ada yang menjadi varietas unggul komersial. Jadi ketika durian unggul di sebuah daerah kalau ditanam di daerah lain maka mutunya akan berubah. Contoh petruk berasal dari daerah Jepara yang kering kalau ditanam di Bogor maka mutunya akan berubah atau bahkan susah berbuah. Kalau montong ditanam di mana-mana juga akan sama hasilnya. Umurnya juga dalam. Kalau durian monthong bisa berbuah umur 4 tahun maka durian lokal paling tidak 6 tahun. Durian lokal juga ukuran buahnya kecil-kecil, kalau monthong gede. Biji durian lokal umumnya gede dan dagingnya tipis kalau monthong tebal dan biji kecil. Monthong tahan simpan kalau lokal bentar aja kulitnya akan pecah. Kalau pecah udah gak enak biasanya.

Offline Adi-jember

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 905
  • Age: 41
  • Location: Ambulu, Jember
  • Date Registered: November 25, 2008, 09:09:00 am
  • Reputasi : 32
  • Ambulu, Jember
Re: Argiculture andFarming
« Reply #68 on: February 10, 2009, 08:28:12 pm »
Buat yang punya lahan luas di luar Jawa atau di Jawa saya kira yang paling OK membudidayakan durian. Kenapa?
1. Durian itu buah yang tidak kenal surut oleh jaman. Siapa yang tidak suka durian? Saya yakin sebagian besar orang menyukainya.
2. Harganya tidak pernah turun. Kemaren di pinggir jalan sudah dijual Rp 100 ribu/3 buah. Kalau ditotal bobotnya mungkin hanya 5 kg.
3. Semakin tua usianya semakin produktif. Durian yang sudah berusia ratusan tahun bisa berbuah ratusan buah/tahun.
4. Bisa diolah apa aja seperti dodol, lempok, keripik, dll.
5. Bisa dikirim jauh alias awet.
Peluang ekspor juga masih sangat besar terutama ke Eropa dan Amerika. Cuma orang sono gak suka dengan baunya yang menyengat dan berduri. Namun sekarang sudah ada durian gundul yang kurang menyengat di Thailand.

Offline Cipluk

  • Siluman Ular Hijau
  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 5328
  • Age: 2015
  • Location: Green Land RT 30 RW 58 Kutub Utara. Kode
  • Date Registered: May 05, 2008, 08:45:21 pm
  • Reputasi : 276
  • Jangan Telanjang Di Jalan Raya
Re: Argiculture andFarming
« Reply #69 on: February 10, 2009, 09:34:52 pm »
Saking enaknya duren, sampe sampe Julia Peres menyanyikannya :D


Dulu waktu kecil, saya pernah sakit gara2 ngidam durian (padahal belum musimnya)

kemaren, kepalaku kok agak nggliyeng campur mual sehabis makan durian........ biasanya saya tidak pernah seperti itu setelah makan durian.....
AKU CINTA INDONESIA

Offline Adi-jember

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 905
  • Age: 41
  • Location: Ambulu, Jember
  • Date Registered: November 25, 2008, 09:09:00 am
  • Reputasi : 32
  • Ambulu, Jember
Re: Argiculture andFarming
« Reply #70 on: February 11, 2009, 04:29:08 am »
Ha ha ha  :HA: Itu namanya mabuk durian bro El. Ini tips bagi pacandu durian yang tidak ingin mabuk durian meski makan sekeranjang durian: (sumber trubus)
1. sambil makan durian bisa minum minuman bersoda supaya gas durian keluar bersama uap minuman
2. kulit durian bisa diisi air terus airnya dibuat minum
3. makan durian sambil berendam biar perut gak panas
4. bakar atau panggang buah durian sebelum dimakan

Offline Cipluk

  • Siluman Ular Hijau
  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 5328
  • Age: 2015
  • Location: Green Land RT 30 RW 58 Kutub Utara. Kode
  • Date Registered: May 05, 2008, 08:45:21 pm
  • Reputasi : 276
  • Jangan Telanjang Di Jalan Raya
Re: Argiculture andFarming
« Reply #71 on: February 11, 2009, 06:41:41 am »
Ha ha ha  :HA: Itu namanya mabuk durian bro El. Ini tips bagi pacandu durian yang tidak ingin mabuk durian meski makan sekeranjang durian: (sumber trubus)
1. sambil makan durian bisa minum minuman bersoda supaya gas durian keluar bersama uap minuman
2. kulit durian bisa diisi air terus airnya dibuat minum
3. makan durian sambil berendam biar perut gak panas
4. bakar atau panggang buah durian sebelum dimakan

Oooo.... Durian bisa memabukkan juga toh? Wadduh tipsnya sangat bermanfaat sekali Cak Di.... Ntar saya praktekkan....


Jus Durian meluncur ke Jember, silahkan dinikmati :D
AKU CINTA INDONESIA

Offline Adi-jember

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 905
  • Age: 41
  • Location: Ambulu, Jember
  • Date Registered: November 25, 2008, 09:09:00 am
  • Reputasi : 32
  • Ambulu, Jember
Re: Argiculture andFarming
« Reply #72 on: February 11, 2009, 08:38:25 am »
Terima kasih jusnya.. Ada 1 tips lagi yaitu makan 1 sendok mentega sebelum makan durian. Saya juga penghobi berat durian. Kalau dah makan lupa tahu-tahu 1 buah durian dah habis.
Mabuk durian jangan kuatir, coba aja tips di atas. Tapi buat penderita hipertensi sebaiknya hindari durian.

Offline Adi-jember

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 905
  • Age: 41
  • Location: Ambulu, Jember
  • Date Registered: November 25, 2008, 09:09:00 am
  • Reputasi : 32
  • Ambulu, Jember
Re: Argiculture andFarming
« Reply #73 on: February 14, 2009, 10:55:00 am »
Wah sepi banget nih. Pada kemana? ??? Apa pada nyangkul?

Offline tark

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 6161
  • Age: 45
  • Location: Kudus
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:47 pm
  • Reputasi : 297
Re: Argiculture andFarming
« Reply #74 on: February 14, 2009, 11:21:36 am »
Wah sepi banget nih. Pada kemana? ??? Apa pada nyangkul?

Pada mabuk durian cak... :D

Offline Adi-jember

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 905
  • Age: 41
  • Location: Ambulu, Jember
  • Date Registered: November 25, 2008, 09:09:00 am
  • Reputasi : 32
  • Ambulu, Jember
Re: Argiculture and Farming
« Reply #75 on: February 14, 2009, 05:08:08 pm »
Ya elah dah pada mabuk durian rupanya?  :D
Emang kalau udah makan durian lupa tuh mertua lagi lewat di depan mata  :D

Offline Ibani_neo

  • fanatisme fta
  • Forum Moderator
  • Guru
  • *****
  • Posts: 3446
  • Age: 5
  • Location: Latitude: -2.4191° Longitude: 115.2473°/Amsterdam city~ ASj
  • Date Registered: May 29, 2008, 11:26:25 am
  • Reputasi : 90
  • the legend of sa'ilanmaulah
    • Www.Ibnet.Forumsmotion.Com
Re: Argiculture and Farming
« Reply #76 on: February 16, 2009, 11:57:11 am »
Pada musim duren toh? Kok disini belum ada yang jual.. ??? Kan bagus tuh buat yang punya tekanan darah rendah kayak saya..

Ini ada lahan 100m lebih udah lama tak tergarap kira kira varietas apa yang baek ditanam..  Di daerah yang banyak keranya
5F206429

Offline Daengsat

  • Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, Lets be gone be by gone
  • Global Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 10467
  • Age: 63
  • Location: Sydney NSW, Australia
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:03 pm
  • Reputasi : 757
  • Daengsat Pty Ltd Australia
    • http://www.daengsat.com.au
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #77 on: February 16, 2009, 02:12:50 pm »

Enak ya di Australia Durian tidak pakai musim selalu ada tersedia Durian Motong dari Thailand sekarang ini $3.99/kg satu durian kira kira 2.5 kg enak biji nya kecil daging nya tebal.

Regards,
Proud to be part of http://www.crowngroup.com.au/

Offline Ibani_neo

  • fanatisme fta
  • Forum Moderator
  • Guru
  • *****
  • Posts: 3446
  • Age: 5
  • Location: Latitude: -2.4191° Longitude: 115.2473°/Amsterdam city~ ASj
  • Date Registered: May 29, 2008, 11:26:25 am
  • Reputasi : 90
  • the legend of sa'ilanmaulah
    • Www.Ibnet.Forumsmotion.Com
Re: Argiculture and Farming
« Reply #78 on: February 16, 2009, 04:41:37 pm »
Ke ausie yuk..,yuuk :D
5F206429

Offline Adi-jember

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 905
  • Age: 41
  • Location: Ambulu, Jember
  • Date Registered: November 25, 2008, 09:09:00 am
  • Reputasi : 32
  • Ambulu, Jember
Re: Argiculture and Farming
« Reply #79 on: February 16, 2009, 05:45:40 pm »
P Daeng, durian itu sebenarnya buah musiman. Adanya ya cuma musim-musim tertentu. Kalau di Jawa biasanya puncak panen Januari. Terus bagaimana kok di swalayan sampai ada durian sepanjang musim? Ini semua karena adanya teknik budidaya yang memadukan beragam kultivar dan penggunaan beberapa teknologi untuk memajukan atau memundurkan buah. Contohnya kultivar monthong itu responsif memunculkan bunga. Jadi kasih aja cuaca kering 1 bulan aja langsung deh biasanya akan keluar bunga. Kalau kultivar lokal biasanya agak late. Biasanya butuh 3 bulan kering baru muncul bunga. Selain itu penggunaan pupuk dengan komposisi berbeda-beda bisa juga memajukan atau mengundurkan buah. Contohnya kalau dikasih pupuk N tinggi maka pembuahan akan late. Kalau dikasih pupuk dengan PK tinggi maka akan semakin cepat pembuahannya.
Selain cara di atas ada juga yang lagi populer dengan menggunakan ZPT (zat perangsang tumbuh) misal paklobutrazol. Zat ini bersifat menghambat titik tumbuh meristem sehingga akhirnya tanaman dipaksa switch dari pertumbuhan vegetatif ke generatif.
Bro Ib, lahan 1000m2 (atau 100 m2 itu ya?) paling cukup bisa ditanami 10 tanaman durian kalau monthong kalau lokal ya cuma 8 pohon soalnya tajuk monthong cenderung padat sehingga bisa ditanam agak rapat. Kalau mau tanam durian sebaiknya coba amati di sekitar anda apakah ada tanaman durian lokal yang tumbuh? Kalau ada coba beli buahnya, bijinya coba ditanam terus jadikan ini sebagai batang bawah. Dari pengalaman saya durian adalah yang tersulit budidayanya. Wajar jika harganya aduhai (he he he). Adanya durian lokal di tempat anda bisa menjadi petunjuk lahan cocok untuk budidaya durian. Kalau di Kaltim setahu saya durian lai yang banyak tumbuh liar. Kalau monthong emang cepet berbuah namun mudah terserang penyakit kanker batang dan penggerek buah. Kalau lokal mah tahaaan penyakit. Kalau ada yang masih kurang jelas nanti akan coba saya bantu....
Analisis kelayakan usahanya kira-kira begini: anggap durian monthong mulai berbuah umur 5 tahun. Biasanya buah pertama tidak banyak. Misal tahun pertama berbuah 5 kg, tahun ke-2 bisa 15 kg, dst. Harga per kg durian monthong berapa ya? Misal Rp 10 rb/kg jadi tahun perdana pendapatan total = 10 x 5 x 10 ribu = Rp 500,000. Yah maklum cuma lahan 1000 m2 sih. Kalau 1 ha ya bisa 5 juta. Naiknya pendapatan nanti eksponensial tidak linier.