Author Topic: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)  (Read 18296 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline yousouf rianto

  • Ampuuuunnn,,,,,,,
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2533
  • Age: 38
  • Location: Wonogiri - Batusangkar - Padang - Kerinci
  • Date Registered: June 16, 2010, 12:51:14 am
  • Reputasi : 142
  • adventurisat
    • Email
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #20 on: August 05, 2010, 05:46:25 pm »
heran ya nonton sinetron2 atw film2 indonesia sekarang..
kata "saya" koq di baku-kan dlm segala suasana ya.. ???
meskipun aktingnya lagi marah, kesal, dalam keadaan bertengkar atwpun ama lawan bicara yg engga dihormati sekalipun.. ???
"saya benci kamu" ??? ??? ??? (seharusnya kan "aku benci kamu") ???
"awas, saya bunuh kamu" ??? ??? ??? (shrsnya "aku bunuh kau") ???
and many more......
kata "saya" itu seharusnya kan dipakai utk mnghadapi lawan bicara yg dihormati... ???
ini "salah kaprah" ato bahasa indonesia dgn EYD (Ejaan Yg Disempurnakan) versi baru ya.. ??? ??? ??? ??? ???
gak enak aza dengernya :D
SELALU...
TAK ADA BATAS UNTUK KATA PUAS
Mohon Ampun Klo Salah, , ,

Offline beny_pongo

  • Forum Moderator
  • Ksatria
  • *****
  • Posts: 1167
  • Age: 35
  • Location: Ponorogo Jawa Timur Indonesia Asia Tenggara
  • Date Registered: January 04, 2009, 07:36:55 am
  • Reputasi : 48
  • Gamer Sejati
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.6 Firefox 3.6.6
    • Kumpulan Berita Viral
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #21 on: August 06, 2010, 11:02:01 pm »
Banyak orang melakukan kesalahan dalam pemberian nama untuk penyebutan barang dan fungsinya.

Contohnya adalah pompa air.Karena produk pompa air yang pertama kali masuk di Indonesia adalah merk
Sanyo,maka setelah itu semua pompa air di sebut dengan sanyo.Padahal Sanyo adalah nama perusahaan elektronik dan banyak pompa air dengan merk lain.

Motor pertama kali masuk Indonesia adalah merk Honda,jadi apapun merk motor yang berikutnya di sebut Honda.Padahal ada motor merk yang lain.

Seher pada sepeda motor,karena sering salah dengar atau pendengaran kurang jelas namanya menjadi seker.

Velg pada sepeda motor,nama aslinya adalah velg.Karena latah atau kurang benar dalam mendengar menjadi peleg.

Aneh sekali kita itu,sudah tahu perbendaharaan kosakata bahasa Indonesia kita kurang,bahkan sampai mengambil istilah asing,eee...sekarang malah ada kamus gaul dan kamus alay yang notabene memodifikasi bahasa indonesia itu sendiri.Bagaimana kita bisa menjadi bangsa pencipta kalau menambah kosakata bahasa kita sendiri saja tak mampu bagaimana mau membuat merk untuk produk kita?apalagi produknya.....
« Last Edit: August 06, 2010, 11:06:44 pm by beny_pongo »

Offline pippo_adhif

  • not
  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4943
  • Location: 404 Not Found
  • Date Registered: February 11, 2009, 09:51:05 pm
  • Reputasi : 211
  • kutulis yang kutahu, kubaca, kurasa dan kupikirkan
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6 Firefox 3.6
    •  kutulis yang kutahu, kubaca, kurasa, dan kupikirkan
    • Email
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #22 on: August 07, 2010, 12:54:21 am »
Banyak orang melakukan kesalahan dalam pemberian nama untuk penyebutan barang dan fungsinya.

Contohnya adalah pompa air.Karena produk pompa air yang pertama kali masuk di Indonesia adalah merk
Sanyo,maka setelah itu semua pompa air di sebut dengan sanyo.Padahal Sanyo adalah nama perusahaan elektronik dan banyak pompa air dengan merk lain.

Motor pertama kali masuk Indonesia adalah merk Honda,jadi apapun merk motor yang berikutnya di sebut Honda.Padahal ada motor merk yang lain.

Seher pada sepeda motor,karena sering salah dengar atau pendengaran kurang jelas namanya menjadi seker.

Velg pada sepeda motor,nama aslinya adalah velg.Karena latah atau kurang benar dalam mendengar menjadi peleg.

Aneh sekali kita itu,sudah tahu perbendaharaan kosakata bahasa Indonesia kita kurang,bahkan sampai mengambil istilah asing,eee...sekarang malah ada kamus gaul dan kamus alay yang notabene memodifikasi bahasa indonesia itu sendiri.Bagaimana kita bisa menjadi bangsa pencipta kalau menambah kosakata bahasa kita sendiri saja tak mampu bagaimana mau membuat merk untuk produk kita?apalagi produknya.....


Nambahi bro...
Kalau disini, apapun merek minuman mineral kemasannya, namanya tetap Aqua... 
Apapun jenis mie instannya, namanya tetap endomee...
Bahkan, di pasar/kafe-kafe, yang udah terkenal istilah endomee Goreng atau endomee Rebus, padahal yang dimasak Supermi, Mie Sedap, dll..
 :D :D :D

Yang paling parah ini bro :
Kalau mengatakan anti nyamuk jadi  nyamuk...  :D :D
Jadi kalau kewarung, pembelinya biasa bilang :
"Beli  nyamuk satu kotak (atau satu lingkar),"
Meski hal ini sudah sering disindir yang mendengar, ternyata istilah ' nyamuk' masih bertahan sampai sekarang...  :D :D

Offline udunt_smart

  • Maaf kalo gak pantes karena kurang paham apa itu
  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 809
  • Age: 49
  • Location: Nggalek wetan
  • Date Registered: September 28, 2009, 08:57:30 pm
  • Reputasi : 35
  • tidak akan terhina minta maaf karena salah
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.8 Firefox 3.6.8
    • Email
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #23 on: August 09, 2010, 07:29:04 am »
klo bahasa internasionalnya "motor cycle".. bahasa nasionalnya "sepeda motor"
klo di Padang biarpun merk Yamaha, Suzuki atwpun Ducati tetap "Honda" namanya :D
klo di Medan apapun merknya, meskipun gak ada gerbongnya, sepeda motor ya tetap "Kereta" namanya :D :D :D

Iya ya bro di jawa merek apapun orang tua dulu bilang "UDUK" :D

Offline yousouf rianto

  • Ampuuuunnn,,,,,,,
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2533
  • Age: 38
  • Location: Wonogiri - Batusangkar - Padang - Kerinci
  • Date Registered: June 16, 2010, 12:51:14 am
  • Reputasi : 142
  • adventurisat
    • Email
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #24 on: August 09, 2010, 10:01:44 pm »
@bro udunt_smart
:D :D :D
klo di jawa bro (sy prnah tingal di Pati/Tayu).. orang mo nyebut "mobil" malah bilang "motor" :D :D :D
sy prnah pnya pngalaman nih bro, wkt itu mo mnjam sepeda motor pakde, saya bilang "pakde motore ono ra tak nyileh sadelok", dia jawab "ono" trus dikasih konci suruh ambil digarasi.. nyampe garasi saya bingung, "mana tu motor bilangnya digarasi" ??? saya cari2 gak ada dan emg gakda "motor" dsana.. trus sy panggil dia dan dgn lugu sy bilang "ora ono pakde motore"...
lantas dgn stengah kesal dia mnghampiri sy smbil berujar "oalah le tole, la iku opo jenenge nek ora "motor" ??? sungutnya sambil mnunjuk kearah "mobil"-nya yg trparkir ddlm garasi...
stengah bingung smbil
ketawa, lantas sy jawab "oalah pakde pakde, klo dtempat saya ini "mobil" namanya bukan "motor"..yg mo saya pinjem tu sepeda "motor" bukannya "mobil" sungut saya dgn mnggunakan bahasa indonesia yg baik dan benar... :D
trnyata klo dsna yg namanya "sepeda motor" tu dibilamg "PIT"
siapa yg salah, siapa yg benar ne
??? ??? ??? ??? ???
:D :D :D :D :D
SELALU...
TAK ADA BATAS UNTUK KATA PUAS
Mohon Ampun Klo Salah, , ,

Offline ayoxon

  • Tulisannya yg bener Ap LepeL apa...
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1957
  • Age: 39
  • Location: Batam Island
  • Date Registered: October 25, 2009, 03:09:44 pm
  • Reputasi : 245
  • Go to Success!!!
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.5.2 Firefox 3.5.2
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #25 on: August 13, 2010, 04:36:53 am »
apa ada yang pernah lihat tulisan TANGS        :D
Hehe.. ya ini pertama kali aku liat tulisan TANGS (bro yg posting)..:D
Satu lg,. aku sering berdebat sm org yg suka menyebut rice cooker dgn perkataan "cosmos", tp anehnya justru rice box jg mrk sebut "cosmos" nah lho!!!.. ??? ::).. '/;

Offline Matra

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 789
  • Location: Kep. Bangka Belitung
  • Date Registered: February 15, 2010, 01:32:38 pm
  • Reputasi : 74
  • the Anfield gank
  • OS:
  • Java Platform Micro Edition Java Platform Micro Edition
  • Browser:
  • Opera 9.80 (Opera Mini 4.2.15410Mod.by.Handler) Opera 9.80 (Opera Mini 4.2.15410Mod.by.Handler)
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #26 on: August 13, 2010, 05:07:56 am »
 Ini keliru "keluar masuk"
seharusnya "masuk dulu baru keluar" contoh masuk gedung,rumah dll...

"Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata"

Offline yousouf rianto

  • Ampuuuunnn,,,,,,,
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2533
  • Age: 38
  • Location: Wonogiri - Batusangkar - Padang - Kerinci
  • Date Registered: June 16, 2010, 12:51:14 am
  • Reputasi : 142
  • adventurisat
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • MS Internet Explorer 6.0 MS Internet Explorer 6.0
    • Email
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #27 on: August 14, 2010, 12:02:51 am »
Ini keliru "keluar masuk"
seharusnya "masuk dulu baru keluar" contoh masuk gedung,rumah dll...
'/; '/; '/; '/; '/; '/; '/;
SELALU...
TAK ADA BATAS UNTUK KATA PUAS
Mohon Ampun Klo Salah, , ,

Offline ayoxon

  • Tulisannya yg bener Ap LepeL apa...
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1957
  • Age: 39
  • Location: Batam Island
  • Date Registered: October 25, 2009, 03:09:44 pm
  • Reputasi : 245
  • Go to Success!!!
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Chrome 5.0.375.127 Chrome 5.0.375.127
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #28 on: August 24, 2010, 03:11:32 am »
ADA NGAAAAAAAAAAAAAAAAAAKKKKKK sihhhhhhh lihat tulisan kayak giniiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii-[WASTERN FOOD
Ada gmn mksdnya bro? Klo pertanyaannya pernah lihat, iya aku pernah lihat di suatu artikel, tp bukan "WASTERN FOOD" melainkan "WESTERN FOOD" Emang knp dgn tulisan itu bro?..

Offline pippo_adhif

  • not
  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4943
  • Location: 404 Not Found
  • Date Registered: February 11, 2009, 09:51:05 pm
  • Reputasi : 211
  • kutulis yang kutahu, kubaca, kurasa dan kupikirkan
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.0.10 Firefox 3.0.10
    •  kutulis yang kutahu, kubaca, kurasa, dan kupikirkan
    • Email
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #29 on: August 25, 2010, 06:23:20 pm »
apa pernah tulisan ini(PO AIS BLENDER ) :D

bro WLMOS selalu menanyai 'pernah melihat tulisan ini' .. Tapi ndak pernah berikan penjelasan...  ??? ???

Offline ayoxon

  • Tulisannya yg bener Ap LepeL apa...
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1957
  • Age: 39
  • Location: Batam Island
  • Date Registered: October 25, 2009, 03:09:44 pm
  • Reputasi : 245
  • Go to Success!!!
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Chrome 5.0.375.127 Chrome 5.0.375.127
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #30 on: August 25, 2010, 07:31:30 pm »
apa pernah tulisan ini(PO AIS BLENDER ) :D

Offline pippo_adhif

  • not
  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4943
  • Location: 404 Not Found
  • Date Registered: February 11, 2009, 09:51:05 pm
  • Reputasi : 211
  • kutulis yang kutahu, kubaca, kurasa dan kupikirkan
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.7 Firefox 3.6.7
    •  kutulis yang kutahu, kubaca, kurasa, dan kupikirkan
    • Email
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #31 on: August 25, 2010, 09:19:34 pm »
apa pernah tulisan ini(PO AIS BLENDER ) :D


 '/; '/; '/; '/;

sapi dech....

Offline yousouf rianto

  • Ampuuuunnn,,,,,,,
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2533
  • Age: 38
  • Location: Wonogiri - Batusangkar - Padang - Kerinci
  • Date Registered: June 16, 2010, 12:51:14 am
  • Reputasi : 142
  • adventurisat
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6b5 Firefox 3.6b5
    • Email
SELALU...
TAK ADA BATAS UNTUK KATA PUAS
Mohon Ampun Klo Salah, , ,

Offline 9benua

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1412
  • Age: 2014
  • Location: Meulaboh
  • Date Registered: November 12, 2009, 09:44:27 am
  • Reputasi : 87
  • NAD Identity
  • OS:
  • Windows Vista/Server 2008 Windows Vista/Server 2008
  • Browser:
  • Opera 9.80 Opera 9.80
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #33 on: August 27, 2010, 04:26:59 am »
apa pernah tulisan ini(PO AIS BLENDER ) :D
pop ice blender kah maksudnya..  '/; </<

Offline bnoi

  • Up Lepel
  • Siswa
  • ***
  • Posts: 485
  • Location: Lumajang
  • Date Registered: December 15, 2008, 11:44:34 am
  • Reputasi : 9
  • Buat Dw
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.0 Firefox 3.0
    • Email
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #34 on: September 03, 2010, 09:49:25 am »
apotik seharusnya apotek.
(click to show/hide)

Offline asytar14

  • belum pantas di
  • Up Level
  • Siswa
  • ***
  • Posts: 421
  • Age: 43
  • Location: Sintang, Kal-Bar
  • Date Registered: June 22, 2008, 10:32:23 pm
  • Reputasi : 37
  • nobody's perfect...i'm nobody :D
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.8 Firefox 3.6.8
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah)
« Reply #35 on: September 08, 2010, 12:40:09 pm »
kalo di daerah saya, "kick starter" itu malah untuk nyebutin electric starter (pake aki)  :-[
いいじゃないか転んだって what's wrong with falling down?
また起き上がればいいんだから you can always stand up again

Offline punggowo

  • Anggota CSAT v.1
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1974
  • Date Registered: February 14, 2012, 10:19:52 pm
  • Reputasi : 453
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Browser:
  • Firefox 46.0 Firefox 46.0
Re: KELIRUMOLOGI (Salah Kaprah).
« Reply #36 on: May 10, 2016, 04:16:19 pm »
sebutan untuk sepeda MTB waktu dulu sering disebut sepeda FEDERAL,
padahal banyak merk - merk yang lain,..