Author Topic: KLINIK KESEHATAN  (Read 300746 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Ibani_neo

  • fanatisme fta
  • Forum Moderator
  • Guru
  • *****
  • Posts: 3446
  • Age: 5
  • Location: Latitude: -2.4191° Longitude: 115.2473°/Amsterdam city~ ASj
  • Date Registered: May 29, 2008, 11:26:25 am
  • Reputasi : 90
  • the legend of sa'ilanmaulah
    • Www.Ibnet.Forumsmotion.Com
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #160 on: March 30, 2009, 06:00:10 am »
Amiiin ..Amiin
5F206429

Offline pak_bei

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 923
  • Location: Delle Alpi
  • Date Registered: November 14, 2008, 04:40:08 am
  • Reputasi : 119
  • VIVA ULTRAS
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #161 on: April 02, 2009, 06:32:08 pm »
Kalau udah pikiran tertutup cemas :D biar ayah nya disuruh maen air tengah malam,asal anak sehat :D anak aset berharga
yg sudah jadi orangtua,.pasti pikiran selalu tertuju ke anak,.apalagi kl pas sakit,semua waktu di curahkan untuk kesehatan'nya..
PROTAGONISTA

Offline benolsatuem

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1498
  • Location: SmG
  • Date Registered: January 30, 2009, 11:41:22 pm
  • Reputasi : 123
    • benolsatuem
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #162 on: April 02, 2009, 06:38:39 pm »
Kalau udah pikiran tertutup cemas :D biar ayah nya disuruh maen air tengah malam,asal anak sehat :D anak aset berharga
yg sudah jadi orangtua,.pasti pikiran selalu tertuju ke anak,.apalagi kl pas sakit,semua waktu di curahkan untuk kesehatan'nya..

amiin..

Offline benolsatuem

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1498
  • Location: SmG
  • Date Registered: January 30, 2009, 11:41:22 pm
  • Reputasi : 123
    • benolsatuem
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #163 on: April 03, 2009, 06:17:24 am »
Kopi Bantu Hilangkan Rasa Sakit

ILLINOIS - Secangkir kopi yang diminum para pelari, pesenam dan pembalap sebelum beraktivitas dipercaya akan membuat mereka lebih berenergi. Selain itu kopi pun berkhasiat menghilangkan rasa sakit ketika melakukan kegiatan atletik, demikian menurut hasil penelitian terbaru.

Uniknya, khasiat ini dapat bekerja pada siapa saja bahkan pada orang yang tidak terbiasa minum kopi

"Kafein pada kopi bekerja di sistem dalam otak dan sistem neuromodulatory adenosine, yang mengatur penuh proses rasa sakit. Kemudian kafein akan membentuk adenosin, zat biokimia inilah yang berperan penting dalam mentransfer energi dan hal ini akan meminimalisir rasa sakit," ujar Profesor Robert Molt dari University of Illinois, seperti dilansir melalui Live Science, Kamis, 2/4/2009).

Untuk menemukan jawabannya, peneliti mensurvei sekira 25 orang berbadan sehat. Mereka dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu mereka yang jarang mengkonsumsi kafein dan yang memiliki rata-rata konsumsi kafein sebanyak 400 miligram per hari atau setara dengan tiga sampai empat cangkir kopi.

Setelah melakukan latihan atletik guna menentukan kadar oksigen maksimal atau tenaga aerobik, responden kembali diminta melakukan latihan selama 30 menit.

Di setiap awal sesi latihan, para pembalap sepeda yang tidak mengonsumsi kafein diberikan pil yang mengandung kafein sebanyak lima miligram per kilogram berat badan atau setara dengan dua hingga tiga cangkir kopi.

Selama periode kedua latihan ini, persepsi responden akan rasa sakit pada otot lengan direkam pada interval reguler, bersamaan dengan data kadar oksigen yang dikonsumsi, angka detak jantung serta angka latihan.

Hasilnya, kebiasaan meminum kopi seseorang memiliki nilai sama dengan jumlah pengurangan rasa sakit selama melakukan latihan setelah mengkonsumsi kafein.

Offline Ibani_neo

  • fanatisme fta
  • Forum Moderator
  • Guru
  • *****
  • Posts: 3446
  • Age: 5
  • Location: Latitude: -2.4191° Longitude: 115.2473°/Amsterdam city~ ASj
  • Date Registered: May 29, 2008, 11:26:25 am
  • Reputasi : 90
  • the legend of sa'ilanmaulah
    • Www.Ibnet.Forumsmotion.Com
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #164 on: April 03, 2009, 07:47:12 am »
Tersanjung nich he :D (y)
5F206429

Offline Maximal Prime

  • Off The Line
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 11857
  • Date Registered: September 21, 2007, 06:19:37 pm
  • Reputasi : 625
  • When U Know d'Truth
    • I can hardly speak up, so I write it down
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #165 on: April 03, 2009, 10:41:50 am »
Kalo gitu boleh nih mulai skg mengkonsumsi kopi, padahal selama ini saya hanya minum teh susu... Menurut pak dr. Herlambang bagaimana? Lebih sehat mana, kopi ato teh ya?
I can hardly speak up, so I write it down
I'm Here - My blog > MyDVBS

Offline emefzet

  • Up Level
  • Siswa
  • ***
  • Posts: 379
  • Date Registered: December 23, 2008, 12:06:10 am
  • Reputasi : 40
  • weenak_tenan
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #166 on: April 03, 2009, 02:15:04 pm »
sepertinya sama2 sehat, kalo malam minum susu kalo pagi minum kopi, terus kalo sore susu kopi wah enak ya, hidup sehat itu anugrah yg terindah, dan harus disyukuri, betul gak Bro? :D

Offline benolsatuem

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1498
  • Location: SmG
  • Date Registered: January 30, 2009, 11:41:22 pm
  • Reputasi : 123
    • benolsatuem
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #167 on: April 03, 2009, 02:19:34 pm »
sepertinya sama2 sehat, kalo malam minum susu kalo pagi minum kopi, terus kalo sore susu kopi wah enak ya, hidup sehat itu anugrah yg terindah, dan harus disyukuri, betul gak Bro? :D

amiin....
yup kesehatan sangat berharga banget.... >>/
tapi kadang kita baru sadar saat sedang sakit.. :'(

Offline pak_bei

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 923
  • Location: Delle Alpi
  • Date Registered: November 14, 2008, 04:40:08 am
  • Reputasi : 119
  • VIVA ULTRAS
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #168 on: April 03, 2009, 02:31:15 pm »
sepertinya sama2 sehat, kalo malam minum susu kalo pagi minum kopi, terus kalo sore susu kopi wah enak ya, hidup sehat itu anugrah yg terindah, dan harus disyukuri, betul gak Bro? :D
wuih,.pakdhe lecommmm...sego pindange siji neh. :P
PROTAGONISTA

Offline Bro Doctor

  • Disini tempat org mencari kitab silat spy bisa jadi
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1030
  • Age: 42
  • Location: Di atas genteng
  • Date Registered: May 27, 2008, 09:51:44 pm
  • Reputasi : 86
  • Cape pointing Mas?Jgn lp faktor cuaca berpengaruh!
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #169 on: April 12, 2009, 09:23:01 pm »
secangkir kopi sehari bermanfaat untuk kesehatan jantung anda.........tapi kalo lebih bikin otak jadi lemot dan mata maunya melek terus :[

Klo susu sebagai pelengkap empat sehat lima sempurna
Sama saja seperti nonton siaran parabola tanpa ada katesnya serasa ada yang kurang gitu lho bung Maxx................. :-[

Offline benolsatuem

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1498
  • Location: SmG
  • Date Registered: January 30, 2009, 11:41:22 pm
  • Reputasi : 123
    • benolsatuem
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #170 on: April 12, 2009, 09:41:02 pm »
secangkir kopi sehari bermanfaat untuk kesehatan jantung anda.........tapi kalo lebih bikin otak jadi lemot dan mata maunya melek terus :[

Klo susu sebagai pelengkap empat sehat lima sempurna
Sama saja seperti nonton siaran parabola tanpa ada katesnya serasa ada yang kurang gitu lho bung Maxx................. :-[

thanks bro doctor  >>/
jadi bagusnya 1 gelas sehari aja ya dok
kalo 2 gelas bikin cepet bego dong  :(

Offline Maximal Prime

  • Off The Line
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 11857
  • Date Registered: September 21, 2007, 06:19:37 pm
  • Reputasi : 625
  • When U Know d'Truth
    • I can hardly speak up, so I write it down
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #171 on: April 12, 2009, 09:42:58 pm »
'/; kates oh kates... Kalo gitu saya pilih minum kates aja deh, soalnya kalo kopi bawaannya pengen muntah mulu.. Thx pak dokter..
I can hardly speak up, so I write it down
I'm Here - My blog > MyDVBS

Offline risal.maros

  • Grand
  • Up Level
  • Master
  • ********
  • Posts: 5472
  • Age: 50
  • Location: Maros_sulsel
  • Date Registered: March 15, 2008, 11:39:52 pm
  • Reputasi : 208
    • Email
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #172 on: April 19, 2009, 06:52:00 am »
Saya baru bisa penuhi empat sehat lima sembarang. Kadang teh atau hanya air putih

Offline remuch

  • Murid
  • **
  • Posts: 113
  • Date Registered: April 13, 2009, 10:36:36 pm
  • Reputasi : 5
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #173 on: April 20, 2009, 02:54:38 am »
Saya baru bisa penuhi empat sehat lima sembarang. Kadang teh atau hanya air putih
Alkamduuuuu....liiiiiiiiiiiiii  :D

Offline Maximal Prime

  • Off The Line
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 11857
  • Date Registered: September 21, 2007, 06:19:37 pm
  • Reputasi : 625
  • When U Know d'Truth
    • I can hardly speak up, so I write it down
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #174 on: April 27, 2009, 09:12:21 am »
Kalo gitu, saya malah ketinggalan "sehat" nya nih, jarang makan buah... :D
I can hardly speak up, so I write it down
I'm Here - My blog > MyDVBS

Offline hencha

  • +6287766770177
  • CSAT Leader
  • Master
  • ********
  • Posts: 6728
  • Age: 35
  • Location: Indonesia
  • Date Registered: August 04, 2008, 02:28:54 pm
  • Reputasi : 338
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #175 on: May 03, 2009, 03:27:47 am »
secangkir kopi sehari bermanfaat untuk kesehatan jantung anda.........tapi kalo lebih bikin otak jadi lemot dan mata maunya melek terus :[

Klo susu sebagai pelengkap empat sehat lima sempurna
Sama saja seperti nonton siaran parabola tanpa ada katesnya serasa ada yang kurang gitu lho bung Maxx................. :-[
nanya dilit nih bro Dokter, klo saya anehnya klo minum kopi setelah beberapa jam perut terasa sakit tapi klo dicampur dengan susu perut gak sakit, ada apa ya dengan perut saya?

Offline Bro Doctor

  • Disini tempat org mencari kitab silat spy bisa jadi
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1030
  • Age: 42
  • Location: Di atas genteng
  • Date Registered: May 27, 2008, 09:51:44 pm
  • Reputasi : 86
  • Cape pointing Mas?Jgn lp faktor cuaca berpengaruh!
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #176 on: May 04, 2009, 11:27:09 pm »
secangkir kopi sehari bermanfaat untuk kesehatan jantung anda.........tapi kalo lebih bikin otak jadi lemot dan mata maunya melek terus :[

Klo susu sebagai pelengkap empat sehat lima sempurna
Sama saja seperti nonton siaran parabola tanpa ada katesnya serasa ada yang kurang gitu lho bung Maxx................. :-[
nanya dilit nih bro Dokter, klo saya anehnya klo minum kopi setelah beberapa jam perut terasa sakit tapi klo dicampur dengan susu perut gak sakit, ada apa ya dengan perut saya?
kayanya punya maag kronis Bro
Saran saya : minumlah kopi sachet tanpa bubuk kopi, klo tdk merasakan sakit,
berarti lambung anda byk ulkus nya (sariawan di lambung)

tapi sariawan / tidak nya hrs di buktikan dulu dgn alat endoscopy tentunya

regards

dr.H

Offline adef

  • Inspired by
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 13153
  • Location: -1.63°,103.57°
  • Date Registered: October 15, 2008, 11:30:43 am
  • Reputasi : 683
  • BE MOVED
    • Email
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #177 on: May 05, 2009, 11:51:41 am »
Pak Win..
Tanda-tanda sudah punya gejala maag yang mudah di kenali, selain kalo minum kopi perut jadi sakit, apa lagi pak?
soalnya dari kecil saya paling ngga cocok minum kopi. 
Perut ngga sakit sih, tapi pokoknya ngga nyaman gitu, serasa kembung..
dan kalo minumnya sore, bisa di pastikan semalam-malaman bakal sulit memejamkan mata.. :D
- Jawablah apa yg bisa kamu jawab, karena jawabanmu adalah setitik cahaya bagi yg gelap..

Offline Bro Doctor

  • Disini tempat org mencari kitab silat spy bisa jadi
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1030
  • Age: 42
  • Location: Di atas genteng
  • Date Registered: May 27, 2008, 09:51:44 pm
  • Reputasi : 86
  • Cape pointing Mas?Jgn lp faktor cuaca berpengaruh!
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #178 on: May 06, 2009, 10:11:51 am »
Pak Win..
Tanda-tanda sudah punya gejala maag yang mudah di kenali, selain kalo minum kopi perut jadi sakit, apa lagi pak?
soalnya dari kecil saya paling ngga cocok minum kopi. 
Perut ngga sakit sih, tapi pokoknya ngga nyaman gitu, serasa kembung..
dan kalo minumnya sore, bisa di pastikan semalam-malaman bakal sulit memejamkan mata.. :D
Begini lho Bung Adef :

Sakit maag -- kerap juga disebut radang lambung -- dapat menyerang setiap orang dengan segala usia. Pada keadaan yang cukup parah, radang lambung dapat menimbulkan perdarahan (hemorrhagic gastritis) sehingga banyak darah yang keluar dan berkumpul di lambung. Satu saat, penderita bisa muntah yang mengandung darah.

Ada sejumlah gejala yang biasa dirasakan penderita sakit maag seperti mual, perut terasa nyeri, perih (kembung dan sesak) pada bagian atas perut (ulu hati). Biasanya, nafsu makan menurun secara drastis, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin, dan sering bersendawa terutama dalam keadaan lapar.

Menurut dokter Rino A Gani SpPD-KGH, berbagai hal bisa menyebabkan terjadinya sakit maag. ''Penyebabnya banyak,'' tutur spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta ini. Namun biasanya, kata dia, penyakit maag terjadi karena dua hal, yaitu gangguan fungsional kerja dari lambung yang tidak baik dan terdapat gangguan struktur anatomi. Gangguan fungsional berhubungan dengan adanya gerakan dari lambung yang berkaitan dengan sistem syaraf di lambung atau hal-hal yang bersifat psikologis. Gangguan struktur anatomi bisa berupa luka, erosi, atau bisa juga tumor.

Dalam berbagai literatur disebutkan, pola makan tidak teratur dapat menimbulkan gejala sakit maag seperti perih dan mual. Hal itu terjadi karena lambung memproduksi asam -- disebut asam lambung -- untuk mencerna makanan dalam jadwal yang teratur. Bahkan, saat tidur pun lambung tetap saja memproduksi asam walaupun tak ada makanan yang harus dihancurkan.

Asam lambung sangat diperlukan untuk membantu pencernaan. Tanpa asam lambung, makanan yang masuk dalam tubuh tidak dapat tercerna dengan baik, sehingga zat-zat gizi tidak dapat diserap secara optimal oleh tubuh. Asam lambung dalam jumlah seimbang memang diperlukan tubuh. Tapi jika berlebihan akan menimbulkan penyakit. Produksi asam lambung biasanya meningkat pada saat tubuh memerlukannya, yaitu ketika makan. Sebaliknya, pada saat tubuh tidak memerlukan, produksi asam lambung akan menurun kembali.

Karena itu, jadwal makan yang tidak teratur kerap membuat lambung sulit beradaptasi. Bila hal ini berlangsung terus-menerus, akan terjadi kelebihan asam dan akan mengiritasi dinding mukosa lambung. Rasa perih dan mual pun muncul.

Selain pola makan tak teratur, penyakit maag juga bisa disebabkan oleh stres. Hal ini dimungkinkan karena sistem persyarafan di otak berhubungan dengan lambung, sehingga bila seseorang mengalami stres maka bisa muncul kelainan pada lambung. ''Dalam hal ini, terjadi ketidakseimbangan,'' tuturnya. Perlu Anda tahu, stres bisa menyebabkan terjadinya perubahan hormonal di dalam tubuh. Nah selanjutnya, perubahan itu akan merangsang sel-sel di dalam lambung yang kemudian memproduksi asam secara berlebihan. Asam yang berlebihan ini membuat lambung terasa nyeri, perih, dan kembung. Lama-kelamaan, hal ini dapat menimbulkan luka pada dinding lambung.

Kurangi makanan asam dan pedas
Untuk mengatasi penyakit maag ini, Rino menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang dapat mengganggu lambung. Seperti apa makanan yang bisa mengganggu lambung? Di antaranya adalah makanan yang terlalu asam dan pedas. Rino juga menyebut beberapa jenis makanan yang bisa membentuk gas sehingga mengakibatkan perut kembung, seperti ubi dan nangka.

Selain itu, Bung Adef pun mesti mengenali beberapa hal yang perlu diwaspadai berkait dengan sakit maag. Misalnya, kata Rino, gejala sakit maag yang baru timbul di usia 40 tahun atau sakit maag yang sudah diobati berulang kali namun tidak kunjung sembuh. Bila hal ini terjadi, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. ''Kemungkinan ada luka di lambung atau bisa saja tumor,'' tuturnya. Karena itu, waspadalah.

Bisakah sakit maag disembuhkan? Tentu saja bisa, asal penderita mau mengubah pola hidup dan rajin berkonsultasi pada dokter. Menurut Rino, maag fungsional dapat disembuhkan bila penderita menerapkan pola makan dan tidur yang teratur. Selain itu, harus pula menghindari stres. Penderita sebaiknya juga melakukan latihan fisik secara teratur sesuai kemampuan. Latihan fisik yang cukup dan teratur akan membuat tubuh menjadi bugar dan sehat. Selain itu, olahraga juga dapat menghindarkan stres.

Sementara itu, untuk meredakan rasa sakit akibat penyakit ini, penderita bisa mengonsumsi  sakit maag yang biasanya mengandung antasida.  ini berguna untuk menetralisir asam lambung. Namun, bila rasa sakit tak kunjung reda, sebaiknya segera berobat ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya.

Demikian semoga membantu Bung Adef......

Salam Forsat
dr.Win

Offline adef

  • Inspired by
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 13153
  • Location: -1.63°,103.57°
  • Date Registered: October 15, 2008, 11:30:43 am
  • Reputasi : 683
  • BE MOVED
    • Email
Re: KLINIK KESEHATAN
« Reply #179 on: May 06, 2009, 12:32:15 pm »
duh.. terimakasih sekali atas penjelasanya nie pak Dokter.. >>/
sangat membantu sekali .. 
sepertinya saya harus lebih waspada terhadap pola makan saya yang demen makanan pedas.. :D

monggo suguhanya Pak, segelas juss.. (d) yang di jamin sehat.. :D
- Jawablah apa yg bisa kamu jawab, karena jawabanmu adalah setitik cahaya bagi yg gelap..