Author Topic: Laporan Gempa Bumi  (Read 66656 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Alhamas

  • biasa aja belum
  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 6256
  • Age: 43
  • Location: Trenggalek
  • Date Registered: March 26, 2009, 04:52:34 pm
  • Reputasi : 364
  • SAVE OUR EARTH
    • cahgalexs
Laporan Gempa Bumi
« on: September 02, 2009, 07:16:33 pm »
Karena seringnya gempa diwilayah Nusantara alangkah baiknya kita posting pengetahuan tentang gempa dan laporan gempa.



Offline DaengVision

  • www.media-primer.com
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 3760
  • Age: 40
  • Location: Wawotobi Sulawesi Tenggara
  • Date Registered: May 11, 2009, 04:47:45 pm
  • Reputasi : 178
  • Media Primer NINMEDIA.TV
    • parabola
Re:
« Reply #1 on: September 03, 2009, 01:50:22 am »
Tasikmalaya 7.3 sr, kekuatan getaran mampir ke istana negara, korban jiwa dan luka belum dapat disimpulkan, demikian guSDur mengabarkan kembali ke studio
Our Store MPC

Offline Alhamas

  • biasa aja belum
  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 6256
  • Age: 43
  • Location: Trenggalek
  • Date Registered: March 26, 2009, 04:52:34 pm
  • Reputasi : 364
  • SAVE OUR EARTH
    • cahgalexs
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #2 on: September 03, 2009, 03:47:45 am »
Tectonic Summary

The Java earthquake of September 02, 2009, occurred at a depth of about 50 km as a result of reverse faulting. The tectonics of Java are dominated by the subduction of the Australia plate north-northeastward beneath the Sunda plate, with a relative velocity of 59 mm/year at the longitude of the earthquake. Although the September 02 shock's hypocenter would place it near the subduction interface between the Australia and Sunda plate, the orientation of the causative fault that is inferred from the seismic wave radiation-pattern is inconsistent with the shock occurring as interplate faulting on that interface. Instead, the earthquake likely occurred as the result of faulting within the subducting Australia plate.

The region of the plate boundary between the Australia plate and Sunda plate is seismically highly active, with past strong earthquakes having occurred within each of the Australia and Sunda plates as well as on the plate interface. The magnitude 7.8 earthquake of June 2, 1994 and the magnitude 7.7 earthquake of July 17, 2006, both of which occurred south of Java and both of which produced destructive tsunamis, occurred as the result of thrust faulting on the shallow plate interface near the Java trench. The devastating Yogyakarta earthquake of May 26, 2006, magnitude 6.3, occurred at shallow depth within the overriding Sunda plate. The magnitude 7.5 Java earthquake of August 28, 2007, occurred at a depth of about 290 km within the subducted Australia plate.

Ternyata korban gempa tasikmalaya bnyak bnget turut berbela sungkawa bagi keluarga yang jadi korban gempa, bagaimana bro mang nanay bro doctor didaerahnya apa ada korban.
« Last Edit: September 03, 2009, 09:25:08 am by hartono »

Offline Alhamas

  • biasa aja belum
  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 6256
  • Age: 43
  • Location: Trenggalek
  • Date Registered: March 26, 2009, 04:52:34 pm
  • Reputasi : 364
  • SAVE OUR EARTH
    • cahgalexs
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #3 on: September 07, 2009, 11:39:49 pm »
Gempa kembali datang dan jogja jadi titiknya gimana ya rekan jogja jateng apa ada korban?

Offline carik_ndhut/jo_han

  • tapi bukan Bethara
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2193
  • Age: 56
  • Location: Jl.Prambanan 64 Caruban,Madiun,Jawatimur 63153
  • Date Registered: July 17, 2008, 01:32:33 pm
  • Reputasi : 130
  • COME FLY WITH ME,FLY VERY HIGH A ROUND THE WORLD
    • Email
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #4 on: September 08, 2009, 03:06:40 am »
lokasi gempa kali ini di:


07-Sep-09
23:12:24 WIB    10.33 LS - 110.62 BT    6.8 SR    35 Km    263 km Tenggara WONOSARI-DIY


semoga aman2 saja,dan mudah2an tidak menimbulkan

sumani....eh...eh...tsunami ding                                 
« Last Edit: September 08, 2009, 02:11:30 pm by carik_ndhut/jo_han »
Butuh peralatan parabola? Serahkan ke ahlinya di PakDhe Johan Pawang Parabola Call:085259915899,085649125925,087753904233,03517838514

Offline dieto33

  • Just a Forsat addict, not a real
  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4993
  • Age: 38
  • Location: Bojonegoro, Jatim, Indonesia
  • Date Registered: January 05, 2008, 07:30:19 pm
  • Reputasi : 225
  • dieto33droid penggemar "kates" tulen
    • My Office
    • Email
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #5 on: September 08, 2009, 08:31:07 am »
Kok ada huruf kanji-nya, bacanya gimana ya ?
>>Venus MilleniumII, Openbox S9, [email protected] Ferrari, Matrix Turbo III<<
dieto33droid is

Offline cicak42

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1588
  • Age: 2013
  • Location: SAHABAT parabola,,,
  • Date Registered: March 25, 2009, 11:58:57 pm
  • Reputasi : 111
    • Email
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #6 on: September 08, 2009, 10:19:09 pm »
lokasi gempa kali ini di:


07-Sep-09
23:12:24 WIB    10.33 LS - 110.62 BT    6.8 SR    35 Km    263 km Tenggara WONOSARI-DIY


semoga aman2 saja,dan mudah2an tidak menimbulkan

sumani....eh...eh...tsunami ding                                 


alhamdulilah aman aman aja,,,say lokasi 40km dari wonosari,,,lumayan kaget,,,tapi sukur masih aman,,,,
yang mau deposit dana bisa ke
0177991952    BNI TAPLUS
1490306125        BCA

Offline kangobet

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1115
  • Location: Depok
  • Date Registered: August 26, 2008, 01:13:56 pm
  • Reputasi : 50
  • Menuju Era TV Digital
    • Email
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #7 on: September 09, 2009, 09:41:58 am »
Sumber :
http://www.detiknews.com/read/2009/09/09/093042/1199581/10/gempa-terjadi-menerus-karena-lempeng-cari-keseimbangan

Gempa Terjadi Menerus karena Lempeng Cari Keseimbangan
Amanda Ferdina - detikNews

Jakarta - Gempa berkali-kali melanda Indonesia belakangan ini dalam waktu yang relatif dekat. Berawal di Tasikmalaya, Yogyakarta, Aceh, Nusa Tenggara Barat, Toli-Toli, dan disusul Bengkulu, dengan kekuatan bervariasi. Mengapa gempa sering mampir?

"Indonesia ini kan wiayah pertemuan tektonik besar yaitu tempat pertemuan lempengan Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik yang bertemu di Laut Banda. Tempat pertemuan antarlempeng di sekitar itu berpotensi melepaskan energi yang kita sebut sebagai gempa," ujar Kepala Balai Besar II BMKG yang membawahi Jawa, Sulawesi, Sumatera, dan Kalimantan, Suhardjono, ketika berbincang dengan detikcom, Rabu (9/9/2009) pukul 09.00 WIB.

Suhardjono menuturkan, layaknya seperti bermain tarik tambang, maka jika salah satu tali putus maka yang lain akan mencari keseimbangan.

"Tempat pertemuan itu saling dorong-dorongan dan ketika terjadi pelepasan di satu lokasi, maka yang lain akan menuju ke keseimbangan yang baru dan akan bergerak terus sehingga berpengaruh ke pertemuan lempeng yang lain," jelasnya.

Pelepasan energi itu, lanjut Suhardjono, sebenarnya terjadi setiap hari. "Kalau secara alami, Tasikmalaya migrate ke titik lain, ke Yogya, Bengkulu, Aceh, dan lain-lain selama flat bergerak terus," ceritanya.
  Follow Twitter saya @akangobet

Offline cicak42

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1588
  • Age: 2013
  • Location: SAHABAT parabola,,,
  • Date Registered: March 25, 2009, 11:58:57 pm
  • Reputasi : 111
    • Email
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #8 on: September 09, 2009, 07:49:39 pm »
Sumber :
http://www.detiknews.com/read/2009/09/09/093042/1199581/10/gempa-terjadi-menerus-karena-lempeng-cari-keseimbangan

Gempa Terjadi Menerus karena Lempeng Cari Keseimbangan
Amanda Ferdina - detikNews

Jakarta - Gempa berkali-kali melanda Indonesia belakangan ini dalam waktu yang relatif dekat. Berawal di Tasikmalaya, Yogyakarta, Aceh, Nusa Tenggara Barat, Toli-Toli, dan disusul Bengkulu, dengan kekuatan bervariasi. Mengapa gempa sering mampir?

"Indonesia ini kan wiayah pertemuan tektonik besar yaitu tempat pertemuan lempengan Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik yang bertemu di Laut Banda. Tempat pertemuan antarlempeng di sekitar itu berpotensi melepaskan energi yang kita sebut sebagai gempa," ujar Kepala Balai Besar II BMKG yang membawahi Jawa, Sulawesi, Sumatera, dan Kalimantan, Suhardjono, ketika berbincang dengan detikcom, Rabu (9/9/2009) pukul 09.00 WIB.

Suhardjono menuturkan, layaknya seperti bermain tarik tambang, maka jika salah satu tali putus maka yang lain akan mencari keseimbangan.

"Tempat pertemuan itu saling dorong-dorongan dan ketika terjadi pelepasan di satu lokasi, maka yang lain akan menuju ke keseimbangan yang baru dan akan bergerak terus sehingga berpengaruh ke pertemuan lempeng yang lain," jelasnya.

Pelepasan energi itu, lanjut Suhardjono, sebenarnya terjadi setiap hari. "Kalau secara alami, Tasikmalaya migrate ke titik lain, ke Yogya, Bengkulu, Aceh, dan lain-lain selama flat bergerak terus," ceritanya.

hebat lengkap,,,,,, (y) (y) (y) (y)  tingal kita sekarang menarik kesimpulan dari semu bencana yang terjadi,,,,BERSUKUR  kita masih di beri keslamatan ;)
yang mau deposit dana bisa ke
0177991952    BNI TAPLUS
1490306125        BCA

Offline Rudihartono

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 912
  • Age: 40
  • Location: di hatimu
  • Date Registered: November 25, 2008, 11:42:38 am
  • Reputasi : 21
  • sering baca biar pinter
    • www.rudi-parabola.com
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #9 on: September 18, 2009, 01:58:55 pm »
tu gempa kmrn gw pas di mall....panik..ampe dompet ilang...

Offline santika

  • Up Level
  • Siswa
  • ***
  • Posts: 430
  • Location: Lembang - Bandung
  • Date Registered: September 24, 2007, 03:47:06 pm
  • Reputasi : 36
  • Web designer for hire
    • Berbagi tentang teknologi dan sekitar kita.
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #10 on: September 18, 2009, 02:23:24 pm »
Pada saat gempa sebaiknya secepat mungkin lari keluar bangunan kalau misal pintu keluar letaknya jauh maka cari meja dan bersembunyi dibawahnya tapi jangan meja kaca ya...misal meja makan dari kayu atau dengan bahan atasan yang kuat dan memiliki kolongan yang tinggi muat untuk bersembunyi atau masuk dalam lemari pakaian kalau muat loh!, kalau gempa pertama mereda maka cari pintu keluar, menjauh dari kaca jendela atau cermin.  Suara Gemuruh dan getaran yang kecil menuju ke yang besar pertanda gempa dengan kekuatan tinggi sdg terjadi, jangan panik akan tsunami biasanya terjadi 25-30 menit pasca gempa, maka amati sekeliling anda jika posisi anda berada didaerah yang dataran tinggi dan dikelilingi gunung dan jauh dari pantai insyaAllah aman dari tsunami, nyalakan radio karena pada saat gempa biasanya st radio masih bertahan ketimbang setasiun tv ;-)..semoga membantu!
Untuk mengikuti gempa terkini via browser firefox tutorial bisa di liat di Sini

Offline aleks

  • OOOOOOOO
  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 991
  • Age: 2013
  • Location: Pangkalan Bun-Kalteng
  • Date Registered: April 04, 2009, 10:13:06 pm
  • Reputasi : 76
  • UBER ALLES
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #11 on: September 22, 2009, 06:39:35 pm »
Pada saat gempa sebaiknya secepat mungkin lari keluar bangunan kalau misal pintu keluar letaknya jauh maka cari meja dan bersembunyi dibawahnya tapi jangan meja kaca ya...misal meja makan dari kayu atau dengan bahan atasan yang kuat dan memiliki kolongan yang tinggi muat untuk bersembunyi atau masuk dalam lemari pakaian kalau muat loh!, kalau gempa pertama mereda maka cari pintu keluar, menjauh dari kaca jendela atau cermin.  Suara Gemuruh dan getaran yang kecil menuju ke yang besar pertanda gempa dengan kekuatan tinggi sdg terjadi, jangan panik akan tsunami biasanya terjadi 25-30 menit pasca gempa, maka amati sekeliling anda jika posisi anda berada didaerah yang dataran tinggi dan dikelilingi gunung dan jauh dari pantai insyaAllah aman dari tsunami, nyalakan radio karena pada saat gempa biasanya st radio masih bertahan ketimbang setasiun tv ;-)..semoga membantu!
Untuk mengikuti gempa terkini via browser firefox tutorial bisa di liat di Sini
Mantaps infonya bro Santika, ini jus jeruk meluncur ketempat anda.

Offline carik_ndhut/jo_han

  • tapi bukan Bethara
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2193
  • Age: 56
  • Location: Jl.Prambanan 64 Caruban,Madiun,Jawatimur 63153
  • Date Registered: July 17, 2008, 01:32:33 pm
  • Reputasi : 130
  • COME FLY WITH ME,FLY VERY HIGH A ROUND THE WORLD
    • Email
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #12 on: September 30, 2009, 09:52:34 pm »
Pada saat gempa sebaiknya secepat mungkin lari keluar bangunan kalau misal pintu keluar letaknya jauh maka cari meja dan bersembunyi dibawahnya tapi jangan meja kaca ya...misal meja makan dari kayu atau dengan bahan atasan yang kuat dan memiliki kolongan yang tinggi muat untuk bersembunyi atau masuk dalam lemari pakaian kalau muat loh!, kalau gempa pertama mereda maka cari pintu keluar, menjauh dari kaca jendela atau cermin.  Suara Gemuruh dan getaran yang kecil menuju ke yang besar pertanda gempa dengan kekuatan tinggi sdg terjadi, jangan panik akan tsunami biasanya terjadi 25-30 menit pasca gempa, maka amati sekeliling anda jika posisi anda berada didaerah yang dataran tinggi dan dikelilingi gunung dan jauh dari pantai insyaAllah aman dari tsunami, nyalakan radio karena pada saat gempa biasanya st radio masih bertahan ketimbang setasiun tv ;-)..semoga membantu!
Untuk mengikuti gempa terkini via browser firefox tutorial bisa di liat di Sini

applaud for you  ::Beer::
« Last Edit: September 30, 2009, 09:56:26 pm by carik_ndhut/jo_han »
Butuh peralatan parabola? Serahkan ke ahlinya di PakDhe Johan Pawang Parabola Call:085259915899,085649125925,087753904233,03517838514

Offline carik_ndhut/jo_han

  • tapi bukan Bethara
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2193
  • Age: 56
  • Location: Jl.Prambanan 64 Caruban,Madiun,Jawatimur 63153
  • Date Registered: July 17, 2008, 01:32:33 pm
  • Reputasi : 130
  • COME FLY WITH ME,FLY VERY HIGH A ROUND THE WORLD
    • Email
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #13 on: September 30, 2009, 10:02:07 pm »
lokasi gempa kali ini di:



30-Sep-09
17:16:09 WIB    0.84 LS - 99.65 BT    7.6 SR    71 Km    57 km BaratDaya PARIAMAN-SUMBAR
Butuh peralatan parabola? Serahkan ke ahlinya di PakDhe Johan Pawang Parabola Call:085259915899,085649125925,087753904233,03517838514

Offline aleks

  • OOOOOOOO
  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 991
  • Age: 2013
  • Location: Pangkalan Bun-Kalteng
  • Date Registered: April 04, 2009, 10:13:06 pm
  • Reputasi : 76
  • UBER ALLES
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #14 on: September 30, 2009, 11:06:02 pm »
Ya Allah lindungi warga Sumbar dan sekitarnya yang dilanda gempa. Mari kita turut berdoa buat orang-orang  yang terkena musibah, Berdoa mulai!

Offline Alhamas

  • biasa aja belum
  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 6256
  • Age: 43
  • Location: Trenggalek
  • Date Registered: March 26, 2009, 04:52:34 pm
  • Reputasi : 364
  • SAVE OUR EARTH
    • cahgalexs
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #15 on: October 01, 2009, 09:47:53 am »
Belum usai Evakuasi Gempa Sumatera Barat Hari ini Gempa melanda Jambi. Semoga Keluarga Forum Satelit dari 2 Propinsi ini tak terjadi apa2 semoga Allah melimpahi ketabahan iman atas ujian ini.

Offline adef

  • Inspired by
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 13152
  • Location: -1.63°,103.57°
  • Date Registered: October 15, 2008, 11:30:43 am
  • Reputasi : 683
  • BE MOVED
    • Email
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #16 on: October 01, 2009, 11:19:44 am »
Alhamdulillh, jambi aman bro.. saia malah gak kerasa.. :D
- Jawablah apa yg bisa kamu jawab, karena jawabanmu adalah setitik cahaya bagi yg gelap..

Offline Ibani_neo

  • fanatisme fta
  • Forum Moderator
  • Guru
  • *****
  • Posts: 3443
  • Age: 4
  • Location: Latitude: -2.4191° Longitude: 115.2473°/Amsterdam city~ ASj
  • Date Registered: May 29, 2008, 11:26:25 am
  • Reputasi : 90
  • the legend of sa'ilanmaulah
    • Www.Ibnet.Forumsmotion.Com
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #17 on: October 01, 2009, 02:33:17 pm »
semoga bro yang ditinggal disana selamat aman sentosa
5F206429

Offline adef

  • Inspired by
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 13152
  • Location: -1.63°,103.57°
  • Date Registered: October 15, 2008, 11:30:43 am
  • Reputasi : 683
  • BE MOVED
    • Email
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #18 on: October 01, 2009, 02:40:36 pm »
semoga bro yang ditinggal disana selamat aman sentosa
makasih..
semoga kita semua di jauhkan dari segala bencana..
dan kedepan udah gak ada lagi lah bencana² selalu yang merundung negri ini..
- Jawablah apa yg bisa kamu jawab, karena jawabanmu adalah setitik cahaya bagi yg gelap..

Offline luckyblue

  • abis cuti lama...sampe gak naik2 kelas,akhirnya tetep jd...
  • Siswa
  • ***
  • Posts: 309
  • Age: 42
  • Location: angso duo palace
  • Date Registered: July 15, 2009, 04:09:50 pm
  • Reputasi : 15
Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #19 on: October 02, 2009, 02:46:09 am »
alhamdullah....kita sekeluarga masih dilindungi oleh Allah swt....gempa pagi hari di jambi jam 08.45 tggl 011009 lumayan terasa jg goyangannya di tempat sy....emang sebagian warga jambi ada jg yg gak merasakannya trutama yg lg otw....mudah2an Allah swt tetap menjaga hamba2nya dr sgala marabahaya....amin...3x...

komunitas forumsatelit indonesia

Re: Laporan Gempa Bumi
« Reply #19 on: October 02, 2009, 02:46:09 am »