Author Topic: Mengenal Bahasa Daerah di Nusantara  (Read 10245 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline rokip

  • Hanyalah siswa biasa. Bukan
  • Forum Moderator
  • Guru
  • *****
  • Posts: 3303
  • Age: 45
  • Location: BLITAR & Tehoru MALUKU TENGAH
  • Date Registered: October 05, 2009, 11:04:56 am
  • Reputasi : 244
  • YD 3 ERZ
  • OS:
  • Java Platform Micro Edition Java Platform Micro Edition
  • Browser:
  • Opera 9.80 (Opera Mini 4.2.14912) Opera 9.80 (Opera Mini 4.2.14912)
Re: Mengenal Bahasa Daerah di Nusantara
« Reply #20 on: May 03, 2010, 07:11:39 pm »
Memang benar pepatah "dimana bumi dipijak,disitu langit dijunjung", eh bener gak ya pepatahnya.. Saya yang kerjanya berkaitan erat dengar penduduk sekitar,bahasa daerah musti difahami dulu,biar gak ada miskomunikasi. Jadi selama ini, bahasa Ambonku logatnya Jawa He... He.... Tapi gak papalah yang penting keduanya ngerti. Oh ya.. Biar cepet bisa ngerti bahasa daerah, aku belajar dari lagu2 daerah yang ada... Syukurlah beta su bisa mangarti, seng pastiu lai...

ahmad azka muqtafi,  fatimah asma'ul 'uliya,  nafidha siirotin 'aaisyah

Offline pecintatelevisi

  • Aku hanyalah seorang penonton setia televisi saja, bukan seorang
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1088
  • Location: Malang, Jawa Timur
  • Date Registered: January 30, 2009, 08:50:14 am
  • Reputasi : 43
  • "Carpe diem, quam minimum credula postero..."
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.3 Firefox 3.6.3
    • Email
Re: Mengenal Bahasa Daerah di Nusantara
« Reply #21 on: May 03, 2010, 08:14:21 pm »
beberapa kosa kata dalam bahasa madura (dibutuhkan kalo kita mau belanja dan berwisata di madura, lumajang, banyuwangi, jember). konon kalo pedagangnya orang madura, dan kita tawar menawar dalam bahasa madura bisa dikasih harga diskon super murah..

berempa = berapa
peseh ; obeng = uang
sekunik = sedikit
satos ebu = seratus ribu
beluk ebu = delapan ribu
segomik = dua puluh lima
tak oneng = tidak tahu
tan tretan dibik = tetangga sendiri
sengkok, engkok = saya
be'en , bekna = kamu
dhek rema neka = bagaimana ini?
tojuk dinak = silakan duduk di sini
laguk bei = besok saja
sebu = seribu
setung, duek, telok, empak, lemak, enem, petok, beluk, sangak, sepoloh = 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10

he..he..he... bahasa madura lupa-lupa ingat soalnya waktu tk sampek sd pernah sekolah di pamekasan madura.

Offline bowol

  • Masak Sih Udah
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1745
  • Location: wong Deso Pacitan
  • Date Registered: September 30, 2007, 06:10:11 am
  • Reputasi : 92
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.5.5 Firefox 3.5.5
    • Email
Re: Mengenal Bahasa Daerah di Nusantara
« Reply #22 on: May 04, 2010, 09:37:58 am »
cerita pengalaman pribadi :

awal2 saya di Malang,saya ditanyain orang "mas Dedy wis nggawe sepatu ?", trus saya bingung blm tak jawab,orangnya tanya lagi :"wis nggawe sepatu gorong ?", akhirnya saya jawab:"aku ra nduwe pabrik sepatu".ternyata eh ternyata di Malang dan sekitarnya : "nggawe" = "memakai"

kalau di Pacitan/Wonogiri/solo : "nggawe" = "memproduksi"

hahahhahah

ada lagi,awal2 saya di Malang saya berangkat ke kampus temenku tanya:" yaopo wis mari sing wingi?", saya jawab:" lho mari apane?aku sehat2 wae kok ora loro.", temen saya:"piye seh,sing garapan wingi lho?"
ternyata eh ternyata : "mari" = "selesai", kalau dit4 saya "mari"="sembuh dari sakit"

hahahahaha


lain daerah lain cerita ternyata, itu yg bikin asyiiikkk
« Last Edit: May 04, 2010, 09:44:48 am by bowol »

Offline zumna

  • Murid
  • **
  • Posts: 147
  • Age: 40
  • Location: pacitan
  • Date Registered: March 18, 2009, 02:31:46 pm
  • Reputasi : 6
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.0.10 Firefox 3.0.10
    • Email
Re: Mengenal Bahasa Daerah di Nusantara
« Reply #23 on: May 04, 2010, 10:54:54 am »
cerita pengalaman pribadi :

awal2 saya di Malang,saya ditanyain orang "mas Dedy wis nggawe sepatu ?", trus saya bingung blm tak jawab,orangnya tanya lagi :"wis nggawe sepatu gorong ?", akhirnya saya jawab:"aku ra nduwe pabrik sepatu".ternyata eh ternyata di Malang dan sekitarnya : "nggawe" = "memakai"

kalau di Pacitan/Wonogiri/solo : "nggawe" = "memproduksi"

hahahhahah

ada lagi,awal2 saya di Malang saya berangkat ke kampus temenku tanya:" yaopo wis mari sing wingi?", saya jawab:" lho mari apane?aku sehat2 wae kok ora loro.", temen saya:"piye seh,sing garapan wingi lho?"
ternyata eh ternyata : "mari" = "selesai", kalau dit4 saya "mari"="sembuh dari sakit"

hahahahaha


lain daerah lain cerita ternyata, itu yg bikin asyiiikkk

pabrik sepatune kok yo lucu haha  '/; '/;
Bintonic toko elektronik pacitan

MENERIMA PEMASANGAN PARABOLA DIGITAL, INDOVISION,TOP TV,OK VISION,TELKOMVISION,YES TV, DAN SEDIA BARANG-BARANG ELECTRONIC,SPERPART,DLL
 JLN A YANI NO 21 PACITAN,CALL 081335710723

Offline ADEENSAT

  • The Scanner
  • Guru
  • ********
  • Posts: 3195
  • Location: Pringsewu
  • Date Registered: March 17, 2010, 11:01:01 am
  • Reputasi : 203
  • you'll never walk alone
  • OS:
  • Java Platform Micro Edition Java Platform Micro Edition
  • Browser:
  • Opera 9.80 (Opera Mini 4.2.14912) Opera 9.80 (Opera Mini 4.2.14912)
    • kalifamadinna
Re: Mengenal Bahasa Daerah di Nusantara
« Reply #24 on: May 08, 2010, 10:24:13 pm »
cerita pengalaman pribadi :

awal2 saya di Malang,saya ditanyain orang "mas Dedy wis nggawe sepatu ?", trus saya bingung blm tak jawab,orangnya tanya lagi :"wis nggawe sepatu gorong ?", akhirnya saya jawab:"aku ra nduwe pabrik sepatu".ternyata eh ternyata di Malang dan sekitarnya : "nggawe" = "memakai"

kalau di Pacitan/Wonogiri/solo : "nggawe" = "memproduksi"

hahahhahah

ada lagi,awal2 saya di Malang saya berangkat ke kampus temenku tanya:" yaopo wis mari sing wingi?", saya jawab:" lho mari apane?aku sehat2 wae kok ora loro.", temen saya:"piye seh,sing garapan wingi lho?"
ternyata eh ternyata : "mari" = "selesai", kalau dit4 saya "mari"="sembuh dari sakit"

hahahahaha


lain daerah lain cerita ternyata, itu yg bikin asyiiikkk

pabrik sepatune kok yo lucu haha  '/; '/;

saya edit bro postingnya saya terjemahkan ke bahasa jawa versi lampung

awal2 aku nang Malang, aku  ditakoni uwong "mas Dedy wis nggawe sepatu ?", trus aku bingung hurung tak jawab, wonge takon meneh :"wis nggawe sepatu gorong ?", yo njug tak jawab:"aku ra nduwe pabrik sepatu".ternyata eh ternyata nang Malang : "nggawe" = "memakai"

nek nang Pacitan/Wonogiri/solo : "nggawe" = "memproduksi"

hahahhahah

eneng meneh, awal2 aku nang Malang aku mangkat nang kampus koncoku takon:" yaopo wis mari sing wingi?", tak jawab:" lho mari apane?aku sehat2 wae kok ora loro.", koncoku:"piye seh,sing garapan wingi lho?"
ternyata eh ternyata : "mari" = "selesai", nek nang gonaku "mari"="sembuh dari sakit"

hahahahaha


lain daerah lain cerito ternyata, iku sing nggawe asyiiikkk
[/quote]

pabrik sepatune kok yo lucu haha  '/; '/;
[/quote]

silahkan dikomentari, ternyata bahasa juga bisa ber evolusi. Sama2 jawa tapi laen2 ya

Offline dayat

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1217
  • Location: cilacap jateng....
  • Date Registered: June 01, 2010, 04:04:15 pm
  • Reputasi : 82
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.17 Firefox 3.6.17
Re: Mengenal Bahasa Daerah di Nusantara
« Reply #25 on: June 03, 2011, 04:58:24 pm »
monggo di lanjut maning menunya=silahakan di lanjut lg menu nya,,,
         mencari yang terbaik dari yang terbaik   0812 2884 8836

Offline nonoid

  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1161
  • Location: West - JAMBI
  • Date Registered: June 26, 2012, 12:35:33 am
  • Reputasi : 6
  • Hallo Apa Khabar..??
  • OS:
  • Windows 8 Windows 8
  • Browser:
  • Firefox 13.0.1 Firefox 13.0.1
    • Nonoindonesia Ltd
Re: Mengenal Bahasa Daerah di Nusantara
« Reply #26 on: July 13, 2012, 11:01:25 am »
monggo di lanjut maning menunya=silahakan di lanjut lg menu nya,,,
siplah pokokke`... ^_^ ^_^ (peace) pokonya mantap
" Dalam pengakuanyapun orang masih bisa munafik " #demikian