Author Topic: Resep Resep Masakan International dan Tradisional Indonesia  (Read 144087 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline anhox

  • Siswa
  • ***
  • Posts: 260
  • Location: sungailiat, bangka-belitung
  • Date Registered: June 03, 2011, 01:24:09 am
  • Reputasi : 4
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 4.0.7 Firefox 4.0.7
    • computer new and 2nd
    • Email
Re: Resep Resep Masakan International dan Tradisional Indonesia
« Reply #300 on: July 20, 2011, 09:43:08 pm »
permisi sebelumna..apa ada yg tau cara bikin martabak telur?? mohon dishare dong ilmunya... (peace)

Offline Erizal Hitagi

  • ukuri maka dalanken
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 3365
  • Location: Ujung Batu Tanah bolobih.RIAU
  • Date Registered: August 13, 2009, 09:19:26 am
  • Reputasi : 185
  • SIMULIH KARABEN
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.15 Firefox 3.6.15
    • Email
Re: Resep Resep Masakan International dan Tradisional Indonesia
« Reply #301 on: November 21, 2011, 09:44:45 am »
permisi sebelumna..apa ada yg tau cara bikin martabak telur?? mohon dishare dong ilmunya... (peace)
Silahkan Bro semoga ber manfaat, :)
Ini dia resep martabak telor"
Bahan Kulit Martabak :

    * 100 gram tepung terigu
    * air matang secukupnya
    * 2 sdm telur kocok lepas (diambil dari telur untuk adonan isi)
    * 1 sdm minyak/margarine cair
    * garam secukupnya

Bahan Isi Martabak :

    * 300 g daging giling
    * 1 batang daun bawang iris, dicampurkan saat menumis daging giling
    * 4 batang daun bawang iris
    * 6 sdm bawang bombay iris
    * 4 bawang putih, haluskan
    * 1 sdt curry powder
    * 6 butir telur
    * merica dan garam secukupnya.

Saus Martabak :

    * 2 sdm kecap asin
    * 1 sdt air asam jawa
    * garam & gula pasir secukupnya (sesuai selera)
    * 1 sdm saus tomat
    * 1 sdm sambal botol (bisa diganti irisan cabai rawit hijau)
    * irisan ketimun
    * 2 sdm air matang

horizontal

Cara Membuat Kulit Martabak :

   1. Campur tepung terigu dengan minyak/margarine cair, telur dan garam, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis.
   2. Bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan dan rendam dengan minyak goreng.
   3. Diamkan selama 1-2 jam. Untuk 1 jam pertama adonan harus terendam semua dalam minyak goreng, untuk 1 jam berikutnya angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak tempatkan dalam wadah/mangkok, dan tutup dengan kain/serbet

Cara Membuat Isi Martabak :

   1. Tumis bawang bombay, bawang putih, hingga harum, masukkan daging giling, curry powder,merica, irisan dari 1 batang daun bawang dan garam.
   2. Aduk-aduk hingga daging matang dan air yang keluar dari daging giling menyusut. Angkat. Sisihkan, bagi menjadi 2 bagian.
   3. Kocok 4 butir telur (sebelumnya sudah diambil 2 sdm untuk campuran bikin adonan kulit), buat orak-arik setengah matang. Sisihkan., bagi menjadi 2 bagian.

Campur semua bahan kuah menjadi satu.

Penyelesaian :

   1. Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar sehingga agak melebar. Pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri kekanan kembali ditempat semula berulang-ulang sehingga adonan menjadi tipis (bisa juga dengan digilas-gilas).
   2. Ambil mangkok, isi dengan 1 buah telur kocok, daging giling,orak-arik telur, irisan 2 batang daun bawang,garam, merica. Aduk-aduk. Untuk adonan kulit yang kedua, kerjakan cara yang sama dengan adonan kulit yg pertama, begitu juga untuk isinya.
   3. Panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan. Isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok tadi, lipat bagian pinggir kulit kearah tengah, hingga tertutup rapat, goreng sampai matang. Angkat. Sajikan selagi panas/hangat dengan kuahnya.


Rx,matrix revo,The sat,Ob s9,Ob S4,Twinsat,jamur 6 unit,

Offline DELSAT

  • Siswa
  • ***
  • Posts: 365
  • Age: 39
  • Location: Bukittinggi jln.Raya taluak jambu air sumatra barat
  • Date Registered: January 17, 2010, 12:59:05 pm
  • Reputasi : 4
  • OS:
  • Java Platform Micro Edition Java Platform Micro Edition
  • Browser:
  • Opera 9.80 (Opera Mini 4.2.14912) Opera 9.80 (Opera Mini 4.2.14912)
Re: Resep Resep Masakan International dan Tradisional Indonesia
« Reply #302 on: December 07, 2011, 09:31:31 pm »
permisi sebelumna..apa ada yg tau cara bikin martabak telur?? mohon dishare dong ilmunya... (peace)
Silahkan Bro semoga ber manfaat, :)
Ini dia resep martabak telor"
Bahan Kulit Martabak :

    * 100 gram tepung terigu
    * air matang secukupnya
    * 2 sdm telur kocok lepas (diambil dari telur untuk adonan isi)
    * 1 sdm minyak/margarine cair
    * garam secukupnya

Bahan Isi Martabak :

    * 300 g daging giling
    * 1 batang daun bawang iris, dicampurkan saat menumis daging giling
    * 4 batang daun bawang iris
    * 6 sdm bawang bombay iris
    * 4 bawang putih, haluskan
    * 1 sdt curry powder
    * 6 butir telur
    * merica dan garam secukupnya.

Saus Martabak :

    * 2 sdm kecap asin
    * 1 sdt air asam jawa
    * garam & gula pasir secukupnya (sesuai selera)
    * 1 sdm saus tomat
    * 1 sdm sambal botol (bisa diganti irisan cabai rawit hijau)
    * irisan ketimun
    * 2 sdm air matang

horizontal

Cara Membuat Kulit Martabak :

   1. Campur tepung terigu dengan minyak/margarine cair, telur dan garam, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis.
   2. Bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan dan rendam dengan minyak goreng.
   3. Diamkan selama 1-2 jam. Untuk 1 jam pertama adonan harus terendam semua dalam minyak goreng, untuk 1 jam berikutnya angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak tempatkan dalam wadah/mangkok, dan tutup dengan kain/serbet

Cara Membuat Isi Martabak :

   1. Tumis bawang bombay, bawang putih, hingga harum, masukkan daging giling, curry powder,merica, irisan dari 1 batang daun bawang dan garam.
   2. Aduk-aduk hingga daging matang dan air yang keluar dari daging giling menyusut. Angkat. Sisihkan, bagi menjadi 2 bagian.
   3. Kocok 4 butir telur (sebelumnya sudah diambil 2 sdm untuk campuran bikin adonan kulit), buat orak-arik setengah matang. Sisihkan., bagi menjadi 2 bagian.

Campur semua bahan kuah menjadi satu.

Penyelesaian :

   1. Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar sehingga agak melebar. Pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri kekanan kembali ditempat semula berulang-ulang sehingga adonan menjadi tipis (bisa juga dengan digilas-gilas).
   2. Ambil mangkok, isi dengan 1 buah telur kocok, daging giling,orak-arik telur, irisan 2 batang daun bawang,garam, merica. Aduk-aduk. Untuk adonan kulit yang kedua, kerjakan cara yang sama dengan adonan kulit yg pertama, begitu juga untuk isinya.
   3. Panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan. Isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok tadi, lipat bagian pinggir kulit kearah tengah, hingga tertutup rapat, goreng sampai matang. Angkat. Sajikan selagi panas/hangat dengan kuahnya.


wah ! Ini resep sgt mengugah seleraku,tak coba nanti.
masih nubie

Offline Erizal Hitagi

  • ukuri maka dalanken
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 3365
  • Location: Ujung Batu Tanah bolobih.RIAU
  • Date Registered: August 13, 2009, 09:19:26 am
  • Reputasi : 185
  • SIMULIH KARABEN
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.15 Firefox 3.6.15
    • Email
Re: Resep Resep Masakan International dan Tradisional Indonesia
« Reply #303 on: December 25, 2011, 02:11:01 pm »
Bagi brader yg ber domisili di Kota bUkitinggi khususnya,tolong dong di share di sini resep Nasi Goreng
khas (kota BUKITINGGI)Sumbar.udah kagen dgn masakan ini Please,
Terimasih sebelumya :beer:




Rx,matrix revo,The sat,Ob s9,Ob S4,Twinsat,jamur 6 unit,

Offline mbah semar

  • 081995552104 085664773697
  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 934
  • Age: 42
  • Location: Bangka Belitung
  • Date Registered: December 08, 2009, 10:30:28 am
  • Reputasi : 24
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Chrome 20.0.1132.47 Chrome 20.0.1132.47
    • Email
Re: Resep Resep Masakan International dan Tradisional Indonesia
« Reply #304 on: July 05, 2012, 11:29:25 am »
Ada yang punya resep aneka olahan jamur tiram gak?
Kebetulan saya punya usaha budidaya jamur dan ingin bikin masakan yang serba jamur,biar gak melulu jualan jamur mentah.
Waaah klo sayur jamur kesukaan saya bro... disini agak susah cari jamu
klo istri saya bisanya cuma masak tumis jamur, pake bawang putih bawang merah, kasih kecap atau saos tiram jadi dah...

Jangan pernah biarkan pendapat seseorang mengubah dirimu menjadi orang lain

Offline nonoid

  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1161
  • Location: West - JAMBI
  • Date Registered: June 26, 2012, 12:35:33 am
  • Reputasi : 6
  • Hallo Apa Khabar..??
  • OS:
  • Windows 8 Windows 8
  • Browser:
  • Firefox 13.0.1 Firefox 13.0.1
    • Nonoindonesia Ltd
Re: Resep Resep Masakan International dan Tradisional Indonesia
« Reply #305 on: July 13, 2012, 09:32:53 am »
 :lewat: dl om ..  :piss:
" Dalam pengakuanyapun orang masih bisa munafik " #demikian

Offline Rabot

  • Pengembara
  • Posts: 12
  • Date Registered: August 08, 2012, 04:37:31 am
  • Reputasi : -3
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Browser:
  • Firefox 14.0.1 Firefox 14.0.1
    • ZALORA Indonesia
Re: Resep Resep Masakan International dan Tradisional Indonesia
« Reply #306 on: August 08, 2012, 03:55:03 pm »

Home Lifestyle, Resep Makanan Cara Membuat Pancake Enak
Cara Membuat Pancake Enak
Cara Membuat Pancake Coklat Enak - Menu Pancake sudah banyak ditemui diberbagai cafe di Indonesia. Cara buat pancake juga tidak terlalu sulit. Oleh karena itu, banyak orang mengkonsumsi pancake untuk sarapan ataupun untuk hidangan istimewa di keluarganya.

resep pancake
contoh pancake enak

Bagi anda yang ingin membuat pancake, mungkin sering bertanya-tanya bagaimana membuat pancake yang enak itu. Atau berencana untuk memasak pancake untuk sajian keluarga atau teman-teman?

Berikut ini adalah panduan cara membuat pancake yang sangat mudah.

Bahan/Resep Pancake:

    100 gr tepung terigu
    250 ml susu cair
    1 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
    sedikit garam
    margarin untuk olesan


Topping Pancake:

    Es Krim
    Sirup Maple


Cara membuat pancake:

    Campur rata dan aduk tepung terigu, garam, kuning telur dan susu dengan ballon whisk sampai rata atau bisa menggunakan mixer dengan kecepatan yang paling rendah (kalau tidak punya ballon whisk dan mixer, bisa juga menggunakan spatula kayu)
    Kocok putih telur sampai kaku. Bisa menggunakan garpu maupun ballon whisk.
    Kemudian masukkan adonan tepung ke dalam adonan putih telur, aduk rata. Nah dalam mencampur adonan tepung dengan putih telur, bisa juga menggunakan tehnik pancing. Dengan cara mengambil sedikit putih telur dan campurkan ke dalam terigu, aduk rata. tambah sedikit demi sedikit. Kemudian baru masukkan adonan terigu ke dalam putih telur. Langkah ini untuk menghindari putih telur yang bergerindil.
    Panaskan teflon diameter paling kecil (yang untuk bikin telor ceplok), oles dengan margarin, kecilkan api. Bisa juga menggunakan teflon ukuran standar.
    Tuang adonan sekitar 2,5 sendok sayur, tutup sebentar
    Balik jika adonan sudah ada sedikit berpori dan sedikit mengeras pinggirnya


cara membuat pancake
ilustrasi: gambar pancake

Hasil : 7 Pancake

Tips memasak pancake:

    Kunci utama kenapa pancake diatas bisa lembut teksturnya walaupun tanpa menggunakan buttermilk adalah pada pemisahan kuning telur dengan putih telurnya.
    Untuk mendapatkan pancake yang lebih manis bisa menambahkan 1 sendok makan gula pasir yang diaduk bersama dengan terigu, garam, kuning telur, dan susu.
    Pancake ini sangat enak bila disajikan hangat-hangat.
    Bila tidak punya wajan teflon seukuran telur ceplok, bisa mneggunakan wajan teflon biasa walaupun nanti bentuk pancakenya menjadi tidak seragam. Atau bisa juga menggunakan ring/cetakan pancake seperti bentuk bulat, bintang, dll.


Nah, itulah panduan atau cara membuat pancake sederhana yang bisa anda langsung praktekkan untuk hidangan sarapan ataupun santapan siang atau sore hari. Oh ya, apakah pancake bisa membuat kolesterol naik? Hm,,, ntar dibagikan lagi ya informasinya.

Mengkonsumsi pancake akan lebih mengasyikkan jika ditambah minum puding agar. Ada kenikmatan tersendiri disana. Oke deh, selamat praktek yah.

sumber: Yeni Suryasusanti