Author Topic: Actuator - Positioner - Bandul - Others  (Read 512451 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

Offline root

  • Administrator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: I am a geek!!
  • Date Registered: September 20, 2007, 12:16:35 pm
  • Reputasi : 40
    • Email
Actuator - Positioner - Bandul - Others
« on: September 28, 2007, 08:50:19 pm »
Melengkapi thread yang ada dan menyambung pembahasan terdahulu segala sesuatu yang berhubungan dengan penggerak dish posting disini!
@BP

----------------------+++--------------------

Quote
Numpang tanya master, apa sih fungsi 'limit' baik di actutor maupun di posisioner?
Dan apa fungsi dari tombol shift pada posisioner?

Ini ulangan dari ki demang :

- Tombol limit berfungsi untuk memprogram batas terpanjang dan terpendek gerak dari sebuah actuator. Atau jika dipasang pada sebuah dish, maka ini mengatur batas gerak paling barat dan batas gerak paling timur. Limit yang dimaksud disini adalah pengaturan limit secara software melalui perintah di positioner. Adapun pengaturan limit secara hardware adalah dengan mengatur dua buah limit switch yang berada didalam actuator. Pengaturan range secara hardware (mekanik) harus lebih lebar rangenya dibandingkan dengan pengaturan secara software.

- Tombol shift berfungsi untuk menggeser program digit / angka secara keseluruhan. Pada contohnya Satelitte A = 100, Satelitte B = 300, satelitte C = 450, lalu karena sesuatu hal (misal angin dll) posisi actuator menjadi berubah, misalnya A = 120, B = 320, C = 470, maka disini telah terjadi pergeseran sebesar 20, maka kita tidak perlu memprogram ulang setiap satelitte-nya, tetapi cukup menggeser sebanyak 20 lalu memnggunakan fasilitas shift ini dan semua satelitte akan diubah / digeser sebanyak 20 digit

----------------------++++---------------------

mas bro mas bro para master di forsat,, ijinkan saya mau nanya nih,,,,

Kalo dalam satu dish parabola terdapat 2 buah actuator,,, itu gimana yah sistem kerjanya baik actuator pertama maupun actuator kedua ? dan fungsi utama nya apa aja dari kedua actuator tsb?

trus mas bro mas bro apakah ada yang punya tutorial untuk pemasangan 2 actuator dalam 1 dish lengkap dengan gambar ?

trims atas jawabannya masbro masbro,,, maap kalo saya repost pertanyaan ini utk kesekian kalinya, n harap maklum aja yaa karna saya masih niubi,,,,  :pray:  :pray:  :pray:  :-[  :-[  :-[

author=Ki Demang

Pada dish dengan mounting Polar ataupun mounting H-H, Jika memakai 2 actuator, yang satu untuk pengaturan sudut elevasi dan yang satunya lagi untuk mengatur Inklinasi.
Tetapi jika penempatan azimuthnya sudah tepat dan juga pada mounting tsb ada stelan sudut deklinasi, maka sepertinya yang untuk inklinasi tidak begitu berfungsi. Karena begitu inklinasinya dan deklinasinya sudah tepat, sudah nggak perlu merubah stelan ini lagi.
Adapun cara pemasangannya seperti gambar dibawah ini :

(click to show/hide)

-------------------++++++-----------------

author=Ki Demang

BANDUL  ...

Bandul adalah sebuah benda yang sederhana.

Jika ada yang bertanya " perlukah dipasang sebuah bandul ?"  Pasti ada yang menjawab perlu tetapi ada juga yang menjawab tidak ( tentunya dengan segudang argumen yang dimiliki ), dan setelah itu akan timbul polemik yang berkepanjangan.
Agar hal itu tidak terjadi, maka kita tinggalkan saja hal tsb, dan sekarang kita bahas saja tentang fungsi dari bandul.

Fungsi bandul :  terutama untuk dish dengan penggerak tongkat actuator
Bandul adalah benda yang berfungsi sebagai penyeimbang (atau dimaksud untuk mendekati keseimbangan).
Pada sebuah kasus, dish digerakkan oleh sebuah tongkat actuator. Semua pergerakannya normal dan lancar. Tetapi benarkah seperti itu? tentu tidak. Pada besaran sudut tertentu, tongkat actuator akan ngadat / macet / ngambek. Hal itu dikarenakan :
1. Sudut lengan ayun terlalu besar (lebih dari 150o)
2. Beban dish yang berat.
3. Sifat dari actuator yang lebih cenderung kuat mendorong beban berat daripada untuk menarik beban berat.
Nah disinilah fungsi penyeimbang dari sebuah bandul, dengan adanya sebuah bandul maka :
1. Sudut jelajah dish menjadi lebih besar.
2. Motor actuator bekerja lebih ringan.
3. Membalik gaya yang mengenai actuator, dari gaya tarik yang berat menjadi gaya dorong.

Seberapa berat bandul yang diperlukan :
Untuk dish dengan mounting jenis polar berpenggerak tongkat actuator diperlukan berat bandul sebesar beban keseimbangan dish ditambah 10% sampai 20% dari keseimbangan.
Jadi jika kita mendapatkan pada suatu dish itu berat bandul untuk mendapatkan posisi seimbang dengan dish adalah 10 Kg, maka akan lebih baik untuk memasang bandul dengan berat sekitar 11 Kg sampai 12 Kg.
Mengapa demikian?  Marilah kita teliti satu per satu, sambil melihat gambar yang terlampir dibawah ini.

Contoh kasus, sebuah dish solid dengan beban keseimbangan seberat 10 kg.

GAMBAR  1 :
Posisi sudut lengan ayun kecil (kurang dari 60o), pada posisi ini fungsi dari bandul kurang terasa.
Tanpa Bandul :
Actuator memperoleh gaya tekan dari dish, sehingga prinsip kerja dari actuator adalah sebagai pendorong. Pada posisi ini actuator cukup sakti untuk mengatasinya karena sudut lengan ayun sangat kecil.
Beban dorong dari dari actuator adalah sebesar berat dish ( sekitar 10 kg )
Memakai bandul :
Actuator memperoleh gaya tarik dari bandul. Karena berat bandul lebih besar 20% dari keseimbangan, maka actuator hanya menerima gaya tarik sebesar 2 kg saja. Hal ini juga dikarenakan sudut lengan ayun yang sempit.

GAMBAR  2 :
Posisi Dish menghadap tegak lurus ke atas, disini bandul kehilangan fungsinya, karena dish sendiri berada pada posisi seimbang. Jadi tanpa atau memakai bandul tidak begitu terasa bedanya. Karena keseimbangan ini maka actuator mendapatkan gaya tarik atau dorong yang sangat kecil (ringan)

GAMBAR  3 :
Pada gambar ini terlihat sudut lengan ayun yang cukup besar, hampir mendekati 150o. Dan ini sepertinya adalah jarak jangkau aman terjauh yang dapat dilakukan actuator tanpa bantuan bandul.
Tanpa bandul :
Actuator mendapatkan gaya tarik yang luar biasa berat dari dish. Hal ini dikarenakan sudut lengan ayun yang sangat besar (mendekati 150o) Pada waktu bergerak menarik, actuator bisa mendapatkan beban 10X atau bahkan lebih dari berat dish. Seperti yang saya tulis diatas, bahwa actuator lebih bagus untuk mendorong daripada menarik, hal itu disebabkan model konstruksi dari bearing actuator itu sendiri. Jika menarik beban yang sangat berat biasanya bearing akan bermasalah bahkan pada beberapa kasus bearing sampai terlepas.
Memakai Bandul :
Karena berat bandul 20% lebih berat dari dish maka pada posisi ini actuator mendapatkan gaya tekan (sekitar 2 Kg) jadi disini actuator tidak berfungsi menarik, akan tetapi berfungsi menahan. Jadi walaupun sudut lengan ayunnya besar, tidak akan membuat kendala terhadap actuator tsb.

GAMBAR  4 :
Pada gambar ini terlihat sudut lengan ayun mendekati 165o. Ini adalah titik kritis bagi Dish yang tidak dipasang bandul. Karena sudut lengan ayun yang sangat besar, sehingga pada beberapa kasus terjadi penguncian pada sudut sebesar ini. Sehingga actuator macet.
Tanpa Bandul :
Karena sudah mencapai titik kritis, maka kemungkinan terkunci adalah sangat besar. sehingga actuator menjadi macet. Hal itu karena gaya tarik yang diterima oleh actuator bisa berpuluh kali lebih besar dibandingkan lengan ayun pada posisi sudut sempit.
Memakai Bandul :
Karena memakai bandul, maka gaya tarik yang tadinya sedemikian besar akan dinetralisir dan dibalik menjadi bersifat menahan. Karenanya pada posisi ini actuator masih bisa bergerak kembali secara normal.

Catatan :
1. Actuator sebaiknya jangan dipaksakan bergerak untuk menjangkau sudut yang terlalu lebar. Bergerak dengan sudut kurang dari 135o adalah jangkauan yang baik.
2. Semakin besar sudutnya (lebih dari 135o) maka keakuratannya akan semakin berkurang.
3. Pemaksaan bergerak pada sudut sangat lebar, sangat beresiko. Hal itu dikarena ada faktor lain selain berat dish yang harus diperhitungkan, misalnya angin, hujan, dll.

Semoga bermanfaat.
Salam   (peace)
« Last Edit: January 16, 2013, 11:31:54 am by adef, Reason: update »

komunitas forumsatelit indonesia

Actuator - Positioner - Bandul - Others
« on: September 28, 2007, 08:50:19 pm »

Offline tark

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 5923
  • Age: 41
  • Location: Kudus
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:47 pm
  • Reputasi : 269
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #1 on: September 29, 2007, 06:58:10 am »
Yang punya fotonya Bandul tolong dong di post lagi disini...
Mungkin bung Qyai...  ;D

Offline soewardono

  • Up Level
  • Siswa
  • ***
  • Posts: 374
  • Location: di atas bumi
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:37:42 pm
  • Reputasi : 51
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #2 on: September 29, 2007, 07:22:42 am »
Saya punya pengalaman dengan bandul.Yang saya pergunakan sekarang(untuk Cband) 12ft mesh H to H .Untuk bandul saya menggunakan bekas ban luar sepeda motor vespa yang rongga dalamnya diisi semen,cukup berat.Harus dua orang seukuran berat badan normal untuk mengangkatnya.Sayang saya tidak bisa tampilkan imagenya.

Offline anatoly

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 598
  • Date Registered: September 22, 2007, 10:56:59 am
  • Reputasi : 25
  • The Secret Agent
    • Email
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #3 on: September 29, 2007, 09:30:47 am »
TENTANG BANDUL PENYEIMBANG

Lihat diagram Prinsip Kerja Bandul Penyeimbang :
Tanpa bandul, actuator bekerja mengangkat beban parabola
Dengan bandul, actuator hanya berfungsi 'mengarahkan' parabola

Dengan demikian maka kegunaan bandul adalah :
1. Meringankan kerja actuator (otomatis umur actuator menjadi lebih panjang)
2. Perpindahan antar satelit menjadi lebih cepat (karena beban parabola=0)

Bahan Bandul :
Bandul bisa terbuat dari apa saja, bisa berupa bekas kaleng cat yg diisi semen atau besi padat. (pd gambar terdapat contoh bandul yg terbuat dari bekas kaleng cat dan besi padat bekas barbel angkat besi)

Berapa Berat Bandul seharusnya :
Utk membuat keadaan setimbang maka perhatikan gambar dan rumus sederhana X1=X2 dan Y1=Y2
artinya Berat Parabola harus sama dg Berat Bandul, dan Jarak Parabola ke Poros harus sama dgn Jarak Bandul ke Poros.
* Jgn terlalu terpaku pd rumus tsb, krn kondisi setimbang bisa didapat tanpa terlalu memusingkan rumus tsb asalkan kita membuat Berat Bandul yg flexible (bisa ditambahi/dikurangi) dan Jarak Bandul yg bisa diatur (didekatkan/dijauhkan) dari Poros.

Tips :
Bandul sebaiknya jangan di-las dg dish, lbh baik mengganti mur dan baut yg sudah ada pada dish dgn yg lbh panjang. Krn menggunakan mur dan baut akan lebih fleksibel.
« Last Edit: December 08, 2007, 12:16:36 pm by anatoly »

Offline kasep

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 92
  • Date Registered: September 29, 2007, 01:06:28 am
  • Reputasi : 5
  • Badmintonmania This is the real life
    • Email
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #4 on: September 30, 2007, 02:54:35 pm »
Melengkapi thread yang ada dan menyambung pembahasan terdahulu segala sesuatu yang berhubungan dengan penggerak dish posting disini!
@BP

Selama ini biasa kawan yang pasangin actuator dirumah.
Mau coba pasang sendiri.
Apakah ada alat yang bisa deteksi sinyal tanpa lihat kualitas sinyal via tv?
Thanks.
Bringing the world to your room
Tanaka T29
Matrix Crypton
Manhattan 8800CA Premium
Actuator/Motor Matrix Ez6800
Solid 6"
Matrix V-Box II

forsat

  • Guest
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #5 on: September 30, 2007, 07:45:22 pm »
Melengkapi thread yang ada dan menyambung pembahasan terdahulu segala sesuatu yang berhubungan dengan penggerak dish posting disini!
@BP

Selama ini biasa kawan yang pasangin actuator dirumah.
Mau coba pasang sendiri.
Apakah ada alat yang bisa deteksi sinyal tanpa lihat kualitas sinyal via tv?
Thanks.

Ada yang paling canggih saat ini pake spectrum analyzer (harga 21 jt).
@BP

Offline Daengsat

  • Global Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 10071
  • Age: 58
  • Location: Sydney NSW, Australia
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:03 pm
  • Reputasi : 719
  • Daengsat Pty Ltd Australia
    • http://www.daengsat.com.au
    • Email
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #6 on: September 30, 2007, 08:41:43 pm »
Melengkapi thread yang ada dan menyambung pembahasan terdahulu segala sesuatu yang berhubungan dengan penggerak dish posting disini!
@BP

Selama ini biasa kawan yang pasangin actuator dirumah.
Mau coba pasang sendiri.
Apakah ada alat yang bisa deteksi sinyal tanpa lihat kualitas sinyal via tv?
Thanks.

Ada yang paling canggih saat ini pake spectrum analyzer (harga 21 jt).
@BP
Iya dong Spectrum analyzer yang paling akurat anda bisa liat ganguan apa yang masuk disitu frequency apa encryption nya apa dan bisa membedakan yang mana vertical dan horizontal, juga sangat akurat untuk adjusting lnb to make 100% vertical and 100 % horizontal.


D.Effendi

forsat

  • Guest
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #7 on: September 30, 2007, 08:47:11 pm »
Bro daeng berapa rentang harga spectrum analyzer di Australia?
trims.
@BP

Offline Daengsat

  • Global Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 10071
  • Age: 58
  • Location: Sydney NSW, Australia
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:03 pm
  • Reputasi : 719
  • Daengsat Pty Ltd Australia
    • http://www.daengsat.com.au
    • Email
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #8 on: September 30, 2007, 08:51:56 pm »
Bro daeng berapa rentang harga spectrum analyzer di Australia?
trims.
@BP
Yang digital economy dan akurat Made In Sweden

Satlook digital nit harga nya sekitar $1500 aust jadi Rp 8000 X 1500
Ini sudah bisa deteksi channel nit signal dan quality nya.
yang analog bisa $700 tapi ngapai kembali lagi ke jaman kuda :)

Offline inorick

  • Murid
  • **
  • Posts: 144
  • Date Registered: September 28, 2007, 08:38:44 am
  • Reputasi : 6
    • Email
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #9 on: October 01, 2007, 11:56:34 am »
wuik 1500 U$ itu rangenya berapa an om ? Saya pernah nanya yg merk Advantest R318, range 9 KHz sampe 8 GHz itu sekitar 170 jeti.

Apa disana ada jual iRG 15 buatan shiron ? Ada yg minat beli nih.

Offline Qyai

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 5701
  • Location: Bandar Lampung
  • Date Registered: September 25, 2007, 10:10:26 am
  • Reputasi : 335
  • Andrew Dish
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #10 on: October 01, 2007, 12:34:55 pm »
Yang punya fotonya Bandul tolong dong di post lagi disini...
Mungkin bung Qyai...  ;D
Ini bro photonya....
Manhattan 1920 LX+, Airbox S505, Powers 900s

Offline Daengsat

  • Global Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 10071
  • Age: 58
  • Location: Sydney NSW, Australia
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:03 pm
  • Reputasi : 719
  • Daengsat Pty Ltd Australia
    • http://www.daengsat.com.au
    • Email
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #11 on: October 01, 2007, 12:44:04 pm »
Yang punya fotonya Bandul tolong dong di post lagi disini...
Mungkin bung Qyai...  ;D
Ini bro photonya....
Tidak harus beli dari Australia kan sekarang bisa online  di europe banyak seperti promax dsb nya.
Yang kami pergunakan disni Satlook NIT untuk Satellite, dan cable juga terstrerial satlook combo bisa $2500.
Promax from $5000.00 sudah ok
Economy satlook nit $1500 bukan US Australian dollar. sekarang $1 Aust Rp,8000 bisa lebih sewaktu waktu ramalan nya Aust bisa lebih tinggi dari US kembali lagi seperti tahun 80 an Aust lebih tinggi dari US

« Last Edit: October 01, 2007, 12:46:49 pm by daengsat »

Offline sk8erdroid

  • masih muridnya
  • Global Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 4465
  • Age: 2010
  • Location: Macet City
  • Date Registered: September 25, 2007, 07:49:49 am
  • Reputasi : 254
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #12 on: October 01, 2007, 12:56:29 pm »
Yang punya fotonya Bandul tolong dong di post lagi disini...
Mungkin bung Qyai...  ;D
Ini bro photonya....
Tidak harus beli dari Australia kan sekarang bisa online  di europe banyak seperti promax dsb nya.
Yang kami pergunakan disni Satlook NIT untuk Satellite, dan cable juga terstrerial satlook combo bisa $2500.
Promax from $5000.00 sudah ok
Economy satlook nit $1500 bukan US Australian dollar. sekarang $1 Aust Rp,8000 bisa lebih sewaktu waktu ramalan nya Aust bisa lebih tinggi dari US kembali lagi seperti tahun 80 an Aust lebih tinggi dari US


mgkn ini bs jd bahan pertimbangan tuk spectrum analyzer n menjadi alternatif lain ..ya sedikit ngoprek n lom di test drive

Turning the Broadlogic DVB-S PCI Card or ST9900 Receiver into a Spectrum Analyzer
http://www.forumsatelit.com/index.php?topic=60.msg861#msg861

SS2 mgkn bs lho.. ;D
« Last Edit: October 01, 2007, 01:43:45 pm by sk8ergeek »
www.sentuhlangit.com
www.sentuhraspi.com

Donasi : 1BDZdPas1uqmBP57NcgK2FvZC6ue1ozwVi

Offline Daengsat

  • Global Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 10071
  • Age: 58
  • Location: Sydney NSW, Australia
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:03 pm
  • Reputasi : 719
  • Daengsat Pty Ltd Australia
    • http://www.daengsat.com.au
    • Email
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #13 on: October 02, 2007, 01:28:17 pm »
Mau liat bandul ini bandul dari Perfect Ten



Bandul untuk Parabola Heavy Duty 4.5 meter H/H HORIZON TO HORIZON
Bandul nya asli dari pabrik nya :)

Lagi mengarah ke Telstar 10 kalau di Sydney begini bentuk nya vertikal


Regards,


« Last Edit: October 06, 2007, 06:58:12 pm by daengsat »

Offline harie_r

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 565
  • Age: 43
  • Location: Ambulu - Jember
  • Date Registered: October 06, 2007, 07:14:33 am
  • Reputasi : 2
    • Email
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #14 on: October 06, 2007, 08:20:24 am »
contoh dan gambar tentang bandul, rasanya hanya menyinggung keuntungan saat posisi parabola miring, kemudian didorong oleh aktuator. Prinsip ini memang beralasan meringankan beban aktuator saat mendorong.
Tapi bagaimana kerja aktuator ketika dari posisi tegak kemudian miring? dimana kerja aktuator menarik. Apakah nggak tambah berat nih kerja aktuator.

Bisa diberi alasan?
hati ternyata juga harus sering-sering dibawa ke bengkel ya (paling tidak 1 minggu sekali)

Offline anatoly

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 598
  • Date Registered: September 22, 2007, 10:56:59 am
  • Reputasi : 25
  • The Secret Agent
    • Email
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #15 on: October 06, 2007, 12:25:58 pm »
contoh dan gambar tentang bandul, rasanya hanya menyinggung keuntungan saat posisi parabola miring, kemudian didorong oleh aktuator. Prinsip ini memang beralasan meringankan beban aktuator saat mendorong.
Tapi bagaimana kerja aktuator ketika dari posisi tegak kemudian miring? dimana kerja aktuator menarik. Apakah nggak tambah berat nih kerja aktuator.

Bisa diberi alasan?
Good question.
Sebenarnya, dalam pergerakan parabola dari bawah ke atas/ dari atas ke bawah, pergerakan actuator hampir sama sekali tidak dihambat oleh beban.
(*dengan catatan : anda harus membuat parabola setimbang dgn bandul; dg cara membuat berat bandul yg sama dengan berat parabola, dan mengatur jarak bandul ke poros, yg menghasilkan kondisi akhir yg setimbang). Jika kondisi setimbang, angin sepoi-sepoi pun mampu menggerakkannya.
Dalam kondisi setimbang, actuator tdk lagi berfungsi sebagai pengangkat/penarik, melainkan pengarah.
Lepaslah actuator dari parabola saat memasang bandul dan menyetel kesetimbangan parabola. Buatlah bandul yg bisa ditambah/kurangi bebannya dan bisa diatur jaraknya dari poros.

Offline echostar

  • Baru Daftar
  • Posts: 3
  • Date Registered: September 25, 2007, 06:33:37 pm
  • Reputasi : -1
    • Email
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #16 on: October 08, 2007, 07:21:17 pm »
100% sependapat dengan Bung Anatoly, krn sy juga memakai prinsip bandul utk 12ft mesh dish sy. sebelumnya sy bepikiran sama dengan Bung harie_r , tapi pada prakteknya sesuai dengan yang dikatakan Bung Anatoly.
Hanya sy memakai dua bandul di sebelah utara dan selatan, karena dengan 1 bandul belum maxsimal Barat-Timurnya (Yamal202~T18) dan dengan 2 bandul bisa (Yamal202~Int8).
Bandul 1=fix
Bandul 2=Bisa di adjust/digeser untuk menyeimbangkan Dish
2 bandul juga sekalian untuk menyeimbangkan beban kanan dan kiri (utara dan selatan tiang)

Salam
Echostar

Offline denie_artha

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1425
  • Age: 38
  • Location: Yogyakarta
  • Date Registered: September 25, 2007, 05:20:43 am
  • Reputasi : 60
  • radio - tv - music
    • Email
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #17 on: October 10, 2007, 05:09:51 am »
Mau nanya neeh ? di tempat ku kalau aku gerakin antena dari posisi mentok di arah timur ( pas 8 ) ke arah barat kok terdengar suara " glodak " .apa yang terjadi dengan actuator antena ku ya ?? mohon pencerahannya :(XX
pekerja media yang terus belajar memahami dinamika media.

Offline naufalp

  • Ayah Saya, Ibu Saya, Paman Saya. Semua
  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 944
  • Age: 42
  • Location: Serua Reni Jaya Pamulang
  • Date Registered: October 02, 2007, 03:05:07 pm
  • Reputasi : 72
  • Naufal Pambudi
    • linkedin.com
    • Email
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #18 on: October 10, 2007, 10:12:10 am »
Saya Butuh Bantuan rekan - rekan

Waktu itu Bung BP memunculkan Gambar / Foto
Di Bawah ini
Saya Sudah Hub PT.Subur tapi katanya kosong ( Harga kisaran Rp.650.000,-) pasang sendiri
Kira kira kalau di jakarta Ada dimana lagi ya yg jual Mounting HH 46 ( Venus )






Yang Jual
PT Subur Jakarta
Jln. Kamal Raya No. 8
(Samping Pom Bensin)
RT. 0014/RW. 09 Tegal Alur
Jakarta Barat 11820
Telephone +62 21 5559733
----------------
Surabaya
Pergudangan Antropolist
Blok E-17
Margomulyo
Surabaya - Indonesia
+62 31 7482912 / 7482635
-------------------
Jln. Tojai Komp. Mabar Estate
Blok C-11
Mabar Hilir
Medan - Indonesia
+62 61 6850722 / 6840954

Offline santika

  • Up Level
  • Siswa
  • ***
  • Posts: 427
  • Location: Lembang - Bandung
  • Date Registered: September 24, 2007, 03:47:06 pm
  • Reputasi : 36
  • Web designer for hire
    • Berbagi tentang teknologi dan sekitar kita.
Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #19 on: October 10, 2007, 10:45:42 am »
bro!  buat yang dah coba loh! ;-)
boleh tau gak kira2 berapa berat bandul yang dibutuhkan untuk dish 12ft dan 6ft, saya tertarik tuh! karena saya kalau ngejar Agila dan Int 8 dish suka jatuh! :Pe:';/

komunitas forumsatelit indonesia

Re: Actuator - Positioner - Bandul - Others
« Reply #19 on: October 10, 2007, 10:45:42 am »