Kategori Utama > Pernak Pernik Tracking

Actuator - Positioner - Bandul - Others

(1/463) > >>

root:
Melengkapi thread yang ada dan menyambung pembahasan terdahulu segala sesuatu yang berhubungan dengan penggerak dish posting disini!
@BP

----------------------+++--------------------

sedikit ulasan mengenai aktuator by semar badranaya
http://www.forumsatelit.com/pernak-pernik-tracking/actuator-positioner-bandul-others/2180/
 
 -CARA KERJA AKTUATOR PARABOLA.doc
 -CARA MEMPERBAIKI AKTUATOR PARABOLA.doc
----------------------++-------------------------

--- Quote ---Numpang tanya master, apa sih fungsi 'limit' baik di actutor maupun di posisioner?
Dan apa fungsi dari tombol shift pada posisioner?

--- End quote ---

Ini ulangan dari ki demang :

- Tombol limit berfungsi untuk memprogram batas terpanjang dan terpendek gerak dari sebuah actuator. Atau jika dipasang pada sebuah dish, maka ini mengatur batas gerak paling barat dan batas gerak paling timur. Limit yang dimaksud disini adalah pengaturan limit secara software melalui perintah di positioner. Adapun pengaturan limit secara hardware adalah dengan mengatur dua buah limit switch yang berada didalam actuator. Pengaturan range secara hardware (mekanik) harus lebih lebar rangenya dibandingkan dengan pengaturan secara software.

- Tombol shift berfungsi untuk menggeser program digit / angka secara keseluruhan. Pada contohnya Satelitte A = 100, Satelitte B = 300, satelitte C = 450, lalu karena sesuatu hal (misal angin dll) posisi actuator menjadi berubah, misalnya A = 120, B = 320, C = 470, maka disini telah terjadi pergeseran sebesar 20, maka kita tidak perlu memprogram ulang setiap satelitte-nya, tetapi cukup menggeser sebanyak 20 lalu memnggunakan fasilitas shift ini dan semua satelitte akan diubah / digeser sebanyak 20 digit

----------------------++++---------------------


--- Quote from: dimmarzio on December 29, 2012, 05:38:42 pm ---mas bro mas bro para master di forsat,, ijinkan saya mau nanya nih,,,,

Kalo dalam satu dish parabola terdapat 2 buah actuator,,, itu gimana yah sistem kerjanya baik actuator pertama maupun actuator kedua ? dan fungsi utama nya apa aja dari kedua actuator tsb?

trus mas bro mas bro apakah ada yang punya tutorial untuk pemasangan 2 actuator dalam 1 dish lengkap dengan gambar ?

trims atas jawabannya masbro masbro,,, maap kalo saya repost pertanyaan ini utk kesekian kalinya, n harap maklum aja yaa karna saya masih niubi,,,,  :pray:  :pray:  :pray:  :-[  :-[  :-[

--- End quote ---

author=Ki Demang

Pada dish dengan mounting Polar ataupun mounting H-H, Jika memakai 2 actuator, yang satu untuk pengaturan sudut elevasi dan yang satunya lagi untuk mengatur Inklinasi.
Tetapi jika penempatan azimuthnya sudah tepat dan juga pada mounting tsb ada stelan sudut deklinasi, maka sepertinya yang untuk inklinasi tidak begitu berfungsi. Karena begitu inklinasinya dan deklinasinya sudah tepat, sudah nggak perlu merubah stelan ini lagi.
Adapun cara pemasangannya seperti gambar dibawah ini :

(click to show/hide)
-------------------++++++-----------------

author=Ki Demang

BANDUL  ...

Bandul adalah sebuah benda yang sederhana.

Jika ada yang bertanya " perlukah dipasang sebuah bandul ?"  Pasti ada yang menjawab perlu tetapi ada juga yang menjawab tidak ( tentunya dengan segudang argumen yang dimiliki ), dan setelah itu akan timbul polemik yang berkepanjangan.
Agar hal itu tidak terjadi, maka kita tinggalkan saja hal tsb, dan sekarang kita bahas saja tentang fungsi dari bandul.

Fungsi bandul :   terutama untuk dish dengan penggerak tongkat actuator
Bandul adalah benda yang berfungsi sebagai penyeimbang (atau dimaksud untuk mendekati keseimbangan).
Pada sebuah kasus, dish digerakkan oleh sebuah tongkat actuator. Semua pergerakannya normal dan lancar. Tetapi benarkah seperti itu? tentu tidak. Pada besaran sudut tertentu, tongkat actuator akan ngadat / macet / ngambek. Hal itu dikarenakan :
1. Sudut lengan ayun terlalu besar (lebih dari 150o)
2. Beban dish yang berat.
3. Sifat dari actuator yang lebih cenderung kuat mendorong beban berat daripada untuk menarik beban berat.
Nah disinilah fungsi penyeimbang dari sebuah bandul, dengan adanya sebuah bandul maka :
1. Sudut jelajah dish menjadi lebih besar.
2. Motor actuator bekerja lebih ringan.
3. Membalik gaya yang mengenai actuator, dari gaya tarik yang berat menjadi gaya dorong.

Seberapa berat bandul yang diperlukan :
Untuk dish dengan mounting jenis polar berpenggerak tongkat actuator diperlukan berat bandul sebesar beban keseimbangan dish ditambah 10% sampai 20% dari keseimbangan.
Jadi jika kita mendapatkan pada suatu dish itu berat bandul untuk mendapatkan posisi seimbang dengan dish adalah 10 Kg, maka akan lebih baik untuk memasang bandul dengan berat sekitar 11 Kg sampai 12 Kg.
Mengapa demikian?  Marilah kita teliti satu per satu, sambil melihat gambar yang terlampir dibawah ini.

Contoh kasus, sebuah dish solid dengan beban keseimbangan seberat 10 kg.

GAMBAR  1 :
Posisi sudut lengan ayun kecil (kurang dari 60o), pada posisi ini fungsi dari bandul kurang terasa.
Tanpa Bandul :
Actuator memperoleh gaya tekan dari dish, sehingga prinsip kerja dari actuator adalah sebagai pendorong. Pada posisi ini actuator cukup sakti untuk mengatasinya karena sudut lengan ayun sangat kecil.
Beban dorong dari dari actuator adalah sebesar berat dish ( sekitar 10 kg )
Memakai bandul :
Actuator memperoleh gaya tarik dari bandul. Karena berat bandul lebih besar 20% dari keseimbangan, maka actuator hanya menerima gaya tarik sebesar 2 kg saja. Hal ini juga dikarenakan sudut lengan ayun yang sempit.

GAMBAR  2 :
Posisi Dish menghadap tegak lurus ke atas, disini bandul kehilangan fungsinya, karena dish sendiri berada pada posisi seimbang. Jadi tanpa atau memakai bandul tidak begitu terasa bedanya. Karena keseimbangan ini maka actuator mendapatkan gaya tarik atau dorong yang sangat kecil (ringan)

GAMBAR  3 :
Pada gambar ini terlihat sudut lengan ayun yang cukup besar, hampir mendekati 150o. Dan ini sepertinya adalah jarak jangkau aman terjauh yang dapat dilakukan actuator tanpa bantuan bandul.
Tanpa bandul :
Actuator mendapatkan gaya tarik yang luar biasa berat dari dish. Hal ini dikarenakan sudut lengan ayun yang sangat besar (mendekati 150o) Pada waktu bergerak menarik, actuator bisa mendapatkan beban 10X atau bahkan lebih dari berat dish. Seperti yang saya tulis diatas, bahwa actuator lebih bagus untuk mendorong daripada menarik, hal itu disebabkan model konstruksi dari bearing actuator itu sendiri. Jika menarik beban yang sangat berat biasanya bearing akan bermasalah bahkan pada beberapa kasus bearing sampai terlepas.
Memakai Bandul :
Karena berat bandul 20% lebih berat dari dish maka pada posisi ini actuator mendapatkan gaya tekan (sekitar 2 Kg) jadi disini actuator tidak berfungsi menarik, akan tetapi berfungsi menahan. Jadi walaupun sudut lengan ayunnya besar, tidak akan membuat kendala terhadap actuator tsb.

GAMBAR  4 :
Pada gambar ini terlihat sudut lengan ayun mendekati 165o. Ini adalah titik kritis bagi Dish yang tidak dipasang bandul. Karena sudut lengan ayun yang sangat besar, sehingga pada beberapa kasus terjadi penguncian pada sudut sebesar ini. Sehingga actuator macet.
Tanpa Bandul :
Karena sudah mencapai titik kritis, maka kemungkinan terkunci adalah sangat besar. sehingga actuator menjadi macet. Hal itu karena gaya tarik yang diterima oleh actuator bisa berpuluh kali lebih besar dibandingkan lengan ayun pada posisi sudut sempit.
Memakai Bandul :
Karena memakai bandul, maka gaya tarik yang tadinya sedemikian besar akan dinetralisir dan dibalik menjadi bersifat menahan. Karenanya pada posisi ini actuator masih bisa bergerak kembali secara normal.

Catatan :
1. Actuator sebaiknya jangan dipaksakan bergerak untuk menjangkau sudut yang terlalu lebar. Bergerak dengan sudut kurang dari 135o adalah jangkauan yang baik.
2. Semakin besar sudutnya (lebih dari 135o) maka keakuratannya akan semakin berkurang.
3. Pemaksaan bergerak pada sudut sangat lebar, sangat beresiko. Hal itu dikarena ada faktor lain selain berat dish yang harus diperhitungkan, misalnya angin, hujan, dll.

Semoga bermanfaat.
Salam   (peace)

tark:
Yang punya fotonya Bandul tolong dong di post lagi disini...
Mungkin bung Qyai...  ;D

soewardono:
Saya punya pengalaman dengan bandul.Yang saya pergunakan sekarang(untuk Cband) 12ft mesh H to H .Untuk bandul saya menggunakan bekas ban luar sepeda motor vespa yang rongga dalamnya diisi semen,cukup berat.Harus dua orang seukuran berat badan normal untuk mengangkatnya.Sayang saya tidak bisa tampilkan imagenya.

anatoly:
TENTANG BANDUL PENYEIMBANG

Lihat diagram Prinsip Kerja Bandul Penyeimbang :
Tanpa bandul, actuator bekerja mengangkat beban parabola
Dengan bandul, actuator hanya berfungsi 'mengarahkan' parabola

Dengan demikian maka kegunaan bandul adalah :
1. Meringankan kerja actuator (otomatis umur actuator menjadi lebih panjang)
2. Perpindahan antar satelit menjadi lebih cepat (karena beban parabola=0)

Bahan Bandul :
Bandul bisa terbuat dari apa saja, bisa berupa bekas kaleng cat yg diisi semen atau besi padat. (pd gambar terdapat contoh bandul yg terbuat dari bekas kaleng cat dan besi padat bekas barbel angkat besi)

Berapa Berat Bandul seharusnya :
Utk membuat keadaan setimbang maka perhatikan gambar dan rumus sederhana X1=X2 dan Y1=Y2
artinya Berat Parabola harus sama dg Berat Bandul, dan Jarak Parabola ke Poros harus sama dgn Jarak Bandul ke Poros.
* Jgn terlalu terpaku pd rumus tsb, krn kondisi setimbang bisa didapat tanpa terlalu memusingkan rumus tsb asalkan kita membuat Berat Bandul yg flexible (bisa ditambahi/dikurangi) dan Jarak Bandul yg bisa diatur (didekatkan/dijauhkan) dari Poros.

Tips :
Bandul sebaiknya jangan di-las dg dish, lbh baik mengganti mur dan baut yg sudah ada pada dish dgn yg lbh panjang. Krn menggunakan mur dan baut akan lebih fleksibel.

kasep:

--- Quote from: planko on September 28, 2007, 08:50:19 pm ---Melengkapi thread yang ada dan menyambung pembahasan terdahulu segala sesuatu yang berhubungan dengan penggerak dish posting disini!
@BP

--- End quote ---

Selama ini biasa kawan yang pasangin actuator dirumah.
Mau coba pasang sendiri.
Apakah ada alat yang bisa deteksi sinyal tanpa lihat kualitas sinyal via tv?
Thanks.

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version