Author Topic: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking  (Read 7971 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline yousouf rianto

  • Ampuuuunnn,,,,,,,
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2528
  • Age: 33
  • Location: Wonogiri - Batusangkar - Padang - Kerinci
  • Date Registered: June 16, 2010, 12:51:14 am
  • Reputasi : 141
  • adventurisat
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.10 Firefox 3.6.10
    • Email
Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« on: February 18, 2011, 10:14:35 pm »
Mohon ijin buka topik baru om momod,,,,,
Topik ini akan berisi kumpulan istilah2 Seputar Komputer & Networking,,,,,,
Tujuannya tak lain adalah utk menambah wawasan kita bersama tentang pengertian dari istilah2 yg sering kita aplikasikan dlm aktifitas sehari2 didunia Komputer & Networking,,,,,,
Jika rekan2 punya istilah2 lain yg belum saya share silahkan diposting ditread ini utk nantinya akan saya susun istilah2 tsb sesuai dgn abjad pertamanya,,,,,, dan tentunya ditunggu juga saran dan kritik dari rekan2 semua,,,,,,
Salam,,,,,,
Mohon ampun klo salah (peace)
« Last Edit: February 18, 2011, 11:00:11 pm by yousouf rianto »


SELALU...
TAK ADA BATAS UNTUK KATA PUAS
Mohon Ampun Klo Salah, , ,

komunitas forumsatelit indonesia

Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« on: February 18, 2011, 10:14:35 pm »

Offline yousouf rianto

  • Ampuuuunnn,,,,,,,
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2528
  • Age: 33
  • Location: Wonogiri - Batusangkar - Padang - Kerinci
  • Date Registered: June 16, 2010, 12:51:14 am
  • Reputasi : 141
  • adventurisat
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.10 Firefox 3.6.10
    • Email
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #1 on: February 18, 2011, 10:22:19 pm »
A
Access
Kegiatan mengambil atau menyimpan data dari atau ke memori atau ke disk drive.
ACL (Access Control Unit)
Metode untuk membatasi penggunaan layanan secara selektif yaitu dengan membuat daftar layanan mana yang boleh diakses maupun yang tidak oleh host tertentu.
Address
Angka-angka yang menunjukkan lokasi di dalam memori sebagai tempat tersimpannya informasi.
ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines)
Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan Discrete Multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi.Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video.
ADSL berbasis DMT nampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL mempu menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi fiber optics.
Anti Virus
Program yang dibuat khusus untuk mendeteksi file di dalam suatu drive apakah terkena virus atau tidak. Program ini sekaligus menghilangkan virus tersebut.
Amplitudo
Tinggi rendahnya tegangan dari sebuah sinyal analog.
Application
Software yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu
Attach
Perintah untuk melacak dan memasukkan program ke dalam memori. Pada jaringan komputer berarti perintah untuk memasuki server dalam suatu jaringan.
Attachment
Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

B
Background
Warna atau gambar yang disusun untuk menciptakan efek latar belakang
Backup
Salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jaminan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya.
Bandwith
Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz. Jika dituliskan dalam Hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit per second. Sebagai contoh bila dituliskan dalam bit per second adalah 64 Kbps, yang artinya adalah 64 kilobit per detiknya atau 8 KiloBytes per detiknya. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan Internet yang sedang kita gunakan. Catatan 1Bytes = 8 bit
Banner
Bagian yang tidak bergerak dalam dokumen Web sekalipun kita menggulung scrollbar sampai ke akhir dokumen. Sekarang ini hanya Internet Explorer yang mendukung perintah banner.
Bar Code
Karakter numerik yang ditampilkan dalam bentuk balok-balok dengan bermacam-macam ketebalan.
BASE
Dasar dari sistem angka, merupakan jumlah angka yang dapat ditampilkan di dalam suatu sistem. Misalnya dasar dari sistem desimal adalah sepuluh, dasar dari sistem biner adalah dua, dasar dari sistem oktal adalah delapan, dasar dari sistem heksadesimal adalah enambelas, dst.
Beta
Dalam dunia pemrograman software, Beta adalah tahap akhir penyempurnaan software. Software yang masih berstatus Beta dimungkinkan masih memiliki “bug” di dalamnya.
BGP (Border Gateway Protocol)
Sebuah protokol yang menyediakan informasi sasaran yang dapat dijangkau router untuk berkomunikasi antar autonomous system.
Bit
Unit terkecil dari informasi. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memiliki dua keadaan, on atau off.
BITNET
Jaringan komputer dengan kecepatan dan biaya rendah yang dibuat untuk melayani kebutuhan jaringan di luar batas jaringan ARPANET. Menggunakan protokol store and forward untuk menyediakan layanan e-mail interaktif dan file transfer.
Black Hat
Hacker jahat, hacker black hat ini juga biasa disebut sebagai “aka crackers” dengan kemampuan mencuri data atau merusak sistem yang ada dalam komputer korban. Kelebihan black hat adalah kemampuannya untuk menghilangkan jejak hingga tidak bisa dilacak siapa sebenarnya pelaku serangan yang terjadi setelah tujuan tertentu mereka terpenuhi.
Bluetooth
Teknologi yang diciptakan untuk koneksi wireless jarak dekat (radius 10 meter). Teknologi ini menggunakan chip transceiver yang dirangkai pada mobile computer, telepon, dan peralatan portabel lainnya. Bluetooth menyediakan tiga voice dan kanal data melalui sebuah koneksi one-to-one dengan enkripsi built-in dan verifikasi.
Bps (Byte per second)
Satuan yang dipakai untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data di antara komputer, dihitung dari banyaknya bit yang dikirim per detik
Brightnes
Tombol pada monitor yang berfungsi untuk mengatur terang atau gelap cahaya pada layar.
Broad Band
Pada lingkungan LAN, alat ini menghubungkan komputer dengan sebuah kabel yang mampu membawa banyak sinyal dalam satu waktu; bahkan mampu membawa sinyal audio dan video.
Broad Band ISDN
Bentuk broad band dengan layanan terpadu, dengan kecepatan tinggi dan menggunakan serat optik sebagai media transmisi.
Koneksi yang sanggup menyediakan kecepatan (bandwith) yang melebihi 200 Kbps sampai pada satu mil terakhir jaringan koneksi, baik dari provider ke konsumen (downstream) atau dari konsumen ke provider (upstream). (Komisi Komunikasi Pemerintah Federal AS).
Broadband Channel
Saluran data yang berkecepatan tinggi dan data akan dibawa oleh sinyal berfrekuensi tinggi.
Broadcast
Pengiriman pesan ke seluruh titik dalam suatu jaringan.
Browse
Perintah dalam lingkungan Windows untuk menampilkan isi disk.
Browser
Program aplikasi yang digunakan untuk browsing.
Browsing
Aktivitas penjelajahan beberapa situs di Internet.
Bug
Kesalahan dalam program yang mengakibatkan jalannya program menjadi kurang baik.
Built-in
Istilah untuk menyatakan suatu alat yang telah terpasang/menyatu di dalam perangkat lain.
Bus
Sekumpulan kabel yang merupakan alat transportasi informasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasi tersebut dapat berupa data, perintah atau alamat.
Bus Topologi
Salah satu bentuk topologi jaringan. Semua simpul (node) memiliki kedudukan sama. Apabila salah satu simpul mengalami kerusakan maka sistem jaringan tidak akan terganggu.
Byte
Informasi dengan panjang 8 bit.
Byte Mode
Model pengiriman data yang dilakukan dengan cara mentransfernya byte demi byte.


C
Cabling System
Sistem pembagian kabel bagi seluruh unit dalam jaringan yang akan menghubungkan secara fisik semua stasiun dengan jaringan data LAN.
Cache
Berasal dari kata cash, dipergunakan untuk meningkatkan kecepatan transfer data baik secara sementara maupun permanen.
Cache Folder
Disebut juga Temporary Internet Files Folder adalah tempat penyimpanan sementara file-file dari webpages website tertentu yang telah didownload dari Internet oleh program webbrowser, untuk selanjutnya ditampilkan ke user. Hal ini untuk mempercepat webbrowser menampilkan webpages dari website tersebut.
Caldera (http://www.caldera.com)
Salah satu distro Linux, Caldera memaketkan produknya dalam 3 kategori : OpenLinux Lite, OpenLinux Base, dan OpenLinux Standard. Produk pertama merupakan versi evaluasi 90 hari. Produk kedua berisi semua paket Lite plus sistem operasi yang lengkap dan mudah diinstall dengan integrasi desktop, client server Internet, dan Intranet. Paket ketiga menyediakan semua paket Base plus komponen high-end dan beberapa perangkat lunak komersial.
Cancel
Digunakan untuk membatalkan perintah atau menggagalkan kegiatan yang sedang dikerjakan.
Casing
Wadah atau tempat melindungi
CD (Compact Disc)
Suatu piringan optik yang diisi dengan pengkodean laser, didisain untuk menyimpan sejumlah besar data. Ada banyak format CD yang tersedia untuk penggunaan bagi komputer.
CD Drive (Drive CD)
Suatu drive untuk merekam atau memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical) dan WORM (Write Once Read Many).
CD ROM (Compact Disc Read Only Memory)
Compact Disk yang tidak bisa dipakai untuk menulis ulang (dihapus atau ditambah); digunakan dalam penyimpanan data komputer.
CD RW
Sebuah Compact Disk yang selain dapat dipakai untuk dibaca juga dapat digunakan untuk menyimpan data dengan menulisnya menggunakan CD-RW Drive.
CDMA (Code Division Multiple Access)
Teknologi interface spread spectrum udara yang digunakan pada beberapa ponsel dan jaringan wireless lainnya.
CGI (Common Gateway Interface)
Satu set peraturan yang menerangkan bagaimana sebuah Web Server berkomunikasi dengan bagian-bagian lain dari mesin yang sama, dan sebaliknya. Setiap bagian dari sebuah software bisa jadi adalah sebuah program CGI, jika tugasnya adalah mengatur input dan output berdasarkan standard CGI.
Channel
Saluran untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang mampu menghubungkan CPU dengan peralatan lainnya.
Channel Service Unit
Sebuah alat pemroses sinyal digital yang berfungsi sebagai filter bagi sinyal yang dikirim ataupun diterima, sebagai buffer antara komputer pengguna danWAN, dan melakukan testing pada transmisi digital sehingga mencegah kesalahan dan kegagalan proses transmisi.
Character Oriented Protokol
Jenis protokol data link yang menggunakan kode tertentu yang sudah disepakati untuk mengirimkan informasi serta mengendalikan transmisi.
Chat
Layanan percakapan online yang biasa digunakan pengguna Internet untuk berbicara dengan pengguna lain. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini biasanya bisa melalui sebuah situs atau dengan meng-install sebuah aplikasi khusus untuk ber-chat-ria. Biasanya layanan ini digunakan untuk ajang kenalan, mencari teman baru, hingga menjadi solusi komunikasi yang murah dan mudah.
Chip
Bit kecil dari silikon yang merupakan inti dari sebuah IC (Integrated Circuit) atau sebutan untuk IC itu sendiri.
Chipset
Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor anda. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting. Chipset motherboard misalnya BX, i810, i820, dan banyak lagi lainnya.
CIF (Common Intermediate Format)
Standar format video yang digunakan dalam video conferencing. Format CIF ditentukan oleh resolusi dan standar resolusi horisontal dan vertikal original. CIF dikenal juga dengan nama Full CIF (FCIF).
Circuit Board
Sebuah papan sirkuit lengkap dengan komponen elektronik yang diletakkan dan disolder pada tempatnya.
Click
Istilah untuk mewakili pemilihan obyek/menu dengan menekan salah satu tombol
Client
Pada jaringan, client adalah sebuah software aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server.
Client
Sebutan untuk mengatur komputer dalam jaringan (node/simpul) yang mengambil data/informasi dari komputer lain (server).
Client-Server
Suatu bentuk arsitektur dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer ) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data dan keamanannya (server atau mainframe).
Coaxial Cable
Jenis kabel dengan inti dari tembaga dan dikelilingi oleh anyaman halus kabel tembaga lain, diantaranya terdapat isolator. Memiliki kemampuan membawa data dengan kecepatan tinggi, dapat memuat bandwith tinggi dan tahan terhadap gangguan (noise). Kabel koaksial dianggap memenuhi standar IEEE/ISO sebagai media transmisi pada sistem jaringan komputer.
Communication Network
Sejumlah unit fungsional yang saling dihubungkan dan memungkinkan unit-unit dalam jaringan saling berkomunikasi, tukar menukar data dan informasi.
Compatible
Istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan.
Compress
Proses pemampatan ukuran suatu file dengan jalan menghilangkan informasi-informasi ganda yang ada
Computer
Alat bantu pemrosesan data secara elektronik dan cara pemrosesan datanya berdasarkan urutan instruksi atau program yang tersimpan dalam memori masing-masing komputer.
Configuration
Metode penyusunan sistem atau bagian dari sistem berdasarkan sejumlah kemungkinan.
Convert
Perintah untuk mengubah suatu file menjadi format yang berbeda agar dapat dibaca oleh aplikasi yang bersangkutan.
Cookie
Informasi dalam bentuk teks yang dipertukarkan oleh client dan server (yang membuat cookie ini adalah server). Di dalam cookie terdapat informasi nama server yang memberikan, path cookie, isi cookienya dan tanggal kadaluarsanya.
Copy
Perintah untuk menyalin obyek, misalnya gambar, teks atau file ke dalam media penyimpan lain.
CPU (Central Processing Unit)
Pusat pengolahan masukan sehingga menghasilkan keluaran. Termasuk di sini adalah semua register, sirkuit aritmatik, unit pembanding, dsb.
Cracker
Orang yang memaksa masuk ke satu sistem komputer secara ilegal. Terkadang cracker mengganggu dan menimbulkan kerusakan pada sistem yang dimasuki.



SELALU...
TAK ADA BATAS UNTUK KATA PUAS
Mohon Ampun Klo Salah, , ,

Offline yousouf rianto

  • Ampuuuunnn,,,,,,,
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2528
  • Age: 33
  • Location: Wonogiri - Batusangkar - Padang - Kerinci
  • Date Registered: June 16, 2010, 12:51:14 am
  • Reputasi : 141
  • adventurisat
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.10 Firefox 3.6.10
    • Email
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #2 on: February 18, 2011, 10:27:09 pm »
D
D/A Converter
Alat yang mengubah informasi digital ke dalam bentuk analog.
Data
Kumpulan dari angka-angka maupun karakter-karakter yang tidak memilii arti. Data dapat diolah sehingga menghasilkan informasi.
Database
Sekumpulan file yang saling terkait dan membentuk suatu bangun data. Database minimal terdiri dari satu file yang cukup untuk dimanipulasi oleh komputer sedemikian rupa.
Data Rate
Ukuran kecepatan bit data dalam proses transmisi, dihitung dalam bit per detik.
Decimal
Sistem angka berbasis sepuluh (10) yang umum digunakan sehari-hari. Diawal penggunaan komputer, ada komputer yang disebut decimal machine karena di dalamnya menggunakan aritmatika desimal.
Decryption
Mengubah kembali hasil enkripsi ke bentuk aslinya sehingga informasi tersebut dapat dibaca.
Default
Hasil penyetelan tetap untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi.
Dial up
Jenis komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon biasa untuk bisa berhubungan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain, atau bisa juga berarti provider Internet yang memanfaatkan saluran telepon sebagai saluran utamanya. Hubungan ini hanya bersifat sementara.
Disk
Piringan tipis yang dilapisi bahan magnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlah data atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasi dipusatkan pada track.
Domain
Definisi dari alamat di Internet, yang juga merujuk ke sebuah negara di mana situs web tersebut digunakan. Misalnya co.id untuk Indonesia. Sedangkan co atau com untuk lembaga komersial dan net untuk lembaga yang berhubungan dengan Internet.
DOS (Disk Operating System)
Sebuah program yang mengawali proses kerja komputer. Fasilitas yang dimilikinya memungkinkan untuk menyalin file, menghapus tampilan dan mengani penempatan serta pemberian alamat pada data atau file ke dalam disk. DOS akan selalu tersimpan dalam memori komputer sehingga program lain dapat menggunakan rutin-rutin yang ada untuk operasi masukan/keluaran.
Download
Mengambil file atau mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya.
Driver
Software yang menjadikan sistem operasi bisa berkomunikasi dengan periferal atau alat lain,
DSL (Digital Subscriber Line)
Teknologi yang memungkinkan penggunaan bandwith yang tidak digunakan (unused bandwith) yang telah ada pada line telepon regular untuk mengirimkan data digital dengan cepat tanpa mengganggu layanan telepon analog yang digunakan. DSL yang sering disebut juga sebagai xDSL atau ADSL, menggunakan pengkabelan kawat telepon untuk mengirimkan data dari Internet ke PC maupun dari PC ke Internet.
DSL (Digital Subscriber Lines)
Metode untuk memindahkan data melalui line telepon biasa. Sirkuit DSL umumnya lebih cepat daripada sambungan telepon biasa, tetapi kabel sambungan yang dipakainya sama dengan kabel sambungan pada telepon biasa. Sebuah sirkuit DSL harus diset untuk menghubungkan dua lokasi spesifik, sehingga sistem kerjanya menyerupai leased line.
Kecepatan DSL tergantung dari jarak antara pelanggan dan kantor pusat layanan telekomunikasi. DSL terbagi menjadi dua jenis. Asymmetric DSL (ADSL) digunakan untuk sambungan Internet. Sedangkan Symmetric DSL (SDSL, HDSL, dll) digunakan untuk koneksi short haul yang membutuhkan kecepatan tinggi dari kedua belah pihak.

E
Edit
Kegiatan memodifikasi format suatu keluaran atau masukan dengan jalan menyisipkan atau menghapus karakter.
E-mail
Surat menyurat melalui Internet. Pengguna dapat saling bertukar berita. Berita-berita itu akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca berita yang ditujukan kepadanya kapan saja.
E-mail Address
Alamat yang dipakai pada proses pengiriman e-mail ke tujuannya. Alamat tersebut dibuat berdasarkan DNS.
Emoticon
Simbol yang dibuat dengan keyboard untuk menjelaskan emosi pengguna komputer yang bersangkutan dengan lambang-lambang.
Enabled
Perintah yang mengijinkan suatu alat atau item terpilih kembali berfungsi. Kebalikan dari disabled.
Encryption
Penerjemahan data menjadi kode rahasia. Enkripsi adalah cara yang paling efektip untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-enkrip, kita harus mempunyai akses terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-dekrip pesan tersebut. Data yang tidak di-enkrip disebut plain text, sedangkan yang di-enkrip disebut cipher text.
Error
Istilah untuk menunjukkan bahwa terdapat suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan hardware.

F
FAT (File Allocation Table)
Sistem yang dipakai Windows untuk menata file dalam harddisk. Windows 95 menggunakan FAT16. Windows 98 dan Me menggunakan FAT32, antara lain agar bisa menangani nama file yang lebih dari delapan karakter.
FAQ (Frequently Asked Question)
Dokumen yang berisi pertanyaan-pertanyaan umum pada satu masalah. Hampir semua homepage dan newsgroup yang bagus memiliki FAQ untuk memperkenalkan kepada pembaca atau pengunjung baru masalah hangat yang ada di tempat mereka dalam bentuk jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum yang sering dikemukakan.
Frequently Asked Question (FAQ)
Sejumlah pernyataan yang paling sering ditanyakan mengenai suatu masalah atau topik tertentu. Bagian ini dilengkapi pula dengan jawaban atas suatu solusi dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, sehingga membantu pengguna untuk lebih memahami masalah tersebut.
Fiber Optic Cable
Kabel serat optik memiliki kelebihan mampu menyalurkan data dengan kecepatan tinggi, bandwith sangat lebar dan tidak terpengaruh oleh sinyal elektromagnetik.
File
File terdiri dari sekumpulan record-record yang saling berhubungan. Setiap record memiliki nomor yang disesuaikan dengan posisinya dalam file.
Firmware
Software yang dituliskan ke dalam ROM, tidak dapat diganti-ganti tanpa pengubahan secara fisik. Misalnya untuk komputer yang mengendalikan proses produksi.
Fitur
Dari Feature, fungsi atau kemampuan khusus yang ada pada sebuah alat.
Folder
Pada lingkungan Graphical User Interface (GUI) seperti Windows dan Macintosh, folder adalah suatu objek yang dapat berisi beberapa dokumen. Folder digunakan untuk menata informasi. Pada DOS dan UNIX, folder disebut direktori (directory).
Font
Bentuk, model dan ukuran huruf pada sebuah program atau software.
Freeware
Software yang didistribusikan gratis kepada pemakai melalui Internet.
Frequency
Banyaknya gelombang sinyal analog yang muncul dalam satu detik.
FTP (File Transfer Protocol)
Protokol yang disediakan pada Internet untuk melakukan pengalihan file dari suatu tempat (site) di Internet ke komputer lokal.
FTP (File Transper Protocol)
Program yang memungkinkan kita memindahkan data di antara dua komputer yang berjauhan letaknya. Protokol yang dipakai pada Internet untuk mengirim file.

G
Gain
Perbandingan antara banyak sinyal yang dikeluarkan dengan jumlah sinyal semula (yang dimasukkan).
Gateway
Sebuah komputer yang melayani konversi protokol antara beberapa tipe yang berbeda dari suatu network atau program aplikasi. Sebagai contoh, sebuah gateway dapat meng-convert sebuah paket TCP/IP menjadi paket NetWare IPX atau dari Apple Talk menjadi DECnet, dan lain-lain.
GIF
Format file untuk menyimpan data berupa gambar. Format GIF dikembangkan pertama kali oleh Compuserve. Format GIF 89a dapat menyimpan beberapa gambar sekaligus dalam satu file untuk dijadikan animasi. File GIF terkompresi, sehingga sangat kecil dan sesuai untuk penggunaan di Internet.
Gigabyte
Suatu istilah untuk menyebutkan suatu citra yang memiliki warna abu-abu, alias hitam dan putih. Greyscale menunjukkan jumlah warna (dari abu-abu, hingga hitam – putih) yang ada dalam satu citra. Makin besar angka Grayscale, citra yang terbentuk makin mendekati kenyataan
GPRS (General Packet Radio Service)
Layanan komunikasi berbasis paket, tanpa kabel sebagai media komunikasi. Layanan ini diperuntukkan bagi komputer jinjing (notebook). Dasar dari GPRS adalah komunikasi GSM (Global System for Mobile Communication). Kecepatan yang ditawarkan mulai dari 56 Kbps sampai dengan 114 Kbps, memungkinkan untuk mengakses Internet dengan lebih cepat.
Grid
Titik-titik dalam form yang berfungsi sebagai pemandu programmer dalam mengatur posisi dan ukuran komponen saat proses perancangan antarmuka suatu aplikasi program menggunakan bahasa pemrograman berbasis pixel.
GSM (Global System for Mobile Communication)
Seluler digital atau standar PCS yang digunakan di seluruh dunia. GSM merupakan standar yang paling banyak digunakan di Eropa dan Asia Tenggara.

SELALU...
TAK ADA BATAS UNTUK KATA PUAS
Mohon Ampun Klo Salah, , ,

Offline yousouf rianto

  • Ampuuuunnn,,,,,,,
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2528
  • Age: 33
  • Location: Wonogiri - Batusangkar - Padang - Kerinci
  • Date Registered: June 16, 2010, 12:51:14 am
  • Reputasi : 141
  • adventurisat
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.10 Firefox 3.6.10
    • Email
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #3 on: February 18, 2011, 10:39:46 pm »
H
Hacker
Dalam dunia hacker atau underground orang-orang yang menjadi hacker biasanya akan melalui tahapan-tahapan.
Tahapan-tahapan tersebut adalah:
1. Mundane Person
Tingkatan paling bawah. Seseorang pada tingkatan ini pada dasarnya tidak tahu sama sekali tentang hacker dan cara-caranya, walaupun ia mungkin memiliki komputer sendiri dan akses Internet. Ia hanya tahu bahwa yang namanya hacker itu membobol sistem komputer dan melakukan hal-hal yang negatif (tindak kejahatan).
2. Lamer
Seseorang pada tingkatan ini masih dibingungkan oleh seluk beluk hacking karena ia berpikir bahwa melakukan hacking sama seperti cara-cara warez (dalam dunia underground berarti menggandakan perangkat lunak secara ilegal). Pengetahuannya tentang hal-hal seperti itu masih minim, tapi sudah mencoba belajar. Seseorang pada tingkatan ini sudah bisa mengirimkan trojan (yang dibuat orang lain) ke atau pada komputer orang lain ketika melakukan obrolan pada IRC atau ICQ dan menghapus file-file mereka. Padahal ia sendiri tidak tahu persis bagaimana trojan bekerja.
Seseorang yang sukses menjadi hacker biasanya bisa melalui tahapan ini dengan cepat bahkan melompatinya.
3. Wannabe
Pada tingkatan ini seseorang sudah mengetahui bahwa melakukan tindakan hack itu lebih dari sekedar menerobos masuk ke komputer orang lain. Ia lebih menganggap hal tersebut sebagai sebuah filsafat atau way of life. Akhirnya ia jadi ingin tahu lebih banyak lagi. Ia mulai mencari, membaca dan mempelajari tentang metode-metode hacking dari berbagai sumber.
4. Larva
Juga dikenal dengan sebutan newbie. Pada tingkatan ini ia sudah memiliki dasar-dasar teknik hacking. Ia akan mencoba menerobos masuk ke sistem orang lain hanya untuk mencoba apa yang sudah ia pelajari. Meskipun demikian, pada tingkatan ini ia mengerti bahwa ketika melakukan hacking ia tidak harus merusak sistem atau menghapus apa saja jika hal itu tidak diperlukan untuk menutupi jejaknya.
5. Hacker
Sebenarnya sulit untuk mengatakan tingkatan akhir atau final dari hacker telah tercapai, karena selalu saja ada sesuatu yang baru untuk dipelajari atau ditemukan (mengumpulkan informasi dan mempelajarinya dengan cermat merupakan dasar-dasar yang sama bagi seorang hacker) dan hal tersebut juga tergantung perasaan (feeling). Meskipun demikian, menjadi seorang hacker memang lebih menjurus pada hal pemikiran. [/spoiler]
(click to show/hide)
Homepage
Halaman pertama dari suatu Web Site.
Host
Istilah yang digunakan untuk menunjuk sebuah komputer yang memungkinkan penggunanya terhubung ke Internet.
HTML (Hyper Text Markup Language)
Format dokumen yang digunakan dalam World Wide Web (WWW). HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis, huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di Internet.
HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Sebuah metode atau protokol untuk mendowload file ke komputer. Protokol ini berbasis hyper text, sebuah format teks yang umum digunakan di Internet.
Hyperlink
Link atau sambungan ke sumber lain (bisa file atau halaman yang berbeda). Biasanya digunakan dalam membangun sebuah Web.

I

Icon
Sebuah lambang kecil berupa gambar yang tampak pada layar komputer. Biasanya dipakai untuk melambangkan dokumen atau program lain dan disk drive.
Internet
Istilah umum yang dipakai untuk menunjuk Network tingkat dunia yang terdiri dari komputer dan layanan servis atau sekitar 30 sampai 50 juta pemakai komputer dan puluhan sistem informasi termasuk e-mail, Gopher, FTP dan World Wide Web.
Internet Control Message Protocol (ICMP)
Protokol yang digunakan untuk mengatur perilaku IP. ICMP berperan membantu menstabilkan kondisi jaringan.
Internet-TV
Sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai media/alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui Internet.
Internet Sharing PC
Sebuah komputer yang menyimpan banyak sumber daya seperti file, data dan koneksi Internet yang bisa diakses oleh komputer lain yang terhubung ke jaringan.
IP address
Alamat numeric unik dari sebuah komputer di Internet. IP address komputer Anda sama dengan nomor telepon Anda sendiri dalam fungsinya.
ISDN (Integrated Services Digital Network)
Metoda standar transmisi data digital melalui jaringan telepon dengan kecepatan tinggi, lebih cepat dari sebuah modem biasa.
ISP (Internet Service Provider)
Perusahaan yang menawarkan dan menyediakan layanan akses Internet ke kalangan umum dengan mengenakan biaya. Contohnya : Telkomnet, Indosatnet, Centrin, Cbn, Wasantara, dll

J
Java
Bahasa pemrograman untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web, juga dapat dijalankan dalam semua komputer. Applet Java diambil/diakses dari halaman Web dan dijalankan secara total.
Java applet
Sebuah program Java yang didownload dari server dan dijalanan melalui program browser. Java Virtual Machine dibundle di dalam browser dan memberikan instruksinya.
JavaScript
Bahasa script interpreter untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web.
JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Format file yang memuat data berupa gambar. Gambar JPEG terkompresi secara lossy, sehingga kualitas gambar diturunkan untuk mendapatkan ukuran file yang kecil. Walaupun demikian perbedaan kualitas tersebut tidak akan dapat terlihat untuk gambar-gambar tertentu. JPEG biasanya digunakan untuk gambar-gambar yang tidak jelas batas warnanya, seperti foto, lukisan, dll.

K
Kabel
Kawat (penghantar arus listrik) berbungkus karet, plastik, dsb
Kbit/s (Kilobits per Second)
Ukuran untuk transfer data atau kecepatan modem. Kebanyakan modem komputer men-download informasi pada kecepatan 56 Kbit/s. Digunakan untuk mengekspresikan kecepatan transfer data di dalam jaringan. Satu kilobit sama dengan 1000 bit.
KBps
Kilobytes per second.
Koordinat
Bilangan yg dipakai untuk menunjukkan lokasi suatu titik dl garis, permukaan, atau ruang
KHz
Satuan unit frekuensi yang sama dengan 1000 siklus per detik.

L
LAN
Sebuah jaringan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti di rumah ataupun gedung perkantoran. Bisa diartikan juga sebagai sebuah sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed antara 2 hingga 100 Mbps.
LCD (Liquid Crystal Display)
Jenis tampilan layar yang menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. Bila medan listrik diberikan, molekul menyesuaikan posisinya pada medan, membentuk susunan kristalin yang mempolarisasi cahaya yang melaluinya.
LED (Light Emitting Diode)
Sebuah lampu kecil yang digunakan sebagai penanda atau pointer.
Link
Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain. Misalnya dalam sistem networking atau Internet.
Load Time
Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil/membuka halaman Web pada komputer.
Login
Proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.
Log out
Keluar atau menutup, sama artinya dengan sign out.
Lpd (Linux Printing Daemon)
Untuk menjalankan aplikasi printer di Linux.

SELALU...
TAK ADA BATAS UNTUK KATA PUAS
Mohon Ampun Klo Salah, , ,

Offline yousouf rianto

  • Ampuuuunnn,,,,,,,
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2528
  • Age: 33
  • Location: Wonogiri - Batusangkar - Padang - Kerinci
  • Date Registered: June 16, 2010, 12:51:14 am
  • Reputasi : 141
  • adventurisat
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.10 Firefox 3.6.10
    • Email
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #4 on: February 18, 2011, 10:47:52 pm »
M
MAC
Singkatan dari Macintosh, keluarga PC dari Apple yang diperkenalkan sejak 1984. MAC merupakan komputer pertama yang mempopulerkan penggunaan Graphical User Interface (GUI), arsitektur hardwarenya memungkinkan kemudahan dan konsistensi penggunaan. MAC yang pertama memakai power Motorola 32 bit 680 x 0 CPU. Pada 1994 Apple memperkenalkan Power Macs yang menggunakan chip Power PC CPU. Dengan Insignia Solution softwindows, DOS dan window dapat diaplikasikan pada Power Macs.
Member
Anggota. Member ID = identitas anggota, member name = nama anggota.
Modem (MOdulation/DEModulation)
Sebuah perangkat yang menerjemahkan informasi digital ke sinyal analog dan sebaliknya.
Movie
Kumpulan beberapa scene. Movie berisi scene, object, effect, dan action karena semua unsure inilah sebenarnya yang membentuk animasi pada movie.
MP3
Sebuah file ekstensi yang diasosiasikan kepada Mpeg Audio Layer 3. Jenis file ini memungkinkan penyimpanan file audio/musik dalam ukuran byte yang relatif kecil tanpa berkurangnya kualitas yang berarti.
MPEG (Motion Picture Expert Group)
Suatu standard dan format file untuk video bergerak.
Multimedia
Sistem dokumen, dll yang mengkombinasikan teks, grafik, suara, film atau media lain.

N
Network
Sekelompok komputer yang terhubung yang bisa saling berbagi sumber daya (seperti printer atau modem) dan data.
Network Service Provider
Service provider yang mencakup perusahaan telekomunikasi, data carriers, ISP, Wireless-communication Service Provider dan operator cable yang menawarkan sambungan berkecepatan tinggi

O

P
PCI (Peripheral Component Interconnect)
Periferal bus yang umum digunakan pada PC, Macintosh dan workstation. Pertama kali didesain oleh Intel dan muncul di pasaran pada akhir 1993. PCI menyediakan jalur transfer data cepat antara CPU dengan komponen-komponen periferal lain di PC seperti video, disket, jaringan dan lain-lain.
PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association)
PCMCIA dikenal juga dengan nama PC-Card.
Peer to Peer
Suatu model komunikasi dua arah antar pengguna PC melalui jaringan komputer atau Internet tanpa melalui sebuah server. Dalam model ini, tiap pesertanya memiliki kapabilitas yang sama dan tidak seorangpun dari peserta dapat memulai suatu sesi komunikasi tersendiri
Pitch
Dot pitch merujuk pada jarak, dalam milimeter, antara titik-titik yang berdampingan dan sama warnanya pada monitor. Umumnya, kalau jaraknya semakin dekat maka gambarnya jadi semakin tajam, jadi semakin rendah dot pitch semakin bagus.
Pixel
Picture Element, elemen terkecil citra digital yang bisa dilihat mata. Sensor citra secara fisik (dua dimensi) dibuat dari rangkaian ribuan sel yang peka cahaya. Tiap sel disebut pixel, bagi monitor atau display komputer, pixel adalah titik-titik cahaya yang membentuk suatu objek di layar komputer. Makin banyak jumlah pixel dalam suatu citra, makin besar resolusi spatial citra tersebut.
Platform
Dasar penopang sistem kerja suatu komputer.
Protokol
Suatu kesepakatan mengenai bagaimana komunikasi akan dilakukan (Tanenbaum, 1992).
Provider
Perusahaan yang biasanya melayani pembuatan website, mengatur penempatannya di dunia cyber (termasuk juga maintenance dan penyediaan akses Internet) juga membantu dari segi promosi agar website tersebut dikunjungi oleh pengguna Internet.
Proxy Server
Proxy server bekerja dengan menjembatani komputer ke Internet. Program Internet seperti browser, download manager dan lain-lain berhubungan dengan proxy server, dan proxy server tersebut yang akan berkomunikasi dengan server lain di Internet.

Q

R
RAMDAC (Random Acces Memory Digital to Analog Converter)
Chip pengontrol VGA yang mengatur color pallete dan convert data dari memori ke sinyal analog di monitor.
RDRAM
Sebuah teknologi chip dinamis dari Rambus, Inc. Produk ini memiliki lisensi khusus untuk teknologi semi konduktor yang memproduksi chip. Pada 1995 diperkenalkan chip dasar dengan kecepatan 600 MBytes/sec. Pada 1997, Concurrent RDRAM mengalami peningkatan kecepatan hingga 700 MBps, dan pada 1998, Direct RDRAM mencapai kecepatan 1,6 GBps. Concurrent RDRAMs banyak dipergunakan pada video games, sementara Direct RDRAM biasa dipakai pada komputer.
Resize

Mengubah resolusi atau ukuran horizontal dan vertika suatu citra.
Resolusi
Jumlah detail yang ditunjukkan dalam gambar, baik di layar monitor atau hasil cetakan. Untuk monitor atau webcam, adalah jumlah pixel yang bisa di-display (biasanya 1.024x768 untuk monitor 17 inchi).
RJ-11 Connector
Konektor telepon standar yang dipasang ke jack yang biasanya dipasang di dinding untuk mendapatkan sambungan telepon. Konektor ini bisa digunakan untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan PCnet-Home.
RJ-45 Connector
SELALU...
TAK ADA BATAS UNTUK KATA PUAS
Mohon Ampun Klo Salah, , ,

Offline yousouf rianto

  • Ampuuuunnn,,,,,,,
  • Up Level
  • Guru
  • ********
  • Posts: 2528
  • Age: 33
  • Location: Wonogiri - Batusangkar - Padang - Kerinci
  • Date Registered: June 16, 2010, 12:51:14 am
  • Reputasi : 141
  • adventurisat
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.10 Firefox 3.6.10
    • Email
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #5 on: February 18, 2011, 10:56:00 pm »
T
Tag
Kode HTML yang digunakan untuk menunjukkan jenis teks, link, grafik atau elemen HTML lainnya.
Taskbar
Sebuah on-screen toolbar pada layar yang menunjukkan task atau aplikasi yang sedang aktif/berjalan. Jika kita mengklik tombol taskbar, hal ini akan mengakibatkan aplikasi yang sedang berjalan kembali pada startup-nya/posisi awalnya.
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Protokol komunikasi yang mula-mula dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS. TCP/IP menyediakan jalur transportasi data sehingga sejumlah data yang dikirim oleh suatu server dapat diterima oleh server yang lain. TCP/IP merupakan protokol yang memungkinkan sistem di seluruh dunia berkomunikasi pada jaringan tunggal yang disebut Internet
Teleconferencing
Konferensi (rapat) jarak jauh atau komunikasi interaktif antara tiga orang atau lebih yang terpisah jauh secara geogafis.
Template
Dokumen berisikan model-model tampilan yang muncul pada saat proses pembuatan dokumen lain.
Theme
Kesatuan visual unik yang terdiri atas warna, huruf, gambar dan suara, dalam sebuah aplikasi.
Thread
Sebuah artikel yang ditempatkan ke sebuah Usenet newsgroup bersama-sama dengan semua artikel yang mengikutinya, artikel yang mengikutinya, dan seterusnya. Mengelola artikel-artilkel menjadi thread menyebabkannya menjadi lebih mudah memilih artikel di sebuah newsgroup yang ingin dibaca.
Trojan Horse
Sebuah aplikasi yang didesain untuk melakukan sebuah kecurangan namun terselubung dengan kebaikan. Biasanya metode yang dipakai adalah dengan menyelipkan (attach file lewat e-mail) sebuah file tertentu yang mengandung Trojan Horse namun dengan kemasan menarik. Kalau Trojan Horse berhasil menginfeksi maka bisa dipastikan hacker bisa mendapat akses tak terhingga ke komputer korban. Tiga jenis Trojan Horse yang popular digunakan adalah Bac Orifice, NetBus, dan SubSeven.
Trustix (http://www.trustix.com)
Salah satu distro Linux, Trustix dengan produk Trustix Secure Linux (TSL) adalah distro yang memposisikan diri untuk server dan memprioritaskan pada masalah keamanan. Digunakan oleh puluhan ribu pengguna di seluruh dunia. Dapat diperoleh secara gratis di websitenya, atau belanja online).
Trustix Merdeka (http://medeka.trustix.co.id)
Salah satu distro Linux, dari namanya, distro ini ditujukan bagi pengguna Indonesia, berbasis dari TSL. Secara keseluruhan telah memakai bahasa Indonesia, misalnya pada menu KDEnya.
Tutorial
Program petunjuk untuk menjalankan sebuah aplikasi.

U
Upload
Proses mentransfer informasi dari sebuah komputer ke komputer lain/server melalui Internet.
URL (Uniform Resource Locator)
Sebuah alamat yang menunjukkan rute ke file pada Web atau pada fasilitas Internet yang lain. URL diketikkan pada browser untuk mengakses suatu situs Web.
USB (Universal Serial Bus)
Socket yang terdapat di semua PC model baru untuk koneksi perangkat-perangkat USB. USB mendukung instalasi yang mudah dengan system Plug and Play, dan secara bertahap menggantikan port serial dan pararel yang lama. Perangkat USB meliputi scanner, modem dan printer.

V
V.32
Protokol yang digunakan modem untuk mentransfer data dengan kecepatan maksimum 9600 bps.
V.32bis
Protokol yang digunakan modem untuk mentransfer data dengan kecepatan maksimum 28800 bps.
V.34
Protokol yang digunakan modem untuk mentransfer data dengan kecepatan maksimum 28800 bps.
V.42
Standard ITU (1989) untuk mengecek terjadinya error (kesalahan) pada modem yang menggunakan LAP-M sebagai protokol utama dan MNP Classes 2 through sebagai protokol alternatif.
V.42bis
Protokol yang digunakan modem untuk mengkompresi data sampai maksimum empat kali lebih kecil.
V.90
Standard ITU (1988) untuk modem yang bekerja pada downstream kecepatan 56 Kbps dan upstream kecepatan 33.6 Kbps.
VSAT (Very Small Aperture Terminal)
VSAT kependekan dari Very Small Aperture Terminal, sebuah terminal yang digunakan dalam komunikasi data satelit, suara dan sinyal video, tidak termasuk broadcast televisi. VSAT terdiri dari dua bagian, sebuah transceiver yang ditempatkan di luar (out doors) yang dapat langsung terjangkau oleh satelit dan sebuah alat yang di tempatkan di dalam ruangan yang menghubungkan transceiver dengan alat komunikasi para pengguna, PC misalnya. Transceiver menerima dan mengirim sinyal ke transponder satelit di langit. Satelit mengirim dan menerima sinyal dari sebuah ground station komputer yang berfungsi sebagai hub untuk sistem tersebut. Masing-masing komputer pengguna terhubungkan oleh hub ke satelit, membentuk sebuah topologi bintang (star topology). Hub tersebut mengatur keseluruhan operasional network. Agar sebuah komputer pengguna dapat melakukan komunikasi dengan lainnya, transmisinya harus terhubung dengan hub yang kemudian mentransmisikan kembali ke satelit, setelah itu baru dikomunikasikan dengan komputer pengguna VSAT yang lain.
Sistem ini mengadopsi teknologi TDM dan TDMA. Umumnya konfigurasi VSAT adalah seperti bintang.
Virtual Circuit
Proses pemesanan bandwith atau memori serta perjanjian terlebih dahulu antara pihak pengirim dan penerima paket TCP.
VPN (Virtual Private Network)
Suatu jaringan yang menggunakan fasilitas jaringan publik/umum tetapi mempunyai policy seperti pada jaringan privat/pribadi. Pengguna dapat menikmati fasilitas-fasilitas yang ada pada jaringan privat seperti tingkat security yang tinggi, quality of service (QoS), kemudahan manajemen dan tingkat kepercayaan yang tinggi. Secara garis besar, VPN dibagi menjadi dua (2) kategori yaitu Dial VPN dan Dedicated VPN. Dial VPN terdiri dari Access VPN, sedangkan Dedicated VPN terbagi menjadi Intranet VPN dan Extranet VPN. Secara garis besar, VPN akan memberikan keuntungan-keuntungan seperti jaminan keamanan untuk koneksi end-to-end, peningkatan connectivity, pengurangan biaya dan pengaturan prioritas dari suatu aplikasi.
Tipe-tipe VPN:
(click to show/hide)
VPN mempunyai empat (4) komponen pendukung, yang terdiri dari Security, Quality of Service (QoS), Management, dan Reliability.
VRAM (Video RAM)
Tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan chips DRAM yang konvensional.


W

WAP (Wireless Application Protocol)
Merupakan standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan handphone). WAP merupakan hasil kerjasama antara industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard). WAP berbasis pada standar Internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless, seperti kebutuhan kompresi data, long latency dan keterbatasan bandwith, serta keterbatasan perangkat wireless. Disain dari informasi yang dikirimkan melalui WAP biasanya menggunakan format WML (Wireless Markup Language). WML ini mirip HTML, hanya lebih spesifik untuk perangkat wireless yang memiliki keterbatasan seperti di atas.
Wireless LAN (Wireless Local Area Network)
Teknologi komunikasi data dengan tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan antara klien dan server. Secara umum teknologi Wireless LAN hampir sama dengan teknologi jaringan komputer yang menggunakan kabel (Wire LAN atau Local Area Network). Teknologi Wireless LAN ada yang menggunakan frekuensi radio untuk mengirim dan menerima data yang tentunya mengurangi kebutuhan atau ketergantungan hubungan melalui kabel. Akibatnya pengguna mempunyai mobilitas atau fleksibilitas yang tinggi dan tidak tergantung pada suatu tempat atau lokasi. Teknologi Wireless LAN juga memungkinkan untuk membentuk jaringan komputer yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh jaringan komputer yang menggunakan kabel.
Web Hosting
Penyediaan ruang untuk menyimpan halaman web oleh pemilik komputer/server, yang dapat diakses 24 jam via Internet.
Web Server
Perangkat keras dan perangkat lunak yang dipakai untuk menyimpan dan mengirim dokumen HTML untuk digunakan dalam World Wide Web.
Web Site
Suatu koleksi dokumen HTML pribadi atau perusahaan dalam server Web. Sebuah server Web dapat berisi lebih dari satu situs.
Webcam
Kamera video yang didesain untuk berhubungan dengan PC. Kamera bisa digunakan untuk merekam klip video yang bisa dikirim lewat e-mail atau untuk mentransmisikan gambar secara langsung di Internet untuk keperluan video conferencing.
WWW (World Wide Web)
Servis Internet yang dapat me-link dengan dokumen multimedia bersama dengan HyperText. Pemakai dapat melompat aantara dokumen dengan menggunakan link untuk melihat text, grafik, video dan media lainnya.

X
XML (Extensible Markup Language)
XML termasuk dalam keluarga Markup Language seperti halnya HTML atau WML. Namun dengan XML, kita bisa mendefinisikan custom tag sendiri. Misalnya :
<UPN>
<Informatika>
... ..
</Informatika>
</UPN>
Pada XML, untuk menjelaskan apakah sebuah tag itu valid atau tidak, kita bisa menggunakan DTD (Document Type Definition). DTD juga menjelaskan struktur dari dokumen XML. Kemudian untuk menjelaskan arti-arti dari tag yang dibuat, dapat digunakan stylesheet, yaitu XSL (Extensible Stylesheet Language).

Y

Z
Zip
ZIP merupakan format kompresi yang umum digunakan di dunia MS-DOS dan Windows. Beberapa berkas dapat digabungkan menjadi satu dan dikecilkan ukurannya dalam satu berkas ZIP (zip file). Ada beberapa program untuk memanipulasi berkas ZIP ini, antara lain:
􀀹PKZIP dan PKUNZIP (shareware untuk MS-DOS)
􀀹WinZip (untuk Windows 95)
􀀹zip dan unzip (gratis untuk UNIX)
SELALU...
TAK ADA BATAS UNTUK KATA PUAS
Mohon Ampun Klo Salah, , ,

Offline ocan ponsel

  • Baru Daftar
  • Posts: 6
  • Date Registered: April 12, 2011, 09:45:40 am
  • Reputasi : 0
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Opera 9.80 Opera 9.80
    • Email
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #6 on: April 18, 2011, 08:00:06 pm »
newbei ,,,thanks sebelumnya pak boss....

Offline Matra

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 783
  • Location: Kep. Bangka Belitung
  • Date Registered: February 15, 2010, 01:32:38 pm
  • Reputasi : 72
  • the Anfield gank
  • OS:
  • Java Platform Micro Edition Java Platform Micro Edition
  • Browser:
  • Opera 9.80 (Opera Mini 4.2.15410Mod.by.Handler) Opera 9.80 (Opera Mini 4.2.15410Mod.by.Handler)
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #7 on: April 18, 2011, 10:34:02 pm »
@yousouf
 >>/ >>/ >>/

"Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata"

Offline atrinov

  • Pengembara
  • Posts: 13
  • Date Registered: April 23, 2011, 12:33:14 pm
  • Reputasi : 0
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.16 Firefox 3.6.16
    • Email
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #8 on: April 27, 2011, 04:28:37 pm »
tambahan

utk RJ 15 biasanya terdiri dari 2 pin
utk RJ 45 terdiri dari 8 pin. dimana dri 8 pin tsb hanya 4 pin yang digunakan untuk Tx - Rx, yaitu pin 1, 2, 3, 6

Offline atrinov

  • Pengembara
  • Posts: 13
  • Date Registered: April 23, 2011, 12:33:14 pm
  • Reputasi : 0
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.16 Firefox 3.6.16
    • Email
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #9 on: April 27, 2011, 04:31:36 pm »
BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

   1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
   2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
   3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
   4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Offline aco

  • Murid
  • **
  • Posts: 163
  • Age: 32
  • Location: sumbawa-NTB
  • Date Registered: November 19, 2009, 09:15:47 pm
  • Reputasi : 2
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.6.13 Firefox 3.6.13
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #10 on: June 03, 2011, 04:59:38 pm »
(top) (top) (top), untuk nambah ilmu
masih ingin banyak belajar dari guru & master

Offline hendroputradi

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 94
  • Date Registered: January 13, 2010, 11:10:15 am
  • Reputasi : 3
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 4.0.1 Firefox 4.0.1
    • Email
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #11 on: June 14, 2011, 10:02:59 am »
thanks atas informasinya bro......... (top) (top) (top)

Offline venlysumampouw

  • Murid
  • **
  • Posts: 178
  • Age: 2010
  • Location: manado
  • Date Registered: March 22, 2009, 03:18:11 pm
  • Reputasi : -20
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 3.5.5 Firefox 3.5.5
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #12 on: June 16, 2011, 11:30:31 pm »
UDP = User Data Protokol.UDP adalah protokol alternatif dari TCP/IP yg berjalan di atas internet protokol[IP] dan kadang disebut sebagai UDP/IP.UDP tdk membagikan trensmisinya dlm bentuk packet,yg membuatnya bisa mengirimkan data lebih cepat.UDP jga tdk melakukan error checking seperti yg di lakukan oleh TCP.
SQL = Structured Query Language.salah satu type dari programing language yg di pergunakan utk membuat database query dan jga melakukan pembaruan dan perawatan pda relational database.
SCRIPT = suatu program kecil yg mengandung beberapa rangkaian instruksi.script biasanya berjalan setelah aplication program di mulai dan di tulis dgn mempergunakan suatu programing language yg spesifik.

Offline hendroputradi

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 94
  • Date Registered: January 13, 2010, 11:10:15 am
  • Reputasi : 3
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • MS Internet Explorer 6.0 MS Internet Explorer 6.0
    • Email
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #13 on: July 27, 2011, 02:24:26 am »
salam kenal rekan-rekan para master,
bro atrinov,,,, gimana cara penggaturan bios sebelum kita
meng instal pc....?
mohon bantuannya thank.

forsat

  • Guest
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #14 on: July 27, 2011, 09:45:17 am »
salam kenal rekan-rekan para master,
bro atrinov,,,, gimana cara penggaturan bios sebelum kita
meng instal pc....?
mohon bantuannya thank.
Pake pengaturan Default aja Bro...jika mau Fresh Instal arahkan Boot1 nya ke media DVD SATA/IDE

Offline hendroputradi

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 94
  • Date Registered: January 13, 2010, 11:10:15 am
  • Reputasi : 3
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 Windows 7/Server 2008
  • Browser:
  • Firefox 6.0.2 Firefox 6.0.2
    • Email
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #15 on: September 24, 2011, 01:11:50 am »
salam kenal rekan-rekan para master,
bro atrinov,,,, gimana cara penggaturan bios sebelum kita
meng instal pc....?
mohon bantuannya thank.
Pake pengaturan Default aja Bro...jika mau Fresh Instal arahkan Boot1 nya ke media DVD SATA/IDE
thanks atas informasinya bro jezz............

Offline bilqiz

  • Biarin aja msh
  • Murid
  • **
  • Posts: 133
  • Date Registered: December 17, 2011, 01:56:46 am
  • Reputasi : 1
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Chrome 15.0.854.0 Chrome 15.0.854.0
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #16 on: January 12, 2012, 12:07:47 am »
 (top) Tambah ilmu....
- - - - - Tak punya apa - apa Bang - - - - -                   - - - - - Tak punya apa - apa Bang - - - - -

Offline punggowo

  • Anggota CSAT v.1
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1728
  • Date Registered: February 14, 2012, 10:19:52 pm
  • Reputasi : 423
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Browser:
  • Firefox 17.0 Firefox 17.0
Re: Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #17 on: February 11, 2013, 12:40:53 am »
MHL ( Mobile High-Definition Link )

Merupakan standar industri untuk audio / video interface yang memungkinkan konsumen untuk menghubungkan ponsel ataupun perangkat elektronik portabel consumer elektronik (CE) dan menampilkannya ke televisi definisi tinggi (HDTV).
Standar MHL mendukung hingga resolusi 1080p/60 video definisi tinggi (HD) dan audio surround sound 7.1


Offline punggowo

  • Anggota CSAT v.1
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1728
  • Date Registered: February 14, 2012, 10:19:52 pm
  • Reputasi : 423
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Browser:
  • Firefox 17.0 Firefox 17.0
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #18 on: February 12, 2013, 08:41:54 am »
ADSL ( Asymmetric Digital Subscriber Line )

Suatu teknologi yang memungkinkan pengguna internet memperoleh akses berkecepatan tinggi menggunakan jaringan telepon yang telah ada.

Codec ( Coder Decoder)

Sebuah perangkat sirkuit elektronik atau perangkat lunak yang mengubah sinyal analog seperti video dan / atau sinyal suara kedalam bentuk digital dan sebaliknya. Biasanya juga mencakup teknologi kompresi digital untuk kebutuhan efisiensi.

cHTML ( Compact Hyper Text Markup Language )

Sebuah versi sederhana dari HTML yang digunakan untuk membuat halaman web untuk suatu layanan, biasnya untuk ponsel.

OCR ( Optical Character Recognition )

Kemanpuan yang dimiliki program khusus untuk membaca dan mengubah materi teks pada file objek gambar menjadi file teks biasa. Contoh software OCR adalah OmniPage.

SQL ( Structure Query Language )

Merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyusun query database ataupun tugas-tugas pengelolaan lain yang berkaitan dengan database.
 

Offline punggowo

  • Anggota CSAT v.1
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1728
  • Date Registered: February 14, 2012, 10:19:52 pm
  • Reputasi : 423
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Browser:
  • Firefox 18.0 Firefox 18.0
Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #19 on: February 16, 2013, 01:07:29 am »
DLNA (Digital Living Network Aliance )

Standar ini akan memampukan pengguna melakukan sharing media digital berupa musik, foto serta video antar perangkat seperti komputer, TV, printer, kamera dan perangkat multimedia lainnya. Pada dasarnya DLNA menggunakan prinsip streaming untuk memainkan file video, musik, maupun gambar. Oleh karena itu ,, kecepatan yang mampu diberikan ,, berperan sangat penting untuk kenyamanan penggunanya saat memainkan file multimedia,,.

komunitas forumsatelit indonesia

Re: Kumpulan Istilah Seputar Komputer & Networking
« Reply #19 on: February 16, 2013, 01:07:29 am »