Author Topic: Istilah-istilah Seputar Dunia Persatelitan  (Read 84505 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline adoel90

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 92
  • Date Registered: October 13, 2014, 09:46:33 am
  • Reputasi : 7
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 45.0 Firefox 45.0
Re: Istilah-istilah Seputar Dunia Persatelitan
« Reply #60 on: May 03, 2016, 01:10:39 pm »
mumpung ada yg lagi bahas, saya ada rencana mau tracking chinasat 11 pke dish pay tv, secara letak satelit harusnya dish di arahkan kebarat (tkp saya di jawa), apakah ada kemungkinan klo diarahkan ke timur, karena klo dish kearah barat kehalang tembok bangunan tinggi, mohon pencerahannya

cuma pendapat... untuk posisi 98E ( chinasat 11) menggunakan ofset dish, arah dish bisa saja seolah olah menghadap kebarat( lnb sebelah timur, tampak seperti menghadap ke 120E).tapi sebenarnya arah sinyal tetap dari posisi 98E. sama dengan jika lnb sebelah barat dish,arah dish seolah2 ke 76E padahal arah sinyal tetap dari 98E. jadi tetap patokan arahnya agak ke arah barat.Misal saya jawa barat posisi 106 BT, arah 98E cuma miring 8 derajat dari tegak lurus.mangga di koreksi...

Offline Nuna80

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 57
  • Location: Yogyakarta Lantai 2
  • Date Registered: March 13, 2016, 01:10:11 am
  • Reputasi : 3
  • OS:
  • Linux ( Android) Linux ( Android)
  • Browser:
  • Chrome 50.0.2661.89 Chrome 50.0.2661.89
Re: Re: Istilah-istilah Seputar Dunia Persatelitan
« Reply #61 on: May 03, 2016, 03:38:36 pm »
 
CMiIw
Acuan 0 derajatnya dari greenwhich.. GW ke timurnya angkanya makin besar untuk E, GW ke barat angkanya makin besar untuk W...
Cek di satbeams.com/footprint
[/quote]

Wih...tambah ilmu lg. Ternyata 0 itu acuannya dr Greenwich mastah. Hehehe....baru tau. Sy kira dr khatulistiwa..
Nah maksd sya "acuan di Indonesia" adalah kita berada di Indonesia. Jadi kalau kita posisi di Indonesia, signa satelit yg kemungkinan bisa kita dpt adalah dr 0E -180E. Betul kan pemahaman sy? Trus utk besar derajatnya (posisi di Indonesia) semakin ke barat derajat makin kecil, semakin ke timur mkin besar. Jadi misal kita baca koordinat posisi satelit di lyngsat ABS 2 : 75E. Berarti posisi dish menghadap ke barat (saya posisi di Jogja). Tp yg di ujung barat Indonesia dish mungkin agak tegak. Semoga pemahaman sy tidak keliru. Klo ada yg salah mohon koreksinya
Satu-satunya HARTA yang tidak pernah habis karena dibagi adalah ILMU

Offline Abah @rif

  • Mohon maaf Bukan
  • Forum Moderator
  • Guru
  • *****
  • Posts: 2388
  • Location: kadang di tangerang kadang di subang
  • Date Registered: September 04, 2014, 12:01:49 pm
  • Reputasi : 167
  • OS:
  • Windows NT 10.0 Windows NT 10.0
  • Browser:
  • Firefox 38.0 Firefox 38.0
Re: Re: Istilah-istilah Seputar Dunia Persatelitan
« Reply #62 on: May 03, 2016, 05:47:00 pm »

CMiIw
Acuan 0 derajatnya dari greenwhich.. GW ke timurnya angkanya makin besar untuk E, GW ke barat angkanya makin besar untuk W...
Cek di satbeams.com/footprint


Wih...tambah ilmu lg. Ternyata 0 itu acuannya dr Greenwich mastah. Hehehe....baru tau. Sy kira dr khatulistiwa..
Nah maksd sya "acuan di Indonesia" adalah kita berada di Indonesia. Jadi kalau kita posisi di Indonesia, signa satelit yg kemungkinan bisa kita dpt adalah dr 0E -180E. Betul kan pemahaman sy? Trus utk besar derajatnya (posisi di Indonesia) semakin ke barat derajat makin kecil, semakin ke timur mkin besar. Jadi misal kita baca koordinat posisi satelit di lyngsat ABS 2 : 75E. Berarti posisi dish menghadap ke barat (saya posisi di Jogja). Tp yg di ujung barat Indonesia dish mungkin agak tegak. Semoga pemahaman sy tidak keliru. Klo ada yg salah mohon koreksinya


berikut sy copaskan data berdasarkan hasil dari situs http://www.dishpointer.com/

ini hanya hasil secara teori dengan mengabaikan beam dan ukuran dish

Address: Aceh
Latitude: 4.6951
Longitude: 96.7494

Satellite: 172E AMC-23
Elevation: 6.0
Azimuth (true): 91.2
Azimuth (magn.): 92.4

Satellite: 16.8E TIANLIAN 1-03
Elevation: 1.3
Azimuth (true): 269.2
Azimuth (magn.): 270.4

berdasarkan data tersebut di lokasi aceh satelit paling barat yg bisa diteima adalah satelit di posisi => 16.8E TIANLIAN 1-03 , sedangkan untuk yg paling timur yg bisa diterima di aceh adalah => Satellite: 172E AMC-23    (dengan melihat elevasi dish yg mengarah ke sat tersebut )

Address: jayapura , papua
Latitude: -2.5916
Longitude: 140.6690

Satellite: 62E INTELSAT 902 (IS-902)
Elevation: 2.6
Azimuth (true): 270.5
Azimuth (magn.): 266.6

Satellite: 139W AMC-8 (GE-8)
Elevation: 1.0
Azimuth (true): 89.6
Azimuth (magn.): 85.7

berdasarkan data tersebut di lokasi  jayapura , papua,   satelit paling barat yg bisa diteima adalah satelit di posisi => Satellite: 62E INTELSAT 902 (IS-902) , sedangkan untuk yg paling timur yg bisa diterima di  jayapura , papua adalah => Satellite: 139W AMC-8 (GE-8)    (dengan melihat elevasi dish yg mengarah ke sat tersebut )

silahkan simpulkan sendiri :D

Biar Ndak kaku Canda dikit  

Offline Nuna80

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 57
  • Location: Yogyakarta Lantai 2
  • Date Registered: March 13, 2016, 01:10:11 am
  • Reputasi : 3
  • OS:
  • Linux ( Android) Linux ( Android)
  • Browser:
  • Chrome 50.0.2661.89 Chrome 50.0.2661.89
Re: Re: Istilah-istilah Seputar Dunia Persatelitan
« Reply #63 on: May 04, 2016, 08:57:21 am »


berikut sy copaskan data berdasarkan hasil dari situs http://www.dishpointer.com/

ini hanya hasil secara teori dengan mengabaikan beam dan ukuran dish

Address: Aceh
Latitude: 4.6951
Longitude: 96.7494

Satellite: 172E AMC-23
Elevation: 6.0
Azimuth (true): 91.2
Azimuth (magn.): 92.4

Satellite: 16.8E TIANLIAN 1-03
Elevation: 1.3
Azimuth (true): 269.2
Azimuth (magn.): 270.4

berdasarkan data tersebut di lokasi aceh satelit paling barat yg bisa diteima adalah satelit di posisi => 16.8E TIANLIAN 1-03 , sedangkan untuk yg paling timur yg bisa diterima di aceh adalah => Satellite: 172E AMC-23    (dengan melihat elevasi dish yg mengarah ke sat tersebut )

Address: jayapura , papua
Latitude: -2.5916
Longitude: 140.6690

Satellite: 62E INTELSAT 902 (IS-902)
Elevation: 2.6
Azimuth (true): 270.5
Azimuth (magn.): 266.6

Satellite: 139W AMC-8 (GE-8)
Elevation: 1.0
Azimuth (true): 89.6
Azimuth (magn.): 85.7

berdasarkan data tersebut di lokasi  jayapura , papua,   satelit paling barat yg bisa diteima adalah satelit di posisi => Satellite: 62E INTELSAT 902 (IS-902) , sedangkan untuk yg paling timur yg bisa diterima di  jayapura , papua adalah => Satellite: 139W AMC-8 (GE-8)    (dengan melihat elevasi dish yg mengarah ke sat tersebut )

silahkan simpulkan sendiri :D

Nah ini om bro. Cara membaca data di dishpointer(dot)com bagaimana ya? Maksdnya smp bisa tau. Di kota A, satelit yg mungkin didapt pada posisi X - Y. Soalnya sy coba buka di dishpointer, sy masukkan kota jogja, kok gak ada data sprt diatas ya. Mohon petunjuknya Abah @rif
Satu-satunya HARTA yang tidak pernah habis karena dibagi adalah ILMU

Offline haloale

  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 670
  • Location: pinggir danau toba
  • Date Registered: November 18, 2013, 02:57:55 pm
  • Reputasi : -2
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 46.0 Firefox 46.0
Re: Istilah-istilah Seputar Dunia Persatelitan
« Reply #64 on: May 04, 2016, 09:08:53 am »
Nah ini om bro. Cara membaca data di dishpointer(dot)com bagaimana ya? Maksdnya smp bisa tau. Di kota A, satelit yg mungkin didapt pada posisi X - Y. Soalnya sy coba buka di dishpointer, sy masukkan kota jogja, kok gak ada data sprt diatas ya. Mohon petunjuknya Abah @rif

Agar diskusinya lebih konkrit dan tidak sekedar diskusi kosong karena hanya mencari jawaban berandai-andai..
dari beberapa pertanyaan yang diajukan dan jawaban yang sudah diberikan member lain yang baik,

itu sudah ada clue situs rujukan, dishpointer dan satbeams, bisa dicek satelit apa aja yang bisa diperoleh di wilayah kita.
juga berkali-kali abah  bilang mengabaikan masalah beam dan besarnya dish. padahal itu penting lo..
biarpun satelitnya ada pas diatas indonesia tapi kalo beamnya bukan untuk indo, kita ya kesulitan nangkep sinyalnya bro perlu kerja ekstra nggak semudah sinyal paytv kita misalnya...

sekarang mau nangkep satelit apa coba :) kalo dah dapet cluenya terus nanti dapet jawaban dari member trus praktik,
kalo ada mentok istilah apa silaken nanya lagi, gitu seterusnya
jadi kelihatan ada kemajuan gitu, selanjutnya ya terus dikembangkan sendiri gitu lho :D

saya kok bacanya jadi gimana gitu, ngublek disitu-situ aja nanyanya... :D
sori no offence :v

« Last Edit: May 04, 2016, 09:13:13 am by haloale »

Offline Abah @rif

  • Mohon maaf Bukan
  • Forum Moderator
  • Guru
  • *****
  • Posts: 2388
  • Location: kadang di tangerang kadang di subang
  • Date Registered: September 04, 2014, 12:01:49 pm
  • Reputasi : 167
  • OS:
  • Windows NT 10.0 Windows NT 10.0
  • Browser:
  • Firefox 38.0 Firefox 38.0
Re: Re: Istilah-istilah Seputar Dunia Persatelitan
« Reply #65 on: May 04, 2016, 11:39:16 am »
Nah ini om bro. Cara membaca data di dishpointer(dot)com bagaimana ya? Maksdnya smp bisa tau. Di kota A, satelit yg mungkin didapt pada posisi X - Y. Soalnya sy coba buka di dishpointer, sy masukkan kota jogja, kok gak ada data sprt diatas ya. Mohon petunjuknya Abah @rif
kalau sudut elevasi diatas nol , artinya fokus dish masih bisa mengarah ke satelit tujuan tanpa terhalang bumi
kalau sudut elevasi dibawah nol maka , sebelum dish mengarah ke satelit tujuan sudah terlebih dahulu terhalang bumi
Cara membaca data di dishpointer(dot)com bagaimana ya? gunakan clinometer untuk elevasi dish
gunakakan kompas untuk azimuth dish

Biar Ndak kaku Canda dikit  

Offline Abah @rif

  • Mohon maaf Bukan
  • Forum Moderator
  • Guru
  • *****
  • Posts: 2388
  • Location: kadang di tangerang kadang di subang
  • Date Registered: September 04, 2014, 12:01:49 pm
  • Reputasi : 167
  • OS:
  • Windows NT 10.0 Windows NT 10.0
  • Browser:
  • Firefox 38.0 Firefox 38.0
Re: Istilah-istilah Seputar Dunia Persatelitan
« Reply #66 on: May 04, 2016, 11:47:58 am »
Agar diskusinya lebih konkrit dan tidak sekedar diskusi kosong karena hanya mencari jawaban berandai-andai..
dari beberapa pertanyaan yang diajukan dan jawaban yang sudah diberikan member lain yang baik,

itu sudah ada clue situs rujukan, dishpointer dan satbeams, bisa dicek satelit apa aja yang bisa diperoleh di wilayah kita.
juga berkali-kali abah  bilang mengabaikan masalah beam dan besarnya dish. padahal itu penting lo..
biarpun satelitnya ada pas diatas indonesia tapi kalo beamnya bukan untuk indo, kita ya kesulitan nangkep sinyalnya bro perlu kerja ekstra nggak semudah sinyal paytv kita misalnya...

sekarang mau nangkep satelit apa coba :) kalo dah dapet cluenya terus nanti dapet jawaban dari member trus praktik,
kalo ada mentok istilah apa silaken nanya lagi, gitu seterusnya
jadi kelihatan ada kemajuan gitu, selanjutnya ya terus dikembangkan sendiri gitu lho :D

saya kok bacanya jadi gimana gitu, ngublek disitu-situ aja nanyanya... :D
sori no offence :v
ok Brader thanks (y) :D , untuk daftar satelit yg bisa diterima di negara kita yg sudah jelas beam nya juga syarat ukuran dish telah terpenuhi , memang sudah banyak dipost di tread lain  (y) :D
Biar Ndak kaku Canda dikit  

Offline raydiaz

  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 800
  • Location: marihat hadiningrat, siantar-tanah jawa
  • Date Registered: October 30, 2013, 11:49:09 am
  • Reputasi : 7
  • OS:
  • Mac OS X Mac OS X
  • Browser:
  • Safari 4.0 Safari 4.0
Re: Re: Re: Istilah-istilah Seputar Dunia Persatelitan
« Reply #67 on: May 04, 2016, 12:42:01 pm »
Nah ini om bro. Cara membaca data di dishpointer(dot)com bagaimana ya? Maksdnya smp bisa tau. Di kota A, satelit yg mungkin didapt pada posisi X - Y. Soalnya sy coba buka di dishpointer, sy masukkan kota jogja, kok gak ada data sprt diatas ya. Mohon petunjuknya Abah @rif
Dishpointer macam aplikasi bro, bukan datasheet. Kita input lokasi dan satelit apa, nanti dia yang itungin dan ngasih pandangan, ngadep kemana, ndongak berapa derajat, dish ukuran berapa dsb.
Abah @rif sudah expert jadi bisa milihin kira2 contoh satelit yang cocok masih di atas ufuk sesuai lokasinya :D
Jadi bukan jreng jreng muncul kayak katalog per lokasi.
Betul kata bro ale, biar kata satelitnya di atas indo jika beamnya bukan untuk indo ya channelnya susah diintip :D

Offline Nuna80

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 57
  • Location: Yogyakarta Lantai 2
  • Date Registered: March 13, 2016, 01:10:11 am
  • Reputasi : 3
  • OS:
  • Linux ( Android) Linux ( Android)
  • Browser:
  • Chrome 50.0.2661.89 Chrome 50.0.2661.89
Re: Istilah-istilah Seputar Dunia Persatelitan
« Reply #68 on: May 04, 2016, 06:40:38 pm »
Ok master. Terimakasih utk pencerahannya. Mohon maaf klo pnjang lebar pertanyaanya. Maklum masih awam dunia satelit. Hehehe...akan sy praktek biar jadi tahu.
Satu-satunya HARTA yang tidak pernah habis karena dibagi adalah ILMU

komunitas forumsatelit indonesia

Re: Istilah-istilah Seputar Dunia Persatelitan
« Reply #68 on: May 04, 2016, 06:40:38 pm »