Kategori Utama > Bengkel Modifikasi & Kreasi Forsatters

Modifikasi LNB - C/Ku/S/Combo LNB Modification

(1/62) > >>

asyhar:
Modifikasi LNB C-Band Biasa Menjadi Single Polarity

Kepada pak Momod mohon kalau ada yang kurang etis postingan ini silahkan di edit !
Sebelumnya saya ucapkan "salut" kepada seseorang diluar sana yang jelas-jelas bukan member Forum ini atas segala kreatifitas dan keanehan yang dimilikinya, meski semua yang telah ditulisnya di Facebook bisa dinilai kurang Edukatif dan tidak bisa diterima secara nalar oleh sebagian orang !
Saya hanya mewakili apa yang ada secara terbuka disini dengan harapan semoga sedikit banyak ada gunanya....!
Disini sebagai percobaan saya memakai LNB Biasa pasaran merk Tanaka.
Cara kerja secara singkat (Lihat Skema):
1. Pada seting RX 13v, pin 11-12 IC 74HCT14 adalah Control Vertical dan akan mengeluarkan tegangan + (Plus) sampai Basis Tr PNP bagian Vertical, karena Tr ini type PNP sehingga tidak menhantarkan tegangan dari Emitor menuju Colector dan pada Basis Tr RF Vertical(Probe/Jarum) akan terjadi Min karena ada 2 Resistor menuju Min 4v dan pada Colectornya ada tegangan skitar 2v yang artinya Rangkaian sedang bekerja pada Frekuansi Vertical dan secara otomatis semua Channel pada Frekuensi tersebut akan diterima dan diolah oleh RX sampai menjadi gambar !
Pada kondisi seperti ini, pin 9-10 IC 7414 sebagai Control Horizontal akan Nol Volt dan semua Tr akan berfungsi sebaliknya dari rangkaian Vertical tadi dan bisa diukur teganganya pada bagian Colector Tr RF Hor pasti Nol Volt !
2. Nah, kalau anda sedikit-banyak mengerti tentang teori Electronic terutama cara kerja Transistor, untuk melakukan Jumper agar 2 Tr RF V dan H bisa bekerja bersama-sama menerima sinyal...sebetulnya mudah !!!
Perhatikan Jumper Warna Kuning antara kedua Basis Tr PNP V dan H; Kalau seting di RX hanya 13v atau 18 saja kedua Tr RF akan tetap bekerja menerima sinyal bersama-sama, dan kedua Basis/Probe-nya  terjadi tegangan Min skitar 0,2v...pahami poin 1 !!!
NB:
1.Harap diperhatikan saat percobaan, gunakan LNB biasa murmer yang masih normal, coba pada channel yg sinyalnya besar karena kalau penjumperan kurang sempurna misal kawat Email terlalu panjang dan menutupi komponen lain2 akan terjadi penurunan sinyal !
2. Dalam praktek saya; Seting RX 13v MNC,Tv One,SCTV dan semua channel di Telkom menjadi Vertical ! Dan sebaliknya saat seting RX 18v semua Channel tadi menjadi Horizontal.....

Foto cara Jumper ada dibawah ini, saya sertakan juga Truth Table (Tabel Kebenaran) nilai-nilai tegangan sebelum LNB di jumper. Apabila ada kekurangan mohon teman-teman lain menambahkan agar lebih sempurna !!!

Yasin L:
 >>/  Klo perubahan SQ ada ya Pak?

asyhar:

--- Quote from: Yasin L on March 22, 2012, 02:13:05 am --- >>/  Klo perubahan SQ ada ya Pak?

--- End quote ---
Aaah... jangan panggil sy "pak" donk boss !
Kalo kawat jumper terlalu panjang ato kurang sempurna SQ bisa turun skitar 5% ato bisa lebih !

raja_waliku:
coba capturnya LNB yang dijumper langsung!
kalau melihat  diskemanya jumpernya itu sesudah R...100K dari Ic switch dan terletak di Basisnya TR V & H.
dan kalau diamati dari gambar tsb jarak antara TR V & H cukup jauh apakah gak terganggu signalnya?

Putra:
Mantap Bro Asyar, nonggol juga akhirnya Thread ini , Bro Momod sebaiknya thread ini dipindah di Bengkel Modifikasi saja .

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version