Kategori Utama > Kelistrikan, Elektronika & Radio Komunikasi

Listrik - Instalasi dan pernak-perniknya

(1/75) > >>

e-man:
Mohon izin moderator atas dibukanya topik ini. Maksud saya supaya kita lebih tahu mengenai listrik dan bahaya-bahaya yang ditimbulkannya. Disini juga kita bisa berbagi pengalaman terutama bagi rekan-rekan yang punya pengalaman buruk dengan listrik, supaya rekan-rekan lain bisa mengambil pelajaran dan lebih berhati-hati.
Silahkan dibagi pengalaman kalian..
Salam

e-man:
Tersetrum aliran listrik bisa jadi hal yang menakutkan bagi siapapun, karena jika bertegangan tinggi atau berlangsung lama bisa menyebabkan kematian. Cedera apa saja yang diderita orang yang tersetrum listrik?

Listrik merupakan salah satu kebutuhan untuk membantu berbagai kegiatan. Tapi jika seseorang tidak berhati-hati dalam penggunaannya, maka hal yang berguna ini justru bisa membahayakan diri sendiri dan orang disekitarnya.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Senin (24/5/2010) tubuh manusia adalah sebuah konduktor (penghantar listrik) yang sangat baik, karena sekitar 70 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Hal ini membuat aliran listrik sangat mudah melalui tubuh manusia dalam hitungan detik. Semakin tinggi dan lama aliran listrik yang diterima oleh tubuh, maka akan semakin serius luka yang ditimbulkan.

Berapapun aliran listrik yang diterima oleh tubuh tetap menimbulkan sengatan atau getaran. Namun tegangan ini terkadang bisa dirasakan oleh seseorang tapi ada juga yang tak terasa oleh tubuh.

Sengatan listrik yang kecil minimal bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala, kelelahan atau kejang otot, ketidaksadaran sementara dan sesak napas sementara.

Tapi jika berlangsung lama atau dalam tegangan tinggi bisa menyebabkan luka bakar, kehilangan penglihatan, kerusakan otak, serangan jantung, berhenti bernapas dan kematian.

Apabila seseorang mengalami shock sesaat, maka hanya akan menimbulkan rasa sakit. Tapi jika tegangannya cukup tinggi juga bisa berakibat fatal, meskipun hanya beberapa detik saja. Misalnya jika alirannya mencapai 100 mA, kemungkinan bisa menyebabkan kematian hanya dalam waktu 2 detik saja.

Seseorang hanya akan bisa bertahan pada aliran listrik yang kurang dari 10 mA, karena masih memiliki kendali terhadap otot-otot lengannya. Jika lebih dari itu, kemungkinan sudah tidak memiliki kendali lagi. Hal inilah yang membuat seseorang tidak bisa melepaskan alat listrik (semakin memperketat cengkeraman alat listrik), sehingga aliran listrik akan semakin kuat melalui tubuh dan menimbulkan luka serius.

Aliran listrik yang parah bisa menyebabkan kerusakan yang lebih banyak bagi tubuh, tapi terkadang tidak terlihat oleh mata. Seseorang mungkin akan mengalami perdarahan internal, rusaknya jaringan, saraf dan otot atau bahkan menyebabkan luka yang tersembunyi. Namun jika tegangannya terlalu tinggi, maka kematian tidak bisa dihindari.

Jika ada seseorang yang tersetrum listrik, sebaiknya jangan menyentuh orang tersebut karena aliran listrik bisa berpindah dan membuat keduanya tersetrum bersama.

Gunakanlah alat yang tidak menghantarkan listrik untuk mendorong korban atau mencabut stop kontaknya. Setelah terlepas pakai handuk kering untuk memeriksa pernapasannya dan segera mencari pertolongan medis.

taken from: http://health.detik.com/read/2010/05/24/073346/1362652/763/dahsyatnya-efek-tersetrum-listrik?l991101755

e-man:
jadi ingat, dulu waktu masih kursus sekitar thn 94an, dapat pasien pertama tv tetangga yg gambarnya miring, maklum masih belum tahu apa2 (dan memang tidak diajarkan di kursus tentang kerusakan itu), langsung saja saya buka tutup belakangnya dan bukannya yoke yang diputar eh malah kop flyback yg diputar2, karuan saja tegangan 20kv langsung menyambar tangan dan saya terpental kebelakang saking terkejutnya, sejak kejadian itu akhirnya saya bisa lebih tau dan selalu berhati2 dalam berurusan dgn listrik terutama untuk yg tegangan tinggi

zulbadri:
Mohon pencerahan bro e-man... apa benar kabel listrik yang terbuka tegangan tinggi kalo dipegang tanpa menyentuh tanah tidak menyebabkan sentrum?...  sbg contohnya burung yg bertengger diatasnya g apa2... tp saya belum pernah buktikan sendiri krn resikonya tinggi... thx...

Erizal Hitagi:

--- Quote from: zulbadri on February 25, 2011, 06:01:45 am ---Mohon pencerahan bro e-man... apa benar kabel listrik yang terbuka tegangan tinggi kalo dipegang tanpa menyentuh tanah tidak menyebabkan sentrum?...  sbg contohnya burung yg bertengger diatasnya g apa2... tp saya belum pernah buktikan sendiri krn resikonya tinggi... thx...

--- End quote ---
Tapi gimana dgn kelelawar Pak,Kok  bisa kesetrum juga  dan sy juga pernah liat monyet juga kesetrum :D

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version