Author Topic: Argiculture and Farming  (Read 101560 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline bsr

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 801
  • Age: 45
  • Location: Gombong,Kebumen Central java
  • Date Registered: February 24, 2009, 01:09:08 am
  • Reputasi : 84
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #100 on: November 25, 2009, 10:57:00 pm »
ikutan nanya pak Husain.....saya kemarin beli bibit durian montong,rencana besok ahad mau tak tanam di kebun belkang rumah...yg mau saya tanyakan bagaimana cara perawatan pohon durian..biar subur & cepet berbuah...berdasarkan pengalaman temen2 yg udah tanam ...umur 3th udah bisa berbuah,tetapi...setelah berbuah yg ke dua pohon terkena hama..semacam ulat di dlm batang pohon,dan lama-lama pohon mati,bagaimana pula biar pohon ga terkena hama semacam itu....terima kasih sebelumnya pak Husain


salam dari Kebumen

Offline baraja

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1132
  • Age: 58
  • Location: Perth - Australia
  • Date Registered: October 25, 2009, 04:16:12 pm
  • Reputasi : 122
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #101 on: November 26, 2009, 10:38:20 am »
akhirnya topik ini hidup lagi... >>/ to pak Husain...

oya pak, kalo trik buat halaman yg kecil (rumah type 36) kira2 yg cocok buat ditanam di halaman depan rumah pohon buah apa ya? sekarang sudah ada pohon mangga (masih kecil), tapi karena ditanam dari biji takutnya nanti kalo besar malah bikin rumah gak bagus dipandang.

mungkin pak Husain punya trik menyiasati halaman yg tidak terlalu luas ini pak? makasih sebelumnya...

Bro Max,

Pertama untuk mengontrol besarnya pohon buah2 an, harus rajin pruning (di potong dan di rampingkan) sekali setahun. kalau tidak pohon akan membesar terun dari tahun ke tahun, kalau halaman luas itu bagus, makin besar makin banyak buahnya, tapi kalau halaman terbatas bisa jadi masalah.

Kedua, posisi tanaman jangan terlalu dekat dengan tembok. diameter akar di bawah tanah kurang lebih sama dengan diameter pohon diatas.

Ketiga pohon ditanam dari biji, akan lebih tahan hama dan akarnya akar tunjang (menurun lebih dalam) dan kemungkinan membesar lebih banyak dari pohon cangkokan.

Dari segi ekonomi, buah mungkin bukan target, karena beli mangga jauh lebih murah daripada hasil tanaman sendiri (pupuk/perawatan). Jadi yang kita targetkan adalah kebanggaan kalau tanaman kita berkembang dengan baik.

Kalau boleh saya usulkan, pohon mangga Bro Max di okulasi (jadi satu pohon bisa punya dua atau tiga ranting yang buah nya berbeda. misalnya cabang 1 di okulasi (disetek) dengan mangga arum manis dan cabang 2 di okulasi dengan mangga gadung, jadi buahnya bisa macam2.

Mudah2 an ini bisa membantu.

Husain,
12 Ft Mesh Dish
3 Dual output LNB's
9 In 8 out Kaonsat Multiswitch

Offline baraja

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1132
  • Age: 58
  • Location: Perth - Australia
  • Date Registered: October 25, 2009, 04:16:12 pm
  • Reputasi : 122
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #102 on: November 26, 2009, 11:14:02 am »
ikutan nanya pak Husain.....saya kemarin beli bibit durian montong,rencana besok ahad mau tak tanam di kebun belkang rumah...yg mau saya tanyakan bagaimana cara perawatan pohon durian..biar subur & cepet berbuah...berdasarkan pengalaman temen2 yg udah tanam ...umur 3th udah bisa berbuah,tetapi...setelah berbuah yg ke dua pohon terkena hama..semacam ulat di dlm batang pohon,dan lama-lama pohon mati,bagaimana pula biar pohon ga terkena hama semacam itu....terima kasih sebelumnya pak Husain


salam dari Kebumen

Kalau Bro bsr mungkin halamannya luas jadi nggak perlu di pruning yang agresive. Tapi kalau sudah berbuah secara routine, pruning (di potong sedikit) akan merangsang pohon untuk berbuah lebih banyak, semua pohon buah2 an kalau di pruning akan berbuah lebih bagus dari tahun ke tahun.

Pengalaman saya, kalau pohon mulai berbuah, pada tahun pertama berbuah harus di kurangi jumlah bunga yang menjadi buah, jadi kalau buah mulai membesar, di buang sebagian misalnya kalau buahnya tahun pertama 20, 10 di buang sebelum membesar.
Kalau dibiarkan membesar ini akan membebani pohon yang sedang berkembang dan melemahkan daya tahan pohon terhadap hama dan penyakit.

Pada waktu buah pertama pohon dan tanah sekitarnya di spray dengan copper sulphate dan Hydrated Lime (nanti saya cek namanya apa dan campurannya bagaimana di Indonesia) ini akan mengurangi kemungkinan pohon terkena hama dan penyakit (pencegahan).

Husain,
12 Ft Mesh Dish
3 Dual output LNB's
9 In 8 out Kaonsat Multiswitch

Offline adef

  • Inspired by
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 13153
  • Location: -1.63,103.57
  • Date Registered: October 15, 2008, 11:30:43 am
  • Reputasi : 683
  • BE MOVED
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #103 on: November 26, 2009, 11:19:34 am »
 >>/ sip pak Hussain...
makin lengkap saja Forsat sekarang.. :D
keep sharing pak..
cheers.. ::Beer::
- Jawablah apa yg bisa kamu jawab, karena jawabanmu adalah setitik cahaya bagi yg gelap..

Offline bsr

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 801
  • Age: 45
  • Location: Gombong,Kebumen Central java
  • Date Registered: February 24, 2009, 01:09:08 am
  • Reputasi : 84
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #104 on: November 26, 2009, 11:24:48 am »
wah..hebat pak Husain...penjelasanya mantap...jangan bosen ya boss jika besok2 aku tanya terus..saya tunggu cara&pakai peptisida apa untuk pencegahan penyakit tanaman duren,dan kebetulan aku tanam mangga juga rambutan...terima kasih..terima kasih ';/ tepuk tangan dulu untuk pak Husain

Offline baraja

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1132
  • Age: 58
  • Location: Perth - Australia
  • Date Registered: October 25, 2009, 04:16:12 pm
  • Reputasi : 122
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #105 on: November 27, 2009, 05:48:40 pm »
Bro bsr,

Sepertinya Copper Sulphate itu di pasarkan di Indonesia dengan nama komersil Mencozeb (sorry bukan pasang iklan). Kalau ada ahli kimia/pertanian mungkin bisa memberi advise apa produk yang ada. Petunjuk pemakaian jelas disitu untuk pohon buah2 an. Ini juga bisa untuk mangga yang daunnya atau buahnya terkena hama.

Kalau Hydrated lime, juga untuk mencegah ulat di batang, itu banyak sekali di Indonesia, air gamping, sebaiknya di aplikasi pakai sprayer di semprotkan ke batang dan di tanah sekitar pohon seluas lingkaran daun (Jangan menyemprot daun), Mungkin juga ada di toko pupuk dan alat pertanian.

Mudah2 an ini bisa membantu.

Husain
12 Ft Mesh Dish
3 Dual output LNB's
9 In 8 out Kaonsat Multiswitch

Offline Maximal Prime

  • Off The Line
  • Maestro
  • ********
  • Posts: 11857
  • Date Registered: September 21, 2007, 06:19:37 pm
  • Reputasi : 625
  • When U Know d'Truth
    • I can hardly speak up, so I write it down
Re: Argiculture and Farming
« Reply #106 on: November 28, 2009, 02:56:14 pm »
makasih pak husain...

berarti kalo diokulasi bisa berbuah macam2 ya dengan jenis mangga yg beda... baru tau nih saya, berarti tambah sip kalo gitu, satu pohon mangga dengan buah yg berbeda-beda. kebetulan sekali nih, umur mangga saya juga baru seumuran saya tinggal di perum. >>/ pak husain...

musti dipraktekkin nih, tinggal nyari jenis mangga lainnya... ::Beer::
I can hardly speak up, so I write it down
I'm Here - My blog > DVBS

Offline baraja

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1132
  • Age: 58
  • Location: Perth - Australia
  • Date Registered: October 25, 2009, 04:16:12 pm
  • Reputasi : 122
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #107 on: November 28, 2009, 04:49:08 pm »
OK kalau Bro maxx berminat, nanti saya carikan tata caranya.

Husain
12 Ft Mesh Dish
3 Dual output LNB's
9 In 8 out Kaonsat Multiswitch

Offline baraja

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1132
  • Age: 58
  • Location: Perth - Australia
  • Date Registered: October 25, 2009, 04:16:12 pm
  • Reputasi : 122
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #108 on: November 28, 2009, 07:52:37 pm »
Hebaaatt,

Ternyata teknik grafting mangga udah ada di U-tube. lebih gampang pencerahan nya.

http://www.daleysfruit.com.au/fruit%20pages/mango.htm#graft

Kalau dalam video yang di graft adalah satu batang, kita bisa graft di beberapa batang, istilahnya multi grafting.
sebaiknya batang yang akan di graft segera di sambungkan secepat mungkin, kalau harus menunggu beberapa jam, tempat potongan harus direndam air untuk menghindari oksidasi.

Teknik yang sama juga bisa untuk pohon citrus, misalnya pohon jeruk nipis satu cabang bisa untuk jeruk limau dan cabang lain jeruk pontianak dll..



Selamat mencoba.

Husain
12 Ft Mesh Dish
3 Dual output LNB's
9 In 8 out Kaonsat Multiswitch

Offline bangle

  • Lagi Ngurus KTP Biar Bisa Jadi
  • Siswa
  • ***
  • Posts: 288
  • Age: 35
  • Location: KARO HIGHLAND <NORTH SUMATERA> 16'CELCIUS
  • Date Registered: August 10, 2008, 08:58:47 am
  • Reputasi : 8
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #109 on: November 29, 2009, 12:10:12 am »
Tau ga bro, ini foto tanaman apa?Karna aku ga tau, dan apa manfaatnya?

Offline baraja

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1132
  • Age: 58
  • Location: Perth - Australia
  • Date Registered: October 25, 2009, 04:16:12 pm
  • Reputasi : 122
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #110 on: November 29, 2009, 12:37:54 pm »
Bro bangle,

Kalau ada foto pohon nya mungkin bisa tau jenisnya.

Kalau lihat buahnya saja saya tebak, kira2 itu termasuk keluarga solanacea, satu keluarga dengan terong. Bisa dimakan atau tidak? nanti saya research dulu, tidak semua group solanaceae bisa dimakan.

Husain,

12 Ft Mesh Dish
3 Dual output LNB's
9 In 8 out Kaonsat Multiswitch

Offline Daengsat

  • Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, Lets be gone be by gone
  • Global Moderator
  • Maestro
  • *****
  • Posts: 10453
  • Age: 62
  • Location: Sydney NSW, Australia
  • Date Registered: September 21, 2007, 01:21:03 pm
  • Reputasi : 757
  • Daengsat Pty Ltd Australia
    • http://www.daengsat.com.au
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #111 on: November 29, 2009, 12:42:36 pm »

Kalau yg ini sih enak di belado digoreng dulu baru di belado asyik hehehehehe oot dulu,





Wassalam,


D.Effendi

Offline bsr

  • Up Level
  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 801
  • Age: 45
  • Location: Gombong,Kebumen Central java
  • Date Registered: February 24, 2009, 01:09:08 am
  • Reputasi : 84
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #112 on: November 29, 2009, 01:03:50 pm »
Bro bsr,

Sepertinya Copper Sulphate itu di pasarkan di Indonesia dengan nama komersil Mencozeb (sorry bukan pasang iklan). Kalau ada ahli kimia/pertanian mungkin bisa memberi advise apa produk yang ada. Petunjuk pemakaian jelas disitu untuk pohon buah2 an. Ini juga bisa untuk mangga yang daunnya atau buahnya terkena hama.

Kalau Hydrated lime, juga untuk mencegah ulat di batang, itu banyak sekali di Indonesia, air gamping, sebaiknya di aplikasi pakai sprayer di semprotkan ke batang dan di tanah sekitar pohon seluas lingkaran daun (Jangan menyemprot daun), Mungkin juga ada di toko pupuk dan alat pertanian.

Mudah2 an ini bisa membantu.

Husain
terima kasih bgt pak Husain atas pencerahanya....besok langsung cari mencozeb siapa tahu ada ';/

Offline ayoxon

  • Tulisannya yg bener Ap LepeL apa...
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1957
  • Age: 38
  • Location: Batam Island
  • Date Registered: October 25, 2009, 03:09:44 pm
  • Reputasi : 245
  • Go to Success!!!
Re: Argiculture and Farming
« Reply #113 on: November 29, 2009, 01:57:26 pm »

Suhu fendi,. yg ungu itu kesukaanku tuh.. kirim sambal.nya ke lokasi ya,. klo dah jadi, upload disini lagi..Slurrp.. :P..  :D :D :D

Offline bangle

  • Lagi Ngurus KTP Biar Bisa Jadi
  • Siswa
  • ***
  • Posts: 288
  • Age: 35
  • Location: KARO HIGHLAND <NORTH SUMATERA> 16'CELCIUS
  • Date Registered: August 10, 2008, 08:58:47 am
  • Reputasi : 8
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #114 on: November 29, 2009, 09:05:00 pm »
Bro bangle,

Kalau ada foto pohon nya mungkin bisa tau jenisnya.

Kalau lihat buahnya saja saya tebak, kira2 itu termasuk keluarga solanacea, satu keluarga dengan terong. Bisa dimakan atau tidak? nanti saya research dulu, tidak semua group solanaceae bisa dimakan.

Husain,


Kalo batangnya merambat bung husein, seperti umbi jalar, tapi biasanya diikat pake tiang, jd gak tumbuh akar. Daun nya seperti daun cabe, tapi lebih lebar yang ini.
Ukuran buah sebesar mentimun yg gede. Rasanya juga persis mentimun, kalo udah matang seperti rasa melon. Ada biji tapi kecil sekali, kira2 hanya 5% dari daging, dan bijinya tak bisa dibiak kan.
 O ya bro, bisa minta bibit yg bro kmaren bilang gak bro? Aku di ketinggian 1200m dpl, kelembapan rendah, sekitar 60% kalo ga salah, suhu sekitar 16-26celcius.

Offline baraja

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1132
  • Age: 58
  • Location: Perth - Australia
  • Date Registered: October 25, 2009, 04:16:12 pm
  • Reputasi : 122
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #115 on: November 29, 2009, 09:51:03 pm »
Bro bangle

OK saya tanyakan dulu sama pakar & teman2 saya di sini jenis apa tanaman tersebut.

Anda mau benih loquat atau geranium atau dua2 nya, dan kirimnya ke mana?

Husain,
12 Ft Mesh Dish
3 Dual output LNB's
9 In 8 out Kaonsat Multiswitch

Offline jefmanado

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 6716
  • Location: Manado-Ratahan
  • Date Registered: August 06, 2008, 03:26:13 pm
  • Reputasi : 330
    • Nonton tv pakai parabola
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #116 on: November 30, 2009, 09:37:30 am »
yang seneng bunga...nich aku bawain oleh2 koleksi aku selama 8tahun ampe skrg ini...
euphobia (bunga 8 dewa)
u/ menanamnya hrs di sediakan media tanam dr tanah,pasir,sedikit tanah kompos, bunga ini paling cocok u/ daerah tropis,perawatannya jangan keseringan di siram, trus bagusnya di taruh di tempat yg banyak kena sinar mataharinya  (y)
ini sebagian dr jenis2 yg ada di rumahku  :D

Offline baraja

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1132
  • Age: 58
  • Location: Perth - Australia
  • Date Registered: October 25, 2009, 04:16:12 pm
  • Reputasi : 122
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #117 on: November 30, 2009, 10:55:50 am »
yang seneng bunga...nich aku bawain oleh2 koleksi aku selama 8tahun ampe skrg ini...
euphobia (bunga 8 dewa)
u/ menanamnya hrs di sediakan media tanam dr tanah,pasir,sedikit tanah kompos, bunga ini paling cocok u/ daerah tropis,perawatannya jangan keseringan di siram, trus bagusnya di taruh di tempat yg banyak kena sinar mataharinya  (y)
ini sebagian dr jenis2 yg ada di rumahku  :D

Top Bro jefcrew,

Saya setuju sekali, langkah pertama media tanam harus bagus, selanjutnya tanaman tidak akan terganggu. walau mahal sedikit beli potting mix yang balance, di Jakarta banyak yang jual, untuk di daerah lainnya, kalau mau, saya bisa kirim caranya bagaimana menyiapkan media tanam yang tepat.

Husain,
12 Ft Mesh Dish
3 Dual output LNB's
9 In 8 out Kaonsat Multiswitch

Offline baraja

  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1132
  • Age: 58
  • Location: Perth - Australia
  • Date Registered: October 25, 2009, 04:16:12 pm
  • Reputasi : 122
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #118 on: November 30, 2009, 10:57:16 am »
yang seneng bunga...nich aku bawain oleh2 koleksi aku selama 8tahun ampe skrg ini...
euphobia (bunga 8 dewa)
u/ menanamnya hrs di sediakan media tanam dr tanah,pasir,sedikit tanah kompos, bunga ini paling cocok u/ daerah tropis,perawatannya jangan keseringan di siram, trus bagusnya di taruh di tempat yg banyak kena sinar mataharinya  (y)
ini sebagian dr jenis2 yg ada di rumahku  :D
12 Ft Mesh Dish
3 Dual output LNB's
9 In 8 out Kaonsat Multiswitch

Offline jefmanado

  • Forum Moderator
  • Master
  • *****
  • Posts: 6716
  • Location: Manado-Ratahan
  • Date Registered: August 06, 2008, 03:26:13 pm
  • Reputasi : 330
    • Nonton tv pakai parabola
    • Email
Re: Argiculture and Farming
« Reply #119 on: November 30, 2009, 11:22:38 am »
sip bro baraja  (y)

kl yg ini berhasil di bikin sepohon ber6  :D, sayang bunga yg laen males nongol, abis disini lg musim hujan + angin