komunitas forumsatelit indonesia

Serba Serbi => Lain-Lain => Topic started by: pj_tady on November 06, 2009, 01:18:58 pm

Title: Safety Driving & Safety Riding
Post by: pj_tady on November 06, 2009, 01:18:58 pm
Berlalu-lintas adalah aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian kita, saat kerja maupun libur.
So, berkendara aman menjadi kebutuhan mutlak bagi kita semua.
Teman-teman bisa share tips aman berkendara di sini. Pak momod mohon ijin buka kamar...
Title: Re: Safety Driving & Safety Riding
Post by: pj_tady on November 06, 2009, 01:46:57 pm
Hal kecil yang lumayan menggelitik adalah saat menambah tekanan angin ban. Berhubung kendaraan mau dimuati penuh, aku berpesan kepada tukang ban di tepi jalan, "Tolong ditambah angin, ban belakang 35 psi", dan order pun dilaksanakan. Setelah jalan bbrp km, baru terasa janggal, "Keras banget ban-nya", akhirnya menepi sebentar, ambil tire-gauge, ya ampyun, ternyata terbaca 50 psi. Rupanya dia ngisinya pake skala bar, permintaanku 35 psi dikasih 3,5 bar (setara 50-an psi). Hal "kecil" semacam ini, jika tidak kita perhatikan, tentu akan sangat berbahaya bagi keamanan berkendara.
Title: Re: Safety Driving & Safety Riding
Post by: pj_tady on November 06, 2009, 04:57:45 pm
UU no 22 thn 2009 Pasal 107 ay 2 ttg kewajiban menyalakan lampu di siang hari bagi pengendara motor sudah disosialisasi cukup lama dan sepertinya sanksi bagi pelanggarnya sdh mau dilaksanakan, gimana pendapat teman2?
Title: Re: Safety Driving & Safety Riding
Post by: Rudihartono on November 09, 2009, 07:47:31 am
UU no 22 thn 2009 Pasal 107 ay 2 ttg kewajiban menyalakan lampu di siang hari bagi pengendara motor sudah disosialisasi cukup lama dan sepertinya sanksi bagi pelanggarnya sdh mau dilaksanakan, gimana pendapat teman2?
tapi kayaknya g jalan ni peraturan,masih banyak orang yg g nyalain lampu,beda banget waktu pertama kali ada uud ini,hampir semua orang nyalain lampu di siang hari.
Title: Re: Safety Driving & Safety Riding
Post by: pj_tady on November 09, 2009, 03:53:39 pm
Kalo di Yogya, pak Pol biasanya ngingetin pengendara yang nggak nyalain. Kalo saya pribadi sih setuju nyalain lampu motor di siang hari, soalnya memang kalo lagi pegang mobil, kerasa banget bedanya di spion, antara motor yang nyala lampunya vs yg tidak. Tapi ngomong2 peraturannya khan ditulis "menyalakan lampu utama di siang hari", so kalo waktu senja gimana ya, nggak ada pasal yang eksplisit mengaturnya, terus apa gunanya lampu senja("lampu kota"/ "lampu posisi"), khan pabrik ngasih lampu senja juga sdh melewati riset yang mendalam, soalnya kalo lampu utama dinyalakan sore hari, rasanya malah menyilaukan & mengganggu visibilitas pemakai jalan lain (contoh: penyeberang jalan biasanya tampak kurang jelas jika di sebaliknya ada nyala lampu).