Serba Serbi > Lain-Lain

Tips & Trik Sehari-Hari

(1/49) > >>

hencha:
Mohon ijin semuanya, Anda punya tips dan trik disini tempatnya.

hencha:
 Trik Mengurangi Keluhan Fisik Akibat Komputer

1. Sesuaikan tinggi kursi sesuai tinggi badan
2. Letak tepi atas monitor ada dalam 1 garis lurus dengan mata sehingga kepala tidak menengadah ataupun menunduk ketika melihat ke monitor
3. Jarak monitor dengan mata ada dalam jarak membaca (sekitar 50cm) sehingga badan tidak perlu membungkuk setiap kali melihat ke monitor
4. Atur 'refresh rate' monitor sebesar 72Hz atau lebih sehingga mata tidak cepat lelah
5. Seluruh punggung tersangga dengan baik oleh sandaran kursi yang empuk
6. Gunakan sandaran telapak kaki (footrest) sehingga posisi tungkai dalam keadaan rileks.
7. Lengan atas & bawah membentuk sudut 90 derajat saat mengetik
8. Kedua pangkal telapak tangan bertumpu/bersandar pada meja, tidak menggantung
9. Gunakan kursi dengan penyangga/sandaran lengan bawah
10. Agar dapat membaca dengan nyaman, atur setting kontras & kekuatan cahaya dari monitor, tidak terlalu terang sehingga menyilaukan mata & kontras yang mencukupi sehingga tulisan di monitor mudah dibaca
11. Hindari adanya cahaya terang tepat di belakang atau di depan monitor
12. Pastikan penerangan di ruangan mencukupi untuk membaca buku/tulisan tercetak
13. Gunakan & atur dengan tepat headphone & mikrofon (headset) yang disediakan agar dapat mendengar dengan jelas & berbicara tanpa perlu berteriak
14. Hindari posisi duduk yang sama selama waktu yang lama, variasikan beberapa posisi duduk yang nyaman

Untuk mendukung kerja yang optimal & mencegah terkena gangguan kesehatan, disarankan untuk:

1. Istirahat selama 5 menit setiap bekerja selama 1 jam, istirahat ini tidak dapat digabungkan. Gunakan waktu istirahat singkat ini untuk berjalan, melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan, atau mengambil minuman
2. Waktu istirahat yang lebih lama (15-30 menit) setiap 4 jam bekerja, gunakan untuk rileks/beristirahat & makan
3. Untuk mengurangi kelelahan mata, lihat ke luar jendela (pemandangan) atau benda yang letaknya jauh setiap 10-15 menit sekali
4. Pastikan cukup minum untuk mencegah dehidrasi. Kebutuhan cairan yang disarankan untuk mereka yang bekerja di ruangan ber-AC adalah sekitar 50-60 cc/kg BB/hari.
Contohnya jika berat badan 50 kg, maka paling sedikit harus minum sekitar 2500cc/hari
5. Jangan menahan kencing untuk mencegah infeksi saluran kemih atau terbentuknya batu di saluran kencing
6. Sesuaikan suhu ruangan kerja, tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Suhu yang terlalu panas akan membuat cepat lelah & emosi meningkat, sedangkan suhu yang terlalu dingin akan membuat otot menjadi kaku & lebih mudah terkena cedera. Suhu yang disarankan adalah sekitar 24-25 derajat Celcius
7. Jika dimungkinkan, putar musik dalam volume yang pelan untuk menghindari kejenuhan & meredam emosi
8. Tidur dalam jumlah yang cukup, sekitar 6-8 jam/hari
9. Makan makanan yang bergizi lengkap, bervariasi, & seimbang, juga cukup serat (sayuran/buah)
10. Makan berat 1-2 jam sebelum mulai bekerja sehingga ada cukup energi untuk bekerja tanpa diganggu rasa lapar atau kantuk
11. Berolahraga secara teratur 2-3 kali setiap pekan
12. Segera berkonsultasi dengan dokter setiap kali merasakan ada gejala/keluhan di tubuh yang tidak normal sehingga dapat cepat diobati.

Dengan melakukan hal-hal di atas, gangguan kesehatan akibat bekerja dengan komputer dapat dikurangi & produktivitas/ efisiensi kerja meningkat. Selamat bekerja!

hencha:
Tips: 9 Hal Yang Pantang Dilakukan Setelah Makan

Minum setelah makan, itu bagus. Tapi sembilan hal berikut ini, sebaiknya tidak Anda lakukan setelah makan.

1. Merokok
Merokok saja sudah merusak tubuh, apalagi jika dilakukan setelah makan. Berdasarkan penelitian, mengisap satu batang rokok setelah makan, sama saja dengan merokok sepuluh batang, sehingga kemungkinan terserang kanker jauh lebih besar.

2. Makan Buah
Makan buah segera setelah makan sebaiknya dihindari, karena membuat perut dipenuhi udara alias kembung. Sebaiknya, konsumsilah buah 1-2 jam setelah makan atau satu jam sebelum makan. Ini akan membuat perut Anda kenyang dan makan tidak terlalu banyak.

3. Minum Teh
Daun teh memiliki  asam yang tinggi. Hal ini menyebabkan  protein dalam makanan sulit dicerna. Selain itu, minum teh setelah makan dapat menyebabkan hambatan penyerapan zat dalam tubuh hingga 80 persen. Padahal, zat besi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kualitas tubuh manusia.

4. Mengencangkan Ikat Pinggang
Mengendurkan ikat pinggang dapat menyebabkan usus terbelit dan terblokir.

5. Mandi
Mandi yang dilakukan setelah makan akan menaikkan aliran darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut.

6. Berjalan-Jalan
akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah Anda makan.

7. Langsung Tidur
Jangan ikuti kantuk Anda. Tidur setelah makan membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan terjadi peradangan.

8. Minum Air Es
Air dingin akan membekukan makanan berminyak, terutama berlemak, yang Anda santap. Lemak itu akan terbentuk dalam usus dan akan mengakibatkan menyempitnya saluran-saluran pencernaan sehingga menimbulkan kegemukan. Gantilah dengan minum air hangat.

9. Pergi
Kebiasaan ini tidak berdampak pada kesehatan Anda, sih. Tapi kok kurang sopan, ya..

risal.maros:
Tips Membersihkan kulkas dengan cepat.

Pernah ngalami di frezer kulkas penuh sengan bunga es atau sudah penuh es yang tebal ?
membersihkannya dengan menunggu es mencair butuh waktu 24 jam. Gimana cara cepat membersihkannya ?
Berdasarkan pengalaman pasang kipas angin menghadap frezer atau tempat bongkahan es tadi.
Semakin kencang anginnya semakin cepat proses pncairan esnya. Anda dapat membersihkan lemaris hanya dalam 2 jam.
Dijamin. ini bukan janji tapi bukti   Pilih Kipas angin he he

Death Angel:

--- Quote from: risal.maros on March 19, 2009, 08:14:55 am ---Tips Membersihkan kulkas dengan cepat.

Pernah ngalami di frezer kulkas penuh sengan bunga es atau sudah penuh es yang tebal ?
membersihkannya dengan menunggu es mencair butuh waktu 24 jam. Gimana cara cepat membersihkannya ?
Berdasarkan pengalaman pasang kipas angin menghadap frezer atau tempat bongkahan es tadi.
Semakin kencang anginnya semakin cepat proses pncairan esnya. Anda dapat membersihkan lemaris hanya dalam 2 jam.
Dijamin. ini bukan janji tapi bukti   Pilih Kipas angin he he

--- End quote ---
bener pak Guru ... walopun sebagian model lemari Es sekarang sudah ada fasilitas untuk mencairkan bunga es ...
di tambah dengan kipas angin lebih cepat ya ... kalo gak punya kipas angin ... pake Kipas Sate sambil teriak2 SSSSSAAAAAAATTTTEEEEEEEEE 100x .... guyon loh pak Guru  '/; '/; '/;
Jangan dimasukkan hati ya .... (l)

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version