Author Topic: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector  (Read 667473 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Habibi

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 99
  • Age: 39
  • Location: Baturaja - Sumatera Selatan
  • Date Registered: March 10, 2012, 12:08:38 am
  • Reputasi : 2
  • Msih terus menambah ilmu persatelitan
  • OS:
  • Windows Server Home/Server 2003 Windows Server Home/Server 2003
  • Browser:
  • Firefox 31.0 Firefox 31.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2180 on: August 26, 2014, 07:56:22 am »
karena lnb pada dish mesh 10ft cuma triple out, sedangkan rx yang ada 4 buah.
makasih atas koreksi nya bro, maaf ada kesalahan pda gambar, seharusnya 2 bh lnb 4 out, bkan 3 out utk palapa dan telkom
Openbox X5, dish solid 6ft, sepiring bertiga (c-band, ku-band, s-band).

Offline Habibi

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 99
  • Age: 39
  • Location: Baturaja - Sumatera Selatan
  • Date Registered: March 10, 2012, 12:08:38 am
  • Reputasi : 2
  • Msih terus menambah ilmu persatelitan
  • OS:
  • Windows Server Home/Server 2003 Windows Server Home/Server 2003
  • Browser:
  • Firefox 31.0 Firefox 31.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2181 on: August 26, 2014, 08:49:36 am »
makasih atas koreksi nya bro, maaf ada kesalahan pda gambar, seharusnya 2 bh lnb 4 out, bkan 3 out utk palapa dan telkom
stelah saya perhatikan utk dish Mesh kyak gk mngkin jga kalo satelit asiasat 3 dan asiasat 5 di pake utk no 2 dan 3 coz hanya single out. kalo gitu mnding 3 RX murmer hanya utk palapa dan telkom (pake 3 bh diseqc 2x1), asiasat 3 dan asiasat 5 nya pindah ke no 3 aja ditambah palapa+telkom. trus utk menghubungkan ketiga dish diatas ke no 3 pake apa ya bro?
Openbox X5, dish solid 6ft, sepiring bertiga (c-band, ku-band, s-band).

Offline Deruatria

  • Gak percaya sudah
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1696
  • Age: 44
  • Location: Jatiseeng 1, Ciledug, Cirebon
  • Date Registered: September 04, 2013, 07:30:17 pm
  • Reputasi : 112
  • I am a viewer but I can also satellite tracking
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Browser:
  • Chrome 36.0.1985.143 Chrome 36.0.1985.143
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2182 on: August 26, 2014, 09:02:59 am »
stelah saya perhatikan utk dish Mesh kyak gk mngkin jga kalo satelit asiasat 3 dan asiasat 5 di pake utk no 2 dan 3 coz hanya single out. kalo gitu mnding 3 RX murmer hanya utk palapa dan telkom (pake 3 bh diseqc 2x1), asiasat 3 dan asiasat 5 nya pindah ke no 3 aja ditambah palapa+telkom. trus utk menghubungkan ketiga dish diatas ke no 3 pake apa ya bro?
dihitung aja jumlah lnb yang akan masuk ke rx, klo misalnya hanya pake 6 lnb masbro bisa menggunakan diseq 6x1....
atau sekalian aja pake diseq 8x1 supaya lnb yang ada bisa masuk semua ke rx no 3...

Offline Habibi

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 99
  • Age: 39
  • Location: Baturaja - Sumatera Selatan
  • Date Registered: March 10, 2012, 12:08:38 am
  • Reputasi : 2
  • Msih terus menambah ilmu persatelitan
  • OS:
  • Windows Server Home/Server 2003 Windows Server Home/Server 2003
  • Browser:
  • Firefox 31.0 Firefox 31.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2183 on: August 26, 2014, 11:10:23 pm »
dihitung aja jumlah lnb yang akan masuk ke rx, klo misalnya hanya pake 6 lnb masbro bisa menggunakan diseq 6x1....
atau sekalian aja pake diseq 8x1 supaya lnb yang ada bisa masuk semua ke rx no 3...
kalo dari dish mesh 10 feet dgn 4 lnb c band di pasang diseqc 4x1, trus dri diseqc 4x1 tdi lngsung ke diseqc 8x1 bisa gak ya coz jarak dish mesh dan dish solidnya agak jauh?
Openbox X5, dish solid 6ft, sepiring bertiga (c-band, ku-band, s-band).

Offline Deruatria

  • Gak percaya sudah
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1696
  • Age: 44
  • Location: Jatiseeng 1, Ciledug, Cirebon
  • Date Registered: September 04, 2013, 07:30:17 pm
  • Reputasi : 112
  • I am a viewer but I can also satellite tracking
  • OS:
  • Android Android
  • Browser:
  • Opera 11.10 Opera 11.10
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2184 on: August 27, 2014, 05:49:27 am »
kalo dari dish mesh 10 feet dgn 4 lnb c band di pasang diseqc 4x1, trus dri diseqc 4x1 tdi lngsung ke diseqc 8x1 bisa gak ya coz jarak dish mesh dan dish solidnya agak jauh?
gak bisa seperti itu, harus ada switch 22k.

Offline duwi bodod

  • masih belajar dan terus belajar
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1445
  • Age: 38
  • Location: BANGKA
  • Date Registered: December 06, 2011, 08:05:07 am
  • Reputasi : 78
  • [Dari sebutir beras ku tanak menjadi sebakul nasi]
  • OS:
  • Mac OS X Mac OS X
  • Browser:
  • Safari 4.0 Safari 4.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2185 on: August 27, 2014, 06:11:10 am »
gak bisa seperti itu, harus ada switch 22k.
Bisa koq bro... diseqc 1.0 dan diseqc 1.1 bisa digabungkan, setingan di rx juga harus sesuai dg penyambungan portnya. Bisa juga dari LNBC/Sband => 22k => 4x1 => 8x1 => Rx. Untuk lnb kUband sebaiknya dipasang di port 4x1 atau langsung pada 8x1.

[tiru & modifikasi]
[masih] setia pake rx mpeg2 jadul

Offline Deruatria

  • Gak percaya sudah
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1696
  • Age: 44
  • Location: Jatiseeng 1, Ciledug, Cirebon
  • Date Registered: September 04, 2013, 07:30:17 pm
  • Reputasi : 112
  • I am a viewer but I can also satellite tracking
  • OS:
  • Android Android
  • Browser:
  • Opera 11.10 Opera 11.10
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2186 on: August 27, 2014, 06:38:03 am »
Bisa koq bro... diseqc 1.0 dan diseqc 1.1 bisa digabungkan, setingan di rx juga harus sesuai dg penyambungan portnya. Bisa juga dari LNBC/Sband => 22k => 4x1 => 8x1 => Rx. Untuk lnb kUband sebaiknya dipasang di port 4x1 atau langsung pada 8x1.

[tiru & modifikasi]
dari 4x1 langsung ke 8x1..?
apakah muncul normal keluaran sinyalnya?
pencerahannya kang...salam

Offline duwi bodod

  • masih belajar dan terus belajar
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1445
  • Age: 38
  • Location: BANGKA
  • Date Registered: December 06, 2011, 08:05:07 am
  • Reputasi : 78
  • [Dari sebutir beras ku tanak menjadi sebakul nasi]
  • OS:
  • Mac OS X Mac OS X
  • Browser:
  • Safari 4.0 Safari 4.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2187 on: August 27, 2014, 08:08:41 am »
dari 4x1 langsung ke 8x1..?
apakah muncul normal keluaran sinyalnya?
pencerahannya kang...salam
saya pake sudah 2tahun ini normal2 saja кαηg...malahan telkom dan palapa sy pake 22k masuk port 4x1 terus masuk port 8x1. Piss....

[tiru & modifikasi]

[masih] setia pake rx mpeg2 jadul

Offline Deruatria

  • Gak percaya sudah
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1696
  • Age: 44
  • Location: Jatiseeng 1, Ciledug, Cirebon
  • Date Registered: September 04, 2013, 07:30:17 pm
  • Reputasi : 112
  • I am a viewer but I can also satellite tracking
  • OS:
  • Android Android
  • Browser:
  • Opera 11.10 Opera 11.10
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2188 on: August 27, 2014, 08:22:23 am »
saya pake sudah 2tahun ini normal2 saja кαηg...malahan telkom dan palapa sy pake 22k masuk port 4x1 terus masuk port 8x1. Piss....

[tiru & modifikasi]
:siap: pernah saya coba pake 4x1 dan 4x1 terus ke 22k, di rx yg nyantol cuma sebelah. trims pencerahannya kang....salam

Offline Habibi

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 99
  • Age: 39
  • Location: Baturaja - Sumatera Selatan
  • Date Registered: March 10, 2012, 12:08:38 am
  • Reputasi : 2
  • Msih terus menambah ilmu persatelitan
  • OS:
  • Windows Server Home/Server 2003 Windows Server Home/Server 2003
  • Browser:
  • Firefox 31.0 Firefox 31.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2189 on: August 27, 2014, 02:49:49 pm »
:siap: pernah saya coba pake 4x1 dan 4x1 terus ke 22k, di rx yg nyantol cuma sebelah. trims pencerahannya kang....salam
kalo sperti gambar dibawah bisa gak ya bro, kalo bisa tinggal beli 1 bh 22k?
Openbox X5, dish solid 6ft, sepiring bertiga (c-band, ku-band, s-band).

Offline dodo_8888

  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 523
  • Location: Jakarta Utara
  • Date Registered: January 04, 2013, 01:40:07 pm
  • Reputasi : 4
  • Wah sudah jadi
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 31.0 Firefox 31.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2190 on: August 27, 2014, 03:37:39 pm »
kalo sperti gambar dibawah bisa gak ya bro, kalo bisa tinggal beli 1 bh 22k?


kasihan yg ku band nya bro, bisa ga maximal.
Dish solid 6 ft for IS19
Dish solid 6 ft for IS20
OB X5

Offline Deruatria

  • Gak percaya sudah
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1696
  • Age: 44
  • Location: Jatiseeng 1, Ciledug, Cirebon
  • Date Registered: September 04, 2013, 07:30:17 pm
  • Reputasi : 112
  • I am a viewer but I can also satellite tracking
  • OS:
  • Android Android
  • Browser:
  • Opera 11.10 Opera 11.10
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2191 on: August 27, 2014, 05:03:34 pm »
kalo sperti gambar dibawah bisa gak ya bro, kalo bisa tinggal beli 1 bh 22k?

ya itu yg maksud diatas, sy pernah nyoba seperti pict tsb hanya saja yg terbaca di rx cuma dari diseq sebelah.
makanya saya kasih saran langsung aja menggunakan 8x1, tpi tetap gak ada salahnya untuk mencoba seperti pict tsb. salam....

Offline Habibi

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 99
  • Age: 39
  • Location: Baturaja - Sumatera Selatan
  • Date Registered: March 10, 2012, 12:08:38 am
  • Reputasi : 2
  • Msih terus menambah ilmu persatelitan
  • OS:
  • Windows Server Home/Server 2003 Windows Server Home/Server 2003
  • Browser:
  • Firefox 31.0 Firefox 31.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2192 on: August 27, 2014, 08:36:59 pm »
ya itu yg maksud diatas, sy pernah nyoba seperti pict tsb hanya saja yg terbaca di rx cuma dari diseq sebelah.
makanya saya kasih saran langsung aja menggunakan 8x1, tpi tetap gak ada salahnya untuk mencoba seperti pict tsb. salam....
dri keempat alternatif mana yg bagus, kalo bisa 4bh lnb c band nya msuk ke diseqc 4x1 dlu
1.
2.
3.
4. 8 bh lnb lnsung masuk ke diseqc 8x1 (pilihan terakhir kalo 3 alternatif diatas tidak bisa)

kalo ada pilihan yg lebih baik jga boleh
Openbox X5, dish solid 6ft, sepiring bertiga (c-band, ku-band, s-band).

Offline duwi bodod

  • masih belajar dan terus belajar
  • Up Level
  • Ksatria
  • *******
  • Posts: 1445
  • Age: 38
  • Location: BANGKA
  • Date Registered: December 06, 2011, 08:05:07 am
  • Reputasi : 78
  • [Dari sebutir beras ku tanak menjadi sebakul nasi]
  • OS:
  • Mac OS X Mac OS X
  • Browser:
  • Safari 4.0 Safari 4.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2193 on: August 28, 2014, 08:18:30 am »
ya itu yg maksud diatas, sy pernah nyoba seperti pict tsb hanya saja yg terbaca di rx cuma dari diseq sebelah.
makanya saya kasih saran langsung aja menggunakan 8x1, tpi tetap gak ada salahnya untuk mencoba seperti pict tsb. salam....
Boleh dicoba pake 3buah switch 22k untuk gabungkan 6 lnb Cband dan Sband tsb yg masing2 output switch 22k masuk ke port 1,2,3 diseqC 4x1. Setting di rx menyesuaikan diseqc dan 22k on/off masing2 satelitnya. masih sisa port4 duseqC 4x1 untuk kUbandnya. Output diseqC 4x1 yg  masuk ke rx. Pernah saya pakai cara ini dan berhasil.

[tiru & modifikasi]

[masih] setia pake rx mpeg2 jadul

Offline dodo_8888

  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 523
  • Location: Jakarta Utara
  • Date Registered: January 04, 2013, 01:40:07 pm
  • Reputasi : 4
  • Wah sudah jadi
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 31.0 Firefox 31.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2194 on: August 28, 2014, 09:25:39 am »
Boleh dicoba pake 3buah switch 22k untuk gabungkan 6 lnb Cband dan Sband tsb yg masing2 output switch 22k masuk ke port 1,2,3 diseqC 4x1. Setting di rx menyesuaikan diseqc dan 22k on/off masing2 satelitnya. masih sisa port4 duseqC 4x1 untuk kUbandnya. Output diseqC 4x1 yg  masuk ke rx. Pernah saya pakai cara ini dan berhasil.

[tiru & modifikasi]

yes ini paling visible and workable ...  (top)
Dish solid 6 ft for IS19
Dish solid 6 ft for IS20
OB X5

Offline Habibi

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 99
  • Age: 39
  • Location: Baturaja - Sumatera Selatan
  • Date Registered: March 10, 2012, 12:08:38 am
  • Reputasi : 2
  • Msih terus menambah ilmu persatelitan
  • OS:
  • Windows Server Home/Server 2003 Windows Server Home/Server 2003
  • Browser:
  • Firefox 31.0 Firefox 31.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2195 on: August 28, 2014, 05:16:56 pm »
yes ini paling visible and workable ...  (top)
6 bh lnb C Band ke 3 bh 22k, dri msing2 22k ke port 1,2 dan 3 di diseqc 4x1. KU Band lnb ke port 4 di diseqc 4x1. trus S band lnb kemana coz diseqc 4x1 sdh penuh slotnya? sepengetahuan saya, KU band kurang maksimal kalo melalui 22k, sdngkan diseqc tdk bekerja jika sdh melewati 22k. dri gambaran diatas sperti nya dri 22K baru ke diseqc, maaf kalo salah?
Openbox X5, dish solid 6ft, sepiring bertiga (c-band, ku-band, s-band).

Offline dodo_8888

  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 523
  • Location: Jakarta Utara
  • Date Registered: January 04, 2013, 01:40:07 pm
  • Reputasi : 4
  • Wah sudah jadi
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 31.0 Firefox 31.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2196 on: August 28, 2014, 08:02:38 pm »
6 bh lnb C Band ke 3 bh 22k, dri msing2 22k ke port 1,2 dan 3 di diseqc 4x1. KU Band lnb ke port 4 di diseqc 4x1. trus S band lnb kemana coz diseqc 4x1 sdh penuh slotnya? sepengetahuan saya, KU band kurang maksimal kalo melalui 22k, sdngkan diseqc tdk bekerja jika sdh melewati 22k. dri gambaran diatas sperti nya dri 22K baru ke diseqc, maaf kalo salah?

bro habibi, kalo lihat gambar anda jumlah lnb = 7 bh. 5 lnb c band, 1 lnb s band, 1 lnb ku.
jadi 5 lnb c band dan s band di konek ke 22k trus ke port 1,2 dan 3. sedang yg lnb ku band menuju ke port 4. kalo anda bersikeras jadi 8 lnb maka gunakan diseqc yg 5x1 atau 6x1 atau sekalian 8x1.  (peace)
Dish solid 6 ft for IS19
Dish solid 6 ft for IS20
OB X5

Offline Habibi

  • Warga Baru
  • *
  • Posts: 99
  • Age: 39
  • Location: Baturaja - Sumatera Selatan
  • Date Registered: March 10, 2012, 12:08:38 am
  • Reputasi : 2
  • Msih terus menambah ilmu persatelitan
  • OS:
  • Windows Server Home/Server 2003 Windows Server Home/Server 2003
  • Browser:
  • Firefox 31.0 Firefox 31.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2197 on: August 28, 2014, 08:57:09 pm »
6 bh lnb C Band ke 3 bh 22k, dri msing2 22k ke port 1,2 dan 3 di diseqc 4x1. KU Band lnb ke port 4 di diseqc 4x1. trus S band lnb kemana coz diseqc 4x1 sdh penuh slotnya? sepengetahuan saya, KU band kurang maksimal kalo melalui 22k, sdngkan diseqc tdk bekerja jika sdh melewati 22k. dri gambaran diatas sperti nya dri 22K baru ke diseqc, maaf kalo salah?
bukan maksud saya utk bersikeras bro, takutnya nanti s band gk maksimal kalo di colokkan ke 22k sperti yg terjadi pada KU band. slain itu saya baca2 dari sini http://najwatehnik.blogspot.com/2011/10/switch-dseq-vs-22k.html bahwa kelemahan diseqc tidak bisa bekerja jika sudah melewati switch 22k. kalo pemahaman saya salah, tlong dikoreksi.
« Last Edit: August 28, 2014, 08:58:46 pm by Habibi »
Openbox X5, dish solid 6ft, sepiring bertiga (c-band, ku-band, s-band).

Offline dodo_8888

  • Pendekar
  • ******
  • Posts: 523
  • Location: Jakarta Utara
  • Date Registered: January 04, 2013, 01:40:07 pm
  • Reputasi : 4
  • Wah sudah jadi
  • OS:
  • Windows XP Windows XP
  • Browser:
  • Firefox 31.0 Firefox 31.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2198 on: August 29, 2014, 07:23:29 am »
bukan maksud saya utk bersikeras bro, takutnya nanti s band gk maksimal kalo di colokkan ke 22k sperti yg terjadi pada KU band. slain itu saya baca2 dari sini http://najwatehnik.blogspot.com/2011/10/switch-dseq-vs-22k.html bahwa kelemahan diseqc tidak bisa bekerja jika sudah melewati switch 22k. kalo pemahaman saya salah, tlong dikoreksi.

bro habibi, 22k itu bekerja sbg switch electonik. jadi hanya switch penseleksi yg tidak akan mengganggu aliran signal lnb s band. ia juga menyebabkan signal intensity berkurang sedikit. sebenarnya bisa juga digunakan pada lnb ku band yg fixed pada 1 satelit yg posisi 22k tidak berubah lagi.
Dish solid 6 ft for IS19
Dish solid 6 ft for IS20
OB X5

Offline bogel256

  • Pengembara
  • Posts: 19
  • Date Registered: September 25, 2011, 07:38:43 am
  • Reputasi : 0
  • OS:
  • Windows 7/Server 2008 R2 Windows 7/Server 2008 R2
  • Browser:
  • Firefox 31.0 Firefox 31.0
Re: All About DiSEqC, Multiswitch, Tap, Splitter, Connector
« Reply #2199 on: August 30, 2014, 03:23:19 pm »
misi bro numpang nanya..
saya punya 2 dish
6 feet solid c band + motor
dish s band indovis
saya pake switch 4x1 masuk receiver.
port 1 = c band
port 2 = s band
yg aneh waktu diseqc 1.2 diaktifin sinyal c bandnya langsung ilang. (tiap satelit c band udah dilock lwt disec 1.2) gimana cara setting yg benarnya ya?
mohon bimbingannya master2.