Serba Serbi > Tech News, Komputer & Networking

Membangun HTPC

(1/10) > >>

bluebotana:
Yang suka santai sambil menikmati Home theater khususnya lewat PC
Silahkan share disini yah,....


All About HTPC...



Rekan Forsat telah memutuskan untuk membangun sebuah PC untuk sistem home theater PC, tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Panduan ini dirancang untuk mengajarkan pada forsater dasar-dasar bagaimana merancang dan membangun sebuah HTPC. Saya tdk terlalu secara mendalam untuk mengulas ini krn saya sendiri pun belum memilikinya dan kini sedang dalam proses mengumpulkan komponen2nya, ini hanya untuk memberikan gambaran yang sangat umum kepada forsater.

Sistem home theater PC saat ini semakin kecil ukurannya dan lebih murah daripada sebelumnya.

Langkah pertama dalam merancang HTPC Anda adalah untuk mempertimbangkan bagaimana Anda akan menggunakannya dalam perangkat home theater. Biasanya, orang ingin menggunakan HTPC untuk menyimpan musik, merekam video sebagai PVR dan memutar DVD film.Home theater game juga menjadi lebih populer, jadi penggunaan kartu grafis 3D high end bisa menjadi pertimbangan yang utama juga.

Sekali Anda telah mengidentifikasi peran dasar HTPC forsater, langkah berikutnya adalah untuk mengetahui bagaimana menyesuaikan ke perangkat home theater. Rekan rekan harus mencari komponen yang cocok untuk membangun sebuah HTPC.



1.Cashing

Kualitas yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih cashing HTPC adalah gaya, ukuran dan kapasitas. Gaya adalah opsional, namun kami sangat menyarankan memilih sebuah cashing HTPC yang tidak bertentangan dengan desain home theater Anda. Ukuran dan kapasitas cashing HTPC ini penting karena kebutuhan untuk menyesuaikan bersama komponen home theater yang ada, tetapi juga perlu memiliki cukup ruang untuk ekspansi yang memadai dan sirkulasi udara.
Beberapa produk casing HTPC antara lain Coolermaster, Antec, Zalman dan Thermaltake

contoh
- ThermalTake VF7001BNS DH101 Black Home Theater PC







2. Mother Board & Procesor

Selanjutnya, Forsater perlu memilih motherboard dan cpu (procesor). Kecuali forsater berencana untuk menggunakan HTPC Anda untuk gaming, pertimbangkan untuk menggunakan CPU yang lebih tua. Tidak saja ini akan lebih murah, namun juga menghasilkan lebih sedikit panas. Mengurangi panas adalah penting jika anda menginginkan sebuah HTPC tenang tidak berisik. CPU performa tinggi yang sekarang umumnya berisik, dan bisa dalam banyak kasus menjadi berlebihan.
Untuk motherboard pilihlah yang berukuran kecil namun lengkap mengingat ukuran cashing HTPC yang terbatas .Untuk membangun unit HTPC, motherboard yang rekan butuhkan adalah jenis MicroATX, jenis ini berdimensi kecil namun tetap mempunyai kinerja yang baik dan fungsionalitas.

contoh
- ASUSTEK COMPUTER M2A-VM/HDMI AM2 AMD690G MATX VGA+SND+GLN+U2 FSB2000 SATA2





3.Sound Card

Gunanya Soundcard di pc ini untuk memberikan output suara yang nantinya bisa di colokin ke speaker. Saat ini sudah mulai banyak soundcard yang memiliki output coaxial, spdif/digital atau 2.5mm jack biasa. Dan kebanyakan dari soundcard udah mendukung channel sampe 6 (atau 5.1). Untuk saat ini, rata rata hampir semua motherboard telah dilengkapi soundcard yang mendukung sampai 5.1 (bahkan juga dilengkapi digital out/spidf). Hanya saja kualitas soundcard bawaan dari motherboard atau sering disebut onboard tidak dapat menghasilkan suara sebaik soundcard 3rd party. Nah Soundcard 3rd party ada macem macem. Cuma yang berkualitas hanya beberapa. yang bisa dikategorikan populer itu biasanya keluaran Onkyo, Creative (X-Fi series nya), Asus, Azuentech.

contoh
- Xonar HDAV1.3 Deluxe Asus HTPC sound card





4. VGA Card

Setelah Anda memilih cashing dan Sound Card HTPC yang ideal, urutan berikutnya adalah memilih VGA Card untuk merakit HTPC Anda. Terutama jika Anda berniat untuk menggunakan HTPC Anda untuk menonton film dan sebagai perekam video digital, fokuskan pada pemilihan kemampuan tampilan kartu grafis anda. Dan jangan lupa karena ukuran cahing HTPC yg terbatas, pilihlah VGA card yang low profile ( berdimensi kecil ) namun best perfomance. Pemaian besar untuk Vga Card yaitu ATi dengan Radeonnya dan Nvidia dgn Geforcenya,...sebagai pertimbangan rekan forsat bisa memakai produk Ati Radeon terbaru HD5570 meski ukurannya kecil tapi lumayan tuh performance nya, sdh support direct x 11 lagi.

contoh
- HIS HD 5570 Fan (DirectX 11/ Full HD 1080p) 1GB (128bit) DDR3 PCIe





5. Hard disc

Selanjutnya kita bicara tentang media storage. Karena sekarang sdh banyak movie movie dgn format HD yang tentunya menuntut kebutuhan space yang besar, maka dibutuhkan media penyimpanan yang besar juga. Pada HTPC, HDD atau hard disc kebanyakan memiliki kapasitas mulai dari 500GB atau bahkan kadang sampai lebih dari  1TB.
Namun jangan lupa untuk memilih HDD dengan power konsumsi yang kecil ini penting untuk menghemat daya. Sebagai pertimbangan forsater bisa menggunakan

contoh
- Western Digital Caviar Green (1TB/750GB/640GB/500GB)





6. Optional

Sekarang anda memiliki inti dari komponen HTPC, anda dapat untuk menambah komponen opsional yang sesuai dengan selera Anda. Beberapa komponen populer antara lain jaringan WiFi adapter, HDTV Tuner dan Remote Control.

Menambahkan kartu WiFi HTPC Anda akan memberi Anda nirkabel home theater. Anda akan memiliki kemampuan untuk mengirim data ke dan dari HTPC Anda tanpa menghubungkan kabel. Hal ini sangat ideal untuk streaming musik dan video dari komputer lain di rumah Anda, atau dari internet. Perlu diingat bahwa untuk kasus ini memerlukan jaringan WiFi Wireless Access Point, dan bahwa setiap komputer Anda ingin terhubung ke jaringan nirkabel Anda memerlukan kartu WiFi-nya sendiri.

HDTV adalah format baru video digital, yang menawarkan resolusi yang lebih tinggi secara dramatis dan memperbaiki warna untuk ultra-realistis. menambahkan kartu HDTV tuner untuk HTPC Anda akan memungkinkan Anda untuk menikmati siaran televisi definisi tinggi. Beberapa kartu Tuner HDTV menawarkan kemampuan merekam.

Sebuah remote control adalah kebutuhan standar untuk setiap HTPC, namun Anda juga dapat menggunakan kombinasi mouse dan keyboard nirkabel. Sebuah remote akan memungkinkan Anda untuk mengontrol HTPC Anda. Remote Control biasanya plug in ke port USB Anda, dan menyertakan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengoperasikan HTPC Anda. Sebagai pertimbangan bisa menggunakan

contoh
- Lenovo's wireless Multimedia Remote with Keyboard




Dengan semakin banyaknya bermunculan komponen2 HTPC baru yang semakin canggih baik itu cashing, vga card, sound card, HDD, PSU akan memberikan kesempatan bagi anda untuk melakukan upgrade pada HTPC anda sehingga kemampuan HTPC rekan forsater semua semakin mumpuni,......

Semoga ini bermanfaat....mohon masukan dari rekan forsater semua yg sdh pengalaman membangun sebuah HTPC
biar bisa menjadi referensi rekan forsater dan khusunya buat saya juga hehehehe,.......


Bravo Forsat


Terima kasih.
buat Om Maxx,...thanks atas Ijinnya yah,.. (d)

Maximal Prime:
Menarik nih... topiknya saya stick ya bro....

kalo PC yg udah kita punya sekarang bisa tidak ya jadi sebuah HTPC?

OS yg sering dipake apa bro? kebetulan saya di rumah hanya pake Linux...

bluebotana:

--- Quote from: maxx on March 11, 2010, 01:03:07 pm ---Menarik nih... topiknya saya stick ya bro....

kalo PC yg udah kita punya sekarang bisa tidak ya jadi sebuah HTPC?

OS yg sering dipake apa bro? kebetulan saya di rumah hanya pake Linux...

--- End quote ---

Terima kasih banyak Om maxx atas perhatiannya,...monggo silahkan saja  :D

adef:
menarik-menarik.. (y)
ikut menyimak..

bluebotana:
tar ya om om semua saya lagi selesaikan pasang image image nya

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version