Serba Serbi > Tech News, Komputer & Networking

TIPS AND TRIK KOMPUTER

(1/69) > >>

risal.maros:
Menemukan Tips and Trik tentang komputer dan Aplikasinya di belantara Internet ?. Baiknya si share di sini.
makasih

risal.maros:
   Membuat Background Gambar di Windows Explorer   for everyone

Ini tips yang kuno, namun nggak ada salahnya dishare kembali
Ingin tampilan windows explorer sedikit lain dengan gambar favorit kamu menghiasi latar belakang setiap driver (C, D, atau flashdisk) kamu. Sekali lagi, aku sendiri pernah menemui software yang disertakan dalam pembelian flashdisk tertentu yang bisa menampilkan latar belakang gambar yang dipilih, tetapi kita nggak akan membahas software tersebut, tapi akan membahas bagaimana membuatnya sendiri.

Ok, ikuti langkah sederhana dan mudah ini:

1. Buka notepad dan isikan (copy paste aja) list berikut ini:

{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}={BE098140-A513-11D0-A3A4
-00C04FD706EC}
{5984FFE0-28D4-11CF-AE66-08002B2E1262}={5984FFE0-28D4-11CF-AE66
-08002B2E1262}
[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
Attributes=1
IconArea_Image=gambarku.jpg
[.ShellClassInfo]
ConfirmFileOp=0
[{5984FFE0-28D4-11CF-AE66-08002B2E1262}]
PersistMoniker=file://Folder Settings\Folder.htt
PersistMonikerPreview=%WebDir%\classic.bmp

Perhatikan, tulisan berwarna merah adalah nama gambar yang ingin kamu jadikan background. Kalau bisa hindari nama gambar yang mengandung spasi.

2. Simpan file tersebut dengan nama desktop.ini, ingat ekstensinya bukan *.txt tetapi *.ini.

3. Letakkan file tersebut pada driver yang ingin kamu beri background (misalnya pada flashdisk kamu), jangan letakkan dalam folder karena efeknya tak akan bekerja nanti.

4. Pilih gambar yang ingin kamu jadikan background, dan letakkan di driver yang sama seperti kamu letakkan file desktop.ini tadi, dengan nama gambar yang disesuaikan dengan list di atas, dalam hal ini nama gambarnya gambarku.jpg

5. Selesai? Coba refresh, tampilan akan berubah indah. Jika tidak ada perubahan, periksa dengan hati-hati, juga perhatikan ekstensi dan nama filenya.

Dan kalo males buat, pilihan ada pada software ringan yang bisa berfungsi sama:

http://www.ziddu.com/download/3390878/IESHWIZBackgroundmaker.EXE.html

risal.maros:
   Membuat Yahoo Messager multi user pada satu komputer   Jun 3, '08 12:36 AM
for everyone

Yahoo Messager, biasa cuma bisa login dengan satu user pada komputer yang sama. Tetapi dengan sedikit ubah-ubah registri, YM bisa membolehkan kita login lebih dari satu user pada komputer yang sama. Tentunya banyak cara lain dan software-software lain untuk tujuan ini, tapi tak ada salahnya mencoba alternatif yang murah meriah ini.

1. Buka notepad dan ketikkan list registri entry sebagai berikut:

REGEDIT4

[HKEY_CURRENT_USER\Software\yahoo\pager\Test]

"Plural"=dword:00000001

2. Simpan dengan ekstensi reg, misalnya Multi_User_YM.reg

3. Jalankan dengan dua kali klik pada file tersebut

4. Coba buka YM lalu login lebih dari satu user, jika berhasil berarti anda sukses

Atau kalau malas membuatnya, bisa mengambil langsung di attachment ini.

risal.maros:
Blog Entry   Menggabungkan (Merge) File MPG dan FLV terpisah menjadi satu file utuh   May 29, '08 12:03 AM
for everyone

Menggabungkan atau merge file di sini artinya menggabungkan file-file terpisah yang sejenis menjadi satu file gabungan yang utuh. File MPG dan FLV merupakan file video yang banyak tersedia di internet, khususnya file FLV yang jadi format standar www.youtube.com, sering di upload menjadi bagian per bagian karena batasan dan kemudahan dalam upload file tersebut dengan ukuran yang besar.

Masalahnya setelah didownload, file bagian-bagian tersebut ingin disatukan menjadi file utuh, karena sangat tidak nyaman menonton video secara bagian per bagian. Nah, banyak pilihan bagi anda, bisa pakai software bayar atau gratisan yang banyak tersedia di internet, bisa juga pake cara simpel berikut ini.

1. Buat file *.txt baru (buka saja notepad)
   


2. Ketikan "copy /b *.flv FullMovie.flv" (tanpa tanda kutip)


3. Simpan dengan nama file terserah anda, dan ubah extensinya jadi *.bat, misal "JoinFLV.bat", agar file berubah menjadi ekstensi *.bat, gunakan tanda kutip ganda tersebut di jendela konfirmasi penyimpanan.



4. Letakkan file *.bat yang baru kita buat itu ke folder
 tempat dimana file *.flv akan di gabungkan.
5. Klik 2x pada file *.bat tersebut
6. Akan terbentuk file hasil join dengan nama "FullMovie.flv"


note: cara yang sama bisa digunakan untuk *.mpg dengan mengubah ekstensinya dari FLV menjadi MPG, jadi tuliskan di notepad tadi dengan "copy /b *.mpg FullMovie.mpg" (tanpa tanda kutip)

risal.maros:
   Mengembalikan Data dari Hardisk Rusak? Bisa, pake GetDataBack   


Rusak di sini bukan artinya rusak fisik, tetapi rusak akibat kesalahan, misalnya terformat tak sengaja, atau bahkan lebih ekstrim, mengubah partisi atau bahkan partisi yang tak terbaca atau broken. Data yang ada di harddisk bisa dikembalikan.

Berawasl dari otak-atik gw pada komputer yang baru gw beli second dari temen, nggak sengaja gw memnformat semuanya dan mengubah partisinya, tapi di tengah jalan mati lampu!! Begitu dihidupin lagi, partisi broken! padahal di dalamnya ada data tugas akhir (skripsi) temen gw yang katanya cuma ada di situ, alias ngga ada backup. Kebayang kan bingungnya bagi gw saat itu yang nggak tau harus gimana, hardisk aja nggak terbaca partisinya, boro-boro mau mengembalikan data yang udah terformat.

Selama dua hari gw ublek-ublek internet nyari cara untuk balikin data pda hardisk yang udah rusak partisinya, dan ketemu program yang gw pake sampe saat ini: GetDataBack ver. 3.0. Masih banyak sih software sejenis yang menawarkan recovery, tapi menurut gw ini yang powerfull, mulai dari ngembaliin file yang udah di delete, termasuk di delete dari recycle bin.

Dengan catatan, saat menyadari ada data penting dalam suatu media penyimpanan, jika ingin mengembalikan data itu jangan sekali-kali melakukan perubahan dulu pada hardisk itu, dan backup data yang udah terambil tadi ke media lainnya agar tak menimpa data yang ada di hardisk rusak itu.

Sebenarnya, apapun itu, Delete, Format, atau Partisi, semua data file pada media penyimpanan tidak secara fisik di"hilang"kan dari media penyimpanan tersebut, tapi hanya dihilangkan alokasi atau alamatnya, sehingga dianggap data itu tidak ada. Data yang dianggap tidak ada itu bisa ditimpa oleh data lain sengaja atau tidak, sebagian atau keseluruhan. Karena itu untuk memaksimalkan data kembali 100%, jangan otak-atik partisi yang bermasalah, kecuali untuk dikembalikan datanya.

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version