Serba Serbi > Tech News, Komputer & Networking

WEB DESAIN dan MANA WEBSITE KAMU ?

(1/30) > >>

santika:
Untuk membuat web dengan cepat sebenarnya ada, tapi kita harus terlebih dahulu menentuka website yang bagai mana yang mau dihasilkan? yang sesaui dengan keinginan kita, sesaui dengan keinginan kita tetapi dipandu oleh mesin pembuat atau tinggal pakai meskipun tidak sesuai dengan keinginan kita.
Sekarang banyak layanan gratis dan cepat untuk pembuatan website termasuk hostingnya, misal wordpress.com dan blogger.com atau multiply.com, mereka adalah  layanan pembuatan web yang cepat tetapi pengguna diajak membuat web dengan metode dipandu oleh mesin karena sudah ada theme yang disediakan meskipun bisa diedit tapi tidak seleluas kalau kita membuatnya sendiri ;-) . Kalau yang lain kita bisa gunakan theme dari dreamweaver atau frontpage dari microsoft atau cari theme/template di internet yang gratis atau berbayar tinggal kita edit sesaui kebutuhan kita maka sebuah web akan tercipta.

Kalau kita membeli sebuah hosting biasanya ada yang disebut dengan fasilitas fantastico dimana didalam layanan itu terdapat banyak aplikasi web/instan web yang bersifat GPL dan ini siap pakai, dan tambahannya kita bisa mengedit themenya sesuka kita dengan catatan kita tau cara merubahnya jadi sedikit lebih leluas dari pada yang sebelumnya semisal joomla, postnuke, phpnuke, wordpress....

Model yang lain adalah dimana kita benar-benar membuat web tersebut dari nol, jadi semua kita buat sendiri, programming dan design semua sesaui keinginan kita dan ini biasanya tergantung kitanya kalau kita memang expert biasanya cepat buatnya tapi kalau tidak ya sebaliknya atau sesuai dengan mood ;-)

Bicara masalah keahlian maka kalau menurut saya, seorang webdesigner harus memiliki kemampuan seni yang baik terutama berhubungan dengan desain web karena akan berhubungan dengan kemampuan merancang tataletak, layout, komposisi warna dan penggunaan tools design. Kemampuan menggunakan bahasa dasar pemerogramman web juga harus dikuasai yaitu minimal HTML dan lebih baik lagi jika menguasai javascripts, css, php dan yang lainnya ;-) . Satu lagi menurut saya mungkin ini suplemen saja yaitu mempelajari ilmu interaksi manusia dan komputer, kenapa? karena dengan demikian kita bisa membuat web yang benar2 user friendly dan mudah untuk dipahami oleh pengguna tidak menjemukan ;-) .

Tools / Software :
1. Soft Design/draw : Adobe PhotoShop, Gimp, PhotoImpact, more..
2. Soft Editing Web/code : Adobe Dreamweaver, Notepad++, TopStyle (css edit), more...

Elenbi:
Bagi bro2 yg pengen belajar web mulai dari dasar hingga expert silahkan meluncur ke http://www.w3schools.com
Menurut saya tutorial disana lebih lengkap dan mudah dicerna..
thx..

jeff rizuki:
bisa mulai dulu dari fs :D

Mang:
Pak santika, kasi tutorial dulu atuh gimana mendesain sebuah halaman situs misal dengan php atau dengan apa lalu kasih contoh hasilnya.
biar kita bisa belajar disini, nha nanti akan timbul diskusi
trim, termasuk saya juga belum bisa mendesain web,

darktemplar:
website ku :

www.eresep.com
www.reviewproduk.com

hehehe....

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

Go to full version