Kategori Utama > Tutorial Teknis Parabola dan Televisi Satelit

Istilah-istilah Seputar Dunia Persatelitan

<< < (2/14) > >>

yousouf rianto:
M
M2V Mobile TV
M2V Mobile TV merupakan sebuah televisi berlangganan yang biasa ditonton di mobil. TV berlangganan ini memiliki lebih dari 20 saluran TV baik lokal maupun internasional.
(click to show/hide)    * Spacetoon
    * KidsCo
    * Nickelodeon
    * ESPN
    * STAR Sports
    * CNBC Asia
    * BBC World
    * MTV Asia
    * Channel V
    * SCTV
    * antv
    * tvOne
    * MetroTV
    * Indosiar
    * Trans TV
    * Discovery Channel
    * Discovery Turbo
    * Discovery Travel & Living
    * STAR World
    * National Geographic Channel
    * Celestial Movies
    * STAR Movies
    * Fashion TV
Main Menu
Pilihan program yg akan atau bisa dijalankan
MetroTV
Adalah sebuah stasiun televisi swasta Indonesia. Stasiun ini resmi mengudara sejak 25 November 2000 di Jakarta.PT Media Televisi Indonesia merupakan anak perusahaan dari Media Group, suatu kelompok usaha media yang dipimpin oleh Surya Paloh, yang juga merupakan pemilik surat kabar Media Indonesia. PT Media Televisi Indonesia memperoleh izin penyiaran atas nama "MetroTV" pada tanggal 25 Oktober 1999. Pada tanggal 25 November 2000, MetroTV mengudara untuk pertama kalinya dalam bentuk siaran uji coba di 7 kota. Pada awalnya hanya bersiaran 12 jam sehari, sejak tanggal 1 April 2001, MetroTV mulai bersiaran selama 24 jam. Dari awalnya memulai operasi dengan 280 orang karyawan, saat ini MetroTV mempekerjakan lebih dari 900 orang, sebagian besar di ruang berita dan daerah produksi.
MNCTV (dahulu bernama TPI)
Adalah stasiun televisi swasta Indonesia yang mengudara secara terestrial dari Jakarta. Namanya yang sekarang dipergunakan sejak 20 Oktober 2010.
MNCTV, dirikan dengan nama TPI, merupakan stasiun televisi swasta ketiga di Indonesia setelah SCTV. TPI didirikan oleh Mbak Tutut dan dulu sebagian besar sahamnya dimiliki oleh PT Cipta Lamtoro Gung Persada.
Pada tahun 2009 sampai dengan tahun 2010, MNCTV tidak menyiarkan acara olahraga. Tetapi mulai tahun 2010 TPI kembali menyiarkan acara olahraga yaitu Liga Utama Inggris.
Modem (MOdulation/DEModulation)
Sebuah perangkat yang menerjemahkan informasi digital ke sinyal analog dan sebaliknya.
Movie
Kumpulan beberapa scene. Movie berisi scene, object, effect, dan action karena semua unsure inilah sebenarnya yang membentuk animasi pada movie.
MPEG (Motion Picture Expert Group)
Suatu standard dan format file untuk video bergerak.
Multipleksing
Istilah yang digunakan untuk menunjuk ke sebuah proses di mana beberapa sinyal pesan analog atau aliran data digital digabungkan menjadi satu sinyal. Tujuannya adalah untuk berbagi sumber daya yang mahal. Contohnya, dalam elektronik, multipleksing mengijinkan beberapa sinyal analog untuk diproses oleh satu analog-to-digital converter (ADC), dan dalam telekomunikasi, beberapa panggilan telepon dapat disalurkan menggunakan satu kabel.
Multiplekser (MUX)
Sebuah alat yang melakukan multipleksing dan alat yang melakukan proses yang berlawanan disebut Demultiplekser, (DEMUX).
Multi Sistem
Suatu perangkat yg bisa dijalankan lebih dari satu sistim program.
Multi Screen
Tampilan yg bisa menjalankan lebih dari satu layar program.
Multimedia
Sistem dokumen, dll yang mengkombinasikan teks, grafik, suara, film atau media lain.

N
NTSC
Sistem televisi analog yang digunakan di Amerika Serikat dan banyak negara lainnya, termasuk Amerika dan beberapa bagian Asia Timur. Namanya diambil dari National Television System(s) Committee, badan industri pembuat standar yang menciptakannya. NTSC dikembangkan pada tahun 1950, yang mendefinisikan standar video yang dibuat sampai 525 garis scan horizontal setiap 1/30 detik.
(click to show/hide)
O
OkeVision
OkeVision diluncurkan sejak pada tahun 2005 di Jakarta oleh PT. Nusantara Vision, sebagai sebuah lembaga penyiaran berlangganan jasa penyiaran televisi melalui Satelit di Indonesia.
Menggunakan Satelit Cakrawarta yang memungkinkan siaran OkeVision bisa diterima di seluruh pelosok wilayah nusantara.
Orbit
Garis atau sumbu perputaran suatu benda

yousouf rianto:
P
PAL
Kependekan dari phase-alternating line, phase alternation by lineatau untuk phase alternation line (bahasa Indonesia: garis alternasi fase), adalah sebuah encoding berwarna digunakan dalam sistem televisi broadcast, digunakan di seluruh dunia kecuali di kebanyakan Amerika, beberapa di Asia Timur (yang menggunakan NTSC), sebagian Timur Tengah dan Eropa Timur, dan Prancis (yang menggunakan SECAM, walaupun kebanyakan dari mereka telah memulai proses menggunakan PAL). PAL dikembangkan di Jerman oleh Walter Bruch, yang bekerja di Telefunken, dan pertama kali diperkenalkan pada 1967.
Parabola
Antena televisi berbentuk bundar spt piring cekung yg dapat menangkap siaran jarak jauh
Palapa
Nama satelit komunikasi sistem domestik yg dimiliki Indonesia
Pitch
Dot pitch merujuk pada jarak, dalam milimeter, antara titik-titik yang berdampingan dan sama warnanya pada monitor. Umumnya, kalau jaraknya semakin dekat maka gambarnya jadi semakin tajam, jadi semakin rendah dot pitch semakin bagus.
Pixel
Picture Element, elemen terkecil citra digital yang bisa dilihat mata. Sensor citra secara fisik (dua dimensi) dibuat dari rangkaian ribuan sel yang peka cahaya. Tiap sel disebut pixel, pixel adalah titik-titik cahaya yang membentuk suatu objek di layar. Makin banyak jumlah pixel dalam suatu citra, makin besar resolusi spatial citra tersebut.
Plasma TV
Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini sulit bereaksi dan sama sekali tidak berbahaya.
Platform
Dasar penopang sistem kerja suatu perangkat.
Polarisasi
Sifat pergerakan secara oscillasi dan menuju arah tertentu dan saling tegak lurus satu sama lain, serta tegak lurus terhadap arah rambatan.
Beberapa macam / jenis polarisasi: polarisasi linear, polarisasi melingkar, polarisasi ellips. Gelombang dengan polarisasi melingkar dan polarisasi ellips dapat diuraikan menjadi 2 gelombang dengan polarisasi tegak lurus. Polarisasi linear terjadi ketika cahaya merambat hanya dengan satu arah yang tegak lurus terhadap arah rambatan atau bidang medan listriknya.
(click to show/hide)Positioner
Sebuah perangkat yg berfungsi sebagai pengatur untuk menggerakkan suatu benda (baca: actuator)
Program
Acara

Q
Quality
Kualitas, Jika dihubungkan dengan Digital Receiver, Signal Quality berarti kualitas sinyal tertinggi yang berhasil ditangkap oleh receiver.

R
Radio
Adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
Radio amatir
Radio amatir adalah komunikasi dua arah melalui radio dengan status amatir yang telah diakui. Kegiatan Amatir Radio adalah kegiatan melatih diri dengan saling komunikasi dan penyelidikan teknik radio yang diselenggarakan oleh para amatir radio. Para amatir radio merupakan orang yang memiliki hobi dan bakat dibidang teknik elektronika radio dan komunikasi tanpa maksud komersial. Selain itu para amatir radio menggunakan radio amatirisme sebagai wadah dengan tujuan pribadi tanpa mencari keuntungan keuangan serta mendapat izin untuk mengoperasikan pesawat amatir radio. Makna amatir itu adalah seseorang yang menekuni suatu hobi tanpa dibayar, ia tidak dibayar untuk melakukan komunikasi, mempelajari lebih dalam lagi di bidang itu, dan tidak dibayar demi kepuasan dan kesenangan hatinya sendiri.
Radar
Dalam bahasa Inggris merupakan singkatan dari Radio Detection and Ranging, yang berarti deteksi dan penjarakan radio) adalah suatu sistem gelombang elektromagnetik yang berguna untuk mendeteksi, mengukur jarak dan membuat map benda-benda seperti pesawat , berbagai kendaraan bermotor dan informasi cuaca (hujan).
Panjang gelombang yang dipancarkan radar adalah beberapa milimeter hingga satu meter. Gelombang radio/sinyal yang dipancarkan dan dipantulkan dari suatu benda tertentu akan ditangkap oleh radar. Dengan menganalisa sinyal yang dipantulkan tersebut, pemantul sinyal dapat ditentukan lokasinya dan kadang-kadang dapat juga ditentukan jenisnya. Meskipun sinyal yang diterima relatif lemah/kecil, namun radio sinyal tersebut dapat dengan mudah dideteksi dan diperkuat oleh radar
RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia)
Adalah stasiun televisi swasta nasional di Indonesia yang mengudara secara terestrial dari Jakarta.
Receiver
Sebuah mesin yang berfungsi sebagai perangkat untuk mengatur serta menjalankan suatu program channel digital ???
Resolusi
Jumlah detail yang ditunjukkan dalam gambar atau layar.
Resonansi
Dalam fisika, resonansi adalah kecenderungan sistem untuk berosilasi dengan amplitudo yang lebih besar pada beberapa frekuensi dari frekuensi yang lain.
RS 232
RS-232 ( adalah standar komunikasi serial yang didefinisikan sebagai antarmuka antara perangkat terminal data (bahasa Inggris: data terminal equipment atau DTE) dan perangkat komunikasi data (bahasa Inggris: data communications equipment atau DCE) menggunakan pertukaran data biner secara serial.[1] Di dalam definisi tersebut, DTE adalah perangkat komputer dan DCE sebagai modem walaupun pada kenyataannya tidak semua produk antarmuka adalah DCE yang sesungguhnya.[1] Komunikasi RS-232 diperkenalkan pada 1962 dan pada tahun 1997, Electronic Industries Association mempublikasikan tiga modifikasi pada standar RS-232 dan menamainya menjadi EIA-232.[2]
Standar RS-232 mendefinisikan kecepatan 256 kbps atau lebih rendah dengan jarak kurang dari 15 meter, namun belakangan ini sering ditemukan jalur kecepatan tinggi pada komputer pribadi dan dengan kabel berkualitas tinggi, jarak maksimum juga ditingkatkan secara signifikan.[3] Dengan susunan pin khusus yang disebut null modem cable, standar RS-232 dapat juga digunakan untuk komunikasi data antara dua perangkat secara langsung.
(click to show/hide)

yousouf rianto:
S
Satelit
Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit, yakni satelit alam dan satelit buatan.
1.   Satelit Alami adalah benda-benda luar angkasa bukan buatan manusia yang mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya, seperti misalnya, Bulan adalah satelit alami Bumi.
Sebenarnya terminologi ini berlaku juga bagi planet yang mengelilingi sebuah bintang, atau bahkan sebuah bintang yang mengelilingi pusat galaksi, tetapi jarang digunakan. Bumi sendiri sebenarnya merupakan satelit alami Matahari.
2.   Satelit Buatan adalah benda buatan manusia yang beredar mengelilingi benda lain, misalnya satelit Palapa yang mengelilingi Bumi.
3.   Satelit Komunikasi adalah sebuah satelit buatan yang ditempatkan di angkasa dengan tujuan telekomunikasi. Satelit komunikasi modern menggunakan orbit geosynchronous, orbit Molniya atau orbit Bumi rendah.
4.   Untuk pelayanan tetap, satelit komunikasi menyediakan sebuah teknologi tambahan bagi kabel komunikasi kapal selam optik fiber. Untuk aplikasi bergerak, seperti komunikasi ke kapal laut dan pesawat  di mana aplikasi teknologi lain seperti kabel, tidak praktis atau tidak mungkin digunakan.
Scramble
Teracak, mencampurbaurkan, memperkacaukan.
Scramble (Channel)
Siaran televisi yang teracak dengan sistim enkripsi tertentu.
SCTV (Surya Citra Televisi Indonesia)
Adalah sebuah stasiun televisi swasta nasional di Indonesia.
Serat optik
Merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED[1]. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.
(click to show/hide)Setting
Suatu program untuk menngatur atau merubah sebuah sistem.
SHF (Super High Frequency)
Adalah gelombang elektromagnetik dengan frekuensi super tinggi yaitu di atas 3 GHz (3x109 Hz).. .
Simbol Rate
Secara singkat bisa juga diartikan sebagai 'kecepatan simbol'
Sinyal
sinyal adalah besaran yang berubah dalam waktu dan atau dalam ruang, dan membawa suatu informasi. Sinyal disini biasanya berupa Sinyal Elektrik.
Skalar Ring
Dudukan lnb pada bagian parabola
Slot
Tempat untuk menaruh perangkat-perangkat tambahan periferal pada motherboard.
Spacetoon
Spacetoon adalah sebuah stasiun televisi berjaringan di Indonesia dimiliki oleh Jaringan Penyiaran Televisi Anak Spacetoon Indonesia yang mengutamakan target penonton anak-anak. Stasiun televisi yang bekerja sama di bawah lisensi Spacetoon International ini mengudara di Jakarta (27 UHF), Bandung (30 UHF), Garut, Medan 43 (UHF), Surabaya (58 UHF), Malang, Kediri, Jember, dan Madiun. Selain melalui saluran Free-to-Air di 9 kota tersebut, Spacetoon Network Indonesia dapat ditonton melalui beberapa Jaringan Televisi Berlangganan seperti First Media, Jogja Media Net, dan jaringan Asosiasi Televisi Kabel Indonesia.
Spliter
Pemisah atau Pemilah
Stasiun televisi
Suatu stasiun penyiaran yang menyebarkan siarannya dalam bentuk audio dan video secara bersama-sama ke televisi penerima di wilayah tertentu.
(click to show/hide)Stereo
Reproduksi dari suara, menggunakan lebih dari satu saluran audio independen, melalui sebuah susunan konfigurasi pengeras suara yang simetris, dengan cara menimbulkan suatu kesan suara yang lembut dan alamiah dari berbagai arah seakan-akan pendengaran alami. Suara stereoponis memiliki lawan suara monoponik, di mana suara berada dalam bentuk satu saluran, biasanya terletak di tengah-tengah medan suara.
Switch
-Sakelar, Kontrol yang terdiri dari mekanik atau listrik atau perangkat elektronik untuk membuat atau melanggar atau mengubah sambungan di sirkuit.
-Switch adalah sebuah alat yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding)
Switch 22k

T
Teleconferencing
Konferensi (rapat) jarak jauh atau komunikasi interaktif antara tiga orang atau lebih yang terpisah jauh secara geogafis.
Televisi
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang digunakan untuk memancarkan dan menerima siaran gambar bergerak, baik itu yang monokrom ("hitam putih") maupun warna, biasanya dilengkapi oleh suara. "Televisi" juga dapat diartikan sebagai kotak televisi, rangkaian televisi atau pancaran televisi. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele (τῆλε, "jauh") dari bahasa Yunani dan visio ("penglihatan") dari bahasa Latin. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai telekomunikasi yang dapat dilihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve atau tipi.
TELKOMVision
TELKOMVision (PT Indonusa Telemedia) adalah adalah salah satu anak perusahaan Telkom Indonesia yang bergerak di bidang stasiun televisi berlangganan.
Saat ini TELKOMVision memberikan layanan TV kabel dan TV satelit
Teresterial
Komunikasi data menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Biasanya membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
Time-Division Multiplexing (TDM)
Suatu jenis digital yang terdiri dari banyak bagian di mana teradapat dua atau lebih saluran yang sama diperoleh dari spektrum frekwensi yang diberikan yaitu, bit arus, atau dengan menyisipkan detakan-detakan yang mewakili bit dari saluran berbeda. Dalam beberapa TDM sistem, detakan yang berurutan menghadirkan bit dari saluran yang berurutan seperti saluran suara pada sistem T1. Pada sistem yang lainnya saluran-saluran yang berbeda secara bergiliran menggunakan saluran itu dengan membuat sebuah kelompok yang berdasarkan pada pulse-times (hal seperti ini disebut dengan time slot). Apakah yang menjadi ciri dari TDM yang tidak beraturan (kasar), adalah belum ditempatkannya time slot pada saluran-saluran ( channels ) yang telah ditentukan.
Contoh penggunaan TDM
    * PDH dan SDH transmisi jaringan baku
    * GSM pada sistem telepon
    * Saluran kiri-kanan pada sebuah kacamata yang menggunakan cairan Stereoskopis Crystle
TDM adalah rata-rata dari sinyal digital (sinyal analog yang membawa data digital) yang dapat dilaksanakan dengan alur transmisi tunggal dengan menyisipkan antar halaman bagian dari tiap sinyal pada waktunya. Penyisipkan dapat dilakukan pada bit atau blok bytes. Ini memungkinkan secara digital menyandi sinyal suara untuk dipancarkan dan diganti secara optimal dengan saklar sirkuit yang ada dalam sebuah jaringan. Artikel ini terdiri dari dua bagian yaitu Transmisi yang menggunakan TDM dan Synchronous Hirarki Digital ( SDH). Bagian yang pertama menguji prinsip dasar yang mendasari TDM, sedangkan bagian yang kedua mendiskusikan bagaimana SDH digunakan untuk mengganti tampilan TDM.
Top TV
Top TV merupakan produk televisi berlangganan terbaru diluncurkan pada tahun 2008 oleh PT MNC Sky Vision, yang juga merupakan pemilik afiliasinya, Indovision.
Tracking Satelit
Melacak atau mencari untuk menemukan garis orbit satelit.
Trans TV
Trans TV atau Televisi Transformasi Indonesia adalah sebuah stasiun televisi swasta Indonesia mulai secara terrestrial area di Jakarta, yang dimiliki oleh konglomerat Chairul Tanjung. Dengan motto "Milik Kita Bersama", konsep tayang stasiun ini tidak banyak berbeda dengan stasiun swasta lainnya. Trans TV adalah anak perusahaan PT Trans Corpora. Kantor Pusat stasiun ini berada di Studio TransTV, Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan. Direktur Utama Trans TV saat ini adalah Wishnutama.
Trans7
Trans7 (sebelumnya bernama TV7) adalah sebuah stasiun televisi swasta nasional di Indonesia.
Transponder (TP)
Saluran komunikasi satelit disebut dengan istilah transponder, karena masing-masing merupakan transceiver terpisah atau repeater.
Dalam saluran televisi satelit biasanya dalam satu transponder berisikan data tentang frekuensi, simbol-rate serta polarisasi. Satu TP atau transponder biasanya berisikan satu atau lebih saluran chanel.
Tutorial
Program petunjuk untuk menjalankan sebuah aplikasi.
TV Digital atau Siaran Digital
Istilah tv digital sebenarnya bukan tv-nya yang digital melainkan lebih kepada sinyal yang dikirimkan yaitu sinyal digital atau siaran digital (Digital Brodcasting).
TV Kabel
Sinyal televisi yg ditransmisikan ke rumah-rumah dng kabel dan dibayar secara berlangganan
TvOne
TvOne (sebelumnya bernama Lativi) adalah sebuah stasiun televisi swasta Indonesia. Stasiun televisi ini didirikan pada tanggal 9 Agustus 2002 oleh pengusaha Abdul Latief. Pada saat itu, konsep penyusunan acaranya adalah banyak menonjolkan masalah yang berbau klenik, erotisme, berita kriminalitas dan beberapa hiburan ringan lainnya. Sejak tahun 2006, sebagian sahamnya juga dimiliki oleh Grup Bakrie yang juga memiliki Stasiun Televisi antv.
Pada tanggal 14 Februari 2008, Lativi secara resmi berganti nama menjadi tvOne, dengan komposisi 70 persen berita, sisanya gabungan program olahraga dan hiburan. Abdul Latief tidak lagi berada dalam kepemilikan saham tvOne. Komposisi kepemilikan saham tvOne terdiri dari PT Visi Media Asia sebesar 49%, PT Redal Semesta 31%, Good Response Ltd 10%, dan Promise Result Ltd 10%. Direktur Utama tvOne saat ini adalah Ardiansyah Bakrie
Televisi Republik Indonesia (TVRI)
Televisi Republik Indonesia (TVRI) adalah stasiun televisi pertama di Indonesia, yang mengudara pada tanggal 23 Agustus 1962[1]. Siaran perdananya menayangkan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-17 dari Istana Negara Jakarta. Siarannya ini masih berupa hitam putih. TVRI kemudian meliput Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta.
Dahulu TVRI pernah menayangkan iklan dalam satu tayangan khusus yang dengan judul acara Mana Suka Siaran Niaga (sehari dua kali). Pada tahun 80-an dan 90-an TVRI tidak diperbolehkan menayangkan iklan nayang iklannya hanya di jakarta timur, dan akhirnya TVRI kembali menayangkan iklan. Status TVRI saat ini adalah Lembaga Penyiaran Publik. Sebagian biaya operasional TVRI masih ditanggung oleh negara.
TVRI memonopoli siaran televisi di Indonesia sebelum tahun 1989 ketika didirikan televisi swasta pertama RCTI di Jakarta, dan SCTV pada tahun 1990 di Surabaya.
TVRO
Merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk kepada penerimaan satelit televisi dari tipe satelit FSS, biasanya pada analog-C band, free-to-air dan tidak terhubung ke penyedia DBS komersial. Sistem TVRO mengandalkan feed dan tidak terenkripsi dengan menggunakan standar terbuka, sangat kontras dengan sistem DBS di daerah. Istilah ini jarang digunakan dalam beberapa kali karena mulai bersifat umum menuju sistem berbasis langganan, TV berbayar-dan layanan DBS seperti DirecTV, Dish Network, Bell TV, dan Sky TV, meskipun masih kadang-kadang digunakan untuk merujuk kepada penerima TV digital.

U
Ultra High Frequency (UHF)
Frekuensi ultra tinggi. Merupakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi antara 300 MHz sampai dengan 3 GHz (3.000 MHz). Panjang gelombang berkisar dari satu sampai 10 desimeter atau sekitar 10 cm sampai 1 meter, sehingga UHF juga dikenal sebagai gelombang desimeter. Gelombang radio dengan frekuensi di atas pita UHF adalah super high frequency atau frekuensi super tinggi (SHF) dan extremely high frequency atau frekuensi ekstrim tinggi (EHF). Sedangkan sinyal frekuensi yang lebih rendah termasuk ke dalam very high frequency atau frekuensi sangat tinggi (VHF).
Uninstall
Menghentikan atau menghapus program yang sedang dijalankan.
Upgrade
Suatu kegiatan atau usaha untuk menjadikan sebuah perangkat atau software agar mempunyai kinerja yang lebih baik daripada versi sebelumnya
Uplink
Up link adalah sinyal radio frequency (RF) yang dipancarkan dari stasiun bumi ke satelit. merupakan kebalikan dari kata 'downlink' yang berarti sinyal radio frequency (RF) yang dipancarkan dari satelit ke stasiun bumi.

yousouf rianto:
V
Vertikal
 ??? ??? ???
VHF (Very high frequency
Atau frekuensi sangat tinggi) adalah frekuensi radio yang berkisar dari 30 MHz ke 300 MHz. Frekuensi langsung di bawah VHF ditandai frekuensi tinggi (HF), dan frekuensi yang lebih tinggi berikutnya dikenal sebagai frekuensi ultra tinggi (UHF). alokasi frekuensi ini ditetapkan oleh ITU.
Voltase (Tegangan listrik)
Adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energi potensial dari sebuah medan listrik yang mengakibatkan adanya aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik. Tergantung pada perbedaan potensial listriknya, suatu tegangan listrik dapat dikatakan sebagai ekstra rendah, rendah, tinggi atau ekstra tinggi.
VSAT (Very Small Aperture Terminal)
VSAT kependekan dari Very Small Aperture Terminal, sebuah terminal yang digunakan dalam komunikasi data satelit, suara dan sinyal video, tidak termasuk broadcast televisi. VSAT terdiri dari dua bagian, sebuah transceiver yang ditempatkan di luar (out doors) yang dapat langsung terjangkau oleh satelit dan sebuah alat yang di tempatkan di dalam ruangan yang menghubungkan transceiver dengan alat komunikasi para pengguna, PC misalnya. Transceiver menerima dan mengirim sinyal ke transponder satelit di langit. Satelit mengirim dan menerima sinyal dari sebuah ground station komputer yang berfungsi sebagai hub untuk sistem tersebut. Masing-masing komputer pengguna terhubungkan oleh hub ke satelit, membentuk sebuah topologi bintang (star topology). Hub tersebut mengatur keseluruhan operasional network. Agar sebuah komputer pengguna dapat melakukan komunikasi dengan lainnya, transmisinya harus terhubung dengan hub yang kemudian mentransmisikan kembali ke satelit, setelah itu baru dikomunikasikan dengan komputer pengguna VSAT yang lain.
Sistem ini mengadopsi teknologi TDM dan TDMA. Umumnya konfigurasi VSAT adalah seperti bintang.

W
Wavelength-division multiplexing (WDM)
Salah satu teknologi multipleksing dalam komunikasi serat optik yang bekerja dengan membawa sinyal informasi yang berbeda pada satu serat optik dengan menggunakan panjang gelombang (warna) cahaya laser yang berbeda. Dengan ini dapat meningkatkan kapasitas dan memungkinkan komunikasi dua arah pada satu serat optik. Istilah wavelength-division multiplexing biasanya diterapkan ke 'optical carrier' (yang digambarkan berdasarkan panjang gelombangnya), sedangkan frequency-division multiplexing biasanya digunakan pada 'radio carrier' (yang digambarkan berdasarkan frekuensinya). Namun, karena panjang-gelombang dan frekuensi proporsional secara inverse, dan karena radio dan cahaya adalah bentuk dari radiasi elektromagnetik, kedua istilah ini serupa.

X

Y
YesTV
YesTV adalah televisi berlangganan yang memberikan tayangan program, informasi, hiburan, olahraga, dan pengetahuan. Saluran TV yang disediakan oleh YesTV tidak berbeda dengan TELKOMVision, hal yang membedakannya adalah paket berlangganan dan perangkat keras yang digunakan.

Z

yousouf rianto:
DITUNGGU SEGERA..!!!!
Partisipasi dari rekan2 semua untuk meramaikan perbendaharaan kata dan istilah seputar persatelitan.
Mohon dikoreksi jika ada kesalahan dalam penulisan yang membelokkan arti dari kata/istilah yang dimaksud. ';/ ';/ ';/

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

[*] Previous page

Go to full version