Kategori Utama > Tutorial Teknis Parabola dan Televisi Satelit

Istilah-istilah Seputar Dunia Persatelitan

<< < (14/14)

Ab4h:

--- Quote from: Nuna80 on May 04, 2016, 08:57:21 am ---Nah ini om bro. Cara membaca data di dishpointer(dot)com bagaimana ya? Maksdnya smp bisa tau. Di kota A, satelit yg mungkin didapt pada posisi X - Y. Soalnya sy coba buka di dishpointer, sy masukkan kota jogja, kok gak ada data sprt diatas ya. Mohon petunjuknya Abah @rif

--- End quote ---
kalau sudut elevasi diatas nol , artinya fokus dish masih bisa mengarah ke satelit tujuan tanpa terhalang bumi
kalau sudut elevasi dibawah nol maka , sebelum dish mengarah ke satelit tujuan sudah terlebih dahulu terhalang bumi
Cara membaca data di dishpointer(dot)com bagaimana ya? gunakan clinometer untuk elevasi dish
gunakakan kompas untuk azimuth dish

Ab4h:

--- Quote from: haloale on May 04, 2016, 09:08:53 am ---Agar diskusinya lebih konkrit dan tidak sekedar diskusi kosong karena hanya mencari jawaban berandai-andai..
dari beberapa pertanyaan yang diajukan dan jawaban yang sudah diberikan member lain yang baik,

itu sudah ada clue situs rujukan, dishpointer dan satbeams, bisa dicek satelit apa aja yang bisa diperoleh di wilayah kita.
juga berkali-kali abah  bilang mengabaikan masalah beam dan besarnya dish. padahal itu penting lo..
biarpun satelitnya ada pas diatas indonesia tapi kalo beamnya bukan untuk indo, kita ya kesulitan nangkep sinyalnya bro perlu kerja ekstra nggak semudah sinyal paytv kita misalnya...

sekarang mau nangkep satelit apa coba :) kalo dah dapet cluenya terus nanti dapet jawaban dari member trus praktik,
kalo ada mentok istilah apa silaken nanya lagi, gitu seterusnya
jadi kelihatan ada kemajuan gitu, selanjutnya ya terus dikembangkan sendiri gitu lho :D

saya kok bacanya jadi gimana gitu, ngublek disitu-situ aja nanyanya... :D
sori no offence :v

--- End quote ---
ok Brader thanks (y) :D , untuk daftar satelit yg bisa diterima di negara kita yg sudah jelas beam nya juga syarat ukuran dish telah terpenuhi , memang sudah banyak dipost di tread lain  (y) :D

raydiaz:

--- Quote from: Nuna80 on May 04, 2016, 08:57:21 am ---Nah ini om bro. Cara membaca data di dishpointer(dot)com bagaimana ya? Maksdnya smp bisa tau. Di kota A, satelit yg mungkin didapt pada posisi X - Y. Soalnya sy coba buka di dishpointer, sy masukkan kota jogja, kok gak ada data sprt diatas ya. Mohon petunjuknya Abah @rif

--- End quote ---
Dishpointer macam aplikasi bro, bukan datasheet. Kita input lokasi dan satelit apa, nanti dia yang itungin dan ngasih pandangan, ngadep kemana, ndongak berapa derajat, dish ukuran berapa dsb.
Abah @rif sudah expert jadi bisa milihin kira2 contoh satelit yang cocok masih di atas ufuk sesuai lokasinya :D
Jadi bukan jreng jreng muncul kayak katalog per lokasi.
Betul kata bro ale, biar kata satelitnya di atas indo jika beamnya bukan untuk indo ya channelnya susah diintip :D

Nuna80:
Ok master. Terimakasih utk pencerahannya. Mohon maaf klo pnjang lebar pertanyaanya. Maklum masih awam dunia satelit. Hehehe...akan sy praktek biar jadi tahu.

Navigation

[0] Message Index

[*] Previous page

Go to full version